Perbedaan iPhone 13 dan iPhone 14, Spek dan Harga 2024

Kenali perbedaan iPhone 13 dan iPhone 14 sebelum membelinya. Selain itu, cek juga harga terbaru dari kedua ponsel Apple tersebut di tahun 2023.

Pada 2022 lalu, Apple merilis seri iPhone 14 sebagai ponsel terbarunya. Mereka meluncurkannya di ajang Apple Event.

Bila dilihat sekilas, iPhone 14 tampak mirip dengan iPhone 13. Apalagi Apple juga tidak memberikan penampilan yang jauh berbeda pada produk-produk ponselnya.

Walaupun dari penampilan terlihat mirip, sebenarnya iPhone 14 berbeda dengan generasi sebelumnya. Lalu apa saja perbedaan iPhone 13 dan iPhone 14? Untuk mengetahuinya, simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Perbedaan iPhone 13 dan iPhone 14

Desain

Perbedaan pertama ada pada ukuran kedua ponsel. iPhone 14 punya ukuran di atas kertas 146,7 x 71,5 dan ketebalan 7,8 mm. Sedangkan iPhone 13 hadir dalam ukuran 146,7 x 71,5 dengan ketebalan 7,7 mm.

Memang urusan desain, Apple tidak begitu memperlihatkan perbedaan besar. Bahkan bobot beratnya juga tidak jauh berbeda. Pasalnya seri 13 memiliki berat 174 gram, sementara suksesornya tampil lebih ringan dengan bobot 172 gram.

Tak berhenti sampai di sana, ternyata model sensor kamera kedua ponsel itu juga memiliki ukuran yang berbeda. Pada iPhone 14, ponsel ini hadir dengan model kamera yang lebih besar daripada sang kakak.

Sementara sisanya, desain dari kedua ponsel ini tampil mirip. Mereka kompak menggunakan konsep notch di bagian depan untuk menampung kamera depan dan bezel simetris untuk area dekat layar.

SIM

Selanjutnya, perbedaan iPhone 13 dan iPhone 14 terkait slot SIM. Seri terbaru sudah mendukung dual SIM, sementara iPhone 13 hanya single.

Seri 14 juga bisa mendukung nano dan e-SIM secara berbarengan, tetapi tidak dengan iPhone 13 

Hal ini tentu membuat iPhone 14 tampil lebih unggul daripada pendahulunya. Sebab terkadang banyak pengguna yang menggunakan dua nomor di dalam satu ponsel.

Performa

Perbedaan spesifikasi iPhone 14 dan seri 13 salah satunya ada di bagian performa. Walaupun kompak mengusung chipset Apple A15 Bionic dengan proses fabrikasi 5 nm, ternyata prosesor grafis GPU iPhone 14 tampil  lebih tangguh berkat adanya 5-core graphics.

Kendati demikian, performa real time tidak jauh berbeda. Bahkan skor AnTuTu mereka juga tidak jauh berbeda. Ponsel iPhone 13 berada di angka 803 ribuan, sementara adiknya tembus mencapai 818 ribuan.

Selain itu, perbedaan iPhone 13 dan iPhone 14 adalah terkait dengan sistem operasinya. Kompak menggunakan IOS untuk menjalankan fungsinya, tetapi iPhone 14 sudah menggunakan versi terbaru. Sedangkan pendahulunya, masih menggunakan sistem operasi keluaran lama yang perlu diupdate terlebih dahulu untuk bisa menggunakan versi teranyarnya, IOS 16.

Memori

Memori dan penyimpanan internal seringkali menjadi pertimbangan saat akan membeli ponsel baru. Sebab memori merupakan lokasi penyimpanan data yang ada di ponsel. Biasanya banyak orang lebih memilih RAM dan storage yang lebih luas.

Apple lalu meningkatkan spesifikasi ponsel iPhone 14., khususnya di bagian RAM. Mereka memperluas kapasitas RAM 4GB menjadi 6GB pada versi 14. Hal ini pun akan membuat kinerja suksesor iPhone 13 lebih baik khususnya saat melakukan multitasking dan bermain gim.

Kamera

Konfigurasi kamera yang diusung kedua ponsel ini memang sama. Tetapi Apple menyelipkan perbedaan di dalamnya. Apa saja?

Ternyata iPhone 14 memiliki fitur OIS pada kamera ultrawide di bagian belakang. Ini memungkinkan gambar atau video tetap stabil dari adanya guncangan saat merekam.

Selain itu, iPhone 14 juga tampil unggul berkat bukaan fokus kamera f/1.5 yang efektif dalam membuat gambar menjadi detail meski dalam kondisi minim cahaya. Kamera utama dari pendahulunya, iPhone 13 belum tersedia akan fitur ini.

Bukan itu saja, beragam fitur yang menunjang perekaman video lebih banyak ditemukan di iPhone 14. Di antaranya, cinematic mode dengan resolusi [email protected], bisa merekam video hingga kualitas [email protected], dan [email protected] 

Dengan adanya fitur tersebut, iPhone 14 bisa diandalkan dalam menciptakan beragam konten keren untuk media sosial.

Baterai

Selain itu, perbedaan iPhone 13 dan iPhone 14 lainnya adalah soal ketahanan daya baterai. Ini menjadi poin yang tidak kalah penting dalam sebuah pembelian ponsel. Sebab, tentu tidak ada yang memiliki perangkat yang tidak awet dipakai.

iPhone 14 mengandalkan baterai berkapasitas 3279 mAh, sementara iPhone 13 hanya berkapasitas 3240 mAh. Bahkan seri 14 mengklaim bisa mengisi daya hingga 50 persen dalam waktu yang lebih cepat, yakni 30 menit.

Fitur lain

Fitur bluetooth juga ternyata menjadi pembeda antara iPhone 13 dan iPhone 14. Pada seri terbaru, tersemat Bluetooth 5.3 yang menawarkan fitur hemat daya, kecepatan transfer data, hingga keamanan. Sementara iPhone 13 masih menggunakan Bluetooth versi 5.0.


Rekomendasi

DMCA Protected