Cara Cek Bantuan UMKM BRI Langsung Cair 2,4 Juta

sadar kaya dunia akhirat

Halo sahabat, Apakah kamu sudah daftar bantuan UMKM? Buat kamu yang sudah daftar, apakah kamu mengetahui bagaimana cara cek bantuan UMKM Mekar 2022?

Apabila kamu sudah mendaftar, kamu wajib mengetahui bagaimana cara cek bantuan umkm 2022 lewat hp. Karena siapa tahu nama kamu terdaftar sebagai penerima bantuan umkm.

Lumayan pastinya sebagai tambahan modal usaha yang sedang kamu jalankan ya. Dengan jumlah yang cukup besar tentunya bisa membantu para pengusaha kecil untuk terus mengembangkan usahanya supaya lebih besar dan lebih maju.

Atau jangan-jangan kamu sendiri juga belum daftar bantuan umkm? Bahkan mungkin kamu belum mengerti apa itu bantuan UMKM yang kini sedang ramai dibicarakan?

Sayang sekali jika kamu belum mengetahui informasi menguntungkan satu ini gengs. Tapi tenang saja, karena pada kesempatan ini, admin akan membagikan banyak sekali informasi seputar bantuan umkm, mulai dari cara daftar umkm sampai dengan cara cek bantuan umkm dan pencairannya.

Apa Itu Bantuan UMKM 2023?

Sebelum masuk ke pembahasan utama, ada baiknya jika kamu mengetahui terlebih dahulu apa itu bantuan umkm dan bagaimana bentuknya.

Pada awal tahun 2019 silam, pandemi mulai melanda. Sehingga ada banyak sekali usaha-usaha kecil yang terpaksa gulung tikar karena menurunnya angka penjualan. Karena itu pemerintah mengadakan program berupa bantuan umkm untuk para pengusaha kecil.

Harapannya bantuan ini bisa dijadikan sebagai salah satu penambah modal untuk para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah. Bantuan umkm adalah singkatan dari bantuan langsung tunai usaha mikro, kecil dan menengah atau biasa disebut BLT UMKM.

Rekomendasi  Cara Download Video TikTok Tanpa Watermark Tanpa Logo

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa bantuan ini dilaksanakan untuk memulihkan perekonomian yang ada di Indonesia. Khususnya para pelaku usaha kecil dan menengah, di tengah pandemi serta untuk menjaga stabilitas perekonomian yang ada di negeri ini.

Bantuan ini berupa uang tunai yang nantinya bisa digunakan sebagai tambahan modal usaha. Ada beberapa tahap bantuan yang diberikan oleh pemerintah ya. Mulai dari tahap 1, tahap 2 dan seterusnya.

Tentunya BLT UMKM ini sangat membantu para pelaku usaha yang sedang merosot pendapatannya karena pandemi. Namun kembali lagi ya, meskipun kamu merupakan seorang pelaku usaha mikro, belum tentu kamu bisa mendapatkannya.

Lalu bagaimana cara mendapatkan bantuan umkm? Tentunya dengan memenuhi persyaratan yang ada kemudian mendaftarkan diri secara online melalui website yang disediakan ya.

Cara Cek Bantuan UMKM Cair Atau Belum

Tujuan utama kamu mengunjungi artikel ini pastinya adalah untuk mengetahui bagaimana cara cek bantuan umkm bukan? Oleh karena itu sebelum kamu beranjak ke informasi yang lain, admin akan membagikan panduan terkait cara cek bantuan umkm lewat hp.

  1. Pertama pastikan kamu sudah mendaftarkan diri sebagai calon penerima bantuan umkm secara online ya.
  2. Selain itu para pendaftar juga harus sudah memenuhi persyaratan yang wajib dipenuhi.
  3. Nah untuk mengecek apakah nama kamu terdaftar sebagai penerima bantuan atau tidak, maka bisa melalui website.
  4. Kunjungi website “https://eform.bri.co.id/bpum” melalui handphone.
  5. Berikutnya akan muncul beranda pada layar handphone.
  6. Untuk melakukan pengecekan, silahkan masukkan NIK pada kolom yang tersedia serta kode verifikasi yang ada di layar.
  7. Selanjutnya klik pada bagian proses inquiry dan tunggu beberapa saat sampai mendapatkan pemberitahuan apakah nik tersebut terdaftar sebagai penerima BLT UMKM atau tidak.
  8. Jika terdaftar, penerima bisa langsung melakukan pencairan ke bank bri terdekat dengan membawa persyaratan yang ada.
  9. Sebelum melakukan pencairan, kamu bisa klik menu reservasi pencairan supaya bisa datang sesuai dengan nomor antrian ya dan tidak perlu menunggu lama tentuya.
Rekomendasi  Film Adaptasi Game Dead Island 2: Another Day in Hell.A.

Mudah bukan? Untuk melakukan pencairan, kamu bisa melihat panduan lebih lengkapnya di bawah ini ya.

Cara Daftar Bantuan UMKM 2023 Online

Sebelum melakukan pengecekan, tentunya kamu harus daftar terlebih dahulu ya. Setelah memenuhi persyaratan yang ada tentunya pendaftaran blt umkm bisa dilakukan dengan panduan yang kami bagikan berikut ini.

  1. Pertama silahkan kunjungi situs OSS dengan menggunakan link https://oss.go.id/ lalu klik daftar.
  2. Setelah itu silahkan pilih skala umkm sesuai dengan yang dijalankan.
  3. Input semua data yang diminta dan jika semuanya sudah lengkap, silahkan klik daftar.
  4. Selanjutnya silahkan cek alamat email yang telah terdaftar kemudian klik menu aktivasi untuk mendapatkan akses.
  5. Setelah berhasil mendapatkan akses, silahkan klik menu perizinan berusaha kemudian pilih dan klik permohonan baru.
  6. Berikutnya kamu diminta untuk memenuhi beberapa data yang diperlukan seperti data pelaku usaha, bidang usaha yang dijalankan, serta data produk atau jasa yang dimiliki.
  7. Jika semua data sudah kamu input, maka silahkan cek kembali kelengkapan data tersebut pada formulir komitmen prasarana usaha.
  8. Apabila data sudah sesuai silahkan klik lanjutkan dan klik tanda ceklis pada bagian pernyataan mandiri.
  9. Setelah selesai silahkan periksa bagian draf perizinan berusaha dan kamu bisa menunggu sampai suratnya terbit dan kamu akan mendapatkan NIB atau Nomor Induk Berusaha sebagai bukti jika kamu telah mendaftar bantuan UMKM.

Cara Daftar UMKM Lewat Desa

Jika kamu kesulitan untuk mendaftar secara online dengan langkah-langkah yang ada di atas, maka bisa juga mendaftar melalui kantor desa ya. Hal ini digunakan untuk para pelaku usaha yang mungkin tidak begitu mengerti teknologi. Untuk panduannya bisa dilihat pada lis berikut.

  1. Pertama silahkan lakukan pengajuan pendaftaran ke dinas koperasi atau ukm di tempat tinggal kamu untuk kemudian bisa mendapatkan surat rekomendasi.
  2. Ketika melakukan pengajuan pendaftaran, silahkan lampirkan beberapa dokumen seperti Nomor Identitas Kependudukan (NIK), Nomor Kartu Keluarga (KK), Nama lengkap, alamat, Jenis usaha dan juga nomor handphone.
  3. Setelah itu kamu hanya tinggal menunggu verifikasi dari dinas koperasi atau ukm tempat mendaftar ya.
  4. Jika sudah terdaftar, silahkan pantau terus informasinya melalui eform bri ya.
Rekomendasi  Download Video FB (Facebook) Tanpa Aplikasi Gratis 2024

Lebih mudah bukan? Namun biasanya kamu harus menunggu antrian juga pada saat mendaftar. Berbeda ketika kamu daftar online.

Bagaimana Cara Mendapatkan Bantuan UMKM 2,4 Juta

Selanjutnya bagaimana cara mendapatkan bantuan umkm 2.4 juta? Langkahnya tentu sangat mudah ya. Namun meskipun mudah, belum tentu usaha kamu terdaftar sebagai penerima blt umkm. Untuk itu, kamu harus memenuhi persyaratan berikut ini.

  1. Merupakan Warga Negara Indonesia dan berkedudukan di Indonesia, dibuktikan dengan kepemilikan e-KTP.
  2. Pendaftar merupakan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah yang dibuktikan dengan surat usulan.
  3. Bukan merupakan pegawai BUMN dan BUMD, Polri atau Tentara Republik Indonesia (TNI), PNS, dan ASN.
  4. Tidak sedang dalam pembiayaan atau kredit dari perbankan atau KUR.
  5. Memiliki Surat keterangan Usaha (SKU) serta Nomor Induk Berusaha (NIB).

Jika telah memenuhi semua persyaratan tersebut, maka kemungkinan kamu bisa mendapatkan bantuan umkm dengan nilai 1,2 juta tau 4.2 juta ya. Jadi silahkan mencoba dengan memenuhi persyaratannya.