4 Februari Memperingati Hari Apa Di Indonesia Tahun 2024

4 Februari Memperingati Hari Apa? – Di dunia ini memang ada banyak peringatan yang bisa dirayakan. Sejauh menyangkut tanggal, kali ini kita akan membahas tentang salah satu acara peringatan besar.

Seperti yang kita ketahui, ada banyak hal yang dirayakan di dunia ini, seperti kemerdekaan, kemakmuran, momentum besar. Dan bisa juga tentang kesehatan, seperti dalam pembahasan kali ini tentang bahaya kanker.

Kanker adalah salah satu pembunuh terbesar. Meski sudah banyak alat kesehatan yang canggih, tetap saja ada banyak korban setiap tahunnya. Berikut penjelasan lengkap dari skda.co.id!

4 Februari Memperingati Hari Kanker Sedunia

4 Februari Memperingati Hari Kanker Sedunia
4 Februari Memperingati Hari Kanker Sedunia

4 Februari Memperingati Hari Apa yang dirayakan pada tanggal 4 Februari setiap tahunnya. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kesadaran akan kanker, penyakit yang sangat berbahaya.

Tindakan yang dilakukan termasuk mempromosikan pencegahan, deteksi, dan pengobatan kanker. Hari Kanker Sedunia diciptakan oleh International Union Against Cancer (UICC).

Hal ini mendukung Deklarasi Kanker Dunia yang diadopsi pada tahun 2008. Tujuan utama Hari Kanker Sedunia adalah untuk mengurangi insiden kanker.

Hari libur ini juga didukung dan dirayakan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa. Ini berarti bahwa semua anggota Gereja berpartisipasi dalam penciptaan dan perayaannya.

Termasuk Indonesia sendiri. Ini juga merupakan jawaban dari pertanyaan hari apa yang akan dirayakan di Indonesia pada tanggal 4 Februari 2023. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika Menteri Kesehatan dan rekan-rekannya merayakan hari jadi ini.

Hari Kanker Sedunia bertujuan untuk memerangi informasi yang salah, meningkatkan kesadaran masyarakat dan mengurangi stigma. Hal ini juga menunjukkan dukungan untuk pasien kanker di seluruh dunia.

Salah satu gerakan yang sering dirayakan dan diorganisir di sebagian besar negara adalah #NoHairSelfie. Ini adalah gerakan di mana para peserta mencukur rambut mereka sendiri.

Ini adalah simbol keberanian bagi pasien kanker yang sedang atau akan menjalani pengobatan. Foto selfie dibagikan di media sosial.

Anda dapat merayakan hari ini dengan acara-acara berikut. Atau setidaknya tunjukkan dukungan Anda untuk pasien kanker di seluruh dunia.

4 Februari Memperingati Kemerdekaan Sri Lanka

4 Februari Memperingati Kemerdekaan Sri Lanka
4 Februari Memperingati Kemerdekaan Sri Lanka

Hari Kemerdekaan juga bisa disebut Hari Nasional atau Hari Nasional. Oleh karena itu, setiap negara yang memperoleh kemerdekaannya harus memiliki Hari Kemerdekaannya sendiri.

Hari Kemerdekaan adalah hari yang dirayakan di negara-negara berdaulat maupun tidak berdaulat. Hari Nasional dapat dirayakan karena suatu negara telah mencapai kemerdekaannya.

Atau pergantian negara, atau sekadar ulang tahun raja atau jatuhnya penguasa sebelumnya. Dan masih banyak lagi hal-hal yang mirip dengan Hari Kemerdekaan.

Sebagian besar negara memiliki tanggal nasional tetap yang dirayakan setiap tahun. Banyak dari negara-negara ini mengakui hari ini sebagai hari libur nasional atau hari libur nasional.

Seperti di negara ini, 4 Februari adalah hari berdirinya Republik Sosialis Demokratik Sri Lanka. Ini adalah negara kepulauan yang terletak di bagian utara Samudra Hindia. Berbatasan dengan India.

Negara ini memperoleh kemerdekaannya dari Inggris pada tanggal 4 Februari 1948.

4 Februari Memperingati Hari Awal Perjuangan Bersenjata Angola

Awal Perjuangan Bersenjata Angola
Awal Perjuangan Bersenjata Angola

Perang Kemerdekaan Angola, yang juga dikenal sebagai Diangola, disebut Luta Armada De Libertacao Nasional. Perang dimulai sebagai pemberontakan terhadap penanaman kapas secara paksa.

Hal ini berkembang menjadi perjuangan multifaset antara tiga gerakan nasionalis dan satu gerakan separatis untuk menguasai provinsi-provinsi non-Portugis di Angola. Perang berakhir pada bulan April 1974 dengan kudeta militer sayap kiri di Lisbon.

Angola atau Republik Angola adalah sebuah negara di pantai barat Afrika bagian selatan. Hari Peringatan Korban selalu dirayakan di negara ini pada tanggal 4 Februari.

Hari ini juga menandai hari pertama perjuangan bersenjata. Dalam konteks ini, penting untuk mengingat para korban dan juga para kombatan. Angola merayakan hari ini setiap tahun sebagai hari libur nasional.

4 Februari Memperingati Hari Apa Saja, Sejarahnya Ternyata Ini!

4 Februari Memperingati Hari Apa Saja
4 Februari Memperingati Hari Apa Saja, Sejarahnya Ternyata Ini!

Anda harus tahu bahwa berikut ini bukan hanya tentang peringatan semata. Namun, kami akan memberikan beberapa penjelasan tentang kisah yang terjadi pada tanggal 4 Februari lalu. 

Berikut ini penjelasannya!

4 Februari 2004 Sejarah Facebook

Siapa yang tidak mengenal jejaring sosial yang satu ini, Facebook merupakan salah satu media sosial dengan jumlah pengguna terbesar di dunia. Hal ini menjadikan Facebook sebagai media jejaring sosial pilihan anak muda pada saat itu.

Namun, tahukah Anda bahwa Facebook yang terkenal itu pertama kali didirikan pada tanggal 4 Februari 2004 oleh Mark Zuckerberg?

4 Februari 1999 Polisi New York City

4 Februari 1999. Amadou Diallo, seorang imigran Afrika Barat yang tidak bersenjata, ditembak. Para penembak adalah empat petugas polisi New York City yang berpakaian preman.

Insiden tersebut terjadi saat pertemuan intelijen yang tidak terkait dan menyebabkan masalah rasial di kota tersebut.

4 Februari 1998 Gempa Bumi Afghanistan

Pada tanggal 4 Februari, gempa bumi berkekuatan 6,1 skala Richter terjadi di timur laut Afghanistan. Lebih dari 5.000 orang meninggal akibat gempa bumi yang kuat.

Setidaknya ratusan bangunan lainnya juga mengalami kerusakan parah. Dan beberapa orang yang selamat dan yang terluka terpaksa mencari tempat berlindung yang aman.

4 Februari 1997 Tabrakan Helikopter

Dua helikopter angkut pasukan Sikorsky CH-53 milik Pasukan Pertahanan Israel bertabrakan satu sama lain selama penerbangan ke Lebanon. Insiden ini terjadi di wilayah udara Israel di Galilea utara.

Sedikitnya 73 tentara tewas dalam kecelakaan helikopter tersebut.

4 Februari 1992 Kudeta Venezuela

Pada tanggal 4 Februari 1992, sebuah kudeta terjadi di Venezuela, ketika Carlos Andrés Pérez menjabat sebagai presiden. Kudeta yang dipimpin oleh Hugo Chavez ini berhasil menggulingkan sang presiden.

4 Februari 1976 Gempa Bumi Guatemala

Gempa bumi yang kuat melanda Guatemala dan Honduras. Itu adalah gempa bumi terbesar tahun ini. Sekitar 22.000 orang meninggal dunia.

4 Februari 1975 Gempa Besar Liaoning China

Gempa ini terjadi pada tanggal dan bulan yang sama pada tahun 1975. Itu adalah salah satu gempa bumi terbesar di Tiongkok.

Gempa tersebut berkekuatan 7,3 SR dan terjadi di Dataran Haicheng di Liaoning, Tiongkok.

4 Februari 1974 Pengeboman Bus M62

4 Februari Memperingati pengeboman yang dilakukan oleh anggota Tentara Republik Irlandia (IRA) terhadap bus yang membawa pasukan Inggris. Para prajurit sedang cuti di Yorkshire, Inggris.

Ledakan di dalam bus menewaskan sekitar sembilan tentara dan tiga warga sipil.

Kesimpulan & Penutup

Ternyata ada banyak kejadian yang terjadi di hari tersebut yaitu 4 Februari, dari sekian banyak yang mimin kumpulkan, mungkin mimin ada yang tertinggal karena keterbatasan minim, kamu bisa memberikan informasi ke mimin, hari bersejarah apa lagi yang terjadi di tanggal 4 Februari tersebut, apa mungkin hari itu merupakan hari ulang tahun kamu? ;).


Rekomendasi

DMCA Protected