Ada Apa Tanggal 14 Februari 2023? Bukan Cuma Hari Valentine

Pernahkah terbesit mengenaiada apa tanggal 14 Februari 2023? Ada perayaan atau peringatan apa di hari tersebut?

Sebagian besar orang di seluruh dunia, termasuk Indonesia nampaknya akan tahu jika ada apa di tanggal 14 Februari 2023 mendatang. Tentunya orang-orang akan menjawab bahwa tanggal 14 Februari adalah Hari Valentine.

Sebab di tanggal 14 Februari 2023, ada perayaan Hari Valentine seluruh dunia. Di hari itu, banyak orang-orang yang akan memberikan hadiah atau kado kepada orang yang disayangi.

Meski bukan budaya dari Indonesia, hingga saat ini orang-orang Indonesia juga ikut merayakan Hari Valentine. Perayaan Valentine di Indonesia biasanya dilakukan dengan dinner atau makan malam bersama dengan pasangan tercinta, bertukar kado bersama pasangan, hingga merayakan pesta bersama pasangan lainnya.

Dan ternyata tak banyak masyarakat Indonesia yang mengetahui, jika di tanggal 14 Februari 2023 ini ada peringatan lain, selain Hari Valentine. Tahukah apa perayaan lain di tanggal 14 Februari tersebut?

Di tanggal 14 Februari, ternyata memiliki perayaan yang lebih penting dari Hari Valentine, lho. Jika penasaran, terus simak penjelasan yang diberikan oleh Ayovaksindinkeskdi di bawah ini.

Peringatan di Tanggal 14 Februari 2023:

Hari Peringatan Pemberontakan PETA atau Pembela Tanah Air

Selain Hari Valentine, terdapat perayaan atau peringatan lain di tanggal 14 Februari 2023, yakni memperingati pemberontakan pasukan PETA atau Pembela Tanah Air. Tahukah apa itu PETA? Yang menyimak dengan baik pelajaran sejarah saat di sekolah, pasti tak asing soal hal ini.

Pasukan PETA adalah bagian dari sejarah kemerdakaan Indonesia. Pada saat itu, Jepang yang menjajah Indonesia, melatih para pemuda dengan militer untuk bergabung ke dalam pasukan PETA atau Pembela Tanah Air.

Rekomendasi  Spesifikasi dan Harga Infinix Zero 5G Terbaru Tahun Ini

Pelatihan pasukan tersebut dipusatkan di kompleks militer yang ada di Bogor, dan diberi nama Jawa Boei Giyugun Kanbu Resentai. PETA merupakan kesatuan militar yang dibentuk oleh Jepang selama masa kependudukannya di Indonesia.

Meski para pasukan PETA disebut sebagai tentara sukarela, pada kenyataannya pemuda di Pula Jawa dipaksa untuk bergabung.

Markas pasukan PETA ini ada di Blitar, Jawa Timur dan dipimpin oleh Pemimpin Peleton Shodancho Soeprijadi, pada 14 Februari 1945 silam. Latar belakang pemberontakan PETA karena adanya tindakan diskriminatif dari para prajurit Jepang kepada anggota PETA.

Dan pasukan PETA marah karena telah membuat banyak rakyat Indonesia yang menderita.

Pemberontakan pasukan PETA kepada militer Jepang ini ditandai dengan adanya tembakan ke arah Hotel Sakura, di mana tempat tinggal para pemimpin Jepang di Blitar, Jawa Timur. Selain itu, markas Kempetai juga ikut ditembaki dengan senapan.

Aksi lainnya, adalah seorang Bhudancho PETA merobek poster dengan tulisan ‘Indonesia Akan Merdeka’ dan mengganti dengan tulisan berbunyi ‘Indonesia Sudah Merdeka’.

Sayangnya, pemberontakn pada saat itu tak berjalan dengan baik sesuai rencana. Supriyadi tak berhasil menggerakkan satuan lain untuk melakukan pemberontakan. Beberapa kesatuan PETA lain kembali kesatuan masing-masing, setelah seruan Jepang yang memerintahkan PETA untuk mundur.

Pasukan PETA yang kembali justru ditahan, ditangkap, dan disiksa oleh polisi Jepang. Dan pasukan PETA pun berkurang setengah untuk melakukan pemberontakan. Pasukan yang setia membrontak membuat pertahanan di Distrik Pare dan lereng Gunung Kawi.

Hari Valentine

Perayaan 14 Februari selalu identik dengan peringatan Hari Valentine atau disebut hari kasih sayang sedunia. Hari Valentine merupakan budaya untuk mengungkapkan kasih sayang atau cintanya seseorang terhadap pasangan, atau orang terdekat.

Rekomendasi  Asuransi Terbaik Di Indonesia 2023 Beserta Produk & Manfaatnya

Di hari ini banyak orang yang sudah memiliki rencana untuk merayakan Hari Valentine. Banyak pasangan yang sudah menyiapkan hadiah atau kado untuk pasangannya, sudah jauh hari mereservasi restoran atau penginapan untuk menghabiskan waktu bersama pasangan, dan masih banyak yang lainnya.

Dilansir dari Britannica.com, peringatan Hari Valentine identik dengan beberapa hal, sebagai berikut:

1. Hari Valentine identik dengan cupid. Cupid adalah dewa cinta yang berasal dari legenda Romawi.

2. Hari Valentine juga identik dengan burung. Sebab ada keyakinan bahwa musim kawin burung dimulai di pertengahan bulan Februari. Burung tersebut umumnya adalah burung merpati yang menjadi simbol dari hari kasih sayang ini.

3. Hal lainnya adalah bunga mawar. Hari Valentine identik dengan bunga mawar yang berwarna warna. Bunga mawar ini dianggap sebagai simbol dari hari kasih sayang.

Bahkan di beberapa negara, terdapat beberapa arti Hari Valentine. Contohnya adalah Amerika yang mengartikan Hari Valentine sebagai bertukar surat. Orang Amerika akan memberikan surat di hari kasih sayang tersebut yang diberikan untuk kekasih, keluarga, dan sahabat.

Sementara di Bulgaria, Hari Valentine tak hanya sebagai hari kasih sayang. Namun juga berarti hari minum wine atau anggur. Di Bulgaria Hari Valentine bertepatan dengan Hari Santo pelindung pembuat anggur.

Itulah penjelasan mengenai ada apa tanggal 14 Februari 2023? Ternyata memiliki dua peringatan yang harus diketahui. Semoga membantu ya.


Rekomendasi

DMCA Protected