Pengertian Embalase: Fungsi dam Perbedaannya

Artikel Menarik Sadar Kaya Dunia Akhirat
Artikel Menarik https://www.skda.co.id

Simak penjelasan mengenai pengertian embalase, fungsi, contoh, dan perbedaannya di artikel ini.

Apakah kamu salah satu orang yang kerap tertarik dengan produk dari kemasan?

Kamu pastinya akan selalu melihat informasi produk, tanggal kadaluwarsa, identitas produk, dan lainnya saat memilih produk yang akan dibeli.

Tanpa disadari ternyata kita kerap menjumpai embalase di berbagai kemasan produk, untuk menarik perhatian konsumen saat tengah berbelanja.

Apa itu embalase? Berikut penjelasannya.

Pengertian Embalase

Ilustrasi. (Instagram/@indomie)

Embalase adalah reklame visual yang memiliki fungsi untuk mempromosikan sebuah produk agar bisa menarik perhatian konsumen.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian embalase adalah bahan yang digunakan untuk pengemasan dan pengepakan barang.

Embalase ini terdapat pada kemasan produk yang diperdagangkan.

Terdapat tulisan atau pesan-pesan grafis yang dibuat untuk menarik minat konsumen untuk membeli. Tulisan yang ada dalam embalase biasanya memuat tagline, informasi produk, atau identitas produk.

Selain tulisan, terdapat gambar menarik yang dikemas di produk juga termasuk ke dalam embalase.

Jenis reklame visual atau embalase ini hanya bisa ditemui di kemasan produk makanan, kosmetik, minuman, dan sebagainya.

Dilansir dari situs Kemdikbud, embalase memiliki dua fungsi ganda yakni daya tarik konsumen terhadap produk dan pembungkus produk.

Berikut adalah fungsi embalase :

Pembungkus Produk

Salah satu fungsi embalase adalah sebagai pembungkus produk. Dan memang embalase ini menutupi isi pada produk.

Pelindung Produk

Embalase juga memiliki fungsi sebagai pelindung suatu produk. Contohnya adalah produk makanan instan, yang memerlukan kemasan berbahan tebal agar isi produk terlindungi. Dan tidak tercemar dari bahan embalase.

Daya Tarik Konsumen

Embalase juga berfungsi sebagai media promosi yang bertujuan untuk menarik konsumen dengan kemasan produk, yang didesain semenarik mungkin.

Desain menarik itu dari segi warna, tagline, ilustrasi, hingga merek produk. Hal itu bertujuan agar konsumen tertarik dengan embalase yang dipajang.

Informasi Untuk Konsumen

Selain itu, embalase juga berfungsi sebagai informasi bagi konsumen. Lantaran embalase berisi tulisan tentang tagline, identitas produk, informasi produk, komposisi, dan lain sebagainya. Tulisan itu yang memudahkan konsumen untuk membeli suatu produk.

Bagian Embalase

Terdapat dua bagian dari embalase, berikut penjelasanya:

Bagian Depan

Pada bagian depan embalase biasanya berisikan gambar dan nama produk. Contohnya, bagian depan produk makanan memuat nama produk dan gambar makanan.

Bagaian Belakang

Di bagian belakang ini berisikan informasi penting terkait produk. Di bagian belakang ini memuat kompososi produk, bahan-bahan yang mengandung alergen, informasi nilai gizi, tanggal kadaluwarsa, dan lain-lain.

Perbedaan Embalase dengan Buklet

Salah satu jenis reklame visual yang mudah dibedakan dari jenis reklame lainnya adalah embalase.

Embalase bisa dengan mudah ditemui dalam kemasan produk yang dijual.

Reklame visual lainnya biasanya di tempatkan di tempat tertentu seperti dinding atau billboard yang ada di tempat umum saja, seperti jalanan atau pasar.

Sementara buklet merupakan media untuk menyampaikan informasi yang bersifat promosi.

Buklet juga termasuk ke dalam reklame visual. Buklet memiliki tujuan untuk mempromosikan produk, perusahaan, organisasi, lembaga masyarakat, dan lainnya.

Demikian penjelasan mengenai pengertian embalase beserta fungsi dan perbedaan dengan reklame lainnya. Semoga membantu ya.