Kapan Subsidi Motor Listrik Berlaku di Indonesia? Jenis Merek Motor Listrik

Banyak yang bertanya kapan subsidi motor listrik berlaku? Subsidi motor listrik Indonesia rencananya akan dikeluarkan mulai bulan ini.

Menteri koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan memberikan pernyataan pemerintah sudah memfinalkan kebijakan tersebut. Menko Marves menambahkan kebijakan pemerintah tersebut kemungkinan akan diumumkan pada awal bulan Februari ini.

Akhir-akhir ini dunia otomotif seakan dikejutkan oleh perkembangan yang cukup pesat dengan hadirnya kendaraan Non BBM yang bisa menjadi pilihan masyarakat khususnya Indonesia untuk menekan tingkat polusi yang terjadi di Indonesia belakangan ini.

Mobil listrik dan motor listrik menjadi daya tarik tersendiri untuk menekan biaya pengeluaran khususnya untuk bahan bakar dan juga untuk biaya perawatan kendaraan tersebut yang dinilai minim biaya.

Pemerintah juga sudah mengumumkan mengenai kebijakan subsidi kendaraan listrik khususnya untuk pembelian kendaraan motor listrik, dengan maksud dari kebijakan yang sudah diumumkan agar ekosistem kendaraan listrik berkembang di Tanah Air dengan harga yang bersaing.

Dalam waktu dekat rencananya pemerintah akan mengumumkan perihal kebijakan subsidi kendaraan listrik. Selain itu, pemerintah juga akan mengumumkan daftar kendaraan listrik yang sudah dipastikan akan mendapatkan subsidi.

Motor listrik rencananya akan mendapatkan subsidi sebesar Rp 7 juta. Namun, tidak semua jenis motor listrik akan mendapatkan subsidi.

Hanya ada beberapa merek motor listrik saja yang mendapatkan subsidi dikarenakan ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi, salah satunya harus diproduksi di Indonesia. Untuk mengetahu merek motor listrik apa saja yang akan mendapatkan subsidi, simak pembahasannya di bawah ini.
Subsidi Motor Listrik Rp 7 Juta Untuk Beberapa Merek

Berikut di bawah ini adalah beberapa merek motor listrik, yang akan mendapatkan subsidi motor listrik Rp 7 juta dari pemerintah:

  • United
  • Viar
  • Gesits
  • Niu
  • Segway
  • Alva
  • Polytron
  • Uwinfly
  • Selis
Rekomendasi  Kontroversi 'Jilbab Halal', Penjualan Zoya Meroket

Merek, spesifikasi, dan harga motor listrik di Indonesia juga kian beragam seiring persaingan yang dinilai dapat memberikan alternatif pilihan bagi masyarakat Indonesia.

Tak main-main, hingga kini sudah ada 15 merek kendaraan listrik khususnya motor listrik yang bisa masyarakat beli sebagai altrenatif di tengah kenaikan harga Bahan Bakar Minyak subsidi di Indonesia.
Merek Motor Listrik yang Digemari
Ilustrasi. (Liputan6.com)

Berdasarkan survei yang sudah dilakukan sebelumnya, motor listrik yang paling digemari adalah United Motor dengan sukses menggait konsumen motor listrik dengan tipe T-1800 yang dapat menempuh jarak hingga 130 km dalam satu kali pengisian baterai hingga penuh.

Untuk harganya sendiri tipe T-1800 keluaran United Motor dibanderol sebesar Rp 27,5 juta dengan satu baterai.

Disusul oleh motor listrik Viar, menurut survei yang dilakukan motor listirk ini sering dijadikan armada layanan transportasi online dalam kurun waktu setahun terakhir ini.

Dengan spesifikasi motor listrik ini dapat menempuh jarak 60 kilometer dalam satu kali pengisian baterai selama 4-5 jam hingga daya penuh, untuk itu Viar membandrol harga sebesar Rp 18 jutaan.

Untuk posisi terakhir ditempati motor listrik bermerek Gesits, motor listrik ini dapat menempuh jarak sejauh 50 kilometer dengan baterai tunggal. 

edangkan, untuk baterai ganda motor listrik bermerek Gesits ini dapat menempuh jarak sejauh 100 kilometer dalam satu kali pengisian daya hingga penuh selama 3-4 jam. Gesits dibanderol sebesar Rp 28 jutaan.

Namun, dari banyaknya minat dan ketertarikan masyarakat Indonesia untuk membeli kendaraan khususnya motor listrik. Masyarakat Indonesia ataupun konsumen motor listrik masih merasa ragu dikarenakan masih minimnya ketersedian fasilitas pengisian daya listrik umum (SPKLU), maupun stasiun penukaran baterai umum (SPBKLU) di Indonesia.

Rekomendasi  Kalender Jawa Hari Ini Januari 2023 Lengkap Dengan Penjelasannya

Hal ini mungkin menjadi perhatian utama khususnya bagi perusahaan, serta pemerintah untuk mendorong ketersedian fasilitas pengisian daya atau penukaran baterai agar untuk persentase jumlah pembelian kendaraan listirk khususnya motor listirk di Indonesia kian meningkat.

Pemerintah harus punya andil juga kedepannya dalam mewujudkan Indonesia bebas dari polusi yang diakibatkan oleh kendaraan umum maupun kendaraan pribadi yang masih berbahan bakar minyak.

Oleh sebab itu, kendaraan listrik khususnya motor listrik dapat menjadi solusi untuk menjadikan Indonesia terhindar dari banyaknya polusi yang disebabkan oleh karbon monoksida hasil emisi gas buang kendaraan yang masih menggunakan Bahan Bakar Minyak (BBM).

Masyarakat Indonesia juga harus berkesinambungan membantu pemerintah agar sadar bahwasannya kendaraan listrik setidaknya dapat mengatasi polusi yang terjadi di Tanah Air kita.

Bagaimana, apakah berminat untuk membeli motor listrik di kemudian hari? Itulah penjelasan mengenai kapan subsidi motor listrik diberlakukan. Semoga membantu ya.


Rekomendasi

DMCA Protected