Cara Buat Absensi Online Dengan Google Form & Zoho Gratis

Di era yang modern ini, semua hal bisa dilakukan secara online. Seperti melakukan absen saja, sekarang bisa dilakukan online. Oleh karena itu, banyak sekali orang yang ingin mengetahui bagaimana cara buat absensi online dengan mudah dan tidak berbayar. Bukan kah begitu? Kalau begitu, pas sekali dengan pembahasan kali ini.

Berkat kemajuan dari dunia teknologi yang semakin hari akan semakin cepat maka semua alat-alat teknologi juga sudah banyak ditemukan. Kamu akan bisa menggunakan alat teknologi untuk melakukan aktivitasnya secara praktis dan mudah.

Pada pembahasan artikel skda.co.id kali ini, kamu akan bisa mendapatkan informasi seputar pembuatan absensi secara online. Dimana nanti kamu akan mendapatkan bantuan beberapa alat untuk membuat absensinya ini. Kamu ingin mengetahuinya kan? Simak pembahasan lengkapnya di bawah ini.

Cara Buat Absensi Online Dengan Gratis Melalui PC & Smartphone

Untuk bisa membuat absensi online ini, kamu akan bisa mendapatkan beberapa alat yang akan membantu dalam proses pembuatannya. Dalam proses pembuatannya ini nanti kamu membutuhkan alat seperti Google Form dan juga Zoho. Menggunakan kedua alat ini juga sangat mudah.

Tetapi, kalau kamu memang belum mengetahui bagaimana tutorial untuk menggunakan kedua alat tersebut, tenang saja. Kami akan sampaikan ke kamu cara buat absensi online nya ko. Selain itu, kalau kamu sudah menyimak pembahasannya sampai selesai kan nanti kamu akan bisa tahu lebih senang menggunakan alat yang mana. Kalau begitu, simak langsung beberapa langkahnya.

Cara Buat Absensi Online Dengan Google Form

Alat pertama yang akan bisa kamu gunakan untuk membuat absensi online ini adalah Google Form. Untuk kamu yang masih ada terkait dengan suatu instansi baik itu sekolah atau kantor, pasti tidak asing ya dengan hal ini. Ya, Google Form memang banyak dimanfaatkan untuk membantu mengumpulkan data.

Seperti membuat kuisioner, daftar hadir, survei dan juga hal lainnya. Pasalnya memang Google Form ini menjadi salah satu alat yang sangat mudah untuk digunakan. Memiliki cara-cara yang praktis juga untuk melakukan suatu hal di dalam alatnya ini.

Memang Google Form ini bukan berbentuk aplikasi melainkan berbentuk situs. Tetapi, untuk membuat atau memproduksi suatu absensi, kuisioner atau lainnya membutuhkan akun. Kali ini kami akan sampaikan ke kamu pembahasan tentang cara buat absensi online dengan Google Form ini.

Rekomendasi  Saldo Dana Gratis 2023 Apakah Ada? Begini Cara Dapatnya

Cara yang akan bisa kamu lakukan mudah dan dijamin hanya sekali percobaan saja kamu akan langsung jago. Langkah-langkah untuk membuat absensi online akan bisa kamu simak di bawah ini.

1. Membuka Situs Google Form Di Browser

Tahap pertama, kamu harus membuka Browser yang memang sering kamu gunakan di dalam perangkat. Bisa menggunakan Mozilla Firefox, Chrome, dan lain-lain. Setelah itu, kamu masuk ke situs Google Form menggunakan link docs.google.com/forms ini.

2. Membuat Formulir Baru

Jika sudah membuka situsnya dan berhasil, kamu bisa membuat formulir baru untuk menciptakan absen online tersebut. Cara-cara untuk membuat formulir dari situs ini adalah sebagai berikut.

  • Kamu bisa klik icon tambah (+).
  • Nanti kamu akan diberikan banyak sekali pilihan format untuk formulir yang ingin digunakan.
  • Kamu pilih formulir yang sesuai dengan kebutuhan kamu saja.

3. Berikan Deskripsi Judul Di Formulir

Ketika sudah membuat formulir kosong dengan format yang diinginkan, kamu bisa membuat deskripsi judul dari formulir yang ingin kamu buat. Kalau tidak ada judul di form yang kamu buat kan nanti terlihat aneh. Tidak mencerminkan form yang wajib diisi juga karena tidak jelas untuk apa. Untuk itu, buat deskripsi judul dengan cara sebagai berikut.

  • Klik di kolom yang bertuliskan Formulir Tanpa Judul.
  • Kamu bisa hapuskan tulisan tersebut dan ganti dengan judul baru. Seperti, form tersebut digunakan untuk absensi kelas XI, kamu bisa ganti dengan “Absensi kelas XI MIPA 1”.
  • Selesai.

4. Tambahkan Kolom-Kolom Untuk Data Yang Diperlukan

Di bagian atas untuk absensi kamu sudah jadi, sekarang kamu bisa mengisi bagian isi yang ingin ditampilkan di dalam form atau formulir absensi online tersebut. Bisa memberikan isi seperti nama lengkap, tanggal/ hari, dan pilihan lainnya yang berkaitan dengan absen. Cara membuat isinya tersebut dengan menambahkan kolom-kolom seperti di bawah ini.

  • Untuk menambahkan kolom di dalam formulir kamu klik icon plus (+). Dengan begitu kolom baru akan ditampilkan.
  • Setelah itu, kamu bisa mengubah pilihan kotak yang ada menjadi Jawaban Singkat. Kemudian, di kolom pertanyaan kamu bisa isikan Nama Lengkap.
  • Selanjutnya kamu jangan lupa aktifkan Wajib Diisi. Supaya nanti kalau tidak diisi tidak akan bisa dikirimkan.
  • Jika ingin menambahkan pilihan di form kamu bisa klik icon plus (+) kembali, lalu kamu bisa isikan pertanyaan dengan mata pelajaran, bidang yang ditempati atau lainnya sesuaikan dengan kebutuhan. Ubah form menjadi Pilihan Ganda.
  • Lakukan seterusnya sampai data yang kamu perlukan telah habis dan masuk semua ke dalam form tersebut.
  • Selesai.
Rekomendasi  Cara Membuat Anak Kembar Perempuan Berdasarkan Posisi

5. Bagikan Absensi Online

Setelah isi formulir kamu buat dengan sempurna dan semua data-data yang kamu inginkan masuk ke dalam formulirnya, maka kamu bisa langsung kirimkan absensinya ke orang yang dituju. Untuk bisa mengirimkan absensinya tersebut kamu bisa langsung kirim dengan dua pilihan metode, yaitu dengan surel dan tautan. Cara-cara yang akan bisa dilakukan sebagai berikut.

  • Kirim melalui surel orang-orang yang dituju dengan cara tulis alamat surel yang ingin dikirimkan.
  • Kemudian, kamu memilih Include Form in Email.
  • Lalu, langsung klik Send.
  • Jika ingin mengirim menggunakan tautan, kamu bisa langsung menyalin tautan tersebut dan klik Send.

Cara Buat Absen Online Dengan Tanda Tangan Melalui Zoho

Nah, kalau kamu ingin menggunakan alat bantuan lainnya dalam pembuatan absensi online, maka kamu bisa mencoba menggunakan alat yang bernama Zoho. Dengan alat Zoho ini, kamu akan bisa mendapatkan kemudahan juga seperti penggunaan Google Form tadi.

Sama seperti Google Form, Zoho ini bentuknya bukan aplikasi tetapi untuk bisa akses dan membuat absen di dalam alat ini memerlukan akun. Jadi, sebelum membuat absen kamu bisa membuat akun terlebih dahulu. Cara membuat akunnya akan kami sampaikan di bawah ini juga.

Selain itu, kamu nanti akan bisa membuat absen yang berbeda dari biasanya. Karena kamu akan bisa membuat absen yang terdapat tanda tangan di dalamnya. Mungkin kamu membutuhkan absen yang ada tanda tangan di dalamnya kan. Oleh karena itu, simak langkah-langkah yang akan disampaikan di bawah ini mengenai cara buat absensi online menggunakan Zoho secara mudah.

1. Mendaftarkan Akun Zoho Forms

Sudah disampaikan tadi, kalau ingin membuat absen dengan alat bernama Zoho ini, kamu harus memiliki akun. Untuk kamu yang baru pertama kali menggunakan alat ini dan belum memiliki akun, maka kamu bisa membuat akun terlebih dahulu dengan cara-cara yang akan dibagikan di bawah ini.

  • Membuka Browser yang sudah biasa kamu gunakan. Bisa berupa Chrome, Mozilla Firefox atau lainnya.
  • Masuk ke dalam situs Zoho dengan link https://www.zoho.com/id/forms/.
  • Bisa daftar secara manual atau jika ingin cepat bisa langsung mendaftar menggunakan akun Google kamu.
  • Jika ingin datar menggunakan akun Google, kamu bisa klik simbol Google yang ada di bagian bawah halaman.
  • Selesai.

2. Buat Form Yang Baru

Jika kamu sudah membuat akun di dalam Zoho ini, maka kamu akan langsung ditampilkan halaman untuk membuat formulir baru. Dalam pembuatan formulir baru ini, kamu akan dimudahkan segala langkahnya. Pasalnya memang Zoho ini memiliki tampilan yang super simple. Untuk itu, cara buat absensi online dengan tanda tangan ada di bawah ini.

  • Temukan pilihan Create Form, kamu memilih yang Blank Form.
  • Akan langsung ditampilkan blank form yang kamu pilih tadi.
  • Selanjutnya, kamu mulai mengisi di bagian Form Name. Isi menggunakan data yang sesuai dengan formulir yang ingin dibuat. Misalnya, nama divisi, nama kelompok dan lainnya.
  • Setelah itu, bagian Description, kamu isi dengan apa yang sesuai dari nama form di atas tadi. Jika kamu ingin mengosongkannya juga tidak masalah.
  • Ketika semua data telah diisi dan dirasa benar, pilih Create.
Rekomendasi  WA Tidak Bisa Video Call Dan Telepon? Begini Solusinya

3. Membuat Pengaturan Isi Form

Selesai membuat nama bagian kepala dari form, kamu bisa membuat isi dari form yang kamu buat. Form yang kamu buat kan bentuknya absensi tentu akan ada format seperti nama lengkap, kelompok A, kelas A, atau divisi B dan lain sebagainya. Tetapi ada hal yang harus diketahui ya tentang isi form dari Zoho ini.

Di bagian isi form nanti ada tiga bagian yang harus kamu pahami. Bagian-bagian tersebut adalah sisi kiri, sisi tengah dan juga sisi kanan. Bagian sisi kiri itu akan berisi pengaturan dari form yang kamu pilih. Bagian tengah merupakan form yang kamu buat sendiri. Kemudian di sisi kiri itu adalah bagian yang akan diisi si pengisi absen tersebut. Cara untuk membuat pengaturan isi form ada di bawah ini.

  • Kamu memilih Single Line dan memindahkannya ke bagian tengah dengan cara klik dua kali di pilihannya. Lalu, kamu ubah dahulu Field Label jadi Nama Lengkap.
  • Selanjutnya, pilih Dropdown. Kamu isi sesuai dengan kebutuhan kamu saja seperti nama kelas, nama bagian atau divisi, dan lain sebagainya.
  • Setelah bagian itu selesai, pilih Number. Di bagian ini fungsinya untuk mengisi nomor-nomor. Bisa isi dengan nomor pegawai, nomor absen atau nomor urut lainnya.

4. Masukkan Opsi Tanda Tangan

Formulir absen yang akan dibuat di dalam Zoho ini kan memang ada bagian tandangannya. Untuk membuat bagian tanda tangan tersebut, cara-cara yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut.

  • Kamu bisa menutup opsi yang ada di bagian sebelumnya dengan cara klik tanda panah yang letaknya di samping basic fields.
  • Setelah itu, klik Advance Fields.
  • Kemudian, kamu memilih Signature dan memindahkannya ke bagian yang tengah.
  • Lalu ubah nama Signature menjadi Tanda Tangan atau apapun sesuai keinginan.

5. Bagikan Absen Ke Orang Lain

Untuk bagikan absensi yang sudah dibuat tadi, kamu bisa melakukannya dengan mudah. Langkah untuk membagikan absen tersebut di bawah ini.

  • Di bagian paling atas, klik Share.
  • Setelah itu, kamu akan dibawa ke halaman yang berisikan link formulir absen tersebut. Pilih link yang tersedia di kolom Shortened URL.
  • Kamu bisa salin link dan bagikan ke orang yang dituju.
  • Selesai.

Itulah kedua cara buat absensi online yang bisa kami berikan semoga bisa membantu dan bermanfaat ya tutorial kali ini.

Baca Artikel Yang Serupa :


Rekomendasi

DMCA Protected