Gerhana Bulan Penumbra: Langit Malam di Bulan Ramadhan

Langit malam di Bulan Ramadhan kali ini akan menjadi saksi dari fenomena alam yang menakjubkan, yaitu Gerhana Bulan Penumbra.

Fenomena ini akan menghiasi langit pada Senin (25/3/2024), memberikan penampilan yang memukau bagi para pengamat langit di seluruh Indonesia.

Penampilan Gerhana Bulan Penumbra

Gerhana Bulan Penumbra merupakan salah satu dari empat gerhana yang akan terjadi sepanjang tahun 2024. Selain menjadi sorotan di langit Indonesia, gerhana ini juga menjadi momen penting bagi pengamat bintang dan astronomi di seluruh dunia. Peristiwa ini akan diikuti oleh Gerhana Matahari Total yang akan terjadi pada 8 April 2024 mendatang.

Waktu dan Tahapan Gerhana

Gerhana Bulan Penumbra akan berlangsung selama 4 jam 43 menit 39 detik, terdiri dari beberapa tahapan penting yang mencakup mulai (P1) hingga berakhirnya (P4). Berikut jadwal lengkapnya berdasarkan informasi dari BMKG:

  • Gerhana Mulai (P1): 11.50.58 WIB / 12.50.58 WITA / 13.50.58 WIT / 04.50.58 UT
  • Puncak Gerhana: 14.12.48 WIB / 15.12.48 WITA / 16.12.48 WIT / 07.12.48 UT
  • Gerhana Berakhir (P4): 16.34.38 WIB / 17.34.38 WITA / 18.34.38 WIT / 09.34.38 UT

Lokasi Pengamatan

Meskipun Gerhana Bulan Penumbra merupakan peristiwa langka yang menarik untuk disaksikan, tidak semua wilayah di Indonesia dapat menikmatinya sepenuhnya. Menurut BMKG, ada wilayah yang dapat menikmati seluruh proses gerhana dan ada yang tidak.

Wilayah yang dapat menikmati semua proses Gerhana Bulan termasuk Papua, Papua Barat, dan sebagian Maluku. Sementara itu, wilayah lain di sekitar Pulau Jawa, Kalimantan, Sumatera, Sulawesi, dan sebagian Maluku tidak dapat melihat seluruh fase gerhana karena posisi Bulan yang berada di bawah horizon.

Rekomendasi  Prediksi Dewa United vs Bali United: Skor, Line Up, & H2H

Wilayah-wilayah ini mencakup Maluku Utara, sebagian Maluku, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, NTT, NTB, Bali, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten, Lampung, Sumatera Selatan, Bengkulu, Bangka Belitung, Jambi, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Sumatera Utara, dan Aceh.

Dengan demikian, bagi para penggemar astronomi dan pecinta alam, Gerhana Bulan Penumbra menjadi momen yang patut ditunggu-tunggu untuk mengamati keindahan alam semesta yang mempesona.

Jangan lewatkan kesempatan untuk menyaksikan fenomena langka ini jika berada di wilayah yang memungkinkan!


Rekomendasi

DMCA Protected