Doa Nabi Ilyas AS untuk Umatnya dalam Al Quran

Sadar Kaya Dunia Akhirat
Artikel Islami dari https://www.skda.co.id

Doa Nabi Ilyas – Nabi Ilyas adalah nabi yang ke 20 dari 25 nabi dan Rosul yang wajib diimani oleh ummat muslim.

Didalam sejarah dikatakan bahwa nabi Ilyas As merupakan keturunan nabi Harun yang ke empat dengan nama lengkapnya yakni Ilyas bin Finhash bin Azhar.

Masih satu nasab dengan nabi Ibrahim sehingga tugas nabi Ilyas melanjutkan dari nabi-nabi sebelumnya yang berada dilingkungan bani israil.

Tentunya amat berat tuga yang di emban oleh nabi Ilyas karena berhadapan langsung dengan kaum bani israil yang terkenal membangkang dan menyembah berhala.

Pilihan Doa Nabi Ilyas Yang Populer Dikalangan Ummat Muslim

Dalam kisah perjalanan hidup nabi Ilyas memiliki pilihan doa-doa yang kerap dipanjatkan kepada Allah SWT sebagai salah satu media untuk meminta pertolongan.

Didalam artikel ini penulis akan merangkum beberapa pilihan doa nabi Ilyas yang masih diamalkan ummat Rosulullah SAW. Simak berikut dibawah ini beragam doa nabi ilyas.

Doa Nabi Ilyas Dan Nabi Khidir Ketika Hendak Berpisah

Didalam kitab Asrarur Rabbaniyah dikisahkan bahwa nabi ilyas dan nabi khidir masih hidup sampai dengan saat ini.

Tempat tinggal kedua nabi tersebut berbeda untuk nabi Ilyas hidupnya didaratan sedangkan nabi khidir dilautan.

Akan tetapi keduanya setiap tahun bertemu di Mina, pada saat akan berpisah keduanya membaca doa.

Adapun doa Nabi Ilyas dan Nabi Khidir ketika hendak berpisah adalah seperti berikut ini :

Rekomendasi  Agama Tertua di Dunia Menurut Al-Qur'an Dan Sejarah

بِسْمِ اللهِ مَاشَاءَ اللهُ لَا يَسُوْقُ الْخَيْرَ إلَّا اللهِ بِسْمِ اللهِ مَاشَاءَ اللهُ لَا يَصْرِفُ السُّوْءَ إلَّا اللهُ بِسْمِ اللهِ مَاشَاءَ اللهُ مَا كَانَ مِنْ نِعْمَةٍ فَمِنَ اللهِ بِسْمِ اللهِ مَاشَاءَ اللهُ لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إلَّا بِا للهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ

Bismillahi ma sya-allah la yasuqul khoiro illallah bismillahi ma sya-allah la yashrifus su-a illallah bismillah ma sya-allah ma kana min ni’matin fa minallah bismillah ma sya-allah la hawla wala quwwata illa billahil ‘aliyyil ‘adzim.

Artinya :

Dengan nama Allah yang segala sesuatu terjadi dengan kehendak-Nya, tidak ada yang mendatangkan kebaikan kecuali Allah. Dengan nama Allah yang segala sesuatu terjadi dengan kehendak-Nya, tidak ada yang menyingkirkan keburukan kecuali Allah. Dengan nama Allah yang segala sesuatu terjadi dengan kehendak-Nya, tidak ada kenikmatan melainkan dari Allah. Dengan nama Allah yang segala sesuatu terjadi dengan kehendak-Nya, tiada daya untuk berbuat kebaikan kecuali dengan pertolongan Allah dan tiada kekuatan untuk menghindar dari perbuatan maksiat kecuali dengan perlindungan Allah yang maha tinggi dan maha agung.

Doa Nabi Ilyas Dalam Al Quran

Didalam Al-Qur’an Allah SWT telah menjelaskan bahwa Ilyas adalah benar-benar Rosul utusan Allah yang ditugaskan untuk kaum bani israil.

Berikut Doa Nabi Ilyas yang terdapat dalam Al Quran :

وَإِنَّ إِلْيَاسَ لَمِنَ ٱلْمُرْسَلِينَ

Wa inna ilyāsa laminal-mursalīn

Artinya :

Dan sesungguhnya Ilyas benar-benar termasuk salah seorang rasul-rasul

Namun dalam perjalanan menghadapi bani isroil yang menentang, dengan kesabaran nabi Ilyas tetap berdoa kepada Allah SWT untuk ummatnya dengan doa yang baik.

Doa Nabi Ilyas Untuk Umatnya

Kaum bani israil ketika itu masih diazab oleh Allah SWT dari kemarau panjang yang menyebabkan kelaparan, dan juga heqan ternak banyak yang mati.

Rekomendasi  Lafadz Adzan Dan Iqomat Lengkap Latin Arti Dan Hukumnya

Kemudian nabi Ilyas As berdoa kepada Allah untuk kelestarian hidup ummatnya yakni bani israil.

Adapun doa nabi Ilyas untuk ummatnya adalah seperti dibawah ini :

Artinya :

“Ya Tuhanku, semoga Engkau berkenan menghilangkan dari mereka bahaya kelaparan yang telah mengancam kehidupan mereka, dan mudah-mudahan (setelah itu terjadi) menjadikannya orang-orang yang bersyukur kepada Engaku.”

Setelah doa tersebut dibaca oleh nabi Ilyas As tidak lama kemudian hujan deras turun, ternak dan tumbuhan menjadi segar dan kehidupan normal kembali.

Doa Nabi Ilyas As Untuk Kaum Yang Menentang Ajarannya

Ditengah kemrau panjang yang menyebabkan banyak kaum bani israil kelaparan berikut ternaknya. Nabi ilyas datang menghampiri nabi-nabi palsu yang berdoa didepan berhala meminta hujan.

Akan tetapi tidak ada sedikitpun hujan yang turun sehingga para nabi palsu tersebut berdoa lebih kencang lagi. Dan menggoreskan pedang kearah kepala-kepala mereka sehingga mengelurkan darah yang mengalir. Akan tetapi tetap saja tidak ada hujan yang turun sedikitpun.

Tidak lama dari itu nabi ilyas memanggil kaum bani israil untuk kumpul kemudian merapihkan tempat ibadah yang runtuh, kemudian singkat cerita nabi Ilayas As berdoa kepada Allah SWT.

Adapun doa Nabi Ilyas As untuk kaum yang menentang ajarannya adalah seperti dibawah ini :

Artinya :

“Yaa Allah, Ilah yang disembah oleh Ibrahim, Ishak dan Ya’qub, nyatakanlah sekarang ini bahwa Engkaulah Allah Yang Maha Esa, dan saya adalah hamba-Mu. Jawablah, Yaa Allah! Jawablah saya supaya rakyat ini tahu bahwa Engkau, yaa Allah, adalah Ilah yang patut disembah, dan bahwa hanya kepada-Mu saja-lah mereka akan kembali!”

Tidak lama nabi ilyas As berdoa langit sudah langsung gelap dan nagin kencang sudah mulai turun tanda hujan akan turun lebat.

Rekomendasi  Doa Mau Tidur Arab, Latin dan Artinya Lengkap Sesuai Sunnah

Penutup

Demikianlah ringkasan artikel yang menulis tentang doa nabi ilyas, semoga ringkasan artikel ini dapat bermanfaat untuk menambah wawasan tentang kisah nabi Ilyas.

Terlebih dengan kesabaran yang dimiliki oleh nabi Ilyas As meskipun dihadapkan dengan kaum bani israil yang menentang.

Namun nabi Iyas tetap mendoakan yang terbaik untuk semua ummatnya, Wallahu A’lam.