Aplikasi Sinyal TV Digital Terbaik (Yang Bagus) Terbaru 2023

139.180.159.80 - sadar kaya dunia akhirat

Belakangan ini pemerintah mulai mengalihkan penggunaan TV Analog ke TV Digital namun pengalihan ini masih belum di lakukan di seluruh wilayah Indonesia dan masih di beberapa daerah yang di nyatakan siap untuk peralihan ini. Namun sedikit demi sedikit semua daerah akan mulai menggunakan TV Digital, untuk itu kamu perlu mengecek sinyal Digital daerah kamu lewat Aplikasi Sinyal TV Digital.

Memang sinyal TV Digital jauh lebih baik dalam menampilkan gambar dan suara namun sayang nya tidak semua chanel telah tersedia di seluruh wilayah Indonesia, oleh sebab itu pemerintah mengeluarkan aplikasi resmi yang di beri nama Aplikasi Sinyal TV Digital agar masyarakat bisa mengecek sendiri apakah semua chanel TV Digital sudah tersedia di daerah masing – masing.

Apa Itu Aplikasi Sinyal TV Digital

Berdasarkan sumber resmi dari Komisi Penyiaran Indonesia dan juga juru bicara Pemerintah, mereka mengatakan jika saat ini sudah ada aplikasi resmi yang di beri nama Aplikasi Sinyal TV Digital yang berguna untuk memudahkan masyarakat mengecek secara langsung ketersediaan sinyal TV Digital di daerah masing – masing.

Aplikasi ini sengaja di buat karena Pemerintah sadar jika belum semua channel TV telah memasang atau menyiarkan sinyal digital di seluruh daerah, jadi mungkin saja terdapat daerah yang mampu atau telah mendapat seluruh channel TV Digital namun ada juga daerah yang hanya bisa mengakses beberapa channel TV Digital saja.

Aplikasi ini juga memiliki fitur berbentuk indikator warna yang mana dengan warna – warna tersebut kamu bisa tau apakah jaringan sinyal digital disana kuat, sedang atau malah sangat buruk. Untuk itu kamu harus menggunakan aplikasi ini untuk mengetahui semua informasi mengenai sinyal digital di daerah kamu.

Pada dasar nya memang sebagaimana suatu peralihan maka pasti porses peralihan tersebut di lakukan secara bertahap, jadi jika kamu dan daerah mu belum bisa menikmati Sinyal TV Digital maka kamu harus bersabar, karena seluruh channel TV di Indonesia pasti akan terus melakukan pembaruan serta peralihan agar seluruh masyarakat Indonesia bisa menikmati siaran TV Digital ini.

Indonesia bukan negara pertama yang sedang beralih menuju TV Digital, banyak negara di luar sana yang sudah menggunakan siaran TV Digital jauh sebelum Indonesia. Hal ini baru bisa di realisasikan karena memang alat atau komponen untuk menyiarkan siaran TV Digital itu harga nya tidak murah alias mahal.

Setidak nya jika kamu mau membeli Set Top Box TV Digital ada baiknya kamu mencari tau apakah di daerah kamu sudah bisa mengakses semua channel TV Digital, hal ini bisa kamu lakukan dengan menggunakan Aplikasi Sinyal TV Digital resmi dari pemerintah Indonesia.

Dengan aplikasi ini kamu bisa tau berapa channel beserta namanya yang bisa kamu nikmati dengan Set Top Box TV Digital kamu. Jika di rasa masih sedikit ada baik nya kamu menunda terlebih dahulu membeli Set Top Box TV Digital, namun jika sudah semua channel TV bisa di aksek maka jangan berlama – lama langsung saja kamu nikmati Sinyal TV Digital di daerah kamu.

Download Aplikasi Sinyal TV Digital Versi Resmi

Bila kamu sudah tau mengenai aplikasi ini serta tujuan dari di buat nya aplikasi ini maka selanjutnya kamu harus mencoba aplikasi ini sendiri di perangkat kamu, kamu tidak perlu cari file APK nya di mana – mana karena disini kami telah menyiapkan link download Aplikasi Sinyal TV Digital untuk kamu

Nama Aplikasi Aplikasi Sinyal TV Digital
Pengembang BangunIndo
Versi v3.1.6
Minimal Os Android 4.0+

Nah itu adalah link download yang bisa kamu gunakan untuk mendapatkan file APK aplikasi ini untuk kemudian kamu instal di dalam perangkat kamu, jika kamu tidak tau bagaimana cara memasang ny maka jangan bingung, kamu hanya perlu mengikuti intruksi yang di berikan karena cara intsal nya sama dengan Apk di luar Play Store Lainnya.

Cara Cek Sinyal Digital Daerah Kamu Lewat Aplikasi Sinyal TV Digital

Jika kamu sudah mengunduh dan menginstal aplikasi ini di dalam perangkat kamu maka selanjutnya kamu bisa mulai mengecek jangkauan Sinyal TV Digital di daerah rumah kamu sendiri. Jika kamu masih belum tau cara nya maka simak langkah – langkah di bawah ini.

  • Untuk langkah pertama maka kamu bisa “Mengunduh” aplikasi “Sinyal TV Digital” lewat link download yang kami letakan di atas.
  • Selanjutnya kamu harus “Menginstal” aplikasi ini terlebih dahulu.
  • Nah jika kamu sudah berhasil memasang aplikasi ini maka kamu harus mengaktifkan “Lokasi” di perangkat kamu.
  • Jika sudah maka kamu bisa buka “Aplikasi Sinyal TV Digital”.
  • Di tampilan depan silah kan kamu gunakan fitur “Bidik” yang ada di tengah bawah layar, ini untuk memasang titik lokasi agar jadi lebih akurat.
  • Nah disini secara otomatis akan tampil “Daftar Nama Chanel yang bisa kamu akses di daerah kamu.
  • Disini juga kamu bisa mengetahui “Transmiter” dari chanel pemilik alat tersebut.
  • Lalu kamu bisa klik “See Mux Detail” untuk mengetahui secara detail mengenail Sinyal Digital di daerah kamu berupa (Kekuatan Sinyal, Operator Mux, Jenis Layanan, Frekuensi dari Channel tersebut).
  • Bila sinyal TV Digital di daerah kamu kuat maka “Legenda” akan berwarna “Merah”, jika sinyal sedang akan berwarna “Hijau – Kuning” jika jelek maka akan berwarna “Abu – Abu”.

Nah itulah langkah demi langkah untuk mengecek sinyal TV Digital lewat Aplikasi Sinyal TV Digital, seperti yang kamu tau jika sinyal berindikasi merah maka berarti kekuatan sinyal digital di daerah kamu sangat kuat.

Kelebihan Sinyal TV Digital di Bandingkan TV Analog

Bukan tanpa alasan Pemerintah mengalihkan penggunaan sinyal analog menjadi sinyal digital di dalam penyiaran TV Indonesia, ini harus di lakukan agar Indonesia tidak tertinggal oleh negara lain dan juga membuat masyarakat mendapat pengalaman menonton TV yang jauh lebih baik lagi.

Sinyal TV Digital juga memiliki banyak keistimewaan bila di bandingkan dengan TV Analog, bila kamu ingin mengetahui informasi lengkap nya maka kamu bisa simak uraian dari keistimewaan teknologi ini di bawah.

1. Kualitas Gambar & Suara Sangat Jernih

Untuk keistimewaan yang sudah pasti akan kamu dapatkan adalah kualitas gambar serta suara yang jauh lebih jernih dari pada menggunakan sinyal Analog, gambar yang jernih ini juga sangat stabil dan hampir tidak bisa di ganggu oleh cuaca buruk tidak seperti sinyal Analog yang bisa kacau jika sedang cuaca buruk.

Bila kamu sudah pernah melihat siaran TV Digital maka kamu pasti sudah tau betapa baik nya kualitas gambar dan juga suara yang di berikan oleh TV Digital. Dan sebagai informasi saja jika kamu tidak perlu memasang antena TV yang sangat tinggi untuk mendapat siaran yang jernih.

2. Sinyal Analog Sering Gangguan

Nah untuk keistimewaan yang kedua adalah sinyal Digital jarang sekali mengalami gangguan yang mana hal ini berbanding terbalik dengan sinyal Analog yang sering mengalami gangguan dengan beragam faktor seperti jangkauan sinyal, gangguan cuaca dan lainnya.

Untuk mendapatkan sinyal Analog yang bagus maka kamu juga memerlukan banyak perangkat pembantu seperti antena dan juga parabola, karena jangkauan sinyal Analog tidak semua daerah memiliki kekuantan sinyal yang baik.

3. Harga TV Digital Murah

Belakangan ini banyak produsen TV yang memasarkan produk mereka dengan harga yang sangat murah atau terjangkau, jika dulu harga TV Analog 42″ bisa sampai 7 juta Rupiah maka saat ini kamu bisa mendapat TV 42″ yang sudah memiliki fitur sinyal Digital dengan harga 3,5 sampai 4 juta Rupiah saja.

Di tambah berita mengenai Pemerintah yang akan mengganti kan teknologi TV Analog di gencarkan maka semua merk TV telah menyematkan fitur Digital agar kamu tidak perlu membeli Set Top Box lagi. Bahkan kamu bisa membeli TV baru yang telah memiliki fitur Digital hanya dengan harga kurang dari 2 juta Rupiah.

Atau jika kamu sudah terlanjur membeli TV Analog maka kamu tidak perlu mengganti dan membeli TV baru namun kamu bisa membeli Set Top Box saja agar kamu bisa menikmati siaran Digital yang ada, tentunya sebelum itu cek dulu sinyal Digital dengan Aplikasi Sinyal TV Digital.

4. Mempunyai Spektrum Frekuensi Radio Yang Baik

Berbeda dengan TV Analog yang masih memiliki spektrum frekuensi yang kurang baik maka TV Digital sudah memiliki spektrum frekuensi yang sangat efisien yang membuat kita bisa menghemat spektrum sampai dengan 700 MHz. Hal ini akan sangat berguna untuk Indonesia ke depannya karena spektrum frekuensi ini bisa digunakan untuk hal lain.

Hal lain yang kami maksud adalah spektrum frekuensi ini bisa di gunakan untuk menguatkan sinyal 4G dan 5G yang akan membuat jaringan Internet di Indonesia menjadi sangat baik lagi di kemudian hari secara perlahan.

Kekurangan Siaran TV Digital

Bukan hanya memberikan kelebihan namun siaran ini juga memiliki sedikit kekurangan yang mana hal ini juga harus kamu ketahui sebagai landasan saat kamu memutuskan membeli TV Digital atau Set Top Box baru. Daftar kekurangan nya bisa kamu baca sendiri di bawah ini.

  1. Proses Peralihan Belum Merata. Jika kita lihat saat ini belum semua wilayah bisa menikmati sinyal Digital, ini karena proses peralihan sangat lambat. Bukan tanpa alasan hal ini karena alat atau keperluan untuk peralihan ini memerlukan biaya yang tidak sedikit.
  2. Chanel Digital Masih Sedikit. Kekurangan yang kedua adalah pilihan chanel digital masih sangat sedikit karena belum semua kantor siaran TV telah mengupgrade alat mereka dengan yang terbaru dan tentunya bisa memancarkan sinyal Digital. Saat ini chanel tv yang bisa kamu nikmati masih terbatas seperti TVRI, Net TV, Radar TV, Unlia TV, Rajawali TV, GTV, ANTV, RCTI dan beberapa chanel lain.
  3. Sinyal TV Digital Masih Sering Terputus. Banyak orang yang merasakan hal ini di saat mereka menikmati siaran TV, terkadang gangguan seperti gambar terputus, patah – patah dan lainnya. Ini mungkin terjadi karena benturan sinyal internet yang masih dalam satu frekuensi sehingga hal ini bisa terjadi.

Nah itulah informasi lengkap mengenai Aplikasi Sinyal TV Digital yang kami kumpulkan dari beragam sumber terpercaya. Jadi silahkan kamu cek sendiri apakah di daerah kamu semua chanel siaran digital telah bisa kamu nikmati di daerah kamu.