Resep Pempek dan Cuka Palembang Beserta Penjelasannya

sadar kaya dunia akhirat

Resep pempek dan cuka Palembang saat ini memang menjadi salah satu makanan favorit masyarakat di Indonesia. Tidak hanya digemari oleh orang Palembang, namun juga di seluruh Indonesia.

Pempek dikenal sebagai makanan dengan olahan daging ikan tenggiri serta tepung yang mempunyai cita rasa lebih gurih. Namun, apabila kalian ingin menyantap pempek, maka tidak lengkap rasanya tanpa cuka pedas, manis, dan asam.

Kenali Resep Pempek dan Cuka Palembang

Tidak hanya tersedia hanya dalam satu jenis, ternyata pempek Palembang juga tersedia berbagai macam varian. Mulai dari varian berbentuk yang lenjer, bulat sampai pempek berisikan telur.

Bagi kalian yang ingin sekali buat pempek Palembang sendiri di rumah, maka simak resep pempek dan cuka Palembang yang di bawah ini:

  1.  Resep Pempek Adaan

Pempek lebih disukai karena hidangan khas di Palembang yang banyak sekali diminati oleh seluruh masyarakat Indonesia. Salah satu varian pempek yang saat ini banyak sekali digemari yaitu pempek adaan dengan berbentuk bulat.

Adapun bahan dari resep pempek dan cuka Palembang adaan adalah 250 gr ikan giling, 100 gr tepung tapioka/sagu, 1 sdm garam, 1 sdt kaldu jamur. Ada juga 1/2 sdt gula pasir, 100 ml air es, 1 buah telur ayam, dan sejumput sdt lada/ merica.

Kemudian, bahannya 1 sdm bawang merah cincang dan. Lalu ada juga 1 batang daun bawang di rajang halus.

Resep pempek dan cuka Palembang pertama, bisa kalian siapkan semua bahan, lalu masukkan daging ikan giling dengan menggunakan air. Setelah itu, kalian bisa langsung aduk rata dan tambahkanlah lada.

Kemudian, kalian lanjutkan menambahkan telur ayam aduk kembali sampai rata. Lalu bisa memasukkan garam, kaldu jamur serta gula pasir, kemudian lanjut periksa rasa.

Lalu lanjut menambahkan bawang merah maupun daun bawang, aduk rata. Resep pempek dan cuka selanjutnya, kalian bisa menambahkan tapioka lalu memasukkan secara perlahan sedikit demi sedikit aduk dengan menggunakan spatula.

Bentuklah adonan seperti bakso, lanjut bisa menggoreng adonan pempek yang sudah dibentuk kedalam minyak panas. Gunakanlah resep pempek dan cuka Palembang dengan api yang kecil cenderung sedang.

Kalian disarankan untuk bisa menggunakan minyak yang banyak dan gorenglah pempek. Jadi jangan terlalu penuh agar pempek ini dapat langsung membentuk bulat.

Resep pempek dan cuka selanjutnya, kalian bisa menggoreng pempek hingga kekuningan. Apabila sudah kekuningan dan terlihat, nantinya akan langsung angkat lalu tiriskan.

  1.  Resep Pempek Kapal Selam

Apabila kalian ingin sekali mengonsumsi pempek yang berisikan telur, maka bisa langsung coba untuk bisa membuat pempek kapal selam khas Palembang. Hanya dengan ditambahkannya telur pada pempek, maka akan memperkaya nutrisi dan cita rasa dalam pempek ini.

Ada beberapa langkah resep pempek kapal selam khas Palembang ala Niung yang mudah. Berikut ini adalah penjelasan terkait bahan dan resep pempek dan cuka Palembang.

Adapun bahan yang biasanya digunakan untuk pempek adalah 250 gr ikan tenggiri giling, 200 gr tepung sagu, 7 gr / 1 sdt garam halus, dan 1/2 sdt kaldu bubuk. Selanjutnya, ada 150 ml air dan 5 buah telur ayam.

Resep pempek dan cuka Palembang ini bisa langsung menyiapkan seluruh bahan, lalu kalian juga harus bisa tuang air kedalam wadah ikan tenggiri.

Lanjut dengan menggiling aduk sampai tercampur rata. Setelah itu, bisa langsung tambahkan garam yang telah dilarutkan dengan menggunakan air, lanjut aduk rata.

Kemudian, kalian bisa menambahkan tepung sagu, lanjut aduk sampai tercampur rata. Lalu bisa mengambil 1 genggam adonan atau sekitar 100 gr. 

Setelah itu, kalian bisa lanjutkan lumuri adonan dengan menggunakan sedikit tepung sagu. Hal ini tentunya agar tidak lengket ditangan, berbentuk bulat lonjong.

Kemudian, bisa langsung membentuk lubang ditengahnya. Buatlah juga lubang yang besar dan jangan terlalu tipis agar telurnya tidak tampak bocor.

Setelah itu, bisa langsung mengisi dengan 1 butir telur, dan tutup rapat atasnya. Kemudian, kalian bisa tertutup rapat langsung dengan memasukkan ke air panas yang mendidih.

Resep pempek dan cuka Palembang selanjutnya, kalian bisa melanjutkan hingga adonan habis, lalu masak sampai pempek mengapung serta mengembang. Kemudian, bisa meniriskan, dinginkan, dan dapat langsung dinikmati atau digoreng terlebih dulu.

  1.  Resep Pempek Lenjer Kecil

Bagi kalian yang saat ini ingin sekali mencari hidangan ringan untuk sore hari. Maka pilihan tepatnya bisa memilih pempek lenjer kecil menjadi salah satu kudapan yang bisa disajikan.

Cara mudah mendapatkan pempek ini memang dengan langsung membelinya. Namun membuat pempek lenjer kecil ini di rumah juga tidak terlalu sulit. Berikut ini sudah ada beberapa resep pempek dan cuka Palembang lenjer kecil, antara lain:

Adapun bahan-bahan yang harus kalian siapkan adalah 500 gr ikan tenggiri atau ikan kakap giling, 500 gr tepung sagu, 200-250 ml air es, dan 2 buah putih telur. Ada juga 2-3 sdm minyak sayur, 3-4 siung bawang putih (dihaluskan), serta 1 sdm garam.

Umumnya, resep pempek dan cuka Palembang adalah sebagai berikut Kalian bisa langsung memilih ikan kakap atau ikan tenggiri giling. Kemudian, lanjut mencampurkan gilingan ikan dengan bawang putih yang telah dihaluskan.


Rekomendasi

DMCA Protected