Contoh Daftar Isi Makalah Yang Benar & Singkat (File Word)

Apakah kamu sekarang sedang mencari contoh daftar isi yang baik dan benar? Jika memang iya, maka kami akan menyampaikannya ke kamu di bawah ini ya. Memang untuk membuat daftar isi kamu harus menyimak referensi supaya nantinya bisa menciptakan daftar isi yang enak dilihat dan memudahkan pembaca.

Kalau kita ditugaskan untuk membuat makalah gitu, maka nantinya kita juga akan membuat daftar isi ya di dalamnya. Karena memang pembaca jika melihat suatu karya ilmiah pastinya akan melihat daftar isinya dahulu ya. Maka dari itu, daftar isi juga bisa dibilang salah satu hal yang penting untuk dibuat.

Oya, dalam membuat daftar isi nantinya kamu harus menggunakan hal-hal yang benar dan langkah yang tepat ya. Disini skda.co.id akan berikan ke kamu contoh dan juga hal-hal yang penting dalam daftar isi ya. Oleh karenanya kamu jangan sampai lewatkan pembahasannya ini.

Kami akan berikan ke kamu pembahasan yang sangat-sangat penting, apalagi untuk pemula, ya. Kamu harus menyimak sih pembahasannya sampai selesai, jangan sampai kamu lewatkan hal-hal pentingnya ini. Untuk itu, langsung saja kita menyimak pembahasan yang sudah disiapkan di bawah ini.

Pengertian Dan Fungsi Dari Adanya Daftar Isi

 

Sebelum kita masuk ke bagaimana cara membuat daftar isi dan juga contohnya maka kita bisa membahas pengertiannya dahulu, ya. Karena kan memang yang utama itu kalau kamu sudah tahu pengertian dari daftar isinya itu sendiri. Kalau kamu belum mengetahuinya ya bagaimana kamu akan bisa membuatnya kan ya.

Oke deh, kalau begitu kita bisa langsung saja menyimak pembahasannya ya. Daftar isi merupakan salah satu bagian yang ada di dalam karya ilmiah atau karya tulis. Bagian yang satu ini merupakan bagian yang penting di dalam sebuah karya ilmiah atau karya tulis gitu, ya.

Daftar isi ini merupakan bagian yang berbentuk susunan atau penjelasan mengenai letak suatu konten di dalam karya tulis atau karya ilmiah itu sendiri. Jadi, nantinya di dalam daftar isi kamu akan melihat halaman-halaman yang ada di dalamnya. Iya, bagian ini juga akan bisa memudahkan pembaca karya ilmiah supaya bisa mengetahui letak dari konten yang ingin dibaca.

Kenapa daftar isi ini termasuk ke bagian yang penting di dalam suatu karya tulis atau karya ilmiah? Karena ya di dalamnya akan memberikan informasi mengenai halaman-halaman atau letak dari konten yang ingin dibaca. Kamu bisa membayangkannya deh ya, bagaimana jadinya kalau kamu membaca sebuah karya ilmiah namun tidak ada petunjuknya.

Kan biasanya karya ilmiah seperti makalah atau apapun jenisnya itu memiliki ketebelan yang sangat tebal ya. Jadi, akan sangat menyulitkan jika kita harus memperhatikan satu-satu letak dari konten dalam karyanya tersebut. Akan lelah juga ya mencari di banyaknya halaman yang ada.

Maka dari itu, nantinya kamu akan bisa langsung menuliskan daftar isi yang ada di dalam karya tulis kamu. Tidak hanya itu saja, kalau nantinya daftar isi tidak kamu buat, maka susunan makalah atau karya tulis yang kamu buat itu menjadi tidak lengkap kan ya. Sudah paham kan ya? Oke kalau begitu lanjut saja ke fungsi-fungsi dari daftar isi.

Fungsi Daftar Isi Yang Harus Diketahui

Sudah menyimak tentang pengertian tentang daftar isinya ini kan? Kalau begitu, sekarang kamu akan bisa mengetahui tentang fungsinya. Karena memang fungi dari daftar isi ini bisa dibilang banyak lho ya. Kamu tidak bisa asal-asalan saja gitu, dalam membuatnya juga.

Untuk kamu yang memang masih belum tahu apa sih fungsi dari daftar isinya ini, maka kamu harus menyimaknya dengan benar, ya. Supaya kamu bisa mengetahui apa saja fungsi dari daftar isinya ini. Kan kalau kamu sudah mengetahui fungsinya juga jadi lebih enak, ya.

Kamu jadi lebih gimana gitu terhadap daftar isinya ini, bukan kah begitu? Jadi, lebih hati-hati dan ingin membuat daftar isi dengan benar, ya. Oke deh, kalau begitu, kami akan langsung menjabarkan ke kamu fungsi dari daftar isinya ini, ya. Langsung ke perincian yang ada di bawah ini.

Dari dalam daftar isi, nantinya pembaca karya tulis atau karya ilmiah akan lebih mudah untuk memahami topik yang ada di dalamnya. Karena kan memang ya di dalam daftar isi juga memuat isi dari makalahnya.

Dengan melihat daftar isi, nantinya pembaca akan lebih enak dalam membaca makalah atau karya tulis yang kamu buat. Kamu nantinya akan bisa menunjukkan jika kamu sudah membuat makalah dengan struktur yang benar dan juga jelas, ya. Selain itu akan terlebih lebih rapi lho ya.

Memudahkan pembaca dalam melakukan pencarian halaman atau suatu konten tertentu. Karena kan tadi, di daftar isi ya sudah menjelaskan berbagai macam konten dengan halamannya.

Susunan Yang Harus Ada Di Dalam Daftar Isi

 

Kalau kita lihat tadi di atas, fungsi-fungsi yang ada di dalam daftar isi ini lumayan banyak ya. Maka dari itu, kami juga sudah sampaikan ke kamu kalau daftar isi ini merupakan salah satu bagian penting yang ada di dalam karya tulis atau karya ilmiah. Mau tahu kan bagaimana cara membuatnya?

Eits, tetapi sebelum kamu mengetahui bagaimana cara membuat daftar isinya, kamu harus tahu terlebih dahulu susunannya. Iya, di dalam daftar isinya ini juga nanti terdapat susunan yang harus kamu ketahui, ya. Tentunya supaya kamu bisa membuat daftar isi yang lebih baik dan benar, gitu lho.

Untuk membuatnya kamu harus memperhatikan benar-benar tentang daftar isinya ini. Jangan kamu langkah atau kamu acak ya untuk strukturnya ini. Karena kalau kamu acak, nantinya bagaimana dong jadinya. Tidak benar, ya daftar isi yang kamu buat. Oke deh, kalau seperti itu, kami akan sampaikan ke kamu bagian atau susunan Contoh Daftar Isi.

Halaman judul, tuliskan dengan angka romawi.

Kata pengantar, tuliskan dengan angka romawi.

Daftar isi, juga dituliskan dengan angka romawi

Bab I Pendahuluan, ditulis berdasarkan halaman yang ada di dalam karya tulis.

Bab II Pembahasan, ditulis berdasarkan halaman yang ada di dalam karya tulis.

Bab III Penutup, ditulis berdasarkan halaman yang ada di dalam karya tulis.

Daftar Pustaka, dituliskan berdasarkan halaman yang ada di dalam karya tulis.

Itulah ya susunan dari daftar isi yang bisa kamu buat. Nantinya kalau sudah membuat daftar isi, kamu bisa langsung deh melihat isi-isinya dengan mudah. Selain itu, bagian dari makalah atau karya tulis kamu juga menjadi lebih lengkap, ya. Ingin mencoba untuk membuatnya?

Cara Untuk Membuat Daftar Isi Yang Benar Dan Mudah

Sudah tahu kan tentang susunan yang ada di dalam daftar isi, nantinya kamu akan bisa membuat daftar isinya langsung deh ya. Untuk membuat daftar isi kan nantinya kamu akan bisa langsung deh membuatnya di word ya. Dalam membuat daftar isinya nanti kamu bisa secara langsung dan juga secara manual.

Tentunya semua cara-cara yang ada itu bisa kamu lakukan dengan mudah ya. Kamu bisa memilih ingin membuat daftar isinya menggunakan cara yang otomatis atau manual. Untuk itu, kami akan berikan ke kamu cara untuk membuat daftar isi secara otomatis dan juga secara manual, ya.

Membuat Daftar Isi Secara Otomatis Dalam Waktu Singkat

Cara pertama yang akan kami sampaikan ke kamu adalah membuat daftar isi secara otomatis, ya. Nantinya kamu akan bisa membuat daftar isi secara cepat dalam waktu yang tidak lama. Cocok sekali untuk kamu yang memang sedang dikejar deadline lho ya cara membuat daftar isi yang satu ini.

Kalau begitu, kamu bisa langsung saja simak bagaimana cara untuk membuat daftar isi dengan cepat menggunakan cara otomatis gitu. Di bawah ini ada langkah-langkahnya yang akan kami berikan contoh secara rinci. Kamu bisa langsung ikuti saja ya.

Kamu harus membuat Header di setiap bab dan sub bab yang ada di makalah atau karya tulis kamu. Untuk Bab, maka kamu bisa memilih Heading 1 ya. Untuk sub bab kamu bisa memilih Heading 2 dan kalau ada anak sub bab maka kamu pilih yang Heading 3 ya.

Kalau semua sudah kamu atur dengan benar, maka sekarang kamu klik Reference.

Selanjutnya kamu bisa memilih yang Table of Contents atau Automatic Table.

Nanti kamu akan diberikan pilihan bentuk daftar isinya, kamu bisa pilih yang mana saja, ya.

Kalau sudah, kamu akan langsung ditampilkan daftar isi secara otomatisnya.

Selesai.

Membuat Daftar Isi Secara Manual Di Word

Nah, untuk informasi tambahan, kamu juga bisa membuat daftar isi secara manual kan ya. Seperti yang sudah kami sampaikan ke kamu di atas tadi kalau bisa membuat daftar isi baik secara manual maupun otomatis. Di atas kan sudah tahu ya bagaimana cara membuat daftar isi secara otomatis.

Kalau begitu, di bagian yang satu ini kami akan sampaikan ke kamu bagaimana cara untuk membuat daftar isi secara otomatis. Jangan sampai lewatkan langkah-langkah yang satu ini, ya. Langsung saja ya di bawah ini akan ada cara untuk membuat daftar isi secara manual, ya.

Buat terlebih dahulu semua Bab dan Sub Bab yang ada di makalah kamu, ya.

Semua sudah dibuat, kamu bisa klik Home > Paragraph dan kamu bisa memilh yang icon jarum.

Kemudian kamu klik Left di bagian Alignment.

Selanjutnya kamu klik Tabs dan kamu klik OK.

Nantinya kamu bisa langsung isi saja Stop Position dan mengklik 15 dengan memilih lagi Rata Kanan.

Klik lagi angka 2 untuk bagian yang Leader.

Kamu memilih yang Set dan OK.

Setelah itu, kamu bisa klik tab di ujung bagian sub bab untuk memunculkan titik-titik.

Sudah, kamu tinggal isi nomor halaman.

Selesai.

Contoh Daftar Isi Makalah Yang Benar Mudah Dibuat

Untuk kamu yang memang ingin membuat daftar isi namun masih bingung, kami akan sampaikan ke kamu Contoh Daftar Isi yang baik dan benar. Walaupun sudah mengetahui cara membuatnya kan pastinya kamu masih ingin melihat referensinya kan?


Rekomendasi

DMCA Protected