6 Doa Memulai Pekerjaan Arab, Latin & Artinya Agar Rejeki Lancar

www.skda.co.id - sadar kaya dunia akhirat

Doa Memulai Pekerjaan – Tidak setiap orang yang bekerja berdoa, karena agama dan keyakinan setiap orang berbeda-beda. Ada yang memang mempraktikkan doa sebagai bagian dari rutinitas keagamaan mereka.

Bagi orang yang berdoa dapat menjadi sarana untuk mencari bimbingan, inspirasi, dan dukungan ketika mereka menghadapi tantangan atau kesulitan dalam pekerjaan mereka. Doa juga dapat membantu mengurangi stres dan memberikan rasa kedamaian dan keseimbangan dalam kehidupan kerja.

Lebih dari pada itu doa juga bertujuan untuk memohon keberkahan dan kesuksesan dalam melakukan pekerjaan. Intinya agar aktifitas yang dilaksanakan dapat berjalan dengan lancar dengan hasil yang maksimal.

Beberapa Doa Memulai Bekerja Yang Dapat Diamalkan

Bagi sebagian manusia doa merupakan hal yang perlu dilantunkan dalam segalahal, terlebih jika ingin melakukan sesuatu atau memulai pekerjaan.

Salah satu tujuannya adalah memohon keberkahan dalam perjalanan melaksanakan pekerjaan, agar berkah dan diridhoi Allah SWT.

Simak beberapa doa memulai bekerja yang dapat diamalkan oleh ummat muslim hanya di artikel skda.co.id.

Doa Memulai Pekerjaan Yang Baik

Salah satu doa yang baik simpel dan mudah dihafalkan sebelum melakukan pekerjaan adalah dengan membaca “Basmalah”. Karena hal tersebut diperintah juga oleh Rosulullah SAW.

Berikut bacaan donya seperti dibawah ini :

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

Bismillahirrahmanirrahim

Artinya :

Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang

Atau juga jika memang waktunya luang atau tidak terburu-buru maka setelah membaca Basmalah, dilanjutkan dengan membaca doa memohon kemudahan.

Adapun bacaan doanya seperti dibawah ini :

اللهُمَّ يَسِّرْ وَلاَ تُعَسِّرْ

Allahumma yassir wa la tuassir

Artinya :

Ya Allah mudahkanlah, janganlah Engkau menyulitkan

Insya Allah dengan mengamalkan bacaan doa tersebut diatas tentunya ikhlas hanya mengharap Ridho dari Allah Semata. Pekerjaan yang dilaksanakan dapat membuahkan hasil yang berkah dan dipermudah oleh Allah.

Doa Memulai Pekerjaan Arab

Bacaan do’a memulai pekerjaan selanjutnya adalah dengan berbahasa arab, namun tentu diberikan arti agar mudah memahaminya.

Adapun bacaan doa memulai pekerjaan arab dapat dilihat seperti dibawah ini :

اللهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالْحُزْنِ، وَالْعَجْزِ وَالْكَسْلِ، وَالْبُخْلِ وَالْجُبْنِ، وَضَلاَعِ الدَّيْنِ وَغَلَبَّةِ الرِّجَالِ

Artinya :

Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kegelisahan dan kesedihan, kelemahan dan kemalasan, kedekatan hati dan kelemahan jiwa, hutang dan kuasa orang-orang yang zalim.

Bacaan doa tersebut diatas mengandung makna permohonan terkait perlindungan dan juga terhindar dari rasa gelisah, sedih, lemah, malas, banyak hutang dan lain sebagainya.

Doa tersebut dibaca ketika akan berangkat kerja atau pada saat akan melakukan pekerjaan, tentunya niat hanya karena Allah SWT dan Rosulnya.

Doa Memulai Pekerjaan Islam

Sudah jelas dalam agama islam ketika akan melakukan hal apapun memiliki tuntunan yang diajarkan oleh Rosulullah SAW. Terutama pada saat akan memulai pekerjaan, agar dimudahkan dan dilancarkan Allah SWT.

Adapun bacaan doa memulai pekerjaan islam dapat dilihat dibawah ini :

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا، وَرِزْقًا طَيِّبًا، وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً

Allahumma inni as’aluka ‘ilman nafi’an, wa rizqan tayyiban, wa ‘amalan mutaqabbalan.

Artinya :

Ya Allah, aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang halal dan baik, dan amal yang diterima di sisi-Mu.

Sebaiknya doa tersebut dibaca minimal tiga kali sebelum melakukan pekerjaan jangan lupa awali doa tersebut dengan membaca basmalah. Semoga Allah SWT mengabulkan apa yang menjadi hajat dalam pekerjaannya.

Doa Memulai Pekerjaan Bahasa Indonesia

Bagi ummat muslim yang ingin membaca do’a sebelum memulai pekerjaan, namun kesulitan dalam teks bacaan arab. Jangan khawatir penulis skda.co.id menyiapkan bacaan doa tersebut dengan teks bahasa Indonesia.

Adapun bacaan doa memulia pekerjaan bahasa indonesia adalah seperti dibawah ini :

Allahumma akfini bihalalika ‘an haramika, wa aghninabi fadlika ‘amman siwaka.

Artinya :

Ya Allah, cukupkanlah kami dengan rezeki yang halal dari segala yang haram, dan kayaikanlah kami dengan karunia-Mu dari selain-Mu.

Dengan bacaan doa tulisan bahasa indonesia penulis berharap tidak lagi menyulitkan ummat muslim yang belum pandai membaca teks arab. Pada saat akan memulai pekerjaan tetap membaca doa.

Doa Memulai Pekerjaan Di Pagi Hari

Waktu pagi merupakan awal untuk memulainya aktifitas ada yang sekolah, berdagang, berkebun dan juga bekerja. Tentunya setiap orang menginginkan aktifitas yang dikerjakan dapat berjalan lancar, berkah dan diridhoi Allah SWT.

Maka dari itu sebisa mungkin dipagi hari sebelum berangkat kerja, atau pada saat akan memulai kerja diusahakan untuk rutin membaca doa.

Adapun bacaan doa memulai pekerjaan dipagi hari adalah seperti ini :

اللَّهُمَّ مَا أَصْبَحَ بِي مِنْ نِعْمَةٍ، فَمِنْكَ وَحْدَكَ، لَا شَرِيكَ لَكَ، فَلَكَ الْحَمْدُ وَلَكَ الشُّكْرُ

Allahumma maa asbaha bii min ni’matin, faminka wahdaka, laa shariika laka, falaka al-ḥamdu walaka al syukru.

Artinya :

Ya Allah, segala nikmat yang aku peroleh pada pagi ini berasal dari-Mu saja, tidak ada sekutu bagi-Mu. Bagi-Mu segala puji dan syukur.

Doa Memulai Pekerjaan Berat

Tidak sedikir manusia yang berjuang melakukan pekerjaan yang amat berat, demi menghidupi keluarga yakni anak dan istrinya.

Seperti halnya pekerja proyek bangunan, pekerja tambang, dan pekerja lainnya yang sangat menguras tenaga bahkan dapat mengorbankan nyawa.

Agar pekerjaan yang dijalani mendapatkan kemudahan dan juga pertolongan keselamatan dari Allah SWT ada baiknya untuk membaca doa sebelum bekerja.

Adapun bacaan doa memulai pekerjaan berat adalah seperti dibawah ini :

اللَّهُمَّ لَا سَهْلَ إِلَّا مَا جَعَلْتَهُ سَهْلًا، وَأَنْتَ تَجْعَلُ الْحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلًا

Allahumma la sahla illa ma ja’altahu sahlan, wa anta taj’al al-hazna idha shi’ta sahlan.

Artinya :

Ya Allah, tidak ada yang mudah kecuali apa yang Engkau jadikan mudah, dan Engkau yang menjadikan kesedihan mudah jika Engkau berkehendak.

Penutup

Semua doa tersebut diatas dapat diamalkan sebelum mellakukan pekerjaan, sesuai pekerjaan yang dijalaninya, semoga turun keberkahan.

Demikianlah ringkasan terkait bacaan doa memulai pekerjaan yang ditulis dalam artikel skda.co.id. Wallahu A’lam.


Rekomendasi

DMCA Protected