Cara Mengetahu Typo Atau Salah Ketik di Word

Tahukah Anda cara memeriksa kesalahan ketik atau typo di Word? Jika belum, Anda datang ke tempat yang tepat. Karena kami telah menyiapkan tutorial lengkap. Apalagi jika Anda sering salah ketik saat menggunakan software pengolah kata seperti Word atau Ms. Word dan sejenisnya.

Seperti yang anda ketahui, Microsoft Word merupakan salah satu software yang mampu mengolah kata. Demi kenyamanan penggunanya, aplikasi ini juga memberikan berbagai fitur menarik kepada penggunanya.

Namun, sebagian besar pengguna sering kali melakukan kesalahan ejaan atau disebut kesalahan ketik alias typo. Beberapa kesalahan ketik mungkin tidak menjadi masalah besar, namun kesalahan ketik dalam jumlah besar di beberapa dokumen sekaligus tentu bisa sangat bermasalah.

Untungnya, Word sendiri menyediakan beberapa fitur berguna yang dapat Anda manfaatkan. Salah satunya adalah kemampuan memeriksa kesalahan dalam menulis.

Meski demikian, masih banyak pengguna yang belum mengetahui cara pengecekannya. Untuk itu kami telah memberikan beberapa komentar penting mengenai pengecekan kesalahan ketik di bawah ini.

Mengenal Sekilas Tentang Typo

Mengenal Sekilas Tentang Typo
Mengenal Sekilas Tentang Typo

Sebelum kita membahas bagaimana cara pengguna dapat memeriksa kesalahan ketik di Word, kita harus memahami terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan kesalahan ketik. Sebab, banyak orang, terutama masyarakat awam, yang mungkin belum memahami makna dan tujuannya dari typo tersebut.

Kata salah ketik atau typo sendiri adalah salah ketik yang artinya salah ejaan karena salah ketik. Kata ini berasal dari kesalahan ketik pada singkatan.

Namun, sebenarnya, ini juga mengacu pada kesalahan yang disebabkan oleh kerusakan mekanis atau tangan atau jari tergelincir. Namun itu tidak termasuk kesalahan yang disebabkan oleh ketidaktahuan.

Rekomendasi  Efek IG Terbaru 2023 - Menambah Keunikan Di Fotomu

Masalah kesalahan ketik biasanya terjadi ketika seseorang mengetik dengan cepat mengikuti pemikiran yang sama cepatnya. Pada titik ini, Anda mungkin lupa mengetikkan karakter tertentu, menggunakan huruf kapital, atau mengetik dua karakter berturut-turut.

Kesalahan input mandiri paling sering terjadi pada pekerjaan yang melibatkan penggunaan komputer atau laptop. Untuk meminimalisir kesalahan tersebut, sebaiknya selalu berhati-hati dan tetap fokus saat mengetik.

Kesalahan pengetikan sering terjadi saat menggunakan perangkat lunak Microsoft Word. Jika Anda sering melakukan kesalahan ini, Anda akan segera mempelajari cara memeriksa kesalahan ketik di Word.

2 Cara Cek Typo di Word Tanpa Aplikasi 

2 Cara Cek Typo di Word Tanpa Aplikasi 
2 Cara Cek Typo di Word Tanpa Aplikasi 

Tidak dapat disangkal bahwa kebanyakan orang mengalami kesalahan ketik. Apalagi tugasnya menjadi lebih rumit jika dokumen yang sudah jadi berjumlah banyak.

Kini Anda dapat dengan mudah memeriksa sendiri kesalahan ketik di Word tanpa menggunakan aplikasi. Ada beberapa cara pengguna Word dapat memeriksa kesalahan ejaan.

Menggunakan Fitur Spelling dan Grammar

Seperti yang sudah disebutkan, Microsoft Word sendiri sebenarnya menawarkan beberapa fitur yang sangat berguna. Tapi saya yakin tidak banyak orang yang mengetahuinya.

Fitur ini disebut Ejaan dan Tata Bahasa dan dapat digunakan oleh pengguna untuk memeriksa kesalahan ketik. Fungsionalitas bawaan, jadi Anda tidak perlu mengunduh aplikasi tambahan apa pun. Untuk mengaktifkan fitur ini, lihat Cara memeriksa kesalahan ketik di Word di bawah.

  • Pertama, buka file yang ingin Anda periksa ejaannya.
  • Di bagian atas gabungan surat, pilih menu Tinjau.
  • Klik menu Kalibrasi.
  • Pilih Ejaan dan Tata Bahasa.
  • Pengguna kemudian dapat mengklik bagian mantra.

Anda kemudian akan disajikan layar menu edit di mana Anda dapat meninjau setiap kata dalam dokumen Anda. Jika ada kata yang salah, komputer akan langsung menyorotnya dengan warna merah.

Rekomendasi  Sound Of Text WA Suara Google, Anime, Nada Dering Gratis

Menggunakan Autocorrect 

Cara lain untuk memeriksa kesalahan ketik di Word adalah dengan mengaktifkan fitur koreksi otomatis Microsoft Word. Mengaktifkannya sendiri sangatlah mudah. Pengguna dapat:

  • Silahkan buka Microsoft Word 
  • Pilih menu “Customize Quick Access Toolbar”
  • Pilihlah menu More Commands dan klik “Proofing”
  • Tab pada autocorrect option 
  • Pilih replace text as you type
  • Buka kembali aplikasi Word 
  • Klik file yang ingin diedit 
  • Kemudian pilih menu “Options” 
  • Klik pada menu “Proofing” 
  • Langsung tab pada autocorrect options 
  • Tunggu terlebih dahulu hingga kotak dialog autocorrect di dalam setingan bahasa tertentu 
  • Nantinya pengguna dapat menggunakan menu autocorrect berdasarkan bahasa yang diinginkan. 

Download Kamus Bahasa Indonesia 

Download Kamus Bahasa Indonesia
Download Kamus Bahasa Indonesia

Jika Anda ingin dengan mudah memeriksa dokumen bahasa Indonesia Anda jika ada kesalahan ketik di Word, kami menyarankan Anda mengunduh dan menambahkan kamus bahasa Indonesia terlebih dahulu.

Ada alasannya karena pengaturan bahasa Word adalah bahasa Inggris secara default. Ikuti langkah-langkah berikut untuk mengunduh kamus bahasa Indonesia Anda sendiri dengan mudah:

  • Masuk ke dalam menu spelling and grammar pada penjelasan di poin sebelumnya. Nantinya terdapat pilihan bahasa yang terdapat pada menu di bagian bawah Add to Dictionary 
  • Cari dan pilihlah bahasa Indonesia 
  • Tab OK 
  • Nantinya sistem akan langsung meminta pengguna untuk menambahkan bahasa Indonesia 
  • Langsung pilih download untuk memasukkan kamus bahasa Indonesia ke dalam sistem 
  • Aplikasi browser yang digunakan akan langsung membuka halaman untuk mengunduh
  • Jika proses selesai, klik pada file office setup.exe
  • Tab instal untuk melakukan proses instalasi
  • Kembali ke dokumen dan ikuti cara cek typo di Word seperti penjelasan sebelumnya. 

4 Aplikasi untuk Mengecek Typo pada Word

4 Aplikasi untuk Mengecek Typo pada Word
4 Aplikasi untuk Mengecek Typo pada Word

Selain cara mengecek kesalahan ketik di Word tanpa menggunakan aplikasi di atas, ada juga cara yang disarankan yaitu menggunakan aplikasi tambahan. Ada banyak aplikasi yang dapat melakukan pemeriksaan ini.

Rekomendasi  Cara Mengusir Cicak Dari Rumah Dengan Suara Dalam Islam!

Namun, aplikasi pemeriksa ejaan yang direkomendasikan adalah:

Google Docs

Google adalah salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia yang juga menawarkan fitur pengecekan kesalahan ketik yang disebut Google Docs. Untuk menggunakannya, Anda dapat mengaksesnya secara online.

Selain memeriksa kesalahan ketik, Google Docs juga dapat membantu Anda memeriksa tata bahasa suatu dokumen tertentu. Sayangnya, fitur ini hanya mendukung ejaan bahasa Inggris.

Typo Online

Seperti namanya, aplikasi di atas bagus untuk mengecek kesalahan ejaan dan kesalahan ketik. Ini merupakan platform karya anak Indonesia dan sudah berdiri sejak tahun 2021.

KBBI Edisi V

Cara cek kesalahan ketik pada Word selanjutnya adalah dengan menggunakan KBBI Edisi V. Sesuai dengan namanya, ini adalah kamus yang berisi arti seluruh kata bahasa Indonesia. Namun seiring berjalannya waktu, kemampuan pengecekan kesalahan ketik juga telah disediakan.

Check Word

Pilihan aplikasi terakhir yang tersedia adalah Check Word. Keberadaan file ini dapat digunakan untuk memeriksa kesalahan ketik pada Microsoft Word. Karena keberadaannya mendukung Indonesia.

Tips menghindari kesalahan ketik

Tahukah Anda cara memeriksa kesalahan ketik di Word di atas? Selanjutnya, pengguna juga harus memahami tips menghindari kesalahan ketik. Karena kesalahan ini mengganggu sebagian besar dari kita dari waktu ke waktu.

Tips pertama untuk menghindari kesalahan ketik adalah dengan membaca kembali dokumen yang Anda buat. Bila perlu, bacalah beberapa kali dan jangan mulai mencari kata yang salah.

Selanjutnya jangan lupa untuk selalu mengecek kebenaran ejaan dan tata bahasa. Agar lebih mudah dan cepat, gunakan tutorial dan beberapa aplikasi tambahan yang telah disebutkan pada pembahasan sebelumnya.

Ketiga, sebaiknya istirahat yang cukup terlebih dahulu dengan jalan-jalan, membaca buku yang tidak ada hubungannya dengan pekerjaan, atau tidur.

Kesalahan ejaan di Word sering kali menimbulkan masalah bagi sebagian besar pengguna, terutama saat tenggat waktu pekerjaan semakin dekat. Itu sebabnya penting untuk selalu mengetahui cara memeriksa kesalahan ketik di Word.


Rekomendasi

DMCA Protected