Doa Naik Kendaraan Darat, Laut dan Udara dan Artinya

Doa Naik Kendaraan Darat, Laut dan Udara dan Artinya
Doa Naik Kendaraan Darat, Laut dan Udara dan Artinya

Doa Naik Kendaraan – Dizaman saat ini sudah sulit ditemui seseorang yang bepergian dengan berjalan kaki, karena alat tranportasi kendaraan sudah menjamur tinggal pilih sesuai dengan kebutuhan.

Ketika didarat ada transportasi kendaraan darat, dilaut juga ada, bahkan udara juga saat ini sudah tersedia dengan beragam pilihan.

Akan tetapi bagi ummat muslim jangan lupa berdoa ketika akan melakukan perjalanan dengan menggunakan kendaraan.

Tentunya dengan berharap keselamatan dalam perjalanan tersebut, karena sebagai manusia tidak mengetahui keadaan yang akan datang kecuali yang Allah SWT beritahu.

Maka dari itu dalam artikel skda.co.id ini akan merangkum beragam doa naik kendaraan sesuai dengan kondisi tranportasi yang naikinya.

Macam-Macam Doa Naik Kendaraan Sesuai Sunnah

Pada dasarnya secara umum doa naik kendaraan yang sering dibaca oleh seorang muslim adalah seperti dibawah ini :

Doa naik kendaraan arab :

سُبْحَانَ الَّذِى سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ

Akan tetapi karena jenis kendaraan banyak macamnya ada yang didarat, ada kendaraan laut ada juga kendaraan udara. Tentu hal ini menjadi perbedaan dalam doa sesuai dengan kondisi kendaraan yang dipakai.

Simak dibawah ini macam-macam doa naik kendaraan yang dirangkum oleh penulis dalam artikel skda.co.id.

Doa Naik Kendaraan Darat atau Mobil (Motor)

Adap ketika akan menaiki kendaraan yang berada didarat seperti mobil, motor, kereta dan lain sebagainya maka dianjurkan untuk berdoa.

Adapun doa naik kendaraan darat Mobil, Motor, Kereta Dan Lainnya adalah seperti dibawah ini :

الحَمْدُ للهِ/سُبْحَانَ الَّذِى سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُونَ

Alhamdulillahilladzi/subhanalladzi sakhkhara lana hadza wa ma kunna lahu muqrinina, wa inna ila rabbina lamunqalibuna.

Artinya :

“Segala puji bagi Allah/Mahasuci Tuhan yang telah menundukkan semua ini bagi kami. Padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya. Sungguh, kami akan kembali kepada Tuhan kami.”

Cara membacanya yakni sebelum kendaraan tersebut berjalan dan berharap akan keselamatan dari Allah SWT.

Doa Naik Kendaraan Laut atau Kapal

Ketika akan melakukan perjalanan dengan transportasi kendaraan laut seperti naik kapal laut dan sejenisnya. Maka dianjurkan untuk berdoa dengan harapan Allah SWT berikan keselamatan sampai tujuan.

Adapun doa naik kendaraan laut adalah seperti berikut ini :

بِسْمِ اللهِ مَجْرَاهَا وَمُرْسَاهَا إِنَّ رَبِّيْ لَغَفُوْرٌ رَحِيْمٌ

Bismillahi majreha wa mursaha, inna rabbi la ghafurur rahim.

Artinya :

“Dengan (menyebut) nama Allah pada waktu berlayar dan berlabuhnya. Sesungguhnya Tuhanku Maha Pengampun, Maha Penyayang.

Doa tersebut diatas cukup simpel dan pendek sehingga mudah dihafalkan, akan tetapi memiliki makna yang sangat luar biasa ketika membacanya.

Jika ingin memakai do’a naik kendaraan laut yang panjang maka bisa diperhatikan dalam Al-Qur’an Surat Az-Zumar Ayat 67. Yakni kelanjutan dari do’a naik kendaraan laut yang telah ditulis diatas.

Akan tetapi jika ingin yang mudah dan simpel cukup baca saja doa yang pendek namun tulus hanya mengharap pertolongan dari Allah SWT.

Doa Naik Kendaraan Udara atau Pesawat

Musibah adalah rahasia Allah akan tetapi umumnya manusia tidak ingin mengalami musibah yang sekiranya memiliki beban berat.

Seperti halnya kabar kecelakaan pesawat yang terbang diudara semuanya hanya Allah SWT yang mengetahui dan manusia tidak mengetahuinya kecuali yang Allah beri tahu.

Ada baiknya sebelum menaiki kendaraan udara atau pesawat berdoa dulu kepada Allah SWT memohon pertolongan agar selamat dalam perjalanan.

Adapun doa naik kendaraan udara / pesawat adalah seperti dibawah ini :

للهُ أَكْبَر، اللهُ أكْبر، الله أكْبَر، سُبْحَانَ الَّذِي سَخَّرَ لَنَا هَذَا، وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ، وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُونَ، اللهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ فِي سَفَرِنَا هَذَا الْبِرَّ وَالتَّقْوَى، وَمِنَ الْعَمَلِ مَا تَرْضَى، اللهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا سَفَرَنَا هَذَا، وَاطْوِ عَنَّا بُعْدَهُ، اللهُمَّ أَنْتَ الصَّاحِبُ فِي السَّفَرِ، وَالْخَلِيفَةُ فِي الْأَهْلِ، اللهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ وَعْثَاءِ السَّفَرِ، وَكَآبَةِ الْمَنْظَرِ، وَسُوءِ الْمُنْقَلَبِ فِي الْمَالِ وَالْأَهْلِ

Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar, Subhanalladzi sakkhoro lana hadza wa maa kunnaa lahu muqrinin, wa innaa ilaa robbinaa lamunqolibun, allahumma inna nas’aluka fii safarinaa hadzal birro wat taqwa wa minal ‘amal maa tardho, allahumma hawwin ‘alaina safarona hadza wa athwi ‘annaa bu’dahu, allahumma antas shohibu fis safari wal kholifatu fil ahli, allahumma inni a’udzubika min wa’tsaais safari wa kaabatil mandzhori wa suuil munqolibi fil maali wal ahli.

Artinya :

“Allah Mahabesar, Allah Mahabesar, Allah Maha besar. Mahasuci Allah yang telah menundukkan (pesawat) ini bagi kami, padahal sebelumnya kami tidak mampu menguasainya, dan sesungguhnya kepada Allah lah kami kembali. Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kebaikan dan takwa dalam perjalanan ini, kami mohon perbuatan yang Engkau ridai.

Doa Naik Kendaraan Untuk Anak TK

Bagi seorang guru pendidikan TK atau orang tua yang memiliki anak masih TK boleh juga mengajarkan kepada anak tersebut do’a naik kendaraan yang cukup simpel dan mudah dihafal.

Adapun doa naik kendaraan untuk anak Tk adalah seperti berikut ini :

اَللّٰهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا سَفَرَنَا هَذَا وَاطْوِعَنَّابُعْدَهُ اَللّٰهُمَّ اَنْتَ الصَّاحِبُ فِى السَّفَرِوَالْخَلِيْفَةُفِى الْاَهْلِ

Allohumma hawwin ‘alainaa safaranaa hadzaa waatwi ‘annaa bu’dahu. Allohumma antashookhibu fiissafari walkholiifatu fiil ahli.

Artinya:

“ Ya Allah, mudahkanlah kami berpergian ini, dan dekatkanlah kejauhannya. Ya Allah yang menemani dalam berpergian, dan Engkau pula yang melindungi keluarga.”

Penutup

Demikianlah ringkasan dari beberapa doa naik kendaraan darat, laut dan udara yang penulis sampaikan didalm artikel skda.co.id.

Semoga beragam do’a naik kendaraan ini dapat bermanfaat dan dapat diamalkan bagi ummat muslim yang sedang atau akan bepergian. Wallahu A’lam.


Rekomendasi

DMCA Protected