Kondisi Geografis Pulau Jawa Berdasarkan Peta : Luas & Batas

Kondisi Geografis Pulau Jawa Berdasarkan Peta
Kondisi Geografis Pulau Jawa Berdasarkan Peta

Jika membahas peta memang tidak akan ada habisnya, karena memang pembahasan mengenai peta ini sangat beragam. Selain pembahasannya yang sangat beragam tentunya pembahasan mengenai peta juga sangat menarik. Sampai-sampai banyak orang yang mencari tentang kondisi geografis Pulau Jawa berdasarkan peta dan beberapa daerah-daerah lainnya.

Sekarang ini jika ingin mencari berbagai informasi mengenai kondisi geografis wilayah Indonesia. Sudah tersedia sangat banyak dan juga tentu akan menyediakan pembahasannya secara lengkap. Banyaknya pembahasan yang akan ditemukan dalam internet tentu merupakan salah satu keunggulan dari berkembangnya teknologi.

Dengan begitu proses mendapatkan informasi akan jauh lebih mudah dan menyenangkan. Nah seperti yang ingin tahu informasi mengenai kondisi geografis Pulau Jawa bisa simak pembahasan dari kami dalam artikel pendidikan ini.

Kondisi Geografis Pulau Jawa Berdasarkan Peta Luas

Tentunya yang sering mempelajari mengenai peta akan mengetahui kalau Pulau Jawa merupakan pulau yang besar. Bahkan pulau ini masuk dalam lima besar pulau terbesar negara Indonesia. Pasalnya negara Indonesia ini memiliki jumlah pulau yang sangat banyak bahkan mencapi 17.000 pulau.

Bukankah suatu prestasi yang diraih oleh pulau Jawa jika bisa masuk ke dalam lima besar pulau terbesar di Indonesia setelah Sumatera, Kalimantan, Papua dan juga Sulawesi. Nah untuk mengetahui seberapa besar pulau jawa tersebut kita membutuhkan banyak sekali informasi.

Rekomendasi  Deret Aritmatika - Pengertian, Sejarah, Cara Menghitung, Contoh

Tetapi ada baiknya untuk kita mengetahui sedikit mengenai apa saja yang pernah ada dan juga terjadi di masa lalu pada Pulau Jawa ini. Pada zaman dahulu pulau ini memiliki banyak sekali kerajaan. Karena kebanyakan kerajaan yang populer berasal dari pulau yang satu ini.

Nah pulau Jawa ini termasuk ke dalam pulau yang pernah di jajah oleh para penjajah. Seluruh masyarakat melakukan kegiatan perdagangan melalui pulau yang satu ini. Tidak hanya pada zaman dulu saja namun sekarang juga Pulau Jawa masih menjadi pusat kenegaraan. Karena negara Indonesia menetapkan ibukotanya pada Jakarta. Kebetulan daerah Jakarta ini berada pada Pulau Jawa.

Untuk yang ingin mengetahui seberapa luas pulau jawa bisa menyimak penjelasannya disini. Pulau Jawa ini merupakan salah satu pulau yang berada pada astronomis antara 113 derajat 48’10” – 113 derajat 48’26” Bujur Timur (BT) dan 7 derajat 50’10” – 7 derajat 56’10” Lintang Selatan (LS).

Luas dari pulau ini sendiri adalah 128.456 km persegi. Dengan luas yang sangat besar ini wilayah Jawa menjadi salah satu wilayah kepulauan yang termasuk ke dalam 5 besar Indonesia. Tidak hanya Indonesia saja tetapi pulau jawa ini merupakan pulau terbesar yang masuk ke dalam jajaran 13 besar di dunia.

Pulau jawa dengan luas yang cukup fantastik ini memiliki 6 provinsi di dalamnya. Yang mana provinsi-provinsi tersebut adalah Jawa Tengah, Di Yogyakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, DI Jakarta dan juga Banten.

Batas Pulau Jawa Berdasarkan Peta

Seperti yang sudah sama-sama kita ketahui kalau kepulauan Jawa ini merupakan kepulauan dengan batas yang sangat banyak. Untuk mengetahui lebih jelas mengenai perbatasan dengan daerah apa saja Pulau Jawa ini. Lebih baik menyimak terus pembahasan mengenai beberapa perbatasan melalui Kondisi Geografis Pulau Jawa Berdasarkan Peta yang ada pada pulau jawa.

Rekomendasi  Cara Dapatkan KIP Kuliah Digital Untuk Mahasiswa

Tentunya beragam perbatasan yang ada dalam pulau ini mencakup perbatasan pada wilayah daratan dan juga wilayah lautan. Seperti biasa akan menemukan beberapa pembahasannya secara lengkap mengenai perbatasan yang akan ditemukan pada Pulau Jawa baik itu perbatasan darat dan juga lautannya.

Batas Daratan Pulau Jawa Sesuai Kondisi Geografis Pulau Jawa Berdasarkan Peta

Perbatasan DatarArahPulau SumateraBaratPulau BaliTimurKep. Cocos (Australia)SelatanPulau KalimantanUtara

Batas Lautan Pulau Jawa

Perbatasan LautanArahSelat SundaBaratSelat BaliTimurSamudra HindiaSelatanLaut JawaUtara

Setelah melihat penjelasan dan juga tabel di atas tadi, pastinya sudah mengetahui beberapa perbatasan yang di miliki oleh Pulau Jawa tersebut. Saking luasnya wilayah pulau jawa ini memiliki perbatasan yang sangat luas juga.

Kondisi Geografis Pulau Jawa Berdasarkan Peta Bentang Alam

Nah pada peta tentu akan menemukan beberapa kondisi geografis mengenai bentang alamnya. Memang banyak yang sudah mengetahui kalau bentang alam pulau Jawa ini kebanyakan berupa gunung. Yang mana memang terdapat banyak sekali gunung yang terletak pada Pulau jawa ini tercatat ada lebih dari 30 gunung.

Tidak hanya gunung beberapa dataran rendah dan juga pantai yang ada dalam pulau juga juga tidak kalah banyak. Maka dari itu memang wilayah-wilayah di sini sangat cocok untuk digunakan sebagai tempat wisata. Tentu semua tempat wisata yang ada akan sangat indah dan juga nyaman.

Untuk yang penasaran dengan segala pembahasan mengenai bentang alam yang ada dalam pulau Jawa ini. Bisa terus melakukan kegiatan penyimakan pada pembahasan di bawah.

Gunung Di Pulau Jawa

Ini merupakan beberapa gunung yang memang terletak pada pulau Jawa. Seperti yang sudah kita ketahui bersama, gunung-gunung yang ada dalam wilayah Indonesia ini sangat banyak. Bahkan bisa mencapai lebih dari 50 gunung. Nah berikut ini merupakan beberapa nama gunung yang ada pada pulau Jawa ini.

Rekomendasi  Terbaru! Akreditasi Universitas Terbuka (UT)

Nama GunungDaerahKawiJawa TimurPapandayanJawa BaratPenanjakanJawa TimurCikurayJawa BaratButakJawa TimurMerapiJawa TengahSuketJawa TimurGedeJawa BaratPangrangoJawa BaratMerbabuJawa TengahSindoroJawa TengahWelirangJawa TimurLawuJawa TimurCiremaiJawa BaratArgopuroJawa TimurRaungJawa TimurSumbingJawa TengahLimanJawa TimurSlametJawa TengahRantiJawa TimurBatokJawa TimurUnggaranJawa TengahGalunggungJawa BaratSalakJawa BaratHalimunJawa BaratJimatJawa TengahAnjasmoroJawa Timur

Perairan Di Pulau Jawa

Selain gunung yang sudah kami sebutkan di atas tadi, sekarang ini saatnya mengetahui beberapa perairan yang ada dalam pulau jawa. Berikut ini beberapa perairan ataupun pulau yang ada pada Pulau Jawa.

Nama PantaiDaerahPangandaranJawa BaratAncolDaerah Khusus Ibu Kota (DKI) JakartaParangtritisDaerah Istimewa Yogyakarta (DIY)AnyerBantenBanyutiboJawa Timur tepatnya pada PacitanKep. Karimun JawaJawa Tengah

Dataran Rendah Pulau Jawa

Terakhir ini adalah pembahasan mengenai dataran rendah yang ada pada sekitar pulau jawa. Berikut ini beberapa dataran rendah yang ada pada pulau Jawa sesuai dengan Kondisi Geografis Pulau Jawa Berdasarkan Peta yang wajib pembaca ketahui :

Jakarta

Kab. Gresik

Surabaya

Kab. Pemalang

Kab. Blora

Kab. Demak

Semarang

Cirebon

Madiun

Surakatra

Demikan pembahasan yang tersedia pada artikel ini mengenai Kondisi Geografis Pulau Jawa Berdasarkan Peta. Semoga semua pembahasan yang ada pada artikel ini bisa menambah pengetahuan para pembaca.