Cara Cek BPOM Kosmetik Berbahaya, Asli atau Palsu?

Cek BPOM Kosmetik – Sangat penting bagi masyarakat untuk mengetahui apakah kosmetik yang mereka gunakan sudah BPOM atau belum dan ini dia cara Cek BPOM Kosmetik tanpa ribet di bawah ini.

Semua yang masuk ke dalam tubuh kita baik dalam bentuk makanan, minuman, hingga kosmetik yang digunakan di kulit juga harus lulus teruji standar BPOM. BPOM merupakan Badan Pengawasan Obat dan Makanan yang tugasnya adalah mengawasi tiap makanan dan juga obat baik dalam bentuk kosmetik atau yang lainnya.

Semua yang berhasil diedarkan atau dijual ke khalayak ramai itu harus dipastikan teruji secara klinis dan juga lulus BPOM. Bagaimana agar masyarakat bisa tahu kalau merk kosmetik yang mereka pakai itu sudah BPOM?

Dan apa jadinya kalau ternyata kosmetik yang kita gunakan tersebut belum lulus BPOM? Apakah ada dampak buruk yang bisa kita dapat? Langsung saja simak tutorial cara cek BPOM Kosmetik asli atau palsu di skda.co.id.

Apakah Semua Kosmetik Harus Mendapatkan Izin BPOM?

Salah satu barang yang paling sering dipakai baik oleh para laki-laki maupun perempuan adalah kosmetik. Kamu mungkin memakai skincare ataupun riasan lainnya karena berbagai kebutuhan.

Para wanita pastinya lebih sering menggunakan kosmetik ini dan bisa jadi selau digunakan untuk kegiataan sehari-hari. Bahan kosmetik tersebut menempel di kulit kita selama berjam-jam kan pastinya.

Sebagai masyarakat kita harus pintar dan juga selektif dalam memilih jenis kosmetik yang digunakan. Ada ratusan merk kosmetik yang berasal dari dalam maupun luar negeri dan beredar di Indonesia.

Setiap kulit manusia ini memiliki sensitivitas yang berbeda-beda kan. Dan kamulah yang paling tau keadaan kulitmu sendiri dan produk apa yang bagus digunakan untuk kulitmu.

Hal yang paling utama yang harus dilihat dan juga diingat adalah mengenai izin edar dari produk tersebut terutama dari BPOM apakah sudah ada atau belum. Masih banyak produk kosmetik yang beredar di pasaran dan ternyata belum ada izin dari BPOM.

Padahal itu adalah hal yang sangat penting karena kalau sudah lulus izin dari BPOM, maka produk tersebut aman untuk digunakan. Hal ini sangatlah penting karena kita sebagai pengguna tidak tahu bahan apa saja yang dimasukkan ke dalam kosmetik tersebut dan takarannya bagaimana.

Oleh karena itu, adanya BPOM ini menjadi patokan bagi masyarakat untuk melihat apakah produk tersebut aman digunakan ataukah tidak. Jadi, semua produk kosmetik itu harus mendapat izin BPOM agar masyarakat bisa percaya bahwa barang tersebut aman untuk digunakan.

Masa Berlaku Izin Dari Badan Pengawas Obat Dan Makanan RI

Apakah sebuah produk yang sudah didaftarkan ke BPOM dan mendapat izin dari BPOM itu berlaku seumur hidup? Perlu kamu ketahui juga kalau izin BPOM ini memiliki masa berlaku.

Ketika masa berlaku sudah habis maka perusahaan harus memperpanjang izin tersebut dan akan dilakukan pengecekan ulang terhadap bahan-bahan yang digunakan.

Hal ini sangatlah penting untuk dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Lalu berapa lama masa berlaku izin dari BPOM ini untuk setiap produk kosmetik?

Izin dari BPOM ini berlaku selama 5 tahun sejak produk tersebut mendapatkan izin dan dinyatakan aman. Sebagai masyarakat sekaligus konsume harus aware mengenai hal semacam ini karena itu juga untuk kebaikan sendiri dan orang lain.

Kita lah yang memilih produk kosmetik dengan merk apa yang ingin digunakan. Dan kita jugalah yang harus mengecek apakah kosmetik tersebut benar sudah terdaftar BPOM atau belum.

Kosmetik ini kan termasuk produk obat karena di dalamnya terdapat bahan-bahan kimia. Yang dalam pembuatannya itu harus memiliki takaran khusus agar tidak berbahaya untuk kulit dan juga tubuh.

Semoga dengan membaca informasi ini kamu jadi lebih selektif dalam memilih produk. Seperti riasan, kosmetik, skincare, dan juga yang lainnya baik berasal dari dalam maupun luar negeri.

Alasan Masyarakat Harus Cek BPOM Kosmetik Yang Digunakan

Kalau dipikir-pikir mengapa sih kita harus repot-repot melihat dulu apakah kosmetik yang kita gunakan itu sudah BPOM atau belum? Alasan yang paling kuat adalah demi keamanan bersama juga. Semua pasti tahu kan kalau kosmetik itu pasti terbuat dari bahan kimia.

Dan sudah banyak juga masalah-masalah yang terjadi karena memakai kosmetik yang tidak BPOM atau ternyata BPOMnya tidak asli. Sesuai dengan fungsinya, BPOM berfungsi untuk mengawasi obat dan juga makanan agar aman dan layak untuk digunakan oleh masyarakat.

Sertifikasi BPOM ini biasanya ada untuk produk-produk yang dibuat oleh perusahaan yang sudah besar. Namun, bagaimana dengan perusahaan yang masih merintis? Hal ini tetap saja harus dilakukan supaya bisa mendapatkan kepercayaan konsumen.

Apalagi kalau untuk urusan kosmetik itu harus mendapatkan izin dari BPOM dulu baru bisa dikatakan aman. Kita tidak pernah tau apakah ada kandungan berbahaya di dalam kosmetiik tersebut jika belum ada izin dari BPOM.

Dan yang perlu diingat adalah pilih-pilih jenis kosmetik yang ingin dipakai dan cek kembali apakah kosmetik tersebut sudah mendapatkan izin dari BPOM atau belum. Kalau belum sebaiknya cari jenis merk yang lain yang sudah mendapatkan sertifikasi aman dari badan pengawas obat dan makanan.

Buat kamu yang masih belum tau mengenai cara cek nomor BPOM kosmetik dan juga cara melihat apakah nomor BPOM tersebut asli atau tidak. Jangan lewatkan pembahasan yang akan kami berikan disini ya.

Cek Nomor BPOM Kosmetik Terbaru 2024

Semua produk yang sudah mendapatkan izin dari BPOM pastinya memiliki nomor BPOM yang tertera di produk tersebut. Hal ini bisa memudahkan para konsumen untuk melihat dan juga mengecek nomor tersebut.

Dengan kata lain cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk cek nomor BPOm produk yang kamu gunakan adalah melalui kemasan dari produk tersebut. Kode BPOM ini terdiri dari 2 huruf dan juga 11 angka dan letaknya paling sering ada di bagian bawah kemasan.

Kamu bisa langsung cek nomor tersebut dan apabila terdapat kejanggalan karena angkanya kelebihan atau kekurangan. Maka kamu harus langsung cek bpom kosmetik tersebut karena itu bisa menjadi indikasi produk tersebut sebenarnya belum mendapat izin BPOM.

Kasus semacam ini sudah sangat banyak beredar di masyarakat dan tidak sedikit orang yang menjadi korban dari kosmetik produk belum BPOM. Lalu apakah kita bisa cek sendiri kalau kosmetik yang kita pakai itu benar sudah mendapat izin BPOM atau belum?

Hal ini tentu saja bisa dilakukan karena perizinan produk makanan dan juga obat dari badan pengawas obat dan makanan ini bisa diakses oleh siapa saja. Ini juga merupakan bentuk cara agar masyarakat bisa percaya bahwa apa yang mereka makan dan pakai itu aman untuk tubuh.

Pada pembahasan artikel skda.co.id, kami akan menjelaskan beberapa cara cek bpom kosmetik untuk memastikan produk tersebut aman atau tidak dan menghindari kosmetik dengan BPOM palsu.

Jangan lewatkan informasi berkiut ini karena pembahasan kali ini adalah hal yang sangat penting dan juga berguna untuk para pembaca.

Cara Cek BPOM Kosmetik Asli Atau Palsu

Jika kamu merasakan keraguan ketika ingin memakai sebuah merk kosmetik, maka langsung saja cek BPOMnya. Saran dari kami jangan pernah gunakan skincare ataupun kosmetik yang tidak ada nomor BPOM di dalam kemasannya.

Produk tersebut bisa saja membahayakan tubuh kalian dan kalau sudah kena akibatnya siaapa siapa yang mau tanggung jawab. Produk yang terdapat kode BPOM saja belum tentu asli karena ada saja oknum yang tidak bertanggung jawab itu menyalahgunakan kode BPOM agar bisa dipercaya oleh masyarakat.

Kita sebagai konsumen juga harus pintar dan sekarang sangat muah untuk cek BPOM kosmetik yang dipakai itu asli ataukah palsu. Indikasi pertama yang bisa kamu lihat adalah kode atau urutan dari nomor BPOM yang tertera. Kalau sudah tidak sesuai aturan maka patut dicurigai.

Namun, untuk lebih memastikannya kau bisa langsung cek BPOM kosmetik berbagai merk mulai dari yang sedang viral dan juga yang lainnya melalui beberapa cara berikut ini. Ada cara yang harus menggunakan aplikasi maupun situs biasa dan semua itu bergantung pada pilihanmu karena harusnya hasilnya sama saja.

Atau kalau kamu mau memastikan dengan cara cek menggunakan ketiga langkah yang kami berikan juga tidak apa-apa. Jika pembaca belum tau mengenai cara cek bpom kosmetik ms glow ataupun merek yang lainnya. Langsung saja perhatikan langkah-langkah detailnya di bawah ini.

Cek BPOM Kosmetik Online Melalui Website Resmi

Cara pertama yang paling mudah untuk dilakukan adalah cek produk kosmetik BPOM melalui situs resminya. Kamu tidak perlu melakukan login BPOM apabila hanya ingin memastikan bahwa produk yang kamu pakai itu aman digunakan atau tidak.

Situs cek BPOM kosmetik ini bisa langsung melalui website resmi dari Badan Pengawas Obat dan Makanan yang ada di internet. Kamu bisa mencarinya dengan mudah menggunakan mesin pencarian apapun. Untuk mengecek bpom kosmetik ini dapat dilakukan melalui HP ataupun PC karena tidak ada aturan yang menentukannya.

Yang kamu perlukan hanyalah cara untuk cek BPOM kosmetik yang kamu gunakan kan. Cara selengkapnya akan kami berikan di bawah ini dan kamu bisa baca langkah demi langkah agar tidak bingung mengenai cara cek BPOM kosmetik asli atau palsu.

Bagaimana caranya? Simak langkah-langkah di bawah ini.

  • Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah buka website BPOM atau gunakan link berikut ini https://cekbpom.pom.go.id/.
  • Buka website tersebut melalui search engine apa saja dan kalau menggunakan link di atas maka akan langsung ke dalam menu pengecekan.
  • Kemudian ada 3 menu yang tertera di bagian atas dan silahkan pilih “Produk”
  • Ada beberapa jenis produk yang tertera disana dan kamu bisa klik yang “Kosmetika”.
  • Selanjutnya kami bisa cari jenis produk melalui beberapa hal dan yang paling mudah cari menggunakan nama produk. Klik fitur “Cari” lalu pilih “Nama Produk”. Dan di kolom sampingnya tuliskan produk kosmetik yang ingin kamu cek BPOMnya.
  • Lalu akan muncul semua data yang berkaitan dengan nama produk tersebut. Atau kalau kamu ingin cari dengan data yang lainnya juga bisa tinggal pilih saja sesuai dengan pilihan yang disediakan.

Atau kamu juga bisa memasukkan nomor BPOM yang tertera di kemasann produknya jika ingin mencari yang lebih akurat.

Kamu bisa juga cek BPOM kosmetik melalui aplikasi BPOM dan caranya tidaklah berbeda jauh. Jika kamu termasuk orang yang cukup detail terhadap ataupun apapun yang kamu pakai dan makan.

Maka lebih baik download saja aplikasi BPOM agar kamu bisa melihat dan mengecek apakah barang tersebut aman atau tidak untuk digunakan atau dikonsumsi.

>> LINK DOWNLOAD untuk download aplikasi BPOM Versi Terbaru 2024 <<

Kalau ingin menggunakan cara ini maka langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan mengunduh aplikasi cek BPOM kosmetik di Google Play Store. Nama aplikasinya adalah Cek BPOM.

Jika aplikasi berhasil di download maka segera buka aplikasi tersebut dan kamu akan langsung masuk ke dalam halaman utama. Langkah berikutnya dalah pilih menu “Semua Produk”.

Untuk mempermudah pencarian maka gunakan fitur cari yang ada disana dan piliha kategori pencarian. Gunakan kategori pencarian berdasarkan nama produk. Lalu kamu masukkan nama produk yang ingin kamu cari.

Atau jika kamu hapal nama merknya maka pilih yang kategori merk dan tuliskan merknya apa. Akan muncul hasilnya mulai dari nomor BPOM dan juga nama produknya. Kamu bisa cek apakah nomor BPOMnya sama atau tidak dengan yang ada di kemasan.

Cara Cek BPOM Kosmetik Dengan Scan Barcode

Selain kedua cara di atas, masih ada cara lain yang bisa kamu gunakan untuk cek BPOM kosmetik apakah asli atau palsu. Kali ini kamu bisa menggunakan fitur scan barcode yang ada di dalam aplikasi BPOM Mobile.

Setiap kemasan produk kosmetik pasti memiliki kode batang atau barcode yang ada selain nomor BPOM yang tertera disana. Kamu bisa memakai barcode tersebut agar lebih praktis lagi untuk melihat apakah produk yang ingin kamu pakai sudah mendapat izin edar dari BPOm atauah belum.

Kamu bisa buka aplikasi BPOM Mobile dan ya kalau belum punya silahkan download terlebih dahulu. Kemudiah pilih fitur scan barcode. Kalau sudah kamu bisa arahkan kamera ke kode batang yang ada di dalam kemasan.

Dan tunggu sebentar hingga hasilnya muncul di layar dan kamu bisa mengecek BPOM kosmetikmu tanpa perlu susah payah kan.

Cara Lihat Kosmetik Yang Ditarik Oleh Badan Pengawas Obat Dan Makanan

Apakah ada produk yang sudah BPOM lalu ditarik kembali izin edarnya? Oh ya tentu saja ada dan belum lama ini juga terjadi untuk beberapa produk kosmetik di Indonesia. Mungkin karena hal tersebut kamu menjadi ragu dan ingin mengeceknya secara pasti.

Untuk melihat daftar kosmetik yang ditarik oleh BPOM karena izin edarnya dicabut. Kamu bisa langsung melihatnya melalui website resmi dari BPOM. Ada banyak hal yang mendasari mengapa tiba-tiba BPOM menarik izin edar atas produk tersebut.

Salah satunya mungkin ditemukan kandungan berbahaya atau komposisi yang berlebihan sehingga perlu ditarik izin edarnya sementara sampai produk tersebut diperbaiki dan aman untuk digunakan lagi.

Ini dia cara lihat daftar produk kosmetik yang ditarik oleh BPOM melalui website resmi dari BPOM.

  • Buka link cek BPOM yang telah kami berikan di atas tadi.
  • Lalu klik menu “Produk” dan pilih yang submenu “Recall”.
  • Akan muncul semua daftar produk Recaall disana. Dan jika kamu ingin emncari yang lebih spesifik bisa gunakan fitur pencarian dan pilih kategori pencariannya.

Sangat penting untuk selalu Cek BPOM Kosmetik ini terutama kamu yang cukup sering ganti-ganti merk atau produk kosmetik. Itu semua demi kebaikan kalian dan juga yang lainnya.

Cari informasi bermanfaat lainnya mengenai teknologi atau kabar terbaru hanya di skda.co.id.


Rekomendasi

DMCA Protected