Cara Memilih Ukuran Helm Motor Untuk Wanita dan Pria

Cara Memilih Ukuran Helm Motor Untuk Wanita dan Pria
Cara Memilih Ukuran Helm Motor Untuk Wanita dan Pria

Cara Memilih Ukuran Helm Motor – Baca panduan berikut untuk memilih ukuran helm motor yang tepat bagi wanita dan pria. Pernahkah Anda membeli helm yang terasa terlalu longgar atau terlalu sempit di kepala? Temukan cara memilih helm yang pas agar ukurannya sesuai tanpa menjadi terlalu besar atau terlalu kecil, di situs skda.co.id.

Helm merupakan salah satu perlindungan penting ketika mengendarai sepeda motor. Fungsi utama helm adalah meredam guncangan dan mengurangi risiko cedera saat terjadi kecelakaan, serta melindungi dari polusi udara.

Selain digunakan oleh pengendara sepeda motor, ada berbagai jenis helm yang diciptakan untuk keperluan tertentu. Tujuan utamanya adalah melindungi kepala dan wajah seseorang. Misalnya, terdapat helm olahraga, helm khusus militer, dan helm keselamatan kerja.

Maka dari itu, penting untuk menggunakan helm saat mengendarai sepeda motor atau dalam kegiatan kerja yang membutuhkan helm. Dengan begitu, jika terjadi hal yang tidak terduga, kepala kita tetap terlindungi dengan baik.

Selain itu, pilihlah helm yang sudah sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI), yang telah memenuhi persyaratan ketat untuk memberikan perlindungan kepala yang maksimal dalam kecelakaan.

Pada umumnya, helm terbuat dari bahan khusus yang keras seperti kevlar, logam, plastik, atau serat resin. Bahan-bahan ini digunakan untuk memastikan helm tetap kokoh saat terkena benturan atau guncangan.

Hal yang perlu diperhatikan oleh pengendara sepeda motor adalah bagaimana memilih ukuran helm yang sesuai dengan ukuran kepala masing-masing. Tidak jarang orang menggunakan helm yang terlalu besar atau terlalu kecil karena salah memilih ukuran helm.

Terutama ketika membeli helm secara online, penting untuk mengetahui dengan pasti ukuran helm yang sesuai untuk kepala sendiri. Karena ketika membeli secara online, kita tidak dapat mencoba helm tersebut terlebih dahulu.

Rekomendasi  Cara Melacak Nomor HP Tanpa Aplikasi Tambahan

Kami akan memberikan tips atau panduan dalam memilih ukuran helm yang pas agar tidak terlalu longgar atau terlalu sempit saat digunakan. Silakan simak penjelasannya di bawah ini.

Tips atau Cara Memilih Ukuran Helm yang Pas

Hingga sampai saat ini, masih ada saja pengendara motor yang abai tidak peduli dengan kualitas beserta ukuran helm yang digunakan. Dilansir dari Motor Sport, simak cara memilih ukuran helm supaya bisa berkendara denga aman.

1. Diukur dengan Tali

Cara pertama memilih ukuran helm yang pas adalah dengan mengukur lingkar kepala dengan tali ukur lalu mencatatnya. Bagaimana caranya? Caranya pun sangat mudah, cukup ambil tali ukur dan ukur bagian kepala di atas telinga atau alis agar mendapatkan hasil yang akurat.

Jika merasa kesulitan dalam mengukurnya, bisa meminta bantuan orang terdekat disekitar untuk mengukur bagian kepala.

2. Cek Langsung Saat Membeli

Alternatif lain untuk cara memilih ukuran helm lainnya adalah bisa langsung membeli helm langsung ke toko. Pilih dan pakai helm yang sekiranya sesuai atau pas dengan kepala.

Jika di saat memakai helm tersebut bisa menoleh ke kiri dan kanan, atas dan bawah ikut bergerak, maka helm tersebut kebesaran. Begitu pula saat menggunakan helm yang jika dipakai terasa sempat atau sempit, hingga membuat merasa pusing meski baru dipakai. Itu artinya ukuran helm kekecilan.

Rekomendasi  MDC Marketing Apk Penghasil Uang 2023, Dijamin Legit!

Helm dengan ukuran yang pas dan sesuai pastinya akan terasa nyaman saat dipakai. Dan tidak akan bergeser meski banyak bergerak. Pasalnya, jika helm kebesaran atau kesempitan maka tak bisa melindungi kepala dengan baik.

3. Sesuaikan Ukuran Helm dan Lingkar Kepala

Jika ingin atau terpaksa membeli secara online, maka bisa mengacu kepada ukuran helm yang telah disesuaikan dengan lingkar kepala. Untuk mengetahui ukuran helmnya, simak daftar ukuran helm di bawah ini:

  • Xtra small (XS) dengan lingkar kepala 53-54 cm
  • Small (S) dengan lingkar kepala 55-56 cm
  • Medium (M) dengan lingkar kepala 57-58 cm
  • Large (L) dengan lingkar kepala 59-60 cm
  • Xtra large (XL) dengan lingkar kepala 61-62 cm
  • 2 Xtra large (2XL) dengan lingkar kepala 63-64 cm
  • 3 Xtra large (3XL) dengan lingkar kepala 65-66 cm
  • 4 Xtra large (4XL) dengan lingkar kepala 67-68 cm
  • 5 Xtra large (5XL) dengan lingkar kepala 69-70 cm

Itulah ketiga tutorial dari kami untuk memilih ukuran helm yang tepat untuk wanita dan pria. Salanjutnya kita akan membahas mengenai jenis-jenis helm yang ada saat ini, dan mari kita langsung masuk saja kepembahasannya.

Jenis Helm Sepeda Motor yang Harus Kamu Ketahui

Selain ukuran helm, pengendara sepeda motor juga harus mengetahui jenis-jenis helm motor. Hal ini diperlukan sebagai pertimbangan sebelum membeli helm, agar sesuai dengan kebutuhan.

Terdapat lima (5) jenis helm untuk motor. Berikut adalah jenis helm motor yang kerap digunakan oleh pengendara:

1. Helm Motor Off-road atau Cross Helmet

Helm ini biasa digunakan oleh pengendara sepeda motor trail atau cross. Disarankan untuk memilih helm ini karena bentuk helmnya didesain khusus untuk melindungi area kepala dan wajah.

Rekomendasi  Cara Membuat Rambut Lurus Alami & Permanen Tanpa Smoothing

Helm ini cenderung lebih keras dari helm biasa, karena menyesuaikan dengan area jalanan yang digunakan saat off road yang tanah licin hingga bebatuan tajam.

2. Helm Cetok atau Shorty Helmet

Helm ini direkomendasikan untuk pengendara naked bike klasik atau skuter. Desainnya memang tak melindungi kepala dengan maksimal lantaran bentuknya yang mirip tempurung. Helm ini kurang cocok untuk sport touring, sport bike, atau motor matic.

3. Helm Half Face

Helm ini direkomendasikan untuk pengendara matic karena telah dilengkapi dengan kaca penutup wajah hingga ke bagian mulut. Helm ini paling banyak digunakan oleh pengendara sepeda motor. Pastikan memilih helm dengan kualitas standar nasional, ya.

4. Helm Open Face

Helm ini tak memiliki pelindung di bagian wajah, melainkan hanya menutup sampai area mata, yakni dilengkapi kacamata. Helm ini cukup sering digunakan oleh pengendara motor klasik, karena corak dan warnanya lebih playful.

5. Helm Full Face

Jika sering mengendarai motor sport disarankan untuk menggunakan jenis helm ini. Lantaran dinilai paling aman karena desainnya yang menutup seluruh wajah hingga dagu. Dan telah dilengkapi dengan kaca penutup di area mata.

Demikian penjelasan mengenai cara memilih ukuran helm dan jenis-jenis helm. Semoga mudah dimengeti.