Lirik Lagu Bang Bang Wetan Cak Nun Beserta Artinya

Simak lirik lagu Bang Bang Wetan Kiai Kanjeng lengkap beserta artinya. Lagu Bang Bang Wetan ini viral di media sosial dan kerap dikaitkan dengan hal-hal mistis.

Lagu Bang Bang Wetan kini kembali populer di media sosial. Lagu ini kerap ditembangkan oleh sinden dan ternyata memiliki makna yang mendalam untuk masyarakat Jawa Timur khususnya.

Lagu ini diarensemen kembali oleh Emha Ainun Najib atau Cak Nun dan Kiai Kanjeng. Dan saat ini telah banyak musisi daerah yang kembali membawakan lagu Bang Bang Wetan.

Tak sedikit orang yang mendengar music ini perasaannya sampai bergetar. Hal ini telah menjadi ciri khas music Gamelan Kiai Kanjeng yang memang lain daripada yang lain.

Bagi pengguna TikTok, Instagram, hingga YouTube sepertinya pernah mendengarkan alunan lagu Bang Bang Wetan. Terlebih banyak konten video yang menggunakan backsound lagu  ini untuk video-video yang berisikan tentang kisah horor atau mistis.

Dan tak heran, lagu ini dikenal dengan lagu horor. Namun ternyata, arti lagu Bang Bang Wetan jauh dari kata mistis atau horor.

Simak lirik lagu Bang Bang wetan dan artinya di bawah ini.

Lirik Lagu Bang Bang Wetan – Cak Nun dan Kiai Kanjeng

Bang-bang wis rahina
Bang-bang wis rahina
Srengengene muncul-muncul
Srengengene muncul-muncul

Muncul sunar sumburat
Cit-cit cuwit-cuwit
Cit cit cuwit cuwit cit-cuwit
Rame swara ceh -ocehan
Krengket gerat-geret
Krengket gerat-geret

Nimba aneng sumur-sumur
Sumur adus gebyar-gebyur
Sumur adus gebyar-gebyur
Segere kepati
Segere kepati-kepati
Bingah bagas kuwarasan

Arti Lagu Bang Bang Wetan

Fajar telah tiba,

Mataharinya terbit, sinarnya memancar (bersemburat),

Bercicit-cicit, ramai suara burung-burung pada bersiul,

Berderak-derik (suara orang menimba air dengan timba yang bertali),

Menimba air di sumur, mandi (dengan suara) byar-byur,

Segarnya luar biasa, luar biasa senangnya,

Sehat wal afiat

Bang Bang Wetan ini adalah kalimat bahasa Jawa yang lengkapnya adalah ‘Abang abang nan wetan’. Yang artinya adalah mega merah sebelum matahari terbit, yang umumnya sekitar pukul 04.55 hingga 05.20 WIB.

Lagu yang pertama kali digubah oleh Cak Nun dan Kiai Kanjeng ini mengisahkan tentang ceritak suka cita dan rasa syukur karena telah kembali membuka mata di hari yang baru.

Hal itu berarti bahwa kita masih diberikan kesempatan hidup hingga hari ini dengan sehat. Setelah itu orang-orang akan melakukan aktivitas dengan penuh syukur. Jadi lagu Bang Bang Wetan jauh dari makna dan suasa mistis atau horor. Dan tidak tepat jika dikaitkan dengan peristiwa berbau mistis.

Dari ritme dan tempo yang semangat atau sigrak tersebut seperti ingin memunculkan adanya semangat yang tinggi, dari lirik lagu yang disampaikan. Dalam lagu ini terdapat dua pelajaran yaitu tentang harapan dan semangat.

Kehidupan ini pada dasarnya dibentuk dengan aspek berpasang-pasangan. Di mana ada senang dan sedih, gelap dan terang, siang dan malam, dan lainnya. Hal itu juga sama dengan kehidupan manusia, yang memiliki masa lalu dan masa depan.

Setiap manusia memiliki cita-cita atau harapan utuk memperoleh penerangan atas hidupnya. Penerangan itu akan berfungsi sebagai penunjuk jalan, sehingga kita tak salah memilih jalan menuju masa depan. Masa lalu dijadikan kenangan dan pelajaran.

Dan masa depan pastinya harus disikapi dengan semangat untuk menjadi lebih baik, juga harus dibarengi dengan doa agar dijauhkan dari hal-hal bahaya.

Begitulah terjemahan dari lirik lagi bang bang wetan yang bisa skda.co.id sampaikan kepada kalian semua, semoga bisa di mengerti ya.


Rekomendasi

DMCA Protected