Contoh Soal PTS IPA Kelas 9 Semester 2 & Kunci Jawaban

Simak contoh soal PTS IPA kelas 9 semester 2 lengkap dengan kunci jawabannya. Contoh soal PTS IPA kelas 9 semester 2 ini bisa menjadi bahan pembelajaran siswa jelang ujian.

Hanya hitungan hari lagi murid Sekolah Dasar (SD) akan menjalani masa Penilaian Tengah Semester (PTS) atau Ulangan Tengah Semesters (UTS). Oleh karena itu, perlu mempersiapkan diri salah satunya dengan mengerjakan beberapa contoh soal PTS IPA kelas 9 semester 2 sebagai referensi.

PTS sendiri dilakukan agar para guru bisa mengevaluasi peserta didik terkait pencapaian nilai berdasarkan dengan kompetensi dasar. Soal PTS biasanya diambil dari materi yang telah dipelajari oleh siswa.

Namun perlu diingat, bahwa contoh soal PTS IPA kelas 9 semester 2 yang diberikan kami ini bukanlah sebuah bocoran. Hanya sebagai soal latihan untuk persiapan peserta didik sebelum menghadapi ujian PTS.

Selain untuk peserta didik, contoh soal ini juga dapat digunakan oleh guru sebagai referensi dalam pembuatan soal PTS semester genap, khususnya mata pelajaran Bahasa Indonesia. Berikut di bawah ini adalah contoh soal PTS IPA kelas 9 semester 2 dilansir dari websiteedukasi.com.

Kumpulan Contoh Soal PTS IPA Kelas 9 Semester 2

Pilihlah jawaban yang paling tepat.

MATERI KEMAGNETAN DAN INDUKSI ELEKTROMAGNETIK

  1. Perhatikan pernyataan berikut ini.
    1) Kuat medan magnet terbesar berada di kutub-kutub magnet.
    2) Kutub-kutub magnet senama, bila didekatkan akan menghasilkan gaya tolak.
    3) Kutub-kutub magnet, cenderung menghadap arah barat-timur bumi.
    Pernyatan yang tepat adalah ….
    A. 1), 2), dan 3)
    B. 1) dan 2)
    C. 1) dan 3)
    D. 2) dan 3)
  2. Sifat kutub-kutub magnet yang cenderung menghadap arah tertentu, dimanfaatkan untuk ….
    A. pembuatan kompas
    B. sebagai pemutus dan penyambung arus secara otomatis
    C. interuptor dari bel listrik
    D. pembuatan motor listrik
  3. Prinsip kerja dari model kereta api levitasi magnetik adalah ….
    A. memperbesar gesekan dengan rel kereta dengan cara menambah beban kereta api sehingga stabil
    B. menggunakan gaya magnet untuk menghasilkan gaya dorong yang besar
    C. menggunakan listrik sebagai penggerak kereta api, sebagai teknologi yang ramah lingkungan
    D. memperkecil gesekan dengan rel dengan cara mengangkat badan kereta menggunakan gaya tolak magnet
  4. Ruang atau daerah yang masih dipengaruhi oleh magnet disebut ….
    A. kutub magnet
    B. sudut deklinasi magnet
    C. garis gaya magnet
    D. medan magnet
  5. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut.
    1) Menunjukkan besar dari kuat medan magnet.
    2) Keluar dari kutub Utara menuju Kutub selatan magnet.
    3) Garis yang rapat menunjukkan kuat medan magnet yang besar.
    Pernyataan yang tepat tentang garis gaya magnet adalah ….
    A. 1), 2), dan 3)
    B. 1) dan 2)
    C. 1) dan 3)
    D. 2) dan 3)
  6. Perhatikan pembuatan magnet berikut.

    KL adalah batang besi yang akan dibuat sebagai magnet. Teknik pembuatan magnet dan kutub-kutub magnet yang dihasilkan yang tepat adalah ….
    A. pembuatan magnet dengan cara digosok, L kutub Utara magnet
    B. pembuatan magnet dengan cara digosok, L kutub Selatan magnet
    C. pembuatan magnet dengan cara induksi, K kutub Utara magnet
    D. pembuatan magnet dengan cara induksi, K kutub Selatan magnet
  7. Perhatikan pembuatan magnet dengan cara induksi berikut ini. Dua buah batang besi K-L dan M-N didekatkan pada sebuah magnet yang kuat. Kutub-kutub magnet yang tepat adalah …
          K                                 L                                  M                                 N
    A. Kutub Utara                   Kutub Selatan               Kutub Utara                 Kutub Selatan
    B. Kutub Selatan                Kutub Utara                 Kutub Selatan               Kutub Utara
    C. Kutub Selatan                Kutub Utara                 Kutub Utara                 Kutub Selatan
    D. Kutub Utara                   Kutub Selatan               Kutub Selatan               Kutub Utara
  8. Perhatikan pernyataan berikut ini.
    1) Benda tersusun atas magnet elementer.
    2) Benda bukan magnet memiliki magnet elementer yang susunannya teratur.
    3) Membuat benda jadi magnet artinya mengubah susunan magnet elementer benda menjadi teratur.
    Pernyataan yang tepat adalah ….
    A. 1), 2), dan 3)
    B. 1) dan 2)
    C. 1) dan 3)
    D. 2) dan 3)
  9. Perhatikan pembuatan magnet berikut ini.

    Cara pembuatan dan nama kutub magnet dari batang besi K-L yang tepat adalah….
    A. induksi, K kutub Utara
    B. induksi, K kutub Utara
    C. elektromagnet, L kutub Utara
    D. elektromagnet, L kutub Selatan
  10. Perhatikan dua cara pembuatan magnet berikut ini.
    Interaksi kutub-kutub magnet yang dihasilkan yang tepat adalah ….
    A. K dan N saling tarik
    B. L dan M saling tolak
    C. L dan N saling tolak
    D. M dan K saling tolak
  11. Pernyataan berikut yang tepat tentang gaya Lorentz adalah….
    A. gaya Lorentz dihasilkan oleh penghantar berarus listrik
    B. gaya Lorentz dihasilkan oleh kawat yang terletak dalam medan magnet
    C. penghantar berarus listrik dalam medan magnet akan menghasilkan gaya Lorentz
    D. medan magnet batang dapat menghasilkan gaya Lorentz
  12. Faktor-faktor berikut ini yang tidak mempengaruhi besar gaya Lorentz yang dialami oleh suatu penghantar adalah….
    A. hambatan jenis penghantar
    B. panjang penghantar dalam medan magnet
    C. kuat arus listrik dalam penghantar
    D. kuat medan magnet
  13. Perhatikan gambar berikut.
    Sebuah kawat dialiri arus ke arah sumbu z+. Kawat tersebut terletak dalam medan magnet yang arahnya menuju sumbu x+. Arah gaya Lorentz yang dialami oleh kawat adalah menuju sumbu …
    A. X
    B. y+
    C. Y
    D. Z
  14. Sebuah kawat panjangnya 40 cm terletak dalam medan magnet homogen 0,8 tesla. Bila pada kawat tersebut diberi kuat arus 5 ampere dan arah arus listrik tegak lurus dengan arah medan magnet, maka gaya yang dialami oleh kawat adalah….
    A. 1,6 newton
    B. 3,2 newton
    C. 160 newton
    D. 250 newton
  15. Perhatikan kawat berarus listrik berikut.
    Agar dihasilkan gaya pada kawat yang arahnya ke atas (sumbu y+), maka arah medan magnet yang tepat adalah….
    A. x+
    B. Y
    C. Z
    D. z+
  16. Sebuah kawat lurus 50 cm yang dipasang saling tegak lurus dengan arah medan magnetik 2 tesla mengalami gaya Lorentz sebesar 4 newton. Kuat arus yang melalui kawat tersebut adalah….
    A. 4 ampere
    B. 3 ampere
    C. 2 ampere
    D. 1 ampere
  17. Rudi melakukan percobaan dengan meletakkan kawat horisontal yang dialiri arus dari arah barat ke timur. Kawat tersebut berada dalam medan magnet yang arahnya dari utara ke selatan. Arah gaya yang dialami kawat adalah….
    A. ke utara
    B. ke barat
    C. ke atas
    D. ke bawah
  18. Motor listrik merupakan salah satu penerapan dari gaya Lorentz. Peralatan berikut ini yang tidak menggunakan motor listrik sebagai komponen utama adalah….
    A. kipas angin listrik
    B. setrika listrik
    C. Blender
    D. air conditioner
  19. Perhatikan motor listrik sebagai berikut
    Kumparan berarus listrik berbentuk persegi panjang terletak dalam medan magnet. arah gaya Lorentz yang dialami oleh bagian kumparan PQ dan arah perputaran kumparan yang benar adalah….
    A. ke bawah, kumparan berputar searah jarum jam
    B. ke bawah, kumparan berputar berlawanan jarum jam
    C. ke atas, kumparan berputar berlawanan jarum jam
    D. ke atas, kumparan berputar searah jarum jam
  20. Hewan berikut yang tidak memanfaatkan peta magnet dalam proses bermigrasi adalah ….
    A. burung merpati              B. ikan salmon             C. Gajah                       D. ikan paus

Kunci Jawaban

1. B                 6. A                 11. C               16. A
2. A                 7. B                 12. A               17. D
3. D                 8. C                 13. B               18. B
4. D                 9. D                 14. A               19. D
5. A                 10. B               15. C               20. C

Demikian, contoh soal PTS IPA kelas 9 semester 2 dan jawabannya. Gunakan contoh soal PTS IPA kelas 9  sebagai bahan belajar, sebelum ujian dimulai. Semoga membantu, ya.