Present Perfect Tense: Pengertian, Rumus, Fungsi, dan Contohnya

Dalam bahasa Inggris, dikenal 16 tenses sekaligus, dan mempelajari semua tenses tersebut akan sangat membantu meningkatkan skill dalam berbahasa Inggris. Salah satu dari tenses tersebut ada yang dinamakan dengan present perfect tense

Selayaknya jenis tenses yang lainnya, present perfect tense adalah materi yang sangat penting dalam grammar bahasa Inggris. Memang harus diakui bahwasanya mempelajari tenses seringkali membingungkan karena ada beberapa diantaranya yang fungsi dan penggunaannya mirip. 

Oleh sebab itu, mempelajari tenses harus dilakukan secara perlahan dan satu-persatu. Untuk kali ini, akan disajikan khusus mengenai definisi present perfect tense, penggunaannya serta hal-hal lainnya yang masih berkaitan. Jadi, yuk disimak untuk menambah pengetahuan. 

Pengertian Present Perfect Tense

Jika ditanya soal apa itu present perfect tense, maka jawabannya ialah pola kalimat dengan adanya perubahan bentuk kata kerja yang dapat dimanfaatkan untuk menyatakan suatu peristiwa atau suatu aksi di masa lalu namun masih tetap berlanjut hingga saat ini. 

Dengan kata lain, peristiwa yang diungkapkan dalam tenses satu ini baru saja terjadi. Akan tetapi dampak, akibat atau hasil dari peristiwa yang dimaksud masih dapat dilihat serta bisa dirasakan ketika pembicaraan ini terjadi. 

Tidak hanya bisa dipakai untuk membahas suatu peristiwa, tenses satu ini juga bisa digunakan untuk membahas soal pengalaman maupun perubahan yang berhubungan dengan suatu tempat. 

Dengan demikian, bisa dikatakan pula bahwa present perfect tense artinya bentuk kata kerja yang dipakai menyatakan aksi, situasi atau peristiwa yang sudah dimulai sejak beberapa waktu yang lalu dan masih berlanjut hingga saat ini. 

Atau sebenarnya aksi dan situasi tersebut sudah selesai pada waktu tertentu di masa lalu akan tetapi efeknya masih terus berlanjut. Dengan memperhatikan beberapa pengertian di atas, bisa dipahami bahwasanya tenses ini adalah kebalikan dari present perfect tense continuous. 

Rumus Present Perfect Tense

Tenses yang menyatakan peristiwa di masa lalu dan masih berlanjut hingga sekarang ini tidak bisa diucapkan secara sembarangan. Sebab, ada rumus yang harus digunakan dan ini wajib diperhatikan agar kamu bisa melontarkan kalimat dengan tepat. 

Perlu diperhatikan juga bahwa dalam tenses ini, ada jenis kalimat verbal serta nominal. Maka dari itu, rumusnya pun terbagi menjadi dua dengan penjelasan sebagai berikut. 

1. Kalimat Verbal

Sesuai dengan namanya, dalam kalimat verbal, maka setelah subjek diikuti langsung oleh kata kerja atau verb. Namun, karena tenses ini menyatakan aksi di masa lampau yang masih lanjut hingga sekarang, kata kerja yang digunakan adalah kata kerja ketiga atau verb 3. Sehingga rumusnya menjadi seperti ini. 

Rekomendasi  1 Ton Berapa Kg

Pola KalimatRumusKalimat (+) atau AffirmativeSubject + Have/Has + V3Kalimat (-) atau NegativeSubject + Have/Has + Not + V3Kalimat (?) atau InterrogativeHave/Has + Subject + V3?

Adapun contoh present perfect tense untuk kalimat verbal dengan memperhatikan rumus di atas sebagai berikut:

Positif ( +) : I have eaten four a day artinya saya sudah makan empat kali sehari

Negatif (-) : They have not paid their orders artinya mereka belum membayar semua pesanannya

Interrogative (?) :Have they surprised Ana? Artinya apakah mereka telah memberi kejutan pada Ana?

2. Kalimat Nominal

Kalau kalimat nominal, di dalamnya tidak mengandung kata kerja sama sekali. Malahan dalam kalimat ini hanya akan ada kata benda, kata sifat serta kata keterangan. Untuk rumusnya seperti ini.

Pola KalimatRumusKalimat (+) atau AffirmativeSubject + Have/Has + Been + ComplementKalimat (-) atau NegativeSubject + Have/Has + Not + Been + ComplementKalimat (?) atau InterrogativeHave/Has + Subject + Been + Complement?

Dengan memperhatikan rumus di atas, maka contoh untuk bentuk present perfect tense yang berupa kalimat nominal adalah sebagai berikut. 

Positif (+) : You have been a script writer since 2016 (kamu sudah jadi script writer sejak 2016)

Negatif (-) : I have not been hungry (aku belum lapar)

Interrogative (?) : Has she been busy this month (apakah dia sibuk bulan ini)

Selain perlu memperhatikan rumus untuk kedua jenis kalimat di atas, kamu juga harus memperhatikan catatan penting berikut ini. 

Kata have dan has termasuk dalam golongan auxiliary verb

Untuk have digunakan untuk I, you serta plural subject lainnya seperti compound subject dengan kata hubung dan atau and (misal Maria and Ana, You and I), plural noun (misal boys dan men) serta plural pronoun (seperti they dan we)

Untuk has digunakan pada singular subject atau kata ganti orang ketiga seperti he, she serta it dan juga digunakan pada singular noun seperti penyebutan nama orang

Untuk kalimat interrogative, nantinya lawan bicara hanya perlu memberikan jawaban ‘yes (subject) have/has’. Sedangkan kalau jawabannya adalah tidak, maka perlu ditambahkan kata not sehingga menjadi ‘No (subject) haven’t/hasn’t

Fungsi, Penggunaan dan Contoh Kalimat Present Perfect Tense 

Dari penjelasan sebelumnya, sebenarnya sudah sangat terlihat bahwasanya present perfect tense digunakan untuk menyatakan sesuatu yang telah terjadi di masa lalu namun masih berlangsung hingga saat ini. Namun, jika ingin dijabarkan lebih jauh, maka fungsi, penggunaan serta contohnya seperti ini. 

Rekomendasi  Barisan Aritmatika: Pengertian, Macam, Rumus dan Contoh Soal

Untuk mengungkapkan suatu kejadian yang sudah terjadi atau dikerjakan, tetapi ketika pembicaraan sedang berlangsung masih ada akibat yang dirasakan. Contoh: ‘I have swept the floor’ yang artinya saya sudah menyapu lantai. 

Dari contoh ini bisa terlihat bahwa subject I telah melakukan tindakan menyapu lantai beberapa waktu yang lalu. Akibat tindakan tersebut, lantai berubah menjadi bersih dan akibat ini terasa hingga saat ini. 

Untuk menyatakan sesuatu yang sebenarnya sudah terjadi di masa lalu namun masih ada hubungannya dengan saat ini atau saat pembicaraan berlangsung. Misalnya ‘I have studied there for 2 year’ artinya saya sudah belajar disini selama 2 tahun

Untuk membicarakan pengalaman namun tidak spesifik. Untuk menggunakan fungsi yang satu ini, kamu bisa menambahkan kata ever yang artinya pernah atau never yang artinya tidak pernah. Contoh ‘I have never eaten kimchi’ yang artinya aku belum pernah makan kimchi.

Untuk menunjukkan suatu perubahan. Misalnya ‘My Math has really improved since I moved to here’ artinya kemampuan Matematika saya sungguh meningkat sejak saya pindah ke sini

Untuk menyatakan suatu hasil atau pencapaian. Misalnya ‘My sister has learned ho to make a beautiful cake’ artinya saudara perempuan saya sudah belajar tentang bagaimana cara membuat kue yang cantik

Untuk menyatakan aktivitas atau kegiatan yang telah dilakukan, namun kegiatan tersebut masih belum selesai hingga sekarang. Misalnya ‘Ana has not finished her homework yet’ yang artinya Ana masih belum menyelesaikan PR-nya

Untuk menceritakan aktivitas atau kegiatan yang terjadi di waktu yang berbeda. Misalnya ‘Ana has applied for many job vacancies, unfortunately there is no interview call for her’ yang artinya Ana sudah melamar banyak lowongan kerja, sayangnya belum ada panggilan wawancara untuknya

Untuk menyatakan aksi yang berulang dalam periode waktu yang tidak disebutkan secara spesifik atau tidak ditentukan baik antara masa lalu dengan masa kini. Contoh dalam hal ini ‘Doni has visited her wife In Solo frequently’ yang artinya Doni sudah sering mengunjungi istrinya di Solo

Untuk menyatakan tindakan atau kejadian yang baru saja berakhir atau selesai dilakukan dan dalam hal ini ada tambahan kata ‘just’. Contoh ‘I have just finished my homework’ artinya Aku baru saja menyelesaikan tugasku

Untuk menceritakan sesuatu yang sifatnya tidak terlalu penting atau mengungkapkan pernyataan maupun pertanyaan jawabannya tidak diketahui. Misalnya ‘Someone has eaten my noodles’ yang artinya seseorang sudah memakan mie ku.

Rumus Penggunaan Question Word

Question word merupakan kata tanya yang biasanya terdiri atas what, who, where, when, why dan how atau yang biasa disebut dengan 5W + 1H. Ketika kamu ingin mengajukan sebuah pertanyaan, question word ini bisa digunakan lalu ikuti dengan rumus tenses present perfect ini. Jadi rumusnya seperti ini. 

Rekomendasi  Contoh Soal PTS IPA Kelas 9 Semester 2 & Kunci Jawaban

Kalau pertanyaannya mengenai alasan, proses dan tempat, maka rumusnya sebagai berikut:

Question Word + Have/Has + Been + Subject + V3 + Past Participle + O

Dengan rumus di atas, maka contoh kalimatnya seperti ini ‘why have you moved my book?’ artinya mengapa kamu memindahkan bukuku?

Kalau pertanyaannya adalah tentang subjek, maka rumusnya sebagai berikut:

Question Word + Have?has + V3 + Complement

Dengan rumus di atas, maka contoh kalimatnya seperti ini ‘Who has washed the car?’ artinya siapa yang mencuci mobil?

Bentuk Contraction

Antara subject dengan auxiliary verb bisa disingkat menjadi contraction. Untuk daftarnya seperti ini:

Bentuk Positif

It has : It’s

He has : He’s

She has : She’s

They have : They’ve

We have : We’ve

You have : You’ve

I have : I’ve

Bentuk Negatif

It has not : it hasn’t

He has not : He hasn’t

She has not : She hasn’t

They have not : They haven’t

We have not : We haven’t

You have not : You haven’t

I have not : I haven’t

Penggunaan Present Perfect Dalam Bentuk Pasif

Kalau dalam bentuk aktif, maka subjek akan melakukan suatu tindakan. Tetapi kalau present perfect bentuk pasif, kalimat lebih difokuskan pada siapa atau apa yang menerima tindakan. Contohnya seperti ini:

Kalau dalam bentuk aktif: People have collected the stamps

Kalau dalam bentuk pasif: The stamps have been collected

Jadi sudah terlihat ya bahwa bentuk pasif present perfect digunakan rumus Objek + Has/Have Been + V3. Bentuk pasif seperti ini bisa digunakan untuk tujuan yang sama dengan bentuk aktif, yakni untuk menyatakan apa yang baru saja terjadi, membicarakan hal-hal yang baru dilakukan maupun pengalaman

Keterangan Waktu dalam Tenses Present Perfect

Layaknya tenses lainnya, dalam present perfect juga ada beberapa keterangan waktu yang dapat kamu jadikan sebagai complement. Diantara keterangan waktu tersebut sebagai berikut. 

Yet artinya belum

Ever artinya pernah

Lately artinya akhir-akhir ini

Recently artinya baru-baru ini

Just artinya sudah atau baru saja

Already artinya sudah

For + keterangan waktu artinya selama

Since + keterangan waktu artinya sejak

Sekarang sudah lebih paham dengan present perfect tense bukan? Dengan mengenali rumus kalimat, fungsi, penggunaan dan keterangan waktu yang biasa digunakan, seharusnya sekarang kamu sudah tidak bingung lagi dan mampu membedakan beberapa tenses yang mirip dengan present perfect ini.


Rekomendasi

DMCA Protected