Download Snipping Tool Free For Windows 10

sadar kaya dunia akhirat

Buat kamu yang mau download Snipping Tool di laptop masing-masing silahkan simak cara pasangnya di skda.co.id. Bagi setiap laptop sepertinya wajib untuk memiliki alat Snipping Tool.

Mengapa begitu? Terkadang pada saat menggunakan laptop dan ingin menyimpan sebuah gambar dari video ataupun yang lainnya. Yang bisa kamu lakukan untuk menyimpan foto tersebut adalah dengan screenshot layar tersebut.

Apabila kamu masih bingung mengenai cara screenshot di laptop ini bagaimana dan apa apakah ada aplikasi tambahan untuk melakukan hal tersebut. Disini kamu bisa Download Snipping Tool di laptop masing-masing.

Banyak hal yang perlu kamu perhatikan jika ingin menggunakan aplikasi Snipping Tool ini.

Jika ingin menggunakan aplikasinya maka langsung saja cari tau selengkapnya di skda.co.id.

Kegunaan Snipping Tool Bagi Pengguna

Beberapa pengguna masih belum tau bagaimana cara untuk menangkap layar jika menggunakan laptop? Kalau di ponsel kan akan sangat mudah ketika ingin melakukan screenshot karena ada tombol yang tersedia disana.

Lalu bagaimana jika ingin tangkap layar menggunakan laptop? Ada beberapa cara instan yang bisa kamu gunakan untuk screenshot layar di laptop. Beberapa laptop memiliki fitur bawaan untuk screenshot, tetapi di antaranya masih harus memakai aplikasi tambahan.

Nah, disini kami akan memberikan satu jenis aplikasi yang bisa pengguna pakai untuk menangkap layar di laptop dengan mudah dan juga cepat. Pada intinya fungsi utama dari Snipping Tool ini adalah untuk melakukan screenshot di laptop dengan berbagai pilihan fitur yang ada di dalamnya.

Jika kamu sudah memasang snipping tool di laptop, maka ketika ingin menggunakan alat tersebut bisa memanfaatkan kombinasi keyboard saja. Sebenarnya tiap laptop sudah memiliki fitur SS bawaan. Namun, terkadang hasil tangkapan layarnya tidak bisa langsung disimpan dalam bentuk JPEG atau yang lainnya.

Melainkan hasil SS tadi hanya tersalin di clipboard dan juga kalau ingin melihat hasilnya kamu harus mem-paste di tempat lain. Selain itu juga kamu tidak bisa mengarahkan bagian layar mana yang ingin diambil tangkapannya.

Otomatis SS yang tersimpan juga pastinya satu layar penuh dan kamu tidak bisa menyesuaikannya kembali. Untuk itulah dibutuhkan yang namanya aplikasi Snipping Tool ini agar pengguna dapat melakukan tangkapan layar dan menyesuaikannya dengan kebutuhan masing-masing.

Selain dari untuk screenshot di laptop? Apakah ada kegunaan lain lagi dari aplikasi Snipping tool ini? Alat ini hanya bisa kamu gunakan untuk screenshot di laptop atau perangkat yang mendukung saja.

Umumnya, Download Snipping Tool ini bisa dilakukan oleh semua perangkat laptop. Tidak hanya pengguna laptop saja yang bisa menggunakan aplikasi ini di dalam perangkatnya. Kamu juga bisa mengunduh alat tersebut di PC.

Lalu bagaimana dengan perangkat lain, seperti Mac atau yang lainnya? Sepertinya kalau alat komunikasi sejenis laptop yang diproduksi oleh Apple memiliki alat screenshot tersendiri dan itu bukan Snipping Tool.

Snipping Tool ini hanya berguna untuk perangkat laptop yang menggunakan sistem windows di dalamnya. Untuk versi windows yang didukung oleh alat Snipping Tool ini adalah mulai dari Windows 7 hingga yang terbaru, yaitu Windows 11.

Jadi, untuk laptop atau PC yang tidak menggunakan windows secara otomatis tidak bisa memasang alat screenshot tersebut di dalam perangkatnya. Jika kamu merasa laptop yang kamu gunakan itu sesuai dengan syarat Windows dari Snipping Tool.

Maka kamu dapat Download Snipping Tool ke dalam laptop kalian agar bisa melakukan tangkapan layar dengan mudah. Apabila kamu memiliki aplikasi tambahan yang bisa dipakai untuk screenshot layar laptop, maka kamu dapat menyesuaikan mana bagian gambar yang ingin disimpan.

Hal ini tentu saja berlaku jika kamu ingin mengambil gambar ketika menonton video di Youtube atau sejenisnya. Gambar yang kamu inginkan kan tidak bisa disimpan begitu saja. Maka cara yang harus kamu lakukan adalah dengan screenshot layar lalu simpan dalam bentuk JPEG.

Macam-Macam Snipping Tool Dan Fungsinya

Ada beberapa hal yang harus kamu ketahui dari aplikasi Snipping Tool in. Di dalam alat tersebut terdapat beberapa jenis alat screenshot yang bisa dipilih oleh para penggunanya dengan fungsi yang berbeda-beda.

Bagi pengguna baru mungkin akan merasa kesusahan dalam menggunakan aplikasi ini karena belum tau banyak soal fitur yang ada di dalamnya.

Dalam aplikasi ini tidak terdapat banyak karena alat Snipping Tool ini mirip dengan extension apk yang mana bisa langsung fungsinya bisa langsung digunakan tanpa harus membuka aplikasi tersebut.

Beberapa pilihan fitur snipping tool ini akan otomatis muncul ketika kamu menekan kombinasi tombol keyboard untuuk mengaktifkan aplikasinya. Supaya tidak bingung dengan masing-masing penggunaan dari tiap jenis snipping tool ini.

Maka admin skda.co.id akan memberikan penjelasan lebih lengkap mengenai fungsi dari setiap jenis yang ada di sana. Jadinya ketika kamu sudah Download Snipping Tool gratis di windows 10 atau yang lainnya.

Kamu sudah tidak bingung lagi dengan tiap fitur yang ada disini itu bagaimana. Jika kamu sudah pahami mengenai tiap fungsi dari fitur-fitur dari Snipping Tool barulah kita masuk ke pembahasan mengenai cara menggunakan aplikasi Snipping Tool di laptop.

Jangan lewatkan pembahasan yang skda.co.id berikan disini agar kamu tidak ketinggalan informasinya ya.

Rectangular Snip

Jenis snipping tool pertama yang akan kamu temukan adalah Rectangular Snip. Fitur yang satu ini berguna baru pengguna yang ingin menangkap layar lalu menyesuaikan gambar ke dalam bentuk persegi.

Cara menggunakan fitur ini juga sangat mudah karena kamu hanya perlu mengarahkan kursor pada layar lalu tentukan mana bagian yang ingin kamu screenshot. Setelah menentukan mana objek gambar yang ingin disimpan.

Barulah kamu bisa menyimpan hasil tangkapan layar di folder file yang kamu inginkan. Untuk mengaktifkan fitur ini, kamu harus tau dulu apa kombinasi keyboard yang dapat digunakan.

Nah, untuk itu simak pembahasan di arrtikel ini hingga selesai ya.

Snip Layar Penuh

Berbeda dengan jenis yang sebelumnya, Snip Layar penuh ini merupakan jenis Snipping Tool yaang akan membantu pengguna untuk menangkap gambar layar secara penuh tanpa ada yang disesuaikan.

Ketika kamu menggunakan fitur ini itu artinya kamu ingin menyimpan semua objek screenshot satu layar penuh pada laptop. Itu artinya semua hal yang muncul saat itu akan terlihat dan tidak bisa diedit lagi.

Umumnya fitur inilah yang paling sering digunakan oleh para pengguna sebelum mengetahui cara untuk mengedit tangkapan layar yang mereka inginkan. Tetapi jika sudah tau cara menyesuaikannya, jenis snipping tool yang ini jarang digunakan karena beberapa hal.

Untuk kombinasi tombol keyboard untuk memakai fitur ini juga bisa disamakan dengan jenis yang sebelumnya.

Free Bentuk Snip

Kelebhan dari memiliki aplikasi pihak ketiga jika ingin menangkap layar di laptop adalah adanya fitur untuk mengedit atau menambahkan tulisan hingga bentuk lain ke dalam gambar tersebut.

Free Bentuk Snip merupakan fitur dari aplikasi Snipping Tool yang akan membantu para pengguna untuk menambahkan bentuk coretan lain ke dalam gambar, seperti tulisan, garis, ataupun yang lainnya.

Cara untuk menambahkan coretan tersebut adalah dengan memilih bentuk coretan yang ingin dimasukkan lalu arahkan kursor agar bisa membentu coretan sesuai dengan yang diinginkan.

Misalnya kamu ingin memberikan tanda panah pada hasil screenshot atau ingin melingkari objek dalam tangkapan layar. Maka fitur yang bisa kamu gunakan adalah Free Bentuk Snip ini.

Jendela Snip

Fitur yang satu ini memiliki sedikit perbedaan dengan fitur lain yang sudah kami jelaskan sebelumnya. Pada fitur ini kamu dapat memili jendela atau kotak dialog sesuai dengan yang kamu mau.

Jadi, ketika kamu ingin menggunakan aplikasi Snipping Tool ini maka kamu bisa mencarinya browser atau tempat lain dalam mencari gambar.

Sebenarnya fitur yang satu ini tidak terlalu sering digunakan oleh para pengguna karena melihat dari fungsi aplikasi yang satu ini hanya khusus untuk menangkap layar saja.

Download Snipping Tool Di Laptop Windows 10

Setelah kita membahas kegunaan mengenai aplikasi Snipping Tool beserta dengan fitur lainnya. Nah, kalau kamu tertarik untuk menggunakan aplikasi ini maka kamu bisa langsung download aplikasinya di laptop.

Kalau kamu mau mencari aplikasi ini maka cara untuk mendownloadnya adalah melalui situs resminya. Sepertinya aplikasi ini tidak tersedia di Microsoft Store dan kamu memang harus mengunduhnya melalui situs resmi.

Jika kamu belum tau link resmi dari aplikasi untuk Download Snipping Tool maka langsung saja simak link di bawah ini. Salin link yang kami berikan disini di browser laptop masing-masing agar kamu bisa langsung masuk ke menu downloadnya.

Berikut adalah link download https://freesnippingtool.com/download.

Bagaimana cara download snipping tool free for Windows 10 ini? Ketika kamu sudah masuk ke dalam websitenya. Lanjutkkan dengan scroll layar ke bawah dan kamu akan menemukan bacaan Download.

Setelah itu ikuti step downloadnya hingga selesai dan jangan lupa pasang ke dalam laptop kalian.

Tutorial Menggunakan Snipping Tool Di Laptop

Bagi pengguna baru yang masih bingung mengenai cara untuk menggunakan aplikasi Snipping Tool di laptop. Maka silahkan simak pembahasan yang akan kami berikan berikut ini.

Sebelumnya kamu harus pastikan dulu kalau aplikasi Snipping Tool sudah masuk ke dalam laptop kalian dan bisa kamu temukan di kumpulan aplikasi yang lain. Kamu juga bisa cek snipping tool ini di dalam menu Windows Accesories. Siapa tahu saja laptop kalian sudah ada bawaan snipping tool.

Untuk tutorial lebih lengkap maka silahkan simak langkah-langkah di bawah ini.

  • Pertama, cari aplikasi Snipping Tool dengan cara klik tombol search di laptop.
  • Kemudian klik tombol open untuk membuka aplikasi tersebut.
  • Kemudian pilih mode screenshot yang ingin kamu gunakan sesuai dengan penjelasan di atas.
  • Arahkan kursor di layar dan tentukan objek yang ingin kamu screenshot.
  • Klik tombol ikon simpan yang ada di bagian atas.
  • Tentukan tempat penyimpanan sesuai dengan yang kamu inginkan kemudian klik OK.
  • Hasil screenshot sudah tersimpan di dalam file laptop kalian.

Untuk mempermudah proses menyimpan hasil tangkapan layar, maka kamu bisa langsung gunakan kombinasi tombol windows+shift+S.


Rekomendasi

DMCA Protected