Kerajaan Tertua Di Indonesia Bercorak Hindu dan Sejarahnya

Kerajaan Tertua Di Indonesia Bercorak Hindu dan Sejarahnya
Kerajaan Tertua Di Indonesia Bercorak Hindu dan Sejarahnya

Kerajaan Tertua Di Indonesia Bercorak Hindu – Jauh sebelum merdeka, Indonesia punya banyak sekali kerajaan yang menjadi sejarah bangsa ini. Ada banyak kerajaan tertua di Indonesia yang bisa diketahui dari berbagai sumber terutama buku sejarah bahkan juga internet salah satunya berita dalam artikel ini.

Tentunya mengenal sejarah bangsa adalah salah satu cara kita mencintai bangsa ini bukan? Nah salah satunya adalah dengan belajar berbagai macam kerajaan tertua yang pernah ada di negeri ini. Baik dari sebelum masehi sampai dengan setelah masehi.

Perlu diketahui juga bahwa setiap kerajaan yang ada di Indonesia kebanyakan menganut kepercayaan Hindu dan Budha. Itulah mengapa kini Indonesia memiliki banyak sekali agama yang dianut oleh setiap orang yang ada di negeri ini.

Nah bagi para pelajar tentunya harus tahu ya terkait kerajaan tertua di Indonesia dengan berbagai macam peninggalan dan juga peristiwa yang terjadi saat itu. Dan tentunya berikut ini admin akan membantu untuk menjelaskan tentang 7 kerajaan tertua di Indonesia yang harus diketahui.

7 Deretan Kerajaan Tertua Di Indonesia Bercorak Hindu Budha

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa ada banyak kerajaan bercorak hindu dan budha yang ada di Indonesia. Tentunya kerajaan ini sudah ada sebelum merdeka bahkan sebelum masehi lho.

Yang mana berbagai kerajaan ini tentu masuk ke dalam sejarah bangsa Indonesia dan biasanya akan dipelajari oleh setiap peserta didik. Nah bagi para pembaca yang mungkin ingin mengetahui berbagai kerajaan tertua di Indonesia yang berada di pulau Jawa dan lainnya maka bisa simak penjelasan ini ya.

Rekomendasi  Apa Itu Google Drive dan Fungsinya: Cara Menggunakannya

Kerajaan Kutai

Kerajaan tertua di Indonesia adalah kerajaan Kutai yang berdiri sejak abad ke-5 Masehi. Berdasarkan sejarah, kerajaan ini terletak di daerah Sungai Mahakam, tepatnya di wilayah Kalimantan Timur untuk saat ini.

Untuk setiap kerajaan tentunya memiliki keunikan, yang mana Kerajaan Kutai ini terbagi dalam 2 golongan yakni Brahmana dan Ksatria. Berdasarkan beberapa peninggalannya kerajaan ini sebagian besar menganut agama Hindu ya.

Ada salah satu peninggalan sejarah dari kerajaan ini dan merupakan peninggalan paling tua yaitu Yupa yang diperkirakan berdiri sejak abad 1-4 Masehi bersamaan dengan kerajaan Tarumanegara. Yang mana Yupa ini ditulis dengan bahasa Sansekerta dan menggunakan huruf Pallawa.

Untuk masalah perekonomian, kerajaan Kutai terkenal dengan hasil hutannya ya. Seperti dammar, getah kayu maranti dan masih banyak lagi yang lainya. Selain hutan, kerajaan ini juga sebagian besar perekonomiannya adalah perdagangan, peternakan dan juga pertanian.

Kerajaan Tarumanegara

Selanjutnya adalah Kerajaan Tarumanegara yang merupakan kerajaan tertua kedua di Nusantara. Kerajaan ini meninggalkan beberapa bukti sejarah salah satunya yaitu arkeologi.

Kerajaan ini terletak di bagian barat Pulau Jawa sejak abad ke 5-7 Masehi tepatnya didirikan pada 358 M. Berdasarkan prasasti kebun kopi, kerajaan ini terletak di daerah tepi Sungai Citarum, Jawa Barat. Yang mana saat ini wilayah tersebut diperkirakan berada di Bekasi ya.

Untuk agama yang dianut oleh kerajaan ini adalah Hindu India dengan sektor perekonomian tentunya seputar perdagangan ya.

Kerajaan Ho-Ling (Kalingga)

Kerajaan HO-Ling atau biasa disebut Kerajaan Kalingga atau Keling adalah salah satu kerajaan dengan corak kebudayaan Hindu Budha pertama yang ada di Indonesia. Ho-Ling ini terletak di pantai Utara, Jawa Tengah.

Adapun sumber sejarah kerajaan ini adalah berita dari Cina pada tahun 647 M saat kerajaan Kalingga dibawah kepemimpinan Ratu Sima yang dikenal dengan sosok yang bijaksana, adil dan sangat tegas.

Rekomendasi  Aplikasi Pesaing Instagram Akan Diluncurkan TikTok

Sumber kedua yang menjadi sejarah adalah ditemukannya Prasasti batu di lembah Gunung Merbabu dengan bahasa Sansekerta dan bertuliskan huruf Pallawa.

 

Kerajaan Pemerintah Melayu

Selanjutnya ada kerajaan Pemerintah Melayu yang juga menjadi deretan kerajaan tertua di Indonesia. Pemerintah Melayu ini terletak di sepanjang Sungai Batanghari tepatnya di Jambi. Namun ada sejarah lain yang menuliskan bahwa kerajaan ini terletak di Semenanjung Malaysia ya.

Kerajaan ini berada di pulau Swarnadwipa dan Swarnabumi yang biasanya juga disebut sebagai pulau emas karena memiliki tambang emas yang besar. Selain itu, kerajaan ini juga sempat menguasai perdagangan Selat Malaka yang pada akhirnya terintegrasi dengan Kerajaan Sriwijaya.

 

Kerajaan Sriwijaya

Ada juga Kerajaan Sriwijaya yang juga sangat terkenal ya. Kerajaan ini dibuktikan dengan adanya peninggalan Taman Purbakala atau Situs Karanganyar. Berdasarkan sejarah kerajaan ini terletak di ujung Utara Sungai Musi tepatnya di Palembang Sumatera Selatan.

Kerajaan ini didirikan oleh Dapunta Hyang Sri tepat pada abad ke-7 Masehi yang berada dibawah pengaruh agama Budha. Perlu diketahui juga bahwa kerajaan ini termasuk sebagai salah satu kerajaan Maritim terbesar yang ada di Indonesia lho.

Raja Balaputradewa adalah seorang raja yang sangat terkenal karena masa pemerintahannya yang membawa kejayaan. Tidak hanya berhasil menguasai perdagangan pada masanya, kerajaan ini juga bahkan menjalin kerjasama dengan India serta Cina lho.

Bahkan berdasarkan sejarah, kerajaan ini memiliki kemajuan dalam bidang pendidikan bahkan menjadi salah satu pusat pendidikan terbaik pada masanya.

Kerajaan Mataram Kuno

Selanjutnya ada juga Kerajaan Mataram Kuno yang juga menjadi salah satu kerajaan tertua di Indonesia. Mataram Kuno berdiri pada abad ke-8 sampai ke-11 Masehi yang mana seringkali disebut dengan Kerajaan Medang.

Kerajaan ini berdiri di Jawa Tengah kemudian pada abad ke-10 berpindah tempat ke Jawa Timur ya. Mataram Kuno didirikan oleh Sanjaya dan dipimpin oleh Raja Wangsa Syailendra dan Wangsa Isyana.

Rekomendasi  Bule di Bali, Ini Tempat Wisata yang Sering Dikunjungi

Ada 2 bukti peninggalan yang sangat terkenal saat ini yaitu Candi Prambanan dan juga Candi Borobudur. Adapun sumber sejarah dari kerajaan ini adalah Prasasti Mantyasih yang merupakan prasasti tahun 907 M dari Wangsa Sanjaya. Prasasti ini berhasil ditemukan di Kampung Mateseh, Magelang Utara tepatnya di Jawa Tengah ya.

Perlu diketahui juga bahwa ada 2 dinasti yang dianut oleh kerajaan ini, yaitu Dinasti Sanjaya yang bercorak Hindu dan Dinasti Syailendra yang bercorak Budha. Sebenarnya masih banyak lagi peninggalan sejarah dari kerajaan ini. Seperti Candi Sewu, dan juga Candi Gedong Songo.

Kerajaan Kediri

Terakhir ada Kerajaan Kediri yang memiliki banyak sekali peninggalan sejarah. Kerajaan Kediri ini sering juga disebut dengan Panjalu yang bercorak Hindu-Budha dan terletak di Jawa Timur tepat pada tahun 1092 sampai dengan 1222 Masehi.

Kerajaan Kediri adalah kerajaan hasil pembelahan yang didirikan oleh Airlangga dengan raja terakhirnya yaitu Sri Maharaja Srengga atau Kertajaya. Pada masa pemerintahannya, Raja Kertajaya meminta untuk disembah sebagai dewa oleh para rakyatnya.

Berdasarkan sejarah, kerajaan ini mencapai puncak kejayaan pada masa pemerintahan Raja Jayabaya yang berhasil memperluas wilayah yang semulanya hanya sekitar Jawa Timur hingga hampir ke seluruh Pulau Jawa ya.

Adapun beberapa peninggalan sejarah dari kerajaan Kediri ini adalah Situs Tondowongso, Arca Dewa Siwa Catur Muka, Prasasti Sirah Keting, Prasasti Tulungagung dan juga Kertasono. Yang mana masing-masing peninggalan tersebut memiliki makna tersendiri ya.

Nah itulah 7 kerajaan tertua di Indonesia bercorak Hindu-Budha. Jika ingin tahu juga tentang kerajaan Islam tertua di Indonesia maka bisa simak terus artikel pada website ini ya.