Pemicu Jerawat Punggung dan Cara Mengatasinya

Apa pemicu jerawat punggung? Jika kamu berjerawat di punggung, simak pemicu dan cara mengatasinya.

Jerawat dapat timbul di bagian mana saja, termasuk pada tubuh bagian belakang atau punggung. Jerawat punggung dapat membuat penampilan terganggu dan menumbuhkan rasa tak nyaman karena sakit ketika jerawat semakin matang atau mengalami peradangan.

Oleh karena itu, ketika mempunyai masalah jerawat di punggung kita harus mengenali apa saja yang menjadi  faktor dan cara menghilangkannya. Berikut penyebab dan cara mengatasi jerawat di tubuh bagian belakang atau punggung.

Pemicu Jerawat di Punggung

Banyak sekali yang dapat menjadi pemicu munculnya jerawat di punggung. Hal utamanya adalah tidak menjaga kebersihan tubuh dengan baik. Berikut beberapa hal yang menjadi pemicu, yaitu:

Tubuh yang mengeluarkan keringat secara berlebihan

Menggunakan produk perawatan kulit berupa krim atau lotion yang kurang cocok dengan kondisi tubuh kita sehingga mengakibatkan pori-pori tubuh bagian belakang tersumbat

Hidup tidak sehat, yaitu menggunakan handuk dan baju dalam keadaan kotor

Tidak rutin mengganti alas kasur dan digunakan dalam waktu yang cukup lama

Jarang keramas rambut mengakibatkan rambut kotor dan mengeluarkan banyak minyak sehingga dapat menyumbat pori-pori punggung

Hormon yang berubah-ubah pada ibu hamil atau remaja yang sedang pubertas

Terjadi pergesekan antara baju dan kulit yang dapat menyebabkan jerawat meradang

Mengkonsumsi obat – obatan yang bisa membuat jerawat bertambah parah

Jika sudah terjadi, apakah ada cara untuk mengatasi jerawat punggung? Simak penjelasannya di bawah ini:

Cara Mengatasi Jerawat di Punggung

Walaupun jerawat punggung tidak dapat terlihat oleh mata kita sendiri, tetapi jika tidak cepat diatasi akan membuat tubuh kita merasa tidak nyaman. Sebenarnya cukup mudah untuk mengatasinya, hanya dengan mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat.

Rekomendasi  Download Video TikTok Tanpa Watermark 2023 Full HD

Tetap jaga kebersihan dan memakan makanan yang sehat. Nah, simak beberapa cara lain untuk mengatasi jerawat punggung anda, sebagai berikut:

Mandi dengan bersih dan teratur

Terutama pada saat selesai melakukan olahraga yang mengakibatkan keringat keluar secara berlebihan. Selain membuat tubuh bersih, mandi setelah berolahraga dapat membuat tubuh menjadi segar kembali

Rutin mencuci pakaian yang sudah digunakan

Tidak rutin mencuci pakaian, terutama digunakan setelah beraktivitas dapat meninggalkan sisa keringat dan kotoran.

Lakukan scrub pada kulit

Mengangkat kulit mati dengan menggunakan scrub produk perawatan kulit, sehingga dapat mengurangi minyak dan kotoran yang menyumbat pori-pori.

Gunakan pakaian longgar

Utamakan menggunakan pakaian yang  tidak terlalu ketat atau longgar. Hal itu dapat mengurangi jumlah keringat yang diproduksi oleh kulit dan meminimalisir gesekan antara pakaian dan kulit.

Gunakan lotion badan yang cocok

Menggunakan produk berupa krim atau lotion yang cocok dengan kondisi tubuh atau kulit kita. Utamakan memilih produk yang tidak banyak mengandung oil dan ringan.

Keramas teratur

Keramas dengan teratur, tetapi harus berhati-hati ketika keramas, jangan sampai shampoo atau conditioner mengenai kulit bagian punggung . Terutama ketika kondisi rambut sedang berminyak atau kotor, usahakan rambut tetap diikat agar tidak menyentuh kulit punggung.

Makanan yang sehat

Memakan makanan yang sehat. Hal ini sangat berpengaruh, karena beberapa makanan yang kita makan juga dapat memproduksi keringat dalam jumlah yang cukup banyak.

Menjauhi paparan sinar matahari secara langsung

Menggunakan obat kulit yang sudah disarankan oleh dokter

Menjaga kebersihan

Tetap menjaga kebersihan barang-barang yang digunakan oleh tubuh. Misalnya, handuk dan seprai harus tetap terjaga kebersihannya.

Hindari memencet jerawat

Tidak memencet jerawat karena hal itu dapat membuatnya semakin parah dan mengalami peradangan bahkan dapat  infeksi dan meninggalkan bekas jerawat pada punggung anda.


Rekomendasi

DMCA Protected