Cara Merekam Layar Laptop Dengan Suara Di Windows 7-11

skda.co.id – Nah untuk yang sering menjadi salah satu narasumber dalam webinar atau bahkan konten kreator sekarang ini tidak perlu bingung bagaimana cara merekam layar laptop ataupun PC.

Karena pada artikel ini sudah tersedia beberapa cara yang bisa pembaca lakukan untuk merekam layar. Hanya dengan menyimak beberapa pembahasan yang ada disini, nantinya sudah bisa melakukan rekam layar dengan mudah dan juga cepat.

Kalau begitu langsung saja simak beberapa informasi dan juga tutorial melakukan perekaman layar pada artikel ini. Jangan sampai lewatkan beberapa informasi penting dan berbagai tutorial perekaman layar di bawah ini.

Beberapa Cara Merekam Layar Laptop Dengan Suara dan Wajah

Kalau zaman sekarang ini melakukan kegiatan perekaman layar memang bisa dilakukan denggan sangat baik dan juga mudah. Karena memang semua hal yang bisa pembaca lakukan sekarang sangat mudah dan juga praktis. Banyak yang memfasilitasi pembaca untuk melakukan kegiatan tersebut.

Termasuk kemajuan teknologi juga sangat berperan dalam kemudahan semua orang melakukan kegiatan sekarang ini. Maka dari itu ada banyak sekali hal yang akan membantu kegiatan sehari-hari. Termasuk dengan kegiatan perekaman layar yang sedari tadi kita bicarakan.

Untuk melakukan kegiatan seperti ini tentunya bisa dilakukan dengan nyaman dan juga mudah. Namun banyak yang belum mengetahui kalau penggunaan perekaman layar sudah bisa dilakukan dengan sangat mudah. Maka dari itu akan ditemukan banyak sekali orang yang kebingungan mengenai tata cara perekaman layar.

Rekomendasi  Cek IMEI Oppo Online, Terdaftar Atau Tidak Untuk Garansinya ?

Untuk melakukan perekaman layar sekarang ini sebenarnya tidak memerlukan aplikasi tambahan atau lain sebagainya. Pembaca bisa menggunakan fitur yang sudah tersedia dari dalam perangkatnya secara langsung. Memang tidak banyak yang membutuhkan perekaman layar pada laptop ini.

Tetapi tidak ada salahnya untuk mengetahui bagaimana cara perekaman layar tersebut. Agar nantinya saat sudah dibutuhkan kita sudah mengetahui bagaimana cara penggunaannya. Maka dari itu perlu menyimak pembahasan yang ada di bawah ini mengenai cara merekam layar laptop dengan mudah dan juga praktis.

Cara Merekam Layar Laptop Menggunakan Tombol Kombinasi Windows + ALT + R

Cara pertama ini tentunya mudah sekali untuk para pembaca lakukan. Pasalnya caraini tidak lagi membutuhkan aplikasi tambahan atau lain sebagainya. Hanya dengan mengandalkan tombol kombinasi yang ada dalam perangkat. Memang kegunaan tombol kombinasi ini sangat beragam.

Jika kita mengetahui beragam kegunaan dari tombol kombinasi akan mudah untuk mengoprasikan semuanya. Sama saja seperti yang ingin melakukan kegiatan perekaman layar laptop menggunakan tombol kombinasi Windows + ALT +R. Dengan menekan ketiga tombol secara bersamaan pasti akan bisa langsung saja melakukan perekaman layar dengan mudah.

Nah untuk para pengguna yang ingin melakukan perekaman layar menggunakan cara yang satu ini. Bisa langsung saja simak langkah-langkah mudahnya di bawah ini, berikut ini merupakan beberapa langkah melakukan rekam layar menggunakan tombol kombinasi :

  • Langkah pertama langsung saja tekan Windows + ALT + R pada waktu bersamaan.
  • Lalu setelah itu bisa langsung saja fitur perekam layar akan muncul secara otomatis.
  • Lakukan perekaman sesuai dengan yang kalian inginkan.
  • Jika ingin memberhentikan perekaman layar laptop bisa langsung saja klik stop perekaman.
  • Selesai.

Cara Merekam Layar Laptop Windows 10 Menggunakan Ekstensi Chrome

Kalau tidak ingin menggunakan cara tombol kombinasi tersebut. Pembaca bisa melakukan kegiatan perekaman layar melalui ekstensi dari Chrome. Yang mana ekstensi ini hanya bisa pembaca lakukan pada layar Chrome saja. Maka dari itu bagi para pengguna Chrome bisa langsung saja memasang ekstensi ini segera.

Rekomendasi  Cara Pakai Testpack Mudah dan Akurat Dan Cara Menyimpannya

Yang mana pada ekstensi ini pembaca akan menggunakan ekstensi jenis Awesome Screenshot and Screen Recorder. Untuk cara pemasangan ekstensinya tentu sangat mudah dan juga cepat. Berikut ini beberapa langkah melakukan ekstensi untuk melakukan Cara Merekam Layar Laptop :

  • Bisa langsung saja buka Chrome yang sering digunakan.
  • Selanjutnya langsung saja ketikan perekaman layar pada address bar.
  • Setelah itu bisa terus lanjutkan dengan klik Add to Chrome > ekstensi > pin ekstensi.
  • Langsung saja gunakan ekstensi tersebut dengan cara berikut ini :
    • Bisa langsung saja klik recorder > start recording.
    • Lakukan perekaman layar sesuai dengan keinginan.
    • Untuk memberhentikan klik stop recording, nantinya file akan tersimpan secara otomatis pada perangkat.
    • Selesai.

Cara Merekam Layar Laptop Macbook Melalui Microsoft Stream

Nah kalau di atas tadi sudah mengetahui beberapa cara yang mudah dan juga praktis untuk melakukan recording layar laptop. Sekarang ini pembaca bisa menemukan cara yang tidak kalah mudah dan juga praktis dari dalam artikel ini. Yap dengan menggunakan Microsoft Stream, nantinya pengguna sudah bisa melakukan perekaman layar.

Yang mana fitur ini sudah tersedia pada perangkatnya langsung. Karena memang fitur ini merupakan fitur yang disediakan oleh pihak windows untuk membantu mengoprasikan perangkatnya. Dengan menggunakan fitur ini para pengguna sudah bisa melakukan kegiatan perekaman layar dengan cepat.

Berikut ini cara melakukan kegiatan perekaman layar melalui Microsoft Stream :

  • Langkah pertama bisa langsung saja buka Microsoft Stream pada perangkat.
  • Lalu setelah itu bisa langsung saja klik create – Record Screen terlebih dahulu.
  • Selanjutnya bisa langsung saja klik ikon webcam dan mikrofon.
  • Nah kalau sudah langsung klik share untuk memulai perekaman layar otomatis.
  • Jika sudah selesai langsung saja klik pause dan next.
  • Selesai dan video rekaman akan langsung tersimpan otomatis.
Rekomendasi  Cara Menulis Daftar Pustaka dari Jurnal di Word Yang Benar!

Cara Merekam Layar Laptop Windows 11 Menggunakan Windows + G

Untuk yang tidak ingin menggunakan beberapa cara di atas tadi. Pembaca bisa langsung saja lakukan perekaman layar dengan menggunakan tombol kombinasi selanjutnya. Lakukan perekaman layar laptop menggunakan tombol kombinasi Windows +G.

Yang mana cara ini bisa berhasil kalau para pembaca sudah menggunakan windows 10. Karena memang fitur ini hanya ada pada windows 10 saja. Fitur yang dimaksud adalah fitur Xbox Game Bar. Kalau belum menggunakan Windows 10 berarti pembaca belum bisa melakukan kegiatan perekaman layar menggunakan tombol kombinasi ini.

Nah kalau begitu untuk pengguna yang ingin melakukan kegiatan perekaman layar pada laptop bisa langsung ikuti langkah-langkah di bawah ini :

  • Jika game bar belum aktif dalam perangkat bisa langsung saja aktifkan dengan cara di bawah :
    • Langsung saja klik windows > menu gaming > aktifkan game bar.
  • Kalau sudah bisa langsung saja klik tombol Windows + G secara bersamaan.
  • Lalu bisa langsung pilih capture > klik tombol rekam.
  • Selanjutnya jika ingin memberhentikan perekaman layar langsung saja klik stop.
  • Selesai.

Itulah tadi beberapa Cara Merekam Layar Laptop yang bisa pembaca gunakan. Semoga semua cara yang sudah kami berikan di atas bisa bermanfaat dan dapat membantu para pembaca yang ingin lakukan perekaman layar pada laptopnya.

Baca Artikel Lainnya Juga :