Cara Membuat Donat Kentang Lembut Dan Renyah Simpel

Donat merupakan salah satu makanan yang sering kita jumpai. Bahkan akan sangat jarang ditemukan orang yang tidak suka menyantap donat. Mungkin belum banyak yang mengetahui bagaimana cara membuat donat yang mengembang dan juga empuk. Untuk yang belum tahu caranya, mari kita buat bersama melalui tutorial yang ada pada artikel ini.

Pada pembahasan kali ini kami akan memberikan beberapa resep donat yang bisa pembaca gunakan. Yang mana resep-resep ini bisa pembaca recook dengan sangat mudah dan juga praktis. Kalau begitu jangan sampai ketinggalan beberapa resep dan juga tutorial pembuatan camilan bulat berbahan tepung terigu di bawah ini.

Cara Membuat Donat Kentang Dengan Fermipan

Pada negara Indonesia tersedia berbagai cemilan yang paling banyak penggemarnya. Orang-orang akan mencari makanan penutup yang sangat gurih dan juga enak. Tentunya pilihan untuk makanan ringan atau makanan penutup selalu jatuh pada donat. Yang mana makanan ini merupakan camilan yang memiliki rasa yang bervariasi.

Biasanya donat juga akan diberikan beberapa toping yaitu madu, gula halus, selai dan lain sebagainya. Tetapi biasanya juga orang-orang membuat camilan tersebut dengan berbagai campuran lainnya. Campuran tersebut biasanya tercampurkan ke dalam adonan atau menjadi salah satu bahan pokoknya.

Seperti yang biasa kita makan adanya donat kentang ataupun donat-donat lainnya. Banyak yang beranggapan kalau membuat makanan ini sedikit sulit untuk dilakukan. Tetapi tentang saja, sebenarnya untuk melakukan pembuatan camilan ini hanya membutuhkan beberapa cara yang sangat mudah.

Bahan-bahan yang pembaca butuhkan juga sangat sederhana sebenarnya. Nah untuk yang belum tahu cara pembuatan camilan berbahan kentang seperti apa. Pembaca bisa simak beberapa pembahasan yang ada setelah ini. Karena artikel ini sudah menyediakan beberapa langkah-langkah pembuatan donat kentang lengkap dengan bahan-bahannya.

Rekomendasi  Sound of text WA yang Keren Bahasa Indonesia (Lucu dan Unik)

Untuk membuat donat kentang yang sangat empuk dan juga mengembang sempurna. Pembaca perlu mengikuti langkah-langkah berikut ini :

Daftar Bahan Yang Harus Disiapkan

Sebelum melakukan pembuatan donat kentang, tentunya pembaca bisa menyediakan beberapa bahannya terlebih dahulu. Untuk yang belum tahu bahan-bahan apa saja yang perlu disiapkan sebelum melakukan pembuatannya. Bisa lihat beberapa bahan untuk membuat donat kentang di bawah ini :

Bahan IBahan IIBahan III 265 gram Tepung terigu
50 gram Gula pasir
1 sdt Ragi instan
10 gram Susu bubuk 1 butir kuning telur
100 gr kentang (rebus dan haluskan)
60 ml air
40 gr Mentega/Margarin
1/4 sdt garam
1 kg Minyak gorengBahan ketiga ini opsional, bisa memilih salah satu :
1. Meses
2. Gula halus
3. Selai (coklat, stroberi dll)
4. Keju parut

Cara Membuat Donat Empuk dan Renyah

Nah setelah semua bahan-bahan yang ada di atas sudah tersedia. Berarti sekarang ini sudah bisa melanjutkan pembuatan camilan bulat berbahan kentang tersebut. Agar pembaca tidak kebingungan untuk melakukan pembuatan donat kentang. Ikuti saja cara membuat donat kentang di bawah ini :

Langkah pertama siapkan wadah berupa baskom atau tempat yang lumayan besar lalu masukan Bahan I dalam wadah tersebut lalu aduk hingga merata.

Masukan secara perlahan dan bertahap Bahan II, mulai dari kuning telur, kentang dan air sedikit demi sedikit. Setelah itu bisa langsung saja aduk menggunakan Mixer/manual hingga semua rata dan bercampur dengan sempurna.

Disusul dengan mentega dan garam setelah itu aduk kembali sampai kalis.

Setelah itu tutup adonan menggunakan plastik wrap ataupun serbet yang masih bersih. Kalau sudah tertutup dengan sempurna bisa langsung saja diamkan adonan selama 30-45 menit.

Rekomendasi  Download Aplikasi Komiku.Id Apk V3 Mod Terbaru 2023

Jika sudah mengembang langsung saja buka penutup lalu hilangkan gas adonan.

Bentuk donat secara manual ataupun menggunakan alat pembentuknya.

Setelah terbentuk dengan sempurna letakan donat pada tempat yang lebar, diamkan lagi selama 30 menit nantinya adonan akan lebih mengembang.

Sudah 30 menit dan adonan mengembang sempurna, panaskan minyak goreng menggunakan api kecil lalu goreng hingga matang dengan sempurna biasanya ditandai dengan warna yang coklat keemasan.

Langkah terakhir jika sudah matang dan dingin berikan topping sesuai dengan keinginan.

Selesai dan donat kentang siap untuk disajikan.

Bahan Dan Cara Membuat Donat Labu Kuning

Setelah menyimak penjelasan di atas mengenai cara membuat camilan Kentang. Sekarang ini pembaca bisa menyimak beberapa cara pembuatan donat tape dengan sangat mudah. Donat tape ini merupakan salah satu camilan yang sangat enak dan banyak digemari oleh orang-orang Indonesia.

Cara pembuatannya juga sangat mudah dan juga praktis. Dijamin pembaca tidak akan gagal kalau mencoba untuk membuat camilan ini. Untuk yang sudah tidka sabar dengan pembuatan camilan berbentuk bulat ini. Simak beberapa penjelasan yang ada di bawah ini mengenai langkah-langkah pembuatan donat tape.

Beberapa Bahan Yang Perlu Disiapkan

Sama dengan pembuatan donat sebelumnya, donat tape juga membutuhkan beberapa bahan yang harus disiapkan. Untuk yang belum mengetahui apa saja bahan-bahan yang diperlukan untuk cara membuat donat tape, simak beberapa bahan yang perlu tersedia sebelum melakukan pembuatan :

Bahan IBahan IIBahan III 400 gr Tepung terigu protein sedang
100 gr Tepung terigu protein tinggi
50 gram Gula pasir
11 gr Ragi instan
20 gr Susu bubuk
1/2 sdt Baking Powder 1 butir kuning telur
200 gr tape singkong (haluskan)
175 ml air
40 gr Mentega/Margarin
1/4 sdt garam
1 kg Minyak gorengBahan ketiga ini opsional, bisa memilih salah satu :
1. Meses
2. Gula halus
3. Selai (coklat, stroberi dll)
4. Keju parut

Rekomendasi  Cara Melakukan Passing Bawah Bola Voli yang Benar & Singkat

Cara Membuat Donat 2 Bahan

Untuk membuat donat tape pembaca bisa melakukan kegiatan yang sangat mudah. Hanya dengan mengikuti beberapa langkah di bawah ini nantinya para pembaca akan berhasil melakukan pembuatan camilan tersebut. Berikut ini merupakan beberapa langkah pembuatan donat Tape :

Langsung saja masukan Bahan I pada wadah yang lumayan besar lalu aduk sampai semua merata dan pastikan tidak ada adonan yang menggumpal.

Setelah bahan I sudah masuk dan rata tambahkan Bahan II secara bertahap, jangan dulu masukan margarin dan garam. Aduk kembali hingga semua adonan kalis.

Jika sudah kalis bisa memasukan margarin dan garam pada adonan tersebut dan campurkan hingga merata.

Kalau sudah langsung saja potong adonan sesuai dengan ukuran yang ingin dibuat.

Setelah semua terpotong dan diletakan pada tempat yang sedikit luas tutup adonan menggunakan serbet ataupun plastik wrap. Diamkan selama 40 menit sampai benar-benar mengembang.

Jika sudah 40 menit bisa langsung saja bentuk adonan lalu goreng dengan api kecil.

Setelah selesai digoreng dinginkan dan berikan topping sesuai dengan keinginan.

Selesai dan donat tape siap untuk dicicipi.

Cara membuat donat ini bisa di praktekkan di rumah dan bisa dijadikan cemilan saat sedang santai bareng dengan keluarga.