Doa Sholat Taubat Tulisan Arab, Latin dan Artinya Lengkap

Doa Sholat Taubat – Kehidupan manusia tidak bisa luput dari kesalahan dan dosa, baik kepada sesama manusia terlebih kepada Allah SWT.

Namun meskipun demikian Allah SWT tetap memberikan kebaikan dan kasih sayang kepada manusia, sehingganya terkadang manusia sendiri tidak sadar ketika melakukan dosa.

Dengan kasih dan sayangnya Allah SWT kepada hambanya DIA memiliki sifat pengampun. Yakni selalu membuka pintu maaf dan ampunan kepada semua hambanya yang bertaubat dari dosa yang telah diperbuat.

Beragam Doa Sholat Taubat Yang Diajarkan Rosulullah SAW

Salah satu cara untuk mengutarakan taubatnya seorang hamba kepada Allah SWT yaitu dengan berdoa ketika sholat taubat memohon ampunan.

Jangan sampai khawatir taubatnya tidak diterima, sebesar apapun dosa yang dimiliki oleh seorang hamba, jika ia bersungguh-sungguh dalam bertaubat insya Allah akan diampuni.

Sebagaimana Rosululullah SAW bersabda :

Artinya :

“Sesungguhnya Allah SWT akan menerima taubat seorang hamba selama nafasnya belum sampai di tenggorokan (sakratul maut)

Dari hadis tersebut diatas suah jelas bahwa Allah SWT terus menerima taubat seorang hamba sampai sebelum mati.

Berikut dibawah ini beragam doa sholat taubat yang diajarkan nabi kepada ummatnya, sehingga sangat tepat jika diamalkan.

Doa Sholat Taubat Nasuha

Bagi seorang muslim yang ingin bertaubat dengan sesungguhnya kemudian melaksanakan sholat taubat.

Kemudian didalam hati berniat untuk taubat nasuha dalam artian tidak akan mengulangi kembali dosa yang sebelumnya diperbuat.

Maka doa sholat taubat nasuha yang dibaca adalah seperti dibawah ini :

Rekomendasi  Doa Naik Pesawat Terbang Bahasa Arab, Latin & Artinya

أَسْتَغْفِرُ اللَّهَ الْعَظِيمَ الَّذِي لَاإِلَهَ إِلاهُوَالْحَي الْقَيُّو مَ وَأَتُوبُ إ ِلَيْه

Astaghfirullahal ‘adziim Alladzii laa ilaaha illahuwal hayyul qoyyuum wa atuubu ilaiih.

Artinya :

“Aku meminta pengampunan kepada Allah yang tidak ada Tuhan selain Dia Yang Maha Hidup dan Berdiri Sendiri dan aku bertaubat kepada-Nya.”

Doa Sholat Taubat Arab, Latin Dan Artinya

Tidak semua orang yang taubat mengerti bacaan arab dalam artian belum diberi kemudahan oleh Allah SWT untuk membaca teks arab.

Sehingga penulis mempunyai inisiatif merangkum bacaan doa sholat taubat dengan versi arab, latin dan artinya.

Adapun bacaan Doa Sholat Taubat Arab, Latin Dan Artinya adalah seperti dibawah ini :

اَللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّيْ لَا إِلَه َ إِلَّا أَنتَ خَلَقْتَنِيْ وَأَنَا عَبْدُكَ وَ أَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَو َعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ. أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرّ ِ مَا صَنَعْتُ. أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَي َّ. وَأَبُوْ ءُ بِذَنْبِي ْ. فَاغْفِرْ لِيْ فَإِنّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلَّا أَنْتَ

Allahumma anta robbi laa ilaaha illaa anta, kholaqtanii wa ana abduka wa ana ‘ala ‘ahdika wa wa’dika mastatho’tu. A ‘udzu bika min syarri maa shona’tu abuu u laka bini’matika ‘alayya wa abuu u bidzanbii, faghfirlii fainnahuu laa yaghfirudz dzunuuba illa anta.

Artinya :

“Ya Allah Engkau adalah Tuhanku. Tidak ada sesembahan yang hak kecuali Engkau. Engkau yang menciptakanku, sedang aku adalah hamba-Mu dan aku di atas ikatan janjimu dan akan menjalankannya dengan semampuku. Aku berlindung kepada-Mu dari segala kejahatan yang telah aku perbuat, aku mengakuimu atas nikmatmu terhadap diriku dan aku mengakui dosaku pada-Mu, maka ampunilah aku. Sesungguhnya tiada yang mengampuni segala dosa kecuali Engkau.”

Doa Sholat Taubat Nasuha Zina Arab

Zina merupakan dosa besar sehingga hukumannya juga berat yakni di rajam dan dilempari batu kemudian diasingkan ditempat yang jauh dari kampung tersebut.

Rekomendasi  Doa Setelah Sholat Fardhu Singkat, Lengkap dan Latinnya

Akan tetapi lebih mudah dan ringannya adalah dengan cara melakukan taubatan nasuha yakni sholat taubat yang kemudian dilanjutkan dengan berdoa memohon ampunan.

Adapun doa sholat taubat nasuha zina arab adalah seperti dibawah ini :

اللَّهُمَّ إِنِّى ظَلَمْتُ نَفْسِى ظُلْمًا كَثِيرًا وَلاَ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلاَّ أَنْتَ ، فَاغْفِرْ لِى مَغْفِرَةً مِنْ عِنْدِكَ ، وَارْحَمْنِى إِنَّكَ أَنْتَ الْغَفُورُ الرَّحِيمُ

‘Allahumma Innii Zholamtu Nafsii Zhulman Katsiiran Wa Laa Yaghfirudz Dzunuuba Illaa Anta Faghfirlii Maghfiratan Min ‘Indika Warhamnii Innaka Antal Ghafuurur Rahiim.

Artinya :

“Ya Allah, sungguh aku telah menzhalimi diriku sendiri dengan kezhaliman yang banyak, sedangkan tidak ada yang dapat mengampuni dosa-dosa kecuali Engkau. Maka itu ampunilah aku dengan suatu pengampunan dari sisi-Mu, dan rahmatilah aku. Sesungguhnya Engkau Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”

Doa Sholat Taubat Tahajud Hajat

Ketika ingin melaksanakan sholat taubat pada malam hari, jangan lupa dilanjutkan dengan melaksanakan sholat tahajud dan hajat.

Karena ketiga sholat tersebut adalah satu paket dan berurutan mulai dari sholat syukur wudhu, kemudian sholat taubat, tahajud dan hajat. Setelah itu dilanjutkan dengan membaca doa.

Adapun bacaan doa sholat taubat tahajud hajat adalah seperti dibawah ini :

اَللّٰهُمَّ لَكَ اَسْلَمْتُ وَبِكَ اَمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْلِيْ مَاقَدَّمْتُ وَمَا اَخَّرْتُ وَمَا اَسْرَرْتُ وَمَا اَعْلَنْتُ وَمَا اَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ، اَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَاَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَاِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ

Allaahumma laka aslamtu, wa bika amantu, wa’alaika tawakkaltu, wa ilaika anabtu, wabika khaashamtu, wa ilaika haakamtu, faghfir lii maa qaddamtu wamaa akhrartu, wamaa asrartu wamaa a’lantu, antal muqaddimu wa antal muakhkhiru, laa ilaaha illaa anta.

Artinya :

Ya Allah, hanya kepada Engkau aku berserah diri, kepada Engkau saya beriman, kepada Engkau aku bertawakal. Kepada Engkau aku kembali, kepada Engkau aku mengadu, serta kepada Engkau aku berhukum. Maka, ampunilah dosaku yang telah lampau dan yang akan datang (kemudian), yang saya sembunyikan serta yang terang-terangan, serta dosa yang lebih Engkau ketahui daripada saya. Engkaulah yang mendahulukan serta Engkaulah yang mengemudiankan (akan datang), tidak ada Tuhan melainkan Allah”.

Penutup

Demikianlah pembahasan mengenai doa sholat taubat yang penulis rangkum didalam sebuah artikel skda.co.id.

Rekomendasi  Lirik Sholawat Birosulillah Arab, Latin, Terjemah Bahasa Indonesia

Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan juga bisa menjadi tambahan wawasan ilmu agama islam, terutama bagi muslim yang sedang mempelajari terkait BAB tersebut.

Wallahu A’lam.


Rekomendasi

DMCA Protected