Cara Cek Akun Login di Perangkat yang Praktis

Cara Cek Akun Login di Perangkat yang Praktis
Cara Cek Akun Login di Perangkat yang Praktis

Cara cek akun login di perangkat saat ini sebenarnya sangat praktis. Akun Google menjadi salah satu hal yang penting dan dibutuhkan. Secara umum, akun Google ini banyak sekali digunakan untuk berbagai macam keperluan yang berhubungan dengan internet. 

Mulai dari untuk bisa mengirim pesan, login media sosial, sampai melakukan transaksi. Oleh karena itu, penting sekali untuk bisa memastikan keamanan akun Google. Salah satunya, hanya dengan menggunakan cara melihat akun Google yang telah terpasang.

Cara Cek Akun Login di Perangkat

Pada dasarnya, login akun Google di sembarang perangkat juga dapat membahayakan keamanan data pribadi. Terlebih lagi, jika hal tersebut dilakukan pada komputer yang sifatnya publik. 

Hal ini karena, akun Google yang login di perangkat lain juga dapat langsung dimanfaatkan untuk berbagai macam kejahatan. Oleh karena itu, penting sekali untuk bisa langsung melakukan berbagai macam cara melihat akun Google. 

Hal ini tentunya agar bisa langsung mengetahui akun tersebut sedang terpasang di perangkat mana saja. Jadi apabila saat ini ada aktivitas yang mencurigakan di akun Google, maka bisa segera mengambil tindakan.

Mudahnya Cara Cek Akun Login 

Berikut ini adalah penjelasan terkait cara cek akun login di perangkat, antara lain:

  1.  Cara Cek Akun Google Login di Perangkat Lain Lewat Browser

Cara cek akun google yang login di perangkat lain sebenarnya dapat langsung dilakukan dengan mudah dan praktis. Hal ini tentunya karena dapat dilakukan langsung lewat HP. 

Rekomendasi  Tarik Tunai DANA Di Alfamart: Cara Mudah Tanpa ATM

Namun sayangnya, masih banyak sekali orang yang tidak tahu sehingga jarang melakukannya. Padahal, seperti yang telah dikatakan sebelumnya penting sekali untuk melihat akun Google yang login di perangkat lain demi keamanan. 

Berikut ini sudah ada beberapa cara cek akun login di perangkat lewat HP, antara lain:

  • Pertama, terlebih dahulu Login ke akun Google Anda.
  • Setelah itu, Anda bisa langsung lanjut membuka browser, dan akses link berikut: https://myaccount.google.com/device-activity
  • Jika sudah selesai nantinya Anda juga bisa langsung mengakses link tersebut, secara otomatis pada halaman utama akan muncul pula semua perangkat yang terpasang akun Google tersebut. 
  • Jika dilihat secara terperinci laman tersebut nantinya akan langsung menjelaskan, satu akun Google telah terpasang dalam berapa perangkat. Contohnya saja satu akun ternyata terpasang pada 1 laptop, 3 HP, 1 tablet, dan lain sebagainya.
  • Cara cek akun login di perangkat selanjutnya, nantinya Anda juga bisa langsung memastikan adakah di antara perangkat tersebut yang mencurigakan.
  • Selain itu, untuk bisa lebih memastikannya lagi, maka Anda juga bisa melacak lokasi perangkat tersebut.
  • Apabila sudah benar-benar mencurigakan, maka bisa langsung mulai memblokir aksesnya.
  1.  Mengecek Akun Google Login di Perangkat Lain Lewat Pengaturan Keamanan

Selain harus bisa memastikan akun Google kita tidak login di perangkat lain, maka penting juga untuk tahu cara melihat akun Google yang telah terpasang di perangkat lain. 

Dengan begitu, nantinya Anda akan bisa melakukan penghapusan atau logout akun yang tidak diperlukan. Cara melakukan cek dengan pengaturan keamanan agar bisa lebih jelasnya, Anda harus ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Pertama, terlebih dahulu bisa langsung membuka akun Google.
  • Setelah itu, Anda juga bisa masuk ke menu navigasi di bagian kiri. Setelah itu, Anda bisa mengklik opsi keamanan.
  • Pada bagian panel Perangkat, nantinya bisa pilih opsi Kelola perangkat.
  • Cara cek akun login di perangkat selanjutnya, Anda akan langsung bisa melihat perangkat yang saat ini sudah digunakan untuk login ke akun Google.
  • Setelah itu, untuk detail selengkapnya, maka bisa langsung pilih perangkat yang nantinya ingin dicek.
  1.  Logout Akun Google di Perangkat yang Tidak Digunakan Lagi
Rekomendasi  Skin Minecraft Girl HD Aesthetic & Cute + Cara Membuat Mudah

Setelah Anda tahu cara cek akun login di perangkat lain, hal yang tidak kalah penting adalah mengetahui cara untuk melakukan logout. Selain digunakan untuk perangkat asing, logout ini sebenarnya juga harus bisa dilakukan pada beberapa situasi. 

Contohnya saja, pada perangkat yang telah hilang atau pada perangkat yang telah dijual sehingga bukan milik Anda lagi. Cara cek akun login di perangkat sangatlah mudah, nantinya Anda bisa langsung ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Pertama, terlebih dahulu Anda bisa langsung saja buka akun Google.
  • Apabila sudah, nantinya Anda bisa masuk menu atau panel navigasi yang berada di sebelah kiri.
  • Setelah itu, bisa langsung klik opsi keamanan.
  • Kemudian, pada panel perangkat Anda, nantinya bisa langsung pilih kelola perangkat.
  • Setelah itu, Anda hanya perlu memilih perangkat yang ingin dilakukan logout pada akun Google-nya.

Tanda Akun Google Login di Perangkat Asing

Sebenarnya, saat ini sudah ada berbagai macam hal yang dapat langsung menandakan bahwa akun Google sedang terpasang atau login di perangkat lainnya. Dengan Anda tahu, tanda-tanda ini maka bisa lebih waspada.

Apalagi dengan melakukan cara cek akun login di perangkat lain nantinya Anda menemukan hal-hal mencurigakan. Berikut ini sudah ada beberapa tanda akun Google kita sedang terpasang atau login di perangkat lain.

  1. Saat ada aktivitas yang nantinya mencurigakan seperti login ke perangkat asing, maka biasanya Google akan langsung mengirimkan pesan pemberitahuan ke email tersebut.
  2. Saat menerima email seperti yang ada di atas, Anda juga bisa mengecek apakah lokasi dan waktu yang tercantum pada email sesuai dengan lokasi dan tempat tersebut berada. Apabila tidak, nantinya Anda harus patut curiga dan lebih waspada.
  3. Di dalam tahap yang lebih serius, mungkin Anda tidak akan bisa langsung menggunakan akun Google tersebut.
  4. Apabila Anda ingin sekali menggunakan aplikasi yang telah terhubung ke akun Google, misalnya saja seperti Gmail atau Kalender. Maka bisa langsung melihatnya untuk dapat langsung memastikan adanya aktivitas terakhir yang telah mencurigakan.
Rekomendasi  Telat Haid Bikin Panik? Tenang, Ada Rahasia Datang Bulan CEPAT 1 Hari!

Adapun mengamankan akun jika pengguna melihat perangkat tak dikenal, antara lain:

  1. Pertama, bisa langsung membuka Akun Google pengguna
  2. Di panel navigasi kiri, nantinya harus bisa pilih “Keamanan”
  3. Di panel “Perangkat” pengguna, maka bisa lanjut pilih “Kelola” semua perangkat.

Sampai saat ini akun Google juga sudah menyediakan berbagai jenis layanan seperti Google Foto, Google Meet, Gmail, YouTube, Google Drive, dan masih banyak lagi. Layanan ini sebenarnya dapat langsung diakses hanya menggunakan satu akun.

Oleh karena itu, penting sekali bagi pemilik akun untuk bisa memperhatikan account dan waspada jika tidak ada yang mengganjal. Jadi dapat dikatakan cara cek akun login di perangkat sangatlah praktis.