Contoh Iklan Advertorial – Halo sobat skda.co.id dalam hal ini penulis akan membagikan untuk sobat semua sebuah artikel yang kali ini membahas tentang Contoh Iklan Advertorial. Berikut penjelasan terlengkapnya.
Pengertian Iklan Advertorial
Advertorial diartikan sebagai suatu iklan yang ada di dalam surat kabar atau majalah yang dikemas dan ditulis menyerupai sebuah artikel dari majalah tersebut.
Definisi dari Advertorial sendiri ini disusun atas dua kata yang ada dalam Bahasa Inggris yaitu Advertising dan satu lagi Editorial. Advertising adalah penyajian sebuah materi secara persuasif kepada publik dengan melalui media massa untuk mempromosikan sebuah produk, jasa atau gagasan.
Sedangkan, editorial merupakan sikap resmi dari seorang sebagai editor mengenai pendapatnya. Jadi, advertorial ini punya nuansa editorial karena akan menghadirkan suatu pandangan, padahal tujuannya adalah untuk mempromosikan produk, jasa, gagasan atau suatu kegiatan.
Struktur Penulisan Iklan Advertorial
Sebuah tulisan memiliki struktur, termasuk iklan advertorial. Adapun struktur yang biasa digunakan dalam pembuatan iklan advertorial adalah:
- Berbentuk piramida terbalik (poin yang pentingnya terletak di bagian pembuka)
- Berbentuk piramida biasa (poin pentingnya ini terletak di akhir)
- Berbentuk struktur kronologis (ditulis berdasarkan dari urutan waktu)
Jenis Iklan Advertorial
Sebelum membahas contoh iklan advertorial secara lebih lanjut, mari kenali dulu jenis-jenis iklannya yang ada di bawah ini:
Iklan Advertorial Produk
Jenis iklan advertorial yang pertama ini merupakan jenis iklan yang akan menyajikan mengenai produk atau sebuah barang yang ingin dijual kepada masyarakat. Pembahasan yang ada diulas biasanya akan berupa merek, jenis, keunggulan, spesifikasi, kualitas dan keberadaannya serta hal-hal lain yang berkaitan dengan sebuah produk.
Iklan Advertorial Jasa
Jenis iklan yang kedua merupakan jenis iklan advertorial jasa. Bentuk iklan yang akan disajikan berupa jasa yang selalu ingin ditawarkan kepada publik supaya diketahui. Contoh iklan advertorial yang biasanya berkaitan dengan kualitas jasa yang akan ditawarkan, perusahaan jasa, dan yang lain-lain.
Iklan Advertorial Korporat
Jenis iklan selanjutnya ini cukup asing pastinya terdengar ditelinga. Iklan advertorial korporat ini menyajikan pembahasan mengenai suatu keberadaan dan kegiatan yang akan dilakukan oleh perusahaan. Biasanya iklan jenis ini bertujuan digunakan untuk branding kepada masyarakat supaya dikenal luas. Misalnya, bakti sosial oleh sebuah perusahaan A kepada masyarakat kurang mampu.
Iklan Advertorial Pemerintahan
Jenis iklan advertorial pemerintahan yang hampir mirip dengan advertorial korporat, bedanya hanya jenis iklan ini yang akan melakukan iklan adalah pihak pemerintah. Melalui iklan advertorial pemerintah ini berharap setiap aktivitas atau kegiatan yang akan dilakukan bisa diketahui masyarakat. Contoh iklan advertorial yang akan ditampilkan seperti terdapat potensi pariwisata yang dimiliki pada daerah setempat, keberhasilan program tertentu dan juga lain-lain.
Karakteristik Iklan Advertorial
Berikut karakteristik atau sifat iklan advertorial yang ada, diantaranya.
Informatif
Iklan advertorial adalah jenis iklan yang sangat informatif jika dibandingkan dengan iklan display yang hanya akan menampilkan gambar atau video saja. Informatif di sini maksudnya adalah iklan ini mampu memberikan pengetahuan perihal produk, jasa atau sebuah gagasan yang ingin dipromosikan kepada para masyarakat.
Eksplanatif
Tidak hanya informatif, tentu saja iklan advertorial juga memiliki sifat eksplanatif. Artinya, iklan ini yang menjelaskan dan menguraikan suatu produk, jasa, gagasan dan juga kegiatan secara langsung dengan menggunakan gaya bahasa jurnalistiknya yang sangat khas.
Interpretatif
Iklan advertorial juga mempunyai karakter interpretatif yang akan dapat menjelaskan atau dapat menginterpretasikan informasi atas suatu produk, jasa, gagasan, dan juga kegiatan secara detail dilengkapi dengan melakukan keterangannya.
Persuasif
Sudah pasti sifatnya akan persuasif. Persuasif adalah upaya untuk dapat meyakinkan dan membujuk khalayak untuk dapat mengikuti apa yang dikehendaki oleh para penulis/si pengiklan.
Influentif
Selaras dengan adanya sebuah sifat persuasif, tentu iklan advertorial punya sifat yaitu influentif. Artinya, iklan advertorial bersifat untuk mendorong adanya aksi atau tindakan dari para khalayak.
Memuji
Karakteristik iklan advertorial adalah memuji. Sifat yang satu ini tentu punya maksud bahwa iklan advertorial juga akan memberikan pujian atas informasi supaya masyarakat tertarik dengan apa yang telah dituliskan.
Argumentatif
Artinya iklan advertorial mempunyai sifat ingin membuktikan sesuatu dengan cara menguraikan pendapat atau dengan deskripsi analitis mengenai produk, jasa, kegiatan atau sebuah gagasan.
Eksploratif
Advertorial punya sifat untuk dapat menggali informasi lebih dalam untuk diberikan kepada masyarakat. Iklan ini yang bersifat eksploratif lebih menjawab pertanyaan seperti mengapa dan bagaimana suatu produk, jasa, kegiatan, program, gagasan itu yang sedang terjadi.
Format Penulisan Iklan Advertorial
Adapun format tulisan iklan advertorial ialah :
Pembuka (Intro)
Pada bagian ini, iklan advertorial ditulis untuk dapat menarik perhatian pembaca sehingga membuat para pembaca punya keinginan untuk membacanya sampai habis. Penulisan dalam kalimat pembuka yang ditulis dengan gaya dalam bahasa naratif, deskriptif, pertanyaan, epigram, kutipan, atau untuk sapaan.
Tubuh Karangan
Format yang selanjutnya ialah tubuh karangan. Tubuh karangan juga biasa akan dikenal dengan isi iklan. Pada bagian ini advertorial akan dapat menjelaskan inti pokok dari sebuah iklan secara detail.
Penutup Karangan
Format tulisan iklan advertorial yang terakhir ini adalah penutup karangan. Bagian ini berupa sebuah kllimaks dari isi iklan advertorial. Klimaks bisa juga berbentuk kejutan, pertanyaan, pernyataan, atau berbentuk kesimpulan yang menegaskan iklan yang tersebut.
Fungsi dan Tujuan Iklan Advertorial
Iklan advertorial ini bertujuan untuk memberikan berbagai penawaran atau memperkenalkan barang/jasa/gagasan dengan menggunakan bahasa yang halus kepada orang banyak supaya tertarik untuk mereka melakukannya atau membelinya.