Cara Memperpendek Link (Google Form, Drive, Youtube) Gratis

Cara Memperpendek Link – Untuk kamu yang sedang menyusun skripsi atau seorang digital marketing yang suka menyalin link tautan dari sebuah website pasti pernah mendapati sebuah link dengan alamat yang sangat panjang. Tentunya jika tautan atau link tersebut di copy maka akan terlihat kurang menarik untuk di baca, untuk itu kamu harus Memperpendek link tersebut terlebih dahulu.

Saat ini banyak sekali tools yang bisa kamu gunakan untuk memperpendek link suatu tautan, alat – alat tersebut kebanyakan gratis untuk di gunakan. Tujuan untuk membuat link menjadi singkat adalah agar saat di salin atau di letakan untuk di tampilkan menjadi enak untuk di baca, apa saja tools tersebut silahkan kamu baca sendiri di bawah ini.

Jika kamu sudah pernah mengenal istilah website atau sudah pernah masuk ke sebuah website pasti kamu juga sering mendapat istilah link. Biasanya link di gunakan untuk membagikan konten atau alamat situs ke media sosial atau ke orang lain.

Sebenarnya link merupakan alamat yang berfungsi untuk mengubungkan satu halaman ke halaman lainnya di sebuah situs. Link juga berfungsi untuk memudahkan kamu saat ingin melihat sebuah konten, yang perlu kamu lakukan adalah tinggal klik link tersebut maka kamu langsung akan di arahkan ke dalam konten tersebut.

Jika kamu menyalin link di sebuah tools seperti Microsoft Word dan tools lainnya, maka dia akan terlihat mencolok karena memiliki ciri garis bawah serta teks berwarna biru. Link juga bisa di letakan di dalam teks, gambar atau video.

Fungsi link sendiri sangat banyak dan tidak terbatas hanya untuk mengarahkan kita ke konten tertentu, jika kamu ingin tau fungsi link secara lengkap simak list di bawah ini untuk mengetahui nya:

  • Mempermudah pengguna di internet untuk membagikan data dan informasi. Baik itu file Teks, Gambar, File, Video dan juga halaman.
  • Mempermudah kamu untuk menelusuri informasi yang ada di dalam situs.
  • Menyimpan Bookmark data untuk pemakai internet saat ingin membuka halaman situs kembali.
  • Jadi identitas dan gambaran sebuah website.
  • Menyambungkan beragam file HTMl yang ada di dalam situs.
  • Untuk menemukan halaman sebuah situs.
Rekomendasi  Download Video Pinterest Apk di iPhone & Android Gratis

Link atau alamat dari sebuah website atau alamat dari suatu konten memang memiliki ciri khas tersendiri yang berbeda – beda. Ada link yang pendek dan enak saat di salin dan ada juga link yang panjang, itu semua tergantung dari letak laman yang kamu buka, semakin masuk ke dalam sub – sub domain maka semakin panjang link yang ada.

Kamu pasti pernah menyalin link namun terlihat sangat tidak menarik karena terlalu panjang, jika kamu pernah mengalami nya maka kamu harus tau bagaimana tutorial memperpendek link dari suatu tautan.

Cara untuk membuat link menjadi pendek juga bukan lah hal yang sulit untuk di lakukan, kebutuhan untuk memperpendek link juga bisa saja di butuhkan oleh semua kategori umur dan pekerjaan, baik siswa, pembisnis, seorang digital marketing dan lain – lain.

membagikan link umumnya di lakukan untuk tujuan sebuah pemasaran atau konversi, namun jika link sangat panjang membuat hal ini terlihat sangat tidak praktis bahkan saat mau menyalin nya saja sudah tidak bisa karena melebihi karakter huruf yang ada.

Link panjang juga bisa membuat pembaca nya menjadi bingung karena susah untuk di ingat, dampak nya adalah orang – orang jadi susah untuk membuka secara manual link tersebut.

Kamu bisa membuat link yang panjang (Long Link) menjadi satu link yang sangat pendek (Short Link), bagaimana cara nya simak saja informasi yang sudah kami letakan di bawah ini.

Jika kamu pernah membuat Google Form dan membagikan link dari Google form yang kamu buat, atau kamu harus membagikan link dari Google Drive kamu ke orang lain maka link yang kamu bagikan akan terlihat panjang.

Rekomendasi  Cara Ganti Password Wifi Rumah dan Kantor Berbagai Merk

Namun jangan risau karena Google sendiri sudah menyiapkan alat untuk mempermudah kamu saat mau memperpendek sebuah link, dengan alat atau fitur ini maka kamu tidak perlu bantuan dari aplikasi atau situs pihak ketiga. Bagaimana cara melakukan nya simak langkah – langkah nya di bawah ini.

  • Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah klik Icon Link yang ada di “Google Form”.
  • Bila link sudah keluar, cari kataShorten Link atau “Perpendek Link tepat di bawah teks link.
  • Selanjutnya “Centang” pada kolom “Perpendek Link.
  • Nah hasilnya link yang kamu inginkan telah menjadi “Lebih Pendek” serta siap untuk di share.

Cara yang bisa kamu lakukan di atas merupakan sebuah cara yang gratis untuk di lakukan. Cara di atas bisa kamu lakukan untuk membuat link Google Form atau Google Drive menjadi lebih pendek.

Bitly adalah sebuah alat yang bisa kamu gunakan untuk dapat memperpendek sebuah link atau tautan yang sangat panjang. Bitly sangat menjadi andalan banyak orang untuk memperpendek sebuah link, dan tools ini juga menjadi sangat populer.

Fitur yang di miliki Bitly juga sangat lengkap seperti membuat link menjadi pendek, membuat branded link, ubah URL tujuan atau dengan kata lain redirect dan lain sebagainya.

Nah untuk memperpendek link menggunakan Bitly maka kamu bisa simak ulasan lengkap nya di bawah ini. Baca dan simak baik – baik agar kamu mudah saat melakukan nya secara langsung.

  • Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka “Browser” dan masuk ke situs “Bitly”.
  • Cari kolom “Shorten Link” di halaman beranda.
  • Selanjutnya “Copy” atau masukan link yang mau kamu perpendek.
  • Terakhir klik “Shorter” maka secara otomatis link panjang yang kamu masukan akan menjadi sebuah “Short Link”.
  • Setelah itu kamu bisa “Copy” dan bagikan link tersebut.
Rekomendasi  Sound Of Text WA Suara Google, Anime, Nada Dering Gratis

Nah itulah cara untuk memperpendek link menggunakan Bitly, sangat mudah bukan. Ada beragam situs lain yang bisa kamu gunakan untuk memperpendek link dengan mudah.

3. Menggunakan TinyURL

Membuat link menjadi pendek dengan situs ini sama hal nya seperti langkah – langkah di situs Bitly jadi kami tidak perlu menjelaskan nya kembali. Situs ini sudah banyak di gunakan orang – orang sejak tahun 2002.

URL yang di buat pendek oleh situs ini juga tidak akan menjadi kadaluarsa sama sekali meskipun sudah lama di pakai, serta kamu bisa menggunakan situs ini secara gratis tanpa ada biaya apapun saat menggunakan nya.

Nah itulah beragam cara dan informasi yang kami himpun dan bagikan ke pada kamu mengenai cara untuk Memperpendek link, silahkan kamu baca dan praktekan sendiri agar link yang kamu inginkan menjadi lebih pendek dan lebih nyaman untuk di baca.