WA Tidak Bisa Video Call Dan Telepon? Begini Solusinya

Bingung mengapa wa tidak bisa video call? Jangan khawatir ya, karena ada banyak solusi yang bisa dilakukan supaya whatsapp bisa kembali berjalan normal. Beberapa diantaranya tentu akan admin spill dalam artikel kali ini.

Aplikasi whatsapp memang seringkali error sehingga tidak bisa digunakan secara sempurna gengs. Namun tentunya ada banyak hal lain yang bisa dilakukan supaya aplikasinya bisa berjalan seperti biasa.

Bahkan pernah ada kejadian whatsapp tidak bisa mengirimkan pesan sama sekali lho. Namun itu dikarenakan adanya maintenance dari pusatnya. Nah berbeda jika wa tidak bisa video call hp oppo dan juga beberapa hp lainya.

Karena dalam kasus ini kemungkinan bukan aplikasinya yang bermasalah ya. Melainkan ada berbagai kendala pada perangkat yang digunakan. Nah ingin tahu penyebab apa yang membuat wa tidak bisa video call iphone dan bagaimana solusinya? Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Cara Mengatasi WA Tidak Bisa Video Call Dan Telepon

Akhir-akhir ini aplikasi whatsapp memang seringkali mengalami error gengs. Salah satunya yaitu tidak bisa video call atau bahkan tidak bisa telepon. Namun jangan khawatir ya, karena gangguan ini biasanya hanya sebentar dan bisa diatasi dengan melakukan berbagai cara.

Sangat disayangkan memang jika aplikasi whatsapp tidak bisa berjalan dengan baik. Karena banyak sekali manfaat yang didapat saat kita menggunakan wa. Salah satunya yaitu bisa berkomunikasi lebih intens setiap saat dan kapan pun.

Rekomendasi  Cara Laptop Connect Wifi Tersembunyi Secara Manual

Bahkan whatsapp menjadi salah satu aplikasi komunikasi ternama dan banyak digunakan oleh para kalangan gengs. Sehingga tentunya berbagai kendala yang ada dalam aplikasi ini menjadi perbincangan hangat para penggunannya.

Nah kira-kira bagaimana cara mengatasi pada saat wa tidak bisa video calll ya? Buat kamu yang mengalami hal sama seperti ini, kamu bisa langsung simak penjelasan berikut ini.

Berikut ini adalah cara dan tips mengatasi aplikasi whatsapp yang tidak bisa video call:

1. Tingkatkan Kualitas Internet Yang Digunakan

Saat aplikasi whatsapp kamu mengalami gangguan mulai dari tidak bisa video call atau yang lainnya, kamu harus memeriksa kualitas internet yang sedang digunakan ya. Karena kualitas internet tentunya sangat berpengaruh untuk memperlancar berbagai hal yang dilakukan di wa.

Kemungkinan internet kamu mengalami gangguan atau mungkin kurang stabil sehingga tidak bisa melakukan panggilan video atau telepon. Atau jika bisa pun kemungkinan tidak berjalan normal seperti putus-putus atau yang lainnya.

2. Update WhatsApp Versi Terbaru

Untuk cara yang kedua terkait solusi pada saat whatsapp tidak bisa video call dan telepon adalah dengan memperbarui aplikasinya ke versi terbaru. Karena mungkin saja aplikasi yang kamu gunakan sudah terlalu ketinggalan update sehingga mengalami bug.

Kamu bisa melakukan update di playstore atau appstore ya. Dengan melakukan update maka whatsapp akan kembali dengan versi baru yang pastinya bisa berjalan lebih lancar dari sebelumnya gengs.

3. Bersihkan Cache Aplikasi WhatsApp

Membersihkan cache aplikasi juga tentunya menjadi salah satu solusi yang bisa dilakukan supaya kamu bisa menggunakan aplikasi whatsapp gengs. Dan biasanya memang saat kamu tidak bisa melakukan video call atau voice call itu disebabkan karena ruang penyimpanan yang penuh.

Rekomendasi  Kode Rahasia Higgs Domino (Auto Win) Update Terbaru Hari Ini

Sehingga kamu harus sering-sering membersihkan cache aplikasi supaya bisa kembali menggunakan whatsapp dengan baik. Bahkan ketika ruang penyimpanan penuh kamu bahkan tidak bisa mengirimkan file apapun lho. Jadi lakukan ini apabila terkendala saat ingin video call ya.

4. Periksa Perizinan Aplikasi WhatsApp Di Perangkat

Nah untuk cara yang berikutnya kamu bisa memeriksa perizinan aplikasi whatsapp di pengaturan handphone ya. Karena kemungkinan kamu tidak bisa melakukan video call dikarenakan tidak ada izin perangkat untuk bisa mengakses mikrofon dan juga kamera.

Untuk itu kamu bisa memeriksanya terlebih dahulu apakah semuanya sudah aktif atau mungkin ada beberapa fitur yang dibutuhkan dan belum aktif. Adapun cara untuk mengaktifkannya bisa dilakukan melalui pengaturan>aplikasi>whatsapp lalu pilih beberapa perizinan yang harus diaktifkan seperti mikrofon dan kamera.

5. Jangan Aktifkan Mode Hemat Data Dan Baterai

Jika pada saat menggunakan whatsapp kamu mengaktifkan mode hemat data dan juga baterai, kemudian wa mengalami gangguan, bisa jadi itu adalah masalahnya gengs. Sehingga admin skda.co.id menyarankan supaya kamu tidak engaktifkan mode hemat data dan baterai saat melakukan video call ya.

WA Tidak Bisa Video Call Apa Penyebabnya?

Setelah mengetahui berbagai cara yang bisa dilakukan pada saat wa tidak bisa video call, maka yang selanjutnya kamu juga harus mengetahui apa penyebabnya. Tentunya ada banyak penyebab yang bisa membuat apk wa tidak bisa berjalan baik. Penasaran apa saja penyebabnya? Yuk lihat penjelasan berikut.

Daftar penyebab whatsapp tidak bisa video call:

Whatsapp Error

Penyebab pertama yang memungkinkan whatsapp tidak bisa digunakan untuk video call karena mengalami error gengs. Ketika whatsapp error kemungkinan aplikasinya tidak akan berjalan seperti biasa.

Dalam hal ini kamu harus menunggu beberapa saat atau mungkin memuat ulang handphone ya. Dengan begitu bisa saja aplikasi whatsapp kembali berjalan aman dan lancar.

Rekomendasi  Download Lagu Dari Youtube Gratis Tanpa Aplikasi Lewat Link

Jaringan Tidak Stabil

Penyebab yang selanjutnya bisa dikarenakan oleh jaringan yang tidak stabil gengs. Saat kamu menggunakan data seluler kemungkinan whatsapp kamu hanya bisa digunakan untuk chatting saja. Atau mungkin pada saat menggunakan wifi ada banyak perangkat yang tersambung.

Sehingga jaringan pun menjadi lemot dan aplikasinya berjalan lambat. Hal tersebut tentunya mempengaruhi ya. Meskipun kamu bisa video call, kemungkinan tidak bisa berjalan lancar seperti putus-putus atau yang lainnya.

Kontak Di Blokir Oleh Nomor Tujuan

Nah ada juga nih kemungkinan tidak bisa melakukan video call dikarenakan kontak kamu di blokir oleh pengguna lain gengs. Sehingga pada saat kamu ingin melakukan video call ke nomor tersebut tidak bisa dan terus memanggil.

Perizinan Kamera Dan Mikrofon WhatsApp Belum Aktif

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa ada kemungkinan perizinan aplikasi belum semuanya aktif gengs. Sehingga kamu perlu memeriksa kembali apakah kamera dan juga mikrofon whatsapp sudah diberi izin mengakses atau belum.

Silahkan kamu cek kembali sesuai dengan langkah-langkah yang sudah dijelaskan di atas ya. Jika ada perizinan lain yang sekiranya dibutuhkan juga kamu bisa mengaktifkannya ya.

Kenapa Saat Video Call Kamera Tidak Dapat Digunakan?

Untuk pembahasan yang terakhir adalah kenapa saat video call kamera tidak dapat digunakan? Nah hal ini sangat sering dirasakan oleh para pengguna whatsapp lho. Bahkan admin juga seringkali merasakan hal satu ini.

Mulai dari kamera tidak bisa dijalankan saat pertama kali melakukan panggilan video, sampai dengan di tengah-tengah video call kamera mendadak mati. Atau bahkan setelah kamu dengan sengaja menonaktifkan kamera kemudian tidak bisa lagi diaktifkan.

Beberapa hal di atas memang jadi permasalahan tersendiri ya. Untuk itu ada beberapa solusi yang bisa dilakukan seperti kembali dalam mode telepon terlebih dahulu kemudian vc lagi.

Bisa juga kamu muat ulang handphone atau melakukan beberapa cara yang sama seperti yang sudah dijelaskan tadi ya. Semoga ulasan ini bisa bermanfaat dan dapat membantu ya.


Rekomendasi

DMCA Protected