Cek Tagihan BPJS Kesehatan Online Lewat WA Dengan NIK

sadar kaya dunia akhirat

Bagi para pengguna BPJS namun bingung bagaimana cara cek tagihan BPJS kesehatan online, bisa simak artikel ini ya. Jaminan kesehatan setiap warga negara memang sudah terjamin. Ada jaminan yang diberikan langsung oleh pemerintah, ada juga yang berbayar melalui perusahaan tempat bekerja.

BPJS sendiri adalah singkatan dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial. Yang mana lembaga ini dibuat khusus dengan tugas untuk menyelenggarakan jaminan kesehatan. Jaminan ini diberikan untuk para masyarakat, Pegawai Negeri Sipil dan juga pegawai swasta.

Tapi perlu diketahui bahwa untuk bisa mendapatkan layanan kesehatan tentunya ada iuran BPJS setiap bulannya ya. Yang mana iuran bpjs ini biasanya dipotong langsung dari gaji yang didapatkan setiap bulan.

Dengan adanya layanan ini maka kesehatan warga negara akan semakin terjamin dan tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar jika sewaktu-waktu terjadi kecelakaan atau hal yang lainnya. Bisa dibilang bpjs kesehatan ini sama dengan asuransi yang harus dibayar setiap bulannya.

Namun tentunya jika sewaktu-waktu pemilik bpjs tersebut tidak membayar iuran kesehatan pada bulan tertentu, maka akan terdapat tagihan nantinya. Dalam hal ini biasanya banyak orang yang tidak paham bagaimana cara cek tagihan bpjs. Sehingga disarankan untuk simak dengan baik artikel berikut ini.

Cara Cek Tagihan BPJS Kesehatan Online

Untuk mengecek tagihan bpjs kesehatan secara online tanpa harus datang ke kantornya langsung tentu ada banyak caranya ya. Yang mana berbagai cara tersebut nantinya bisa dilakukan secara gratis supaya bisa mengetahui berapa besar tagihan yang dimiliki.

Setiap bulannya memang selalu ada tagihan bpjs yang harus dibayarkan oleh para penggunanya. Sehingga perlu dilakukan pembayaran yang dilakukan setiap bulan supaya tagihannya tidak makin besar.

Rekomendasi  Download Video Twitter di iPhone, Android & PC Mp4 HD

Tentunya bpjs kesehatan ini sangat bermanfaat bagi para penerimanya. Karena jika sewaktu-waktu pengguna tersebut sakit maka bisa memanfaatkan bpjs yang dimiliki sehingga biaya yang dikeluarkan tidak begitu besar.

Nah untuk bisa mengecek tagihan tentunya ada banyak cara yang bisa dilakukan. Bahkan bisa juga melalui aplikasi whatsapp lho. Canggih sekali bukan? Dengan begitu maka biayanya juga gratis dan pastinya tidak perlu datang ke kantor bpjs kesehatan.

Untuk itu, bagi pengguna kartu bpjs yang tidak paham dengan caranya maka bisa simak penjelasan yang sudah tersedia berikut ini ya.

Cek Tagihan BPJS Online Di Website

Cara pertama yang bisa dilakukan saat ingin mengecek tagihan bpjs secara online adalah melalui situs resmi bpjs. Untuk langkah satu ini, pengguna tidak perlu mendownload aplikasi lain karena bisa langsung mengaksesnya melalui browser.

Hal-hal yang perlu disiapkan saat ingin mengecek tagihan bpjs secara online adalah nomor kartu ya. Karena nantinya saat pengecekan, pengguna diminta untuk menginput nomor bpjs yang dimiliki. Untuk langkah-langkah nya bisa simak penjelasan di bawah ini ya.

  1. Silahkan buka aplikasi browser yang ada di handphone masing-masing.
  2. Selanjutnya silahkan masuk ke situs “https://bpjs-kesehatan.go.id/bpjs/”.
  3. Pada halaman utama nantinya akan muncul berbagai pilihan. Disana pengguna bisa klik bagian cek iuran BPJS kesehatan.
  4. Kemudian silahkan isi informasi terkait nomor kartu bpjs pada kolom yang disediakan.
  5. Lalu masukkan tanggal lahir pengguna pada kolom yang telah disediakan.
  6. Jika sudah, berakhir silahkan masukkan angka untuk verifikasi pada kolom yang ada dan klik cek.
  7. Nah nantinya akan muncul informasi yang tersedia terkait dengan berapa nominal iuran yang harus dibayarkan dan silahkan lakukan pembayaran ya.
Rekomendasi  Cara Memperbaiki Sinyal HP Yang Hilang Di Semua Tipe Android

Cek Tagihan BPJS Melalui Customer Service

Tak hanya melalui website, para pengguna layanan kesehatan ini juga bisa mengecek tagihan bpjs melalui customer service ya. Sesuai dengan namanya yaitu pengecekan tagihan bpjs melalui customer service tentunya dilakukan di kantor bpjs secara langsung.

Jadi nantinya pemilik bpjs yang ingin mendapatkan informasi terkait tagihan bpjs, maka bisa langsung datang ke kantor layanan dan meminta bantuan kepada customer service. Untuk langkah-langkahnya bisa simak panduan berikut ini.

  1. Langkah pertama silahkan cari informasi alamat mobile customer service BPJS yang ada di daerah tempat tinggal pengguna.
  2. Kemudian silahkan datangi tempat tersebut lalu silahkan tanyakan berapa besar tagihan bpjs yang harus dibayarkan kepada petugas yang ada.
  3. Nantinya pengguna akan diberi beberapa pertanyaan seperti nomor bpjs dan juga yang lainnya.
  4. Setelah selesai, maka petugas layanan ini akan memberi informasi terkait jumlah tagihan yang harus dibayar.

Nah mudah bukan? Langkah ini bisa dilakukan bagi kalangan yang mungkin kurang update informasi di internet sehingga tidak tahu jika bisa mengecek secara online.

Cek Tagihan BPJS Lewat Aplikasi JKN

Ada lagi cara lain yang bisa dilakukan saat ingin mengecek tagihan BPJS yaitu dengan menggunakan aplikasi JKN. Jika menggunakan aplikasi tentunya para pengguna harus download terlebih dahulu melalui playstore.

Ukuran aplikasinya juga tidak begitu besar sehingga tidak akan memenuhi ruang penyimpanan handphone. Meskipun memang aplikasi JKN ini tidak begitu dikenal, ternyata fungsinya cukup banyak lho termasuk cek tagihan bpjs. Jadi bagi para pengguna yang ingin mengecek tagihan bpjs melalui aplikasi jkn bisa simak penjelasan berikut ini.

  1. Pertama silahkan unduh aplikasi JKN yang ada di playstore.
  2. Kemudian silahkan registrasi dengan memasukkan data-data yang diminta lalu jika sudah silahkan login.
  3. Kemudian nanti akan masuk ke beranda utama. Untuk mengecek besarnya tagihan, maka pengguna bisa masuk ke menu tagihan.
  4. Selanjutnya klik premi dan akan muncul berbagai informasi yang ada terkait dengan nominal tagihan yang dimiliki oleh pengguna tersebut.
Rekomendasi  Cara Mengusir Ular Dari Rumah & Kebun Dengan Bahan Alami

Mudah bukan? Namun memang harus download aplikasi jika ingin mengecek tagihan dengan cara yang satu ini.

Cara Cek Tagihan BPJS Lewat WA

Cara terakhir untuk bisa cek tagihan bpjs adalah melalui wa. Siapa sangka jika aplikasi wa bisa digunakan untuk mendapatkan informasi terkait dengan jumlah tagihan bpjs yang digunakan.

Untuk cara yang satu ini pastinya bisa dilakukan gratis tanpa dipungut biaya lho. Jadi bisa kapan saja digunakan hanya dengan menggunakan aplikasi wa yang pastinya sudah menjadi aplikasi yang digunakan sehari-hari bukan? Penasaran dengan bagaimana caranya? Yuk simak penjelasan di bawah ini.

  1. Langkah awal pastinya buka aplikasi whatsapp.
  2. Kemudian simpan terlebih dahulu nomor layanan BPJS yaitu 08118750400.
  3. Setelah itu maka pengguna bisa langsung mengirim pesan ke nomor tersebut dengan ucapan halo (atau semacamnya) berupa kata sapaan.
  4. Nantinya pesan yang dikirim akan langsung dibalas secara otomatis oleh admin dan diberikan beberapa pilihan.
  5. Pada bagian ini pengguna bisa memilih angka 2 untuk mengecek tagihan bpjs.
  6. Lalu balas lagi pesan yang dikirimkan dengan mengirim kembali nomor bpjs atau nomor NIK ya.
  7. Kemudian pengguna juga diminta untuk menuliskan tanggal lahir sesuai dengan data sebenarnya ya.
  8. Nah setelah itu maka admin layanan ini akan memberikan informasi seputar biaya tagihan yang dikenakan dan selesai.

Mudah bukan? Tidak perlu susah payah datang ke kantor terdekat, pengguna bisa langsung tahu nominal tagihan bpjs. Dapatkan informasi menarik lainnya lewat berbagai kumpulan artikel kami ya.