Cara Atasi HP Kemasukan Air Hujan di Layar LCD (Terbukti Ampuh)

Mengetahui cara atasi HP kemasukan air penting untuk dipahami agar tidak panik saat menghadapi permasalahan tersebut. Memang kejadian ini akan membuat banyak orang panik. Apalagi bila ponselnya tidak mengantongi fitur tahan air.

Air yang masuk ke dalam celah-celah HP dikhawatirkan dapat merusak ponsel. Oleh karena itu, perangkat harus cepat-cepat dikeringkan agar tidak menyebabkan banyak masalah.

Pada banyak kasus, HP yang kemasukan air berakhir menjadi mati total. Hal ini tentu suatu hal yang buruk, mengingat ada banyak data penting yang juga tersimpan di dalam sebuah ponsel.

Lalu bagaimana solusi dalam masalah ini? Apakah ad acara atasi HP kemasukan air selain pergi ke layanan perbaikan? Untuk mengetahuinya, simak penjelasan berikut ini.

Cara Atasi HP Kemasukan Air

Ilustrasi ponsel tercebur air (Pexels.com/Sergey Meskhov)

Matikan HP Lalu Segera Keringkan

Metode atau cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan mematikan HP lalu mengeringkan perangkat dari cipratan air. Tujuannya untuk menghindari terjadinya penyebaran kerusakan termasuk korsleting.

Setelah HP mati, kamu bisa mulai mengeringkan semua sisi HP. Pastikan semua bagiannya kering dari cipratan air. Kamu bisa menggunakan lap kain yang lembut atau tisu untuk mengeringkannya. Jangan lupa untuk memeriksa bagian lubang USB.

Jangan Tekan Tombol Apapun

Hindari menekan tombol apapun saat HP kemasukan air. Hal ini bertujuan untuk mencegah air masuk lebih jauh ke komponen ponsel

Lepas Semua Komponen HP

Cara lain adalah dengan melepaskan semua komponen ponselmu sebelum mulai mengeringkannya. Biasanya, komponen yang harus dilepas seperti casing, baterai, memori, dan kartu SIM. Langkah ini bertujuan untuk mencegah adanya kerusakan yang lebih parah dari sebelumnya.

Jangan Menggoyangkan HP

Hal yang perlu kamu perhatian dalam cara atasi HP kemasukan air adalah kamu tidak disarankan untuk menggoyangkan perangkat. Sebab menggoyangkan HP dikhawatirkan dapat membuat air bukan keluar melainkan makin masuk hingga menyentuh komponen lainnya.

Keringkan Menggunakan Lap Kering

Alternatif cara atasi HP kemasukan air lainnya adalah dengan mengeringkannya menggunakan lap kering. Dalam proses pengeringan itu, kamu harus memprioritaskan layar ponsel terlebih dahulu. Sebab apabila dibiarkan lembap, hal tersebut akan memunculkan bercak hitam pada LCD.

Selain itu, hindari pula membersihkannya di bawah sinar matahari. Hal ini karena bisa meningkatkan risiko komponen ponsel ikut rusak.

Jangan Keringkan Pakai Hair Dryer

Saat mempraktikan cara atasi HP kemasukan air, hindari mengeringkan perangkatmu menggunakan pengering rambut atau hair dryer. Sebab suhu panasnya itu bisa meningkatkan suhu yang ada pada komponen listrik. Hal ini dikhawatirkan dapat memicu kerusakan yang lebih parah daripada sebelumnya.

Mengeringkan Pakai Silica Gel

Selain itu, kamu juga menggunakan cara lain dengan mengeringkan HP pakai silica gel. Gel ini diketahui mampu menyerap kelembapan sehingga berdampak baik dalam menghindari perangkat elektronik mengalami pengembunan.

Dalam hal ini, kamu hanya perlu memasukkan HP ke tumpukan silica gel lalu diamkan selama beberapa hari sebelum akhirnya kembali dinyalakan untuk melakukan pengecekan.

Jangan Cas HP

Saat HP kemasukan air, hindari untuk melakukan pengisian daya. Bahkan hal ini juga berlaku saat perangkatmu sudah dalam keaadan kehabisan daya. Sebab melakukan pengecasan dalam kondisi HP kemasukan air, hal tersebut justru bisa semakin merusak perangkat.

Jangan Dijemur di Bawah Sinar Matahari

Ilustrasi ponsel yang sudah kering (Unsplash.com/Daniel Romero)

Meski sudah dikeringkan, kamu tidak disarankan untuk menjemur HP di bawah sinar matahari. Mungkin kamu berpikir, hal tersebut bisa membuat perangkat semakin cepat kering, tetapi hal ini justru membuat HP menjadi rusak.

Pakai Vacuum Cleaner USB

Alat seperti vacuum cleaner USB dapat kamu gunakan bila suatu saat menghadapi masalah HP kemasukan air. Sebab tak jarang, air masuk lewat lubang USB. Dengan menggunakan vacuum cleaner USB, maka diharapkan hal tersebut dapat menarik air keluar dari perangkat ponselmu.

Rendam di dalam Beras

Saran untuk merendam HP yang kemasukan air di dalam beras mungkin sudah sering kamu dengar. Tapi metode ini memang cukup ampuh dalam mengatasi masalah perangkat elektronik yang kemasukan air, karena beras mampu menyerap air dari dalam HP.

Cara melakukannya juga mudah. Kamu hanya perlu menyimpan HP di dalam beras selama beberapa hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Nah itulah beberapa cara atasi HP kemasukan air. Selain mudah dilakukan, beberapa bahannya juga mudah didapat.

Kamu pun tidak perlu buru-buru pergi ke layanan perbaikan bila sudah mengetahui beberapa tips ini. Namun bila semua cara telah dilakukan dan tidak memberikan hasil positif, segeralah periksakan perangkatmu ke ahlinya.


Rekomendasi

DMCA Protected