Cara Memperkenalkan Diri Dalam Bahasa Inggris Self Introduction

Self introduction merupakan suatu aktivitas yang memperkenalkan diri sendiri kepada publik dalam Bahasa Inggris. Hal ini menjadi salah satu materi yang wajib untuk dipahami ketika kamu sedang belajar Bahasa Inggris. Maka dari itu, kamu perlu menguasai cara memperkenalkan diri dalam Bahasa Inggris.

Pada dasarnya perkenalan Bahasa Inggris cukup sering dilakukan dalam kehidupan sehari-hari, baik pada lingkungan kerja, pendidikan, dan lain sebagainya. Pada ulasan berikut akan dibahas mengenai tips dan cara untuk memperkenalkan diri dalam Bahasa Inggris.

Hal yang Harus Diperhatikan

Ketika memulai untuk memperkenalkan diri kepada publik seringkali timbul rasa canggung sehingga membuat proses perkenalan menjadi tidak lancar. Oleh karena itu dibutuhkan beberapa hal dalam perkenalan diri yang harus diperhatikan, yakni:

1. Mempersiapkan Diri

Cara memperkenalkan diri dalam Bahasa Inggris yang pertama adalah mempersiapkan diri. Dalam persiapan diri ini meliputi penampilan dan menyusun hal-hal apa saja yang ingin disampaikan. 

Menurut Lingoneo yang merupakan organisasi bahasa di Jerman, terdapat 3 hal yang harus disampaikan saat berkenalan dengan Bahasa Inggris. Dimana 3 hal tersebut meliputi beginning an introduction, ending an introduction, dan furthering a conversation.

Sesuai dengan namanya, beginning adalah kalimat yang membuka ketika perkenalan. Biasanya pembuka akan berupa kalimat sapaan dengan disertai menyebutkan nama. Kemudian furthering adalah kalimat lanjutan yang menunjukkan beberapa informasi dari diri.

Informasi atau pertanyaan mengenai diri sendiri tersebut meliputi pekerjaan, umur, hobi, dan lain-lain. Kemudian untuk ending adalah kalimat yang menutup atau mengakhiri pembicaraan. Contoh untuk mengakhiri adalah seperti “Have a good day” atau “Nice to meet you”.

2. Jelas ketika berbicara

Cara memperkenalkan diri yang selanjutnya yaitu harus berbicara dengan jelas. Biasanya beberapa orang ada yang berbicara namun suaranya sangat pelan. Hal tersebut tentu akan membuat lawan bicara sulit memahami apa yang disampaikan pembicara.

Dalam hal ini kamu dapat latihan berbicara di depan orang terdekat untuk menilai atau berlatih di ddepan cermin. 

3. Kontak mata

Melakukan kontak mata merupakan salah satu hal yang penting untuk diperhatikan. Dengan adanya kontak mata maka audiens tidak akan merasa terabaikan. Selain itu, kontak mata dengan audiens juga membuat mereka tertarik pada penampilan yang kamu bawakan.

4. Sopan

Kesopanan merupakan kunci yang paling penting dalam berkomunikasi dengan publik. Untuk menunjukkan sifat yang sopan kamu dapat memperkenalkan diri sambil berdiri, tidak berkata kasar, dan gunakanlah ragam bahasa yang disesuaikan dengan audiens.

Dengan demikian audien dapat menghargai penampilan seseorang ketika memperkenalkan diri. Perkenalan diri yang dilakukan secara sopan mampu membangun first impression yang baik terhadap seseorang.

5. Ramah

Sama seperti kesopanan, bersikap ramah saat melakukan perkenalan dapat membangun first impression yang baik. Dalam hal ini kamu dapat memperkenalkan diri dengan sambil tersenyum kepada seluruh audiens.

6. Gestur Tubuh

Hal yang harus diperhatikan selanjutnya adalah gestur atau gerakan tubuh. Meskipun terlihat sepele, namun gestur cukup mempengaruhi dalam menarik perhatian audiens.

Informasi Yang Biasa Disampaikan Saat Memperkenalkan Diri

Ketika kamu berkenalan dengan menggunakan Bahasa Inggris, terdapat beberapa informasi yang harus kamu sampaikan. Berikut beberapa penjelasan mengenai informasi yang harus disampaikan ketika berkenalan:

1. Nama

Nama merupakan informasi yang paling penting ketika memperkenalkan diri kepada publik. Name atau nama menjadi informasi pertama yang harus disampaikan. Biasanya nama yang disampaikan dapat berupa nama lengkap atau cukup nama panggilan saja.

Cara memperkenalkan diri dalam Bahasa Inggris untuk memberikan informasi nama dapat menggunakan berbagai macam expressions berikut:

Aku adalah… (I am…)

Namaku adalah… (Namaku adalah…)

Nama lengkap saya adalah… (My full name is…)

Jika dalam memperkenalkan diri kamu hanya ingin menggunakan nama panggilan, maka dapat menggunakan expressions berikut:

Nama panggilan saya adalah… (My nickname is…)

Orang-orang biasanya memanggil saya… (People usually call me…)

Anda dapat memanggil saya … (You can call me…)

Adapun expressions yang digunakan untuk menunjukkan nama belakang ketika melakukan perkenalan dalam Bahasa Inggris, yakni:

My last name is …

My surename is …

2. Alamat

Informasi penting kedua yang harus disampaikan ketika melakukan perkenalan diri dalam Bahasa Inggris adalah alamat atau address. Istilah yang biasa digunakan untuk menyampaikan alamat adalah stay dan live.

Kedua istilah tersebut cukup banyak digunakan namun mempunyai perbedaan dalam penggunaannya. Berikut ini penjelasan mengenai perbedaan stay dan live:

Live

Istilah live digunakan untuk menunjukkan alamat yang tetap atau rumah yang ditinggali untuk saat ini. Contoh untuk menggunalan istilah live ialah “I live in Bali”

Stay

Berkebalikan dengan live, stay menunjukkan alamat yang tidak menetap atau tempat tinggal sementara. Contoh penggunaannya ialah “I stay in Srikandi Hotel”

Selain dua istilah tersebut, ketika kamu memperkenalkan diri dalam Bahasa Inggris terdapat beberapa preposisi yang digunakan. Dimana untuk ketiga preposisi tersebut mempunyai fungsi yang berbeda-beda. Berikut penjelasan mengenai preposisi dalam perkenalan:

In

Preposisi yang pertama adalah “in” yang mempunyai fungsi untuk menunjukkan nama daerah. Dimana nama daerah yang dimaksud adalah seperti provinsi atau kota. Contoh penggunaannya ialah “I live in Jawa Tengah”

On

On merupakan preposisi yang digunakan untuk menunjukkan nama daerah ketika berkenalan dengan disertai nama jalannya. Contoh penggunaannya ialah “I live on Jalan Tentara Palagan, Yogyakarta”

At

Preposisi yang terakhir adalah “At” yang mempunyai fungsi untuk menyatakan nama daerah, jalan, dan nomor tempat tinggal. Contoh penggunaannya ialah “I live at Jalan Tentara Palagan, No. 13, Yogyakarta.

Selain expressions yang telah dijelaskan, ada beberapa expression lainnya yang dapat kamu gunakan agar lebih bervariasi:

I come from…

My address is …

Currently I live in …

3. Sekolah

Informasi yang dapat kamu sampaikan selain nama dan alamat adalah asal sekolah (school) jika kamu masih menempuh pendidikan. Berikut ungkapan yang dapat kamu gunakan untuk menginformasikan asal sekolah:

Saya adalah siswa dari … (I am a student of …)

4. Favorit

Selanjutnya kamu juga dapat menyampaikan hal yang kamu suka ketika melakukan perkenalan dalam Bahasa Inggris. Favorit yang dimaksud disini sangat bermacam-macam, seperti minuman, makanan, hobi, hewan peliharaan, warna, dan lain sebagainya.

Expressions yang dapat kamu gunakan untuk menyampaikan kesukaan diantaranya ialah:

Hobi saya adalah … (My hobby is …)

Saya suka … (I enjoy …)

Saya suka … (I love/like …)

Kemudian untuk menyampaikan kesukaan mengenai minuman, makanan, dan warna kamu dapat menggunakan beberapa ungkapan berikut:

Makanan kesukaan saya adalah … (My favorite food is …)

Minuman kesukaan saya adalah … (My favorite drink is …)

Warna kesukaan saya adalah …(My favorite color is …)

Apabila hal-hal yang menjadi kesukaan kamu lebih dari satu atau banyak, maka harus diberi tambahan “s” pada bagian akhir objek. Selain itu, kata “is”diganti menjadi kata “are”

Cara Memperkenalkan Diri Dalam Bahasa Inggris

Memperkenalkan Diri Bahasa InggrisBerikut langkah-langkah untuk memperkenalkan diri dalam Bahasa Inggris dengan baik dan tepat:

1. Memberikan Sapaan

Cara memperkenalkan diri dalam Bahasa Inggris yang pertama adalah memberikan sapaan serta salam. Hal ini sangat penting untuk mengawali dalam perkenalan diri ke publik. Pada umumnya salah sering disebut dengan istilah greeting.

Tujuan greeting dalam suatu perkenalan akan supaya audiens memberikan perhatian mereka pada kamu. Berikut beberapa ungkapan greeting yang dapat kamu gunakan untuk melakukan perkenalan:

Hello

Hi

Hi everybody

Hi everyone

Good afternoon

Good morning

2. Menyampaikan Tujuan

Setelah memberikan salam dan sapaan, maka langkah yang kedua adalah menyampaikan maksud kamu. Dengan demikian audiens akan paham mengenai apa yang akan kamu lakukan. Berikut beberapa contoh ungkapan untuk menyampaikan maksud dalam perkenalan diri:

I would like to introduce myself

Let me introduce myself

I’d like to introduce myself

3. Memberikan Informasi Mengenai Identitas

Jika sudah menyampaikan tujuan kepada audiens, maka selanjutnya kamu dapat memberikan informasi mengenai identitas. Dimana untuk informasi apa saja yang dapat disampaikan dalam perkenalan telah dibahas sebelumnya.

4. Penutupan

Langkah terakhir ketika memperkenalkan diri dalam Bahasa Inggris adalah penutupan dengan mengucapkan terima kasih. Berikut beberapa contoh kalimat untuk menutup perkenalan dalam Bahasa Inggris:

Nice to meet you

That;s all from me

Glad to see you

Thak you for your attention

Pleased to meet you

Contoh Perkenalan Diri Dalam Bahasa Inggris

Setelah mempelajari cara memperkenalkan diri dalam Bahasa Inggris sebaiknya kamu juga akan membutuhkan contoh. Berikut contoh kalimat untuk memperkenalkan diri dalam Bahasa Inggris yang dapat kamu jadikan sebagai referensi:

“Hi everyone. Let me introduce myself. My name is Ross Melema. I was born in Yogyakarta on January 10th 2002, but now I live I Purwokerto, JawaTengah.

I am the youngest child of five. I have twin brothers, Ilham and Irham, who are still in university. My father works for a driver and my mother works in a boutique.

Badminton is one of my hobbies. I have played badminton since 7th grade. That’s all form me. Nice to meet you!”

Terjemahan:

“Hi, semuanya. Izinkan aku untuk memperkenalkan diri. Nama aku Ross Melema. Aku lahir di Yogyakarta pada tanggal 10 Januari 2002, namun saat ini saya tinggal di Purwokerto, Jawa Tengah.

Aku adalah anak terakhir dari lima bersaudara. Saya mempunyai dua kakak laki-laki kembar, Ilham dan Irham, yang masih menempuh kuliah. Bapak aku bekerja sebagai sopir dan Ibu aku bekerja di butik.

Badminton merupakan salah salah satu hobiku. Aku sudah bermain badminton sejak kelas 7 SMP.

Sekian dari saya. Senang bertemu dengan kamu.”

Pada dasarnya terdapat beberapa cara memperkenalkan diri dalam Bahasa Inggris. Akan tetapi, terdapat beberapa hal yang harus kamu ketahui dan latih untuk dapat melakukan perkenalan dengan lancar. Kesopanan, keramahan, dan gestur menjadi hal yang cukup penting dan mempengaruhi perhatian audiens.


Rekomendasi

DMCA Protected