Translate Aksara Jawa Online & Dengan Aplikasi (Pake Foto)

Buat kamu yang sedang mencari cara untuk translate aksara jawa atau menterjemahkan aksara jawa secara online, simak pembahasannya di skda.co.id.

Indonesia memiliki beragam budaya mulai dari suku bangsa, bahasa, dan yang lainnya yang mana berasal dari berbagai pulau di Indonesia. Setiap daerah memiliki ciri khasnya masing-masing, seperti bahasa, kebiasaan, hingga budaya dalam bentuk tulisan.

Bagi kamu yang tinggal di daerah pulau Jawa mungkin di sekolah pernah mendapatkan pelajaran aksara Jawa. Banyak orang yang pastinya masih asing dengan aksara jawa bahkan tidak tahu bagaimana cara membuat apalagi membacanya.

Untuk itu, adanya mata pelajaran aksara jawa ini sangat berguna agar generasi muda zaman sekarang tetap mengetahui huruf atau aksara jawa yang digunakan oleh orang zaman dulu sebagai media tulis dalam berkomunikasi.

Sekarang masyarakat lebih mudah jika ingin mengetahui apa arti dari aksara jawa yang mereka lihat, yaitu dengan melalui aplikasi dan juga situs berikut ini.

Hal Yang Perlu Kamu Ketahui Mengenai Aksara Jawa

Aksara Jawa ini bisa disebut juga dengan Hanacaraka yang mulai digunakan saat Kesultanan Mataram di Abad ke-17. Namun, bentuk cetak dari aksara Jawa ini baru muncul pada abad ke 19.

Tokoh terkenal yang menyempurnakan aksara jawa adalah tokoh Aji Saka. Tokoh Aji Saka ini menyempurnakan akasara jawa menjadi 20 huruf aksara. Menurut buku Pepak Bahasa Jawa yang ditulis oleh Febyardini Dian dkk, aksara jawa memiliki beberapa jenis, yaitu aksara jawa dan pasangannya, aksara murda, aksara wilangan, aksara, swara, dan yang terakhir sandhangan.

Semuanya memiliki kegunaan masing-masing dan saling melengkapi untuk membuat sebuah kalimat. Dalam aksara jawa, jenis aksara jawa dan pasangannya merupakan huruf konsonan dimana tiap huruf memiliki pasangan sebagai bentuk penekanan.

Kalau aksara murda ini berguna pada saat menulis nama kota, gelar, atau tulisan lain yang diletakkan di awal kalimat. Bilangan atau angka dalam aksara jawa disebut dengan aksara wilangan. Sedangkan untuk tanda baca dalam kalimat disebut dengan sandhingan.

Itu dia beberapa hal yang perlu kamu ketahui mengenai aksara jawa. Buat kalian yang belum tau sama sekali tentang aksara Jawa, maka langsung saja untuk simak pembahasannya di bawah ini.

Daftar Huruf Dan Angka Dalam Aksara Jawa

Aksara jawa ini sangat berbeda bentuk hurufnya dengan bahasa huruf abjad yang kita kenal. Di beberapa daerah juga memiliki aksara khusus daerahnya sendiri, seperti aksara jawa dan juga Lampung.

Rekomendasi  Download Sarada Training Mod Apk Latest Version 2023

Untuk memahami arti dari kalimat atau kata yang dibuat dalam aksara Jawam terlebih dahulu kamu harus hapal atau setidaknya mengetahui bagaimana bentuk huruf dari aksara jawa tersebut.

Mengenai bentuk dari aksara jawa ini dibagi menjadi beberapa jenis sesuai dengan yang sudah kami jelaskan di atas. Namun, pada kesempatan kali ini kami akan membagikan informasi mengenai 20 huruf aksara jawa beserta dengan aksara wilangan.

Biasanya kamu akan menemukan tulisan dengan aksara jawa pada saat membaca buku hal-hal yang berkaitan dengan zaman dulu terutama di zaman kesultanan. Kalau di zaman sekarang ini sudah jarang sekali orang menggunakan aksara jawa karena memang kegunaannya pun khusus dan tidak bisa digunakan sembarangan.

Namun, sebagai masyarakat Indonesia kita wajib mengenal budaya dari negeri sendiri kan. Setidaknya kita tahu bentuk aksara Jawa itu seperti apa. Terutama bagi kalian yang di sekolahnya ada mata pelajara bahasa Jawa atau aksara Jawa.

Maka informasi yang ada disini pastinya cukup penting bagi kalian. Berikut ini adalah huruf dalam aksara jawa.

Dalam aksara jawa, angka atau bilangan juga memiliki bentuk sendiri dan jauh berbeda daripada bentuk angka yang kita ketahui. Berikut ini bentuk angka dalam aksara jawa.

Kumpulan Platform Translate Aksara Jawa Online Gratis Terbaru 2024

Kalau kamu sudah mengetahui bentuk huruf dan juga angka dalam aksara Jawa, tetapi masih bingung mengenai cara untuk membaca atau mengartikannya. Di zaman sekarang ini kendala tersebut bisa di atasi dengan mudah.

Tahukah kamu kalau sekarang sudah ada alat untuk menerjemahkan aksara jawa ke dalam bahasa Indonesia ataupun sebaliknya. Dengan menggunakan alat Translate Aksara Jawa tersebut dengan mudah kalian bisa mengartikan sebuah kata ataupun tulisan.

Atau yang punya tugas untuk buat aksara jawa, maka langsung saja gunakan alat ini agar kamu tidak perlu pusing lagi untuk mengartikannya. Bisa dibilang aksara jawa ini termasuk yang paling susah di antara banyaknya bentuk aksara dari daerah lain juga.

Sehingga wajar saja kalau kamu agak kepusingan ketika diminta untuk menerjemahkan aksara jawa ke dalam bahasa Indonesia. Atau sebaliknya, kamu diminta untuk membuat kata dalam aksara jawa.

Kalau ditulis saja aksara jawa ini tidak boleh salah-salah karena kalau salah bisa merambat kemana-mana. Oleh sebab itu, dalam penulisan aksara jawa juga harus sangat rapi dan sesuai dengan kaidah penulisannya.

Rekomendasi  Perfect Me Membuat Foto Kaki Jenjang Sempurna

Berikut adalah beberapa platform yang bisa kamu gunakan Translate Aksara Jawa online dengan mudah dan cepat bisa melalui foto atau gambar.

  • Situs kongres aksara jawa : https://kongresaksarajawa.id/salinsaja/
  • Situs kompiwin : https://www.kompiwin.com/translate-aksara/jawa/
  • Aplikasi aksara jawa yang bisa kamu dapatkan di Google Play Store

Untuk mengakses nama-nama situs yang sudah kami berikan di atas. Langsung saja alin alamat link yang diberikan agar kamu langsung masuk ke dalam halaman Translate Aksara Jawa

Cara Translate Aksara Jawa Ke Dalam Bahasa Indonesia

Sesudah membahas mengenai alat untuk Translate Aksara Jawa secara online dengan mudah dan cepat. Maka kami juga akan mencoba untuk menjelaskan langkah-langkah mengenai cara untuk menerjamahkan aksara jawa ke dalam bahasa Indonesia ataupun sebaliknya.

Ada dua cara yang yang akan kami sampaikan pada pembahasan di skda.co.id kali ini. Pertama, kamu bisa Translate Aksara Jawa online melalui situs di internet.

Atau kamu merupakan siswa yang memang yang ada mata pelajaran aksara jawa maka kami sarankan untuk download versi aplikasinya saja. Kalau sudah punya versi aplikasinya maka biasanya akan lebih mudah karena kamu tidak perlu terus menerus membuka situs Translate Aksara Jawa.

Cara untuk Translate Aksara Jawa ini juga tidak susah kok untuk dilakukan. Jika kamu masih bingung mengenai caranya maka silahkan simak penjelasan di bawah ini ya.

Menggunakan Situs Translate Aksara Jawa

Cara pertama yang akan kami jelaskan adalah Translate Aksara Jawa menggunakan situs online. Situs yang kami berikan ini lebih memudahkan kamu melakukan proses penerjemahan karena bisa melalui gambar.

Misalnya soal atau bacaan aksara jawa tersebut tidak dapat ditulis kembali, maka silahkan saja masukkan gambarnya. Supaya kamu tidak bingung lagi mengenai cara Translate Aksara Jawa.

Perhatikan baik-baik langkah-langkah yang kami berikan di bawah ini mengenai cara untuk Translate Aksara Jawa ke bahasa Indonesia ataupun sebaliknya. Kali ini kami akan menggunakan satu situs saja dari dua situs yang kami rekomendasikan di atas.

Kamu bisa memilih antara kedua situs tersebut karena untuk cara kerjanya sama saja. Kalau sudah tau cara Translate Aksara Jawa melalui situs yang satu, maka pasti tahu cara translate di situs yang lainnya.

Situs yang akan kami gunakan adalah kongres aksara jawa dan bisa dibilang situs ini memiliki tampilan yang mudah dimengerti. Kamu tidak perlu login terlebih dahulu untuk translate.

Begitu masuk ke dalam situs maka kamu akan berada di dalam halaman terjemahan. Untuk Translate Aksara Jawanya bagaimana? Ini dia tutorial selengkapnya.

  • Langkah pertama adalah buka situs kongres aksara jawa melalui link website ini https://kongresaksarajawa.id/salinsaja/
  • Jika sudah masuk ke dalam halaman terjemahan, baca baik-baik perintah dan juga instruksi yang tersedia.
  • Silahkan masukkan gambar melalui tempat yang sudah disediakan. Pilih gambar yang ingin ditranslate. Setelah itu tekan tombol proses.
  • Gambar yang dimasukkan harus jelas agar alat tersebut bisa bekerja dengan baik dalam menerjemahkan aksara jawa yang kamu berikan.
  • Kalau sudah tunggu hingga situs tersebut selesai memproses gambar yang tadi kamu masukkan.
  • Hasilnya akan terlihat di bagian sebelah kanan.
Rekomendasi  Hurawatch Apk - Nonton Film & Series Terlengkap Free

Dalam situs ini juga kamu bisa mengubah bahasa Indonesia latin menjadi aksara jawa melalui kolom yang ada di bawahnya. Sebelum ditranslate ke aksara jawa kamu harus pastikan bahwa penulisan bahasa Indoensia huruf latinnya itu sudah benar ya.

Melalui Aplikasi Translate Aksara Jawa

Cara lain yang bisa kamu pakai untuk Translate Aksara Jawa adalah dengan menggunakan aplikasi khusus aksara jawa. Aplikasi ini sudah tersedia di Google Play Store dan kamu bisa mengunduhnya secara gratis.

Dalam aplikasi tersebut tidak hanya menyediakan fitur untuk Translate Aksara Jawa secara online saja melainkan ada banyak yang lainnya. Kamu juga bisa melihat bentuk aksara jawa sesuai dengan jenis yang sudah kami jelaskan sebelumnya.

Dari aplikasi ini kamu dapat belajar lebih dalam bagaimana penulisan aksara jawa mulai dari huruf, tanda baca, angka, dan lain sebagainya.

Aplikasi ini akan memudahkan kamu untuk menerjamahkan aksara jawa ke dalam bahasa jawa yang biasa ataupun sebaliknya. Namun, cara yang ada disini berbeda dengan situs sebelumnya.

Kamu harus menggunakan tulisan untuk Translate Aksara Jawa online melalui aplikasi ini dan tidak bisa melalui gambar. Untuk tutorial yang lebih lengkap, maka simak saja penjelasna di bawah ini ya.

  • Pertama, download aplikasi Kasara Jawa melalui melalui Link INI.
  • Kemudian buka aplikasi Aksara Jawa yang sudah di unduh dan kamu akan langsung masuk ke dalam menu utama.
  • Ada dua menu translate yang bisa dipilih, yaitu latin ke aksara jawa dan aksara jawa ke latin.
  • Jika kamu ingin Translate Aksara Jawa ke latin, maka pilih menu yang sesuai. Masukkan tulisan aksara jawa yang ingin diterjemahkan ke dalam kolom teks yang tersedia.
  • Lalu hasil terjemahannya akan langsung muncul di bagian bawah.
  • Begitu pula sebaliknya, kamu bisa lakukan cara yang sama untuk transate latin ke aksara jawa.

Itu dia cara untuk Translate Aksara Jawa online dengan mudahh dan juga cepat melalui situs serta aplikasi khusus aksara jawa. Informasi menarik serta bermanfaat lainnya bisa kamu dapatkan di skda.co.id


Rekomendasi

DMCA Protected