Contoh Norma Agama Yang Perlu Kamu Ketahui

Contoh Norma Agama Yang Perlu Kamu Ketahui
Contoh Norma Agama Yang Perlu Kamu Ketahui

Contoh Norma Agama – Halo sobat skda.co.id apa kabar hari ini ? Tentunya semoga selalu baik ya. Dalam kesempatan ini penulis akan kembali membagikan artikel untuk sobat semua yang kali ini tentang Contoh Norma Agama. Nah jika sobat penasaran apa saja yang akan dibahas dalam artikel ini, langsung saja simak pembahasannya dibawah ini.

Contoh Norma Agama

Pengertian Norma Agama

Norma agama merupakan suatu bentuk aturan atau sebuah  kaidah yang mengatur hubungan antara manusia dengan Tuhan, dengan tujuan supaya bisa mengatur tingkah laku manusia serta Tuhan-Nya ataupun terhadap sesama manusia yang merupakan ajaran dari agama.

Tujuan Norma Agama

Tujuan norma agama ialah menyempurnakan manusia untuk bisa menjadikan manusia yang baik serta dapat menjauhi hal yang dinilai buruk. Norma agama berbeda dengan berbagai norma-norma lainnya. Norma agama ini lebih mengarah ke batin manusia.

Ciri-Ciri Norma Agama

Berikut ini adalah ciri-ciri dari norma agama, diantaranya:

Bersumber dari tuhan.
Bersifat universal serta abadi.
Dilaksanakan akan memperoleh pahala, dan apabila dilanggar akan mendapat dosa.
Bersifat luas serta berlaku untuk seluruh umat manusia.

Fungsi Norma Agama

Berikut ini merupakan berbagai fungsi norma agama, antara lain :

Fungsi Edukatif (Pendidikan). Ajaran agama dengan yuridis (hukum) memiliki fungsi menyuruh serta mengajak serta melarang yang harus dipatuhi supaya pribadi penganutnya akan menjadi lebih baik dan benar serta terbiasa dengan hal baik serta yang benar menurut dari ajaran agama masing-masing.
Fungsi Penyelamat. Dimanapun manusia akan berada, dia selalu menginginkan lingkungan dan dirinya selamat. Keselamatan yang diberikan agama meliputi kehidupan bukan hanya di dunia namun juga di akhirat.
Fungsi Perdamaian. Melalui tuntunan agama dari seorang atau sekelompok orang yang bersalah atau yang berdosa mencapai kedamaian batin serta perdamaian dengan diri sendiri, atau mungkin sesama, semesta dan Allah SWT.
Fungsi Kreatif. Fungsi ini yang menopang serta mendorong fungsi pembaharuan untuk dapat mengajak umat beragama untuk bekerja produktif serta inovatif bukan hanya untuk diri sendiri namun untuk orang lain.
Fungsi Sublimatif (bersifat perubahan emosi). Ajaran agama yang mensucikan segala bentuk usaha manusia, bukan saja yang memiliki sifat agamawi, melainkan juga yang memiliki sifat duniawi.
Fungsi Kontrol Sosial. Ajaran agama yang membentuk penganutnya semakin peka terhadap berbagai masalah-masalah sosial seperti, dalam kemaksiatan, kemiskinan, keadilan, kesejahteraan serta kemanusiaan.
Fungsi Pemupuk Rasa Solidaritas. Jika fungsi ini yang dibangun secara serius serta tulus, maka tali persaudaraan yang kokoh akan berdiri tegak dan menjadi pilar “ (kehidupan masyarakat) yang sangat memukau.
Fungsi Pembaharuan. Ajaran agama bisa mengubah kehidupan pribadi seseorang atau kelompok untuk menjadi kehidupan yang baru. Dengan fungsi ini yang seharusnya agama akan terus-menerus menjadi agen dalam perubahan basis-basis nilai serta moral untuk kehidupan bermasyarakat, berbangsa serta bernegara.

Rekomendasi  Hukum Aqiqah Anak Perempuan, Satu atau Dua Ekor Kambing?

Sumber Norma Agama

Sumber dari norma ini berasal dari tuhan berdasarkan kepercayaan masing masing.

Contoh Norma Agama

Berikut ini terdapat berbagai contoh norma agama, yang terdiri atas :

Mencuri

Semua agama yang ada di dunia ini akan melarang perbuatan pencurian, yang artinya mengambil sesuatu yang bukan hak kita tanpa izin atau secara paksa.

Berzina

Berzina adalah ketika 2 manusia melakukan hubungan intim dengan orang yang bukan mahrom atau bukan pasangan secara hukum negara serta agama. Berzina dilarang bagi semua agama, karena perbuatan ini memberikan berbagai dampak negatif. Dampak negatifnya, sebagai berikut :

Menyebarnya penyakit yang bisa menular
Tidak diketahuinya asal keturannya
moralitas darimasyarakat, dan lain-lain.

Tidak Melaksanakan Ibadah wajib

Seperti sholat lima waktu untuk penganut agama islam dan sembayang bagi penganut agama lain.

Konsumsi Minuman Keras atau Alkohol

Minuman zat alkohol banyak bahaya berupa zat-zat beracun yang menjadi kandungannya. Dapat merusak otak pengguna jika dikonsumsi rutin dan terus menerus.

Melakukan Perjudian

Hal ini juga dilarang karena merupakan hal yang tidak terpuji dan menyimpang dari ketentuan menghasilkan nafkah halal.

Tidak Menghormati Orangtua

Setiap agama yang memerintahkan umatnya untuk saling menghormati orang tua, terutama orangtua kita dan semua orang tua disekeliling kita.

Memfitnah

Memfitnah adalah menyebarkan keburukan orang lain atau berita yang tidak benar benar terjadi. Dilarang, karena memfitnah bisa menghancurkan nama baik dan merusak hubungan baik.

Membunuh

Dalam norma-norma hukum, perbuatan pembunuhan ini mempunyai undang-undang yang jelas serta sanksi fisik serta denda sebagai hukuman dari pelanggaran.

Berbuat Jahat Terhadap sesama Manusia

Ada banyak jenis atau kategori berbuat jahat. dari mulai jenis secara fisik, verbal, maupun jahat yang menyerang psikologis yang dapat membuat orang lain merasa tidak nyaman. Misalnya untuk pemukulan yang menyakiti hati orang lain dengan berbagai perkataan dengan menekan orang lain secara psikologis atau dengan mengancam serta lain-lain.

Rekomendasi  Doa Bangun Tidur

Sanksi Norma Agama

Jika di dunia, sanksi yang  tentu akan diterima pelanggar antara lain :

Perasaan akan menjadi was-was
Dihantui oleh rasa bersalah
Hidup menjadi tidak akan tenang
Mendapatkan dosa
Dijauhi serta dikucilkan oleh lingkungan dan masyarakat
Tidak dipercaya lagi oleh orang lain
Pikiran akan menjadi kacau, dan lain sebagainya

Berbeda jika dengan urusan di akhirat nanti, karena hukuman yang akan diterima palanggar adalah setimpal dengan apa yang mereka dilakukan di dunia.

Demikianlah artikel dengan uraian mengenai tentang Contoh Norma Agama. Dengan penulis membagikan artikel ini berharap dapat membantu sobat dalam memahami materi mengenai norma agama ini.


Rekomendasi

DMCA Protected