Bacaan Dzikir Pagi Singkat, Pembuka Rejeki Dan Sesuai Sunnah

Sadar Kaya Dunia Akhirat

Dzikir Pagi – Dzikir adalah salah satu sarana untuk mendekatkan diri seorang hamba kepada Allah SWT yang paling cepat.

Bahkan jika diamalkan secara rutin akan mendapatkan manfaat yang begitu besar, baik terkait dunia maupun akherat.

Dzikir ada banyak macamnya namun yang akan dibahas dalam artikel ini adalah dzikir pagi. Karena waktu pagi umumnya adalah menjadi awal untuk melakukan aktifitas.

Maka dari itu ada baiknya awal waktu sebelum melakukan aktifitas diawali dengan bacaan dzikir agar selalu mendapatkan keberkahan dari Allah SWT.

Macam-Macam Zikir Pagi dan Petang Sesuai Sunnah Yang Bisa Diamalkan

Karena dzikir pagi banyak macamnya, maka penulis akan merangkumnya sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan yang akan mengamalkannya.

Namun jika mampu untuk mengamalkan semua bacaan dzikir pagi tentunya lebih bagus, asalkan berkelanjutan tidak hanya sesekali saja.

Berikut dibawah ini macam-macam dzikir pagi yang bisa diamalkan setiap harinya sebelum melakukan aktifitas.

Bacaan Dzikir Pagi Singkat

Adapun bacaan dzikir pagi singkat yang dapat diamalkan adalah seperti dibawah ini :

سُبْحَانَ اللَّهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ وَلاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَاللَّهُ أَكْبَرُ وَ لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ العَلِيِّ العَظِيْمِ

Subhanallah, Walhamdulillah Walaa ilaha illallah Wallahu akbar Walaa haula Wala quwwata illa billahil aliyil adziim

Artinya :

Maha Suci Allah, segala puji bagi Allah, tidak ada tuhan yang berhak disembah kecuali Allah, dan Allah Maha Besar Tiada daya dan tiada kekuatan melainkan dengan pertolongan Allah Yang Maha Tinggi dan Maha Agung

Cara mengamalkannya minimal dibaca tiga kali dipagi hari atau sebelum melakukan aktifitas atau sebelum berangkat kerja.

Rekomendasi  Contoh Ibadah Khusus Dan Ibadah Umum Didalam Islam

Membaca amalan tasbih tersebut dengan ikhlas hanya mengaharapkan keridhoan Allah SWT.

Dzikir Pagi Pembuka Rezeki

Sebenarnya banyak amalan atau zikir pagi yang dapat dijadikan sebagai wasilah terbukanya rezeki, akan tetapi dalam artikel ini penulis hanya merangkum saja yang sekiranya mampu diamalkan.

Adapun bacaan Dzikir Pagi Pembuka Rezeki yang dapat diamalkan setiap harinya adalah seperti dibawah ini :

اَللّٰهُ لَآ اِلٰهَ اِلَّا هُوَۚ اَلْحَيُّ الْقَيُّوْمُ ەۚ لَا تَأْخُذُهٗ سِنَةٌ وَّلَا نَوْمٌۗ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَمَا فِى الْاَرْضِۗ مَنْ ذَا الَّذِيْ يَشْفَعُ عِنْدَهٗٓ اِلَّا بِاِذْنِهٖۗ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ اَيْدِيْهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْۚ وَلَا يُحِيْطُوْنَ بِشَيْءٍ مِّنْ عِلْمِهٖٓ اِلَّا بِمَا شَاۤءَۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَۚ وَلَا يَـُٔوْدُهٗ حِفْظُهُمَاۚ وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيْمُ

Allahu laa ilaaha illaa huwal hayyul qayyum. Laa ta’khudzuhuu sinatuw wa laa naum. Lahuu maa fis samaawaati wa maa fil ardh. Man-dzal ladzii yasyfa’u ‘indahuu illaa bi idznih. Ya’lamu maa baina aidiihim wa maa khalfahum. Wa laa yuhiithuuna bi syai-im min ‘ilmihii illaa bi maa syaa-a. Wasi’a kursiyyuhus samaawaati wal ardha wa laa ya-uuduhuu hifzhuhumaa. Wahuwal ‘aliyyul ‘azhiim.

Artinya :

” Allah, tidak ada tuhan selain Dia. Yang Mahahidup, Yang terus menerus mengurus (makhluk-Nya), tidak mengantuk dan tidak tidur. Milik-Nya apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Tidak ada yang dapat memberi syafaat di sisi-Nya tanpa izin-Nya. Dia mengetahui apa yang di hadapan mereka dan apa yang di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui sesuatu apa pun tentang ilmu-Nya melainkan apa yang Dia kehendaki. Kursi-Nya meliputi langit dan bumi. Dan Dia tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Dia Mahatinggi, Mahabesar.”

Amalan tersebut diatas adalah ayat kursi, cara mengamalkannya dibaca terus menerus diwaktu pagi dari sebelum melakukan aktifitas.

Rekomendasi  Amalan Malam Jumat Untuk Wanita Haid & Dikabulakan Doa

Tidak ada batasan berapa kali membacanya yang diutamakan adalah keseringan dibaca dan tentunya mengharap kemurahan rezeki dari Allah SWT.

Dzikir Pagi Sesuai Sunnah

Adapun bacaan dzikir pagi sesuai sunnah yang bisa diamalkan bagi semua ummat muslim adalah seperti dibawah ini :

Membaca surat Al-Ikhlas cara pengamalannya adalah dengan membaca minimal tiga kali.

Bacaan Surat Al-Ikhlas :

قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ اللَّهُ الصَّمَدُ لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُولَدْ وَلَمْ يَكُن لَّهُ كُفُوًا أَحَدٌ

Artinya :

Katakanlah: Dia-lah Allah Yang Maha Esa. Allah adalah ilah yang bergantung kepada-Nya segala urusan. Dia tidak beranak dan tiada pula diperanakkan, dan tidak ada seorang pun yang setara dengan Dia.

Semakin banyak membaca surat Al-Ikhlas maka semakin bagus, karena dengan wasilah surat tersebut seorang hamba akan dekat dengan Allah.

Dzikir Pagi Latin

Bagi ummat muslim yang belum diberi kemampuan oleh Allah untuk membaca tulisan arab, sedangkan ia ingin sekali mengamalkan Dzikir pagi .

Dibawah ini bisa dibaca amalan zikir pagi yang ditulis dalam teks latin atau baha indonesia.

Adapun dzikir pagi latin yang dapat diamalkan setiap pagi adalah seperti dibawah ini :

“Subhanallah, Walhamdulillah Walaa ilaha illallah Wallahu akbar”

Cara pengamalannya bisa dibaca diwaktu pagi sebanyak mungkin sampai menjelang waktu aktifitas atau berangkat kerja insya Allah berkah.

Tentu membaca dzikir tersebut diatas dengan ikhlas hanya mengharap pertolongan dari Allah SWT bukan kepada yang selain Allah.

Dzikir Pagi Rabu Berkah

Adapun dzikir pagi rabu berkah pendek dan mudah diamalkan adalah seperti dibawah ini :

استغفر الله العظيم

Astaghfirullahal adhim

Artinya :

Aku memohon ampun kepada Allah yang Maha Agung

Kalimat dzikir diatas adalah bacaan istighfar yang tentunya sudah sering diperdengarkan bahkan sering dibaca.

Rekomendasi  Niat Puasa Ganti Ramadhan hari Senin-Sabtu & bulan Sya'ban

Namun di rabu pagi ada baiknya membaca dzikir tersebut diatas sebanyak mungkin, bahkan dianjurkan oleh Imam Al-Ghazali dibaca 1000 kali.

Penutup

Demikianlah rangkuman zikir pagi yang dapat ditulis dalam sebuah artikel, besar harapan penulis artikel dzikir pagi ini bermanfaat untuk semua ummat muslim.

Akan tetapi disini penulis memohon maaf kepada semua yang melihat artikel ini, bahwa sebenarnya penulis juga belum bisa 100% dapat melaksanakan amalan tersebut diatas.

Namun semoga Allah SWT memberikan pertolongan agar senantiasa berdzikir kepada-Nya. Wallahu A’lam


Rekomendasi

DMCA Protected