Makna Ibadah: Mendekatkan Diri kepada Sang Pencipta

Ibadah merupakan penghambaan seseorang kepada Allah SWT dengan tujuan mendekatkan dirinya kepada Sang Pencipta.

Pengertian Ibadah

Tidak ada kata berhenti di dalamnya sampai maut memisahkan antara jasad dan ruhani, karena secara zahir yang terlihat adalah tubuh.

Bisa juga menjadi pengabdian rasa syukur atas semua nikmat yang telah diberikan kepada seorang hamba untuk pengingat agar tetap merendahkan diri.

Asal Usul Kata Ibadah

Secara bahasa, kata “ibadah” diambil dari kalimat ‘Abdun yang artinya adalah “Hamba”. Sedangkan menurut istilah, ibadah adalah perbuatan seorang hamba yang ditujukan hanya kepada Allah SWT sebagai bukti baktinya.

Jenis-jenis Ibadah dalam Islam

1. Ibadah Fi’li (Perbuatan)

Ibadah fi’li adalah ibadah yang dilakukan melalui perbuatan seperti gerakan sholat, gerakan haji, gerakan sedekah, intinya semua kegiatan baik yang dilakukan oleh badan atau tubuh hanya karena ingin menghambakan dirinya kepada Allah SWT disebut ibadah fi’li.

2. Ibadah Qouli (Lisan)

Ibadah Qouli adalah ibadah yang dilakukan melalui ucapan atau lisan. Seperti zikir, membaca Al-Qur’an, memberikan nasihat yang baik, intinya segala ucapan baik yang dilakukan dengan niat hanya pengabdian kepada Allah SWT semata.

3. Ibadah Qolbi (Hati)

Ibadah Qolbi adalah ibadah yang diucapkan melalui hati, seperti zikir Sirri “Zikir yang lembut”. Ibadah Qolbi, meskipun sepertinya ringan, sebenarnya sulit untuk dikerjakan, karena hati tidak boleh ada nama lain selain nama Allah SWT jika ingin melaksanakan ibadah Qolbi.

Macam-Macam Ibadah Dalam Islam

Setelah mengetahui pengertian dari ibadah, akan dibahas terkait pembagian ibadah secara umum yakni dibagi menjadi dua:

1. Ibadah Mahdhah

Ibadah yang langsung hubungannya dengan Allah SWT seperti Sholat, Zakat, Puasa, dan Haji. Karena keempat ibadah tersebut tidak melalui makhluk lagi, melainkan langsung tertuju kepada Allah SWT.

2. Ibadah Ghoiru Mahdhah

Ibadah seorang hamba yang dilakukan melalui perantara sesama manusia, meskipun niat dan tujuannya hanya mengabdi kepada Allah SWT semata.

Tanda Ibadah yang Diterima Allah SWT

Dari penjelasan di atas terkait pengertian dan macam-macam ibadah yang bisa dipahami, tentunya akan membuahkan hasil dari kriteria atau ciri-ciri ibadah yang diterima Allah SWT.

1. Iman

Maksud dari iman disini adalah percaya bahwa semua ibadah yang dikerjakan hanya karena Allah SWT.

2. Ikhlas

Berbicara tentang ikhlas, tentunya yang tahu hanya yang beribadah dan Allah SWT semata, namun dapat dilihat dari segi ibadah yang dikerjakan.

3. Sesuai Ketentuan Syariat Islam

Tanda terakhir ibadah yang diterima Allah SWT adalah yang sesuai dengan syariat Islam. Tentunya hal ini berkaitan dengan ilmu keagamaan yang dimiliki.

Penutup

Demikianlah penjelasan terkait Pengertian Ibadah. Semoga dapat bermanfaat untuk kita semua.

Mohon diberikan kritik dan saran membangun untuk perbaikan artikel ini. Terima kasih.


Rekomendasi

DMCA Protected