Doa Sesudah Makan Tradisi Islam: Mendapat Berkah

Agama Islam memandang pentingnya akhlak, etika, dan tata krama umatnya, bahkan dalam hal sekecil apapun. Termasuk saat makan, terdapat aturan yang sangat dianjurkan untuk diikuti, karena hal itu merupakan bagian dari sunnah Rosulullah SAW.

Ketika sebelum atau sesudah makan, ada doa yang disarankan untuk diucapkan sebagai ungkapan syukur kepada Allah SWT atas nikmat makan yang diberikan.

Rosulullah SAW bersabda:

“Barang siapa yang makan makanan kemudian mengucapkan: ‘Alhamdulillaahilladzii ath’amanii haadzaa wa rozaqoniihi min ghoiri haulin minnii wa laa quwwatin’ (Segala puji bagi Allah yang telah memberiku makanan ini, dan merizkikan kepadaku tanpa daya serta kekuatan dariku), maka diampuni dosanya yang telah lalu.”

Dengan hal tersebut, kita akan membahas doa sesudah makan lebih dalam dalam artikel ini.

Doa Sesudah Makan Sesuai Sunnah: Menghafalkan dan Memahami

Untuk memudahkan umat Muslim dalam membaca dan menghafal doa sesudah makan, kami akan menuliskannya dalam artikel ini dalam bentuk tulisan bahasa Arab, Latin, beserta terjemahannya.

Doa sesudah makan sesuai sunnah adalah sebagai berikut:

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِى أَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَجَعَلَنَا مُسْلِمِينَ

Alhamdulillaahil ladzii ath’amanaa wasaqoonaa waja’alanaa muslimiin

Artinya:

Segala puji bagi Allah yang memberi kami makan dan minum serta menjadikan kami orang-orang yang berserah diri Muslim.

Doa ini diajarkan oleh Rosulullah SAW kepada umatnya, dengan harapan agar mengikuti sunnah nabi dalam bersyukur atas nikmat makanan yang diberikan.

Doa Sesudah Makan Dan Minum: Menjaga Etika dan Mendapatkan Berkah

Tidak hanya setelah makan, umat Muslim juga dianjurkan untuk membaca doa setelah minum. Hal ini sebagai bagian dari akhlak atau etika umat Muslim setelah makan dan minum.

Doa sesudah makan dan minum adalah sebagai berikut:

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِى أَطْعَمَنِى هَذَا الطَّعَامَ وَرَزَقَنِيهِ مِنْ غَيْرِ حَوْلٍ مِنِّى وَلاَ قُوَّةٍ

Alhamdulillaahil ladzii ath’amanii haadzaath tho’aama warozaqoniihi min ghoiri haulin minnii walaa quwwah

Artinya:

Segala puji bagi Allah yang memberiku makanan ini dan memberiku rezeki tanpa daya serta kekuatan dariku.

Meskipun sedikit berbeda, namun inti dan tujuannya sama, yaitu memuji Allah SWT atas nikmat makanan dan minuman yang diberikan serta rezeki yang menambah kekuatan hidup.

Doa Sesudah Makan Islam Beserta Artinya: Memahami Tradisi dan Nilainya

Beberapa doa sesudah makan di atas termasuk yang umum dibaca oleh umat Muslim setelah selesai makan dan minum.

Namun, banyak umat Muslim yang mungkin belum mengetahui doa sesudah makan menurut Islam yang sebenarnya.

Doa sesudah makan Islam yang sahih dan dapat diamalkan adalah sebagai berikut:

الْحَمْدُ لِلَّهِ كَثِيرًا طَيِّبًا مُبَارَكًا فِيهِ ، غَيْرَ مَكْفِىٍّ ، وَلاَ مُوَدَّعٍ وَلاَ مُسْتَغْنًى عَنْهُ ، رَبَّنَا

Alhamdulillaahi katsiiron thoyyiban mubaarokan fiih, ghoiro mukfiyyin walaa muwadda’in walaa mustaghnan ‘anh, Robbanaa

Artinya:

Segala puji bagi Allah dengan pujian yang banyak, baik, dan penuh berkah. Allah tidak butuh pada makhluk-Nya, Allah tidak mungkin ditinggalkan, dan tidak ada yang lepas dari membutuhkan-Nya, wahai Tuhan kami.

Doa ini menggarisbawahi bahwa manusia akan terus membutuhkan Allah SWT, sedangkan Allah tidak butuh sama sekali dengan makhluk-Nya.

Doa Sesudah Makan Dan Sebelum Makan: Menjaga Tradisi dan Meminta Perlindungan

Doa sesudah makan sudah dibahas di atas, namun rasanya belum lengkap jika tidak membahas juga doa sebelum makan.

Membaca doa sebelum makan sangat penting, karena dengan doa tersebut diharapkan agar syaitan tidak ikut makan sehingga keberkahan dalam makanan tersebut tetap terjaga.

Doa sebelum makan secara umum adalah sebagai berikut:

اَللّٰهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْمَا رَزَقْتَنَا وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

“Allahumma baarik lanaa fiimaa rozaqtanaa wa qinaa ‘adzaa bannaar.”

Artinya:

Ya Allah, berkahilah rezeki yang Engkau berikan kepada kami, dan karuniakanlah rezeki yang lebih baik dari itu dan peliharalah kami dari siksa api neraka.” (HR Ibnu Sunni).

Manfaat Membaca Doa Sebelum Dan Sesudah Makan

Segala amalan atau doa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW memiliki manfaat atau hikmah tersendiri, baik untuk kesehatan maupun untuk mendapatkan pahala di sisi Allah SWT.

Beberapa manfaat membaca doa sebelum dan sesudah makan antara lain:

  1. Mengikuti Sunnah Rasulullah SAW: Membaca doa sebelum dan sesudah makan adalah anjuran dari Rasulullah SAW, sehingga akan mendapatkan ganjaran pahala bagi yang melakukannya.
  2. Mendapatkan Keberkahan dari Makanan: Doa yang dipanjatkan kepada Allah SWT dapat menjadi wasilah untuk mendapatkan keberkahan dari makanan yang dikonsumsi, sehingga makanan tersebut tidak menyebabkan penyakit.
  3. Meningkatkan Imun Kesehatan Tubuh: Doa yang dibaca sebelum dan sesudah makan diyakini dapat memberikan efek positif bagi kesehatan tubuh. Hal ini karena percaya atau tidak, efek negatif dari gangguan jin dan syaitan dalam makanan dapat diminimalkan.
  4. Mencegah Masuknya Syaitan dalam Makanan: Doa sebelum dan sesudah makan juga berfungsi sebagai perlindungan terhadap masuknya syaitan dalam makanan. Dengan berdoa, makanan tersebut menjadi suci dan tidak dicampuri oleh kekuatan jahat.

Penutup

Demikianlah ringkasan mengenai doa sesudah makan yang umumnya dibaca oleh umat Muslim. Artikel ini bertujuan untuk menyampaikan doa sesudah makan dalam bahasa Arab, Latin, beserta artinya agar mudah dibaca, dihafal, dan dipahami.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca, dan dapat menjadi pengingat bagi kita semua untuk selalu mengucapkan doa sebelum dan sesudah makan. Dengan berdoa, kita mengikuti sunnah Rasulullah SAW serta menjaga keberkahan dan kesucian dalam setiap makanan yang kita konsumsi.

Wallahu A’lam.


Rekomendasi

DMCA Protected