Doa Lunas Hutang dan Banyak Rezeki Dibaca Sebelum Tidur

Penjelasan Rukun Islam Ada 5 Secara Lengkap Dan Dalilnya

Doa Lunas Hutang – Secara umum, hutang ialah suatu kesepakatan antara pemberi pinjaman dan penerima pinjaman di mana penerima pinjaman mengambil sejumlah uang atau barang dari pemberi pinjaman.

Dengan janji untuk mengembalikan dalam jangka waktu tertentu, akan tetapi hutang juga bisa menjadi sumber kekhawatiran dan stres bagi penerima pinjaman karena terkadang sulit untuk melunasi hutang yang telah diambil.

Menurut pandangan Islam, berhutang dianggap sebagai tindakan yang diperbolehkan selama dilakukan dengan cara yang benar dalam artian tidak merugikan orang lain. Dibalik itu semua agama Islam juga sangat menekankan betapa pentingnya melunasi hutang secepat mungkin.

Untuk bisa melunasi hutang dengan cepat atau tepat waktu kita diharuskan untuk membaca doa lunas hutang, dan disini skda.co.id akan memberikan beberapa doanya dibawah ini.

Kewajiban Dalam Islam Untuk Membayar Hutang

Jika dikaitkan dengan hukum, maka membayar hutang hukumnya adalah wajib hal ini sesuai dengan perintah Allah SWT didalam Al-Qur’an Surat Al-Baqoroh Ayat 282.

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِذَا تَدَايَنْتُمْ بِدَيْنٍ اِلٰٓى اَجَلٍ مُّسَمًّى فَاكْتُبُوْهُۗ وَلْيَكْتُبْ بَّيْنَكُمْ كَاتِبٌۢ بِالْعَدْلِۖ وَلَا يَأْبَ كَاتِبٌ اَنْ يَّكْتُبَ كَمَا عَلَّمَهُ اللّٰهُ فَلْيَكْتُبْۚ

Artinya :

Wahai orang-orang yang beriman, apabila kamu berutang piutang untuk waktu yang ditentukan, hendaklah kamu mencatatnya. Hendaklah seorang pencatat di antara kamu menuliskannya dengan benar. Janganlah pencatat menolak untuk menuliskannya sebagaimana Allah telah mengajar-kan kepadanya. Hendaklah dia mencatat(-nya) dan orang yang berutang itu mendiktekan(-nya)

Firman Allah SWT tersebut diatas sangat tegas terkait pembayaran hutang agar tepat waktu, sehingga penghutang dan yang dihutangi untuk mencatat kapan waktu akan membayarnya.

Bahkan dipertegas juga dalam sebuah hadis Rosulullah SAWT bersabda terkait dampak yang didapatkan jika tidak membayar hutang.

مَنْ مَاتَ وَعَلَيْهِ دِينَارٌ أَوْ دِرْهَمٌ قُضِيَ مِنْ حَسَنَاتِهِ لَيْسَ ثَمَّ دِينَارٌ وَلَا دِرْهَمٌ

Artinya :

“Barangsiapa meninggal sementara ia mempunyai tanggungan hutang satu dinar atau satu dirham, maka akan diganti dari pahala kebaikannya pada hari yang dinar dan dirham tidak berguna lagi.”.

Dari kedua dalil tersebut diatas baik dari Al-Qur’an dan Hadis semuanya sangat menegaskan terkait kewajiban untuk membayar hutang.

Maka dari itu sangat tepat jika seseorang yang memiliki hutang kemudian mendekatkan diri kepada Allah untuk memanjatkan doa terbebas dari hutang. Dan di artikel pendidikan ini kami sudah menyiapkan beberapa doanya, jadi disimak baik-baik ya.

Beberapa Bacaan Doa Lunas Hutang Sesuai Sunnah

Doa lunas hutang merupakan salah satu doa yang dipanjatkan oleh umat Islam untuk memohon perlindungan dan pertolongan dari Allah SWT dalam membayar hutang yang telah diambil atau masih ada.

Akan tetapi hutang adalah termasuk salah satu masalah yang banyak dihadapi oleh masyarakat dizaman saat ini terlebih banyak perusahaan yang membuka peluang untuk berhutang. Sehingga banyak yang terkecoh dan menyulitkan diri sendiri terlebih jika hutang tak kunjung terbayar.

bagi pemilik hutang tentunya akan terus berusaha untuk membayar hutang tersebut seperti bekerja dan lain sebagainya. Akan tetapi ingatlah bahwa manusia memiliki tuhan yang maha kaya. Jadi jangan hanya mengandalkan pekerjaan untuk membayar hutang namun andalkanlah Allah SWT dengan cara berdoa.

Simak berikut ini beberapa doa yang dapat diamalkan untuk mempermudah dalam melunasi hutang.

Doa Lunas Hutang Dibaca Sebelum Tidur

Biasanya orang yang sedang memiliki hutang akan selalu terfikirkan dan bahkan sulit untuk tidur, terlebih jika hutang tersebut sudah masuk jatuh tempo. Dengan hal ini terkadang ada rasa tidak ingin lagi berhutang dan ingin secepatnya dapat membayar hutang.

Jika hal demikian dialami maka jalan untuk melunasi hutang selain bekerja keras secara jasmani, tentunya sebelum tidur berdoa kepada Allah SWT agar hutangnya dilunaskan.

Adapun bacaan doa lunas hutang dibaca sebelum tidur dapat dilihat dibawah ini :

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّجَالِ

Allahumma inni a’udhu bika min al-hammi wal-hazan, wa a’udhu bika min al-‘ajzi wal-kasal, wa a’udhu bika min al-jubni wal-bukhl, wa a’udhu bika min ghalabatid-dayni wa qahrir-rijal.

Artinya :

Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari rasa cemas dan kesedihan, aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan dan kemalasan, aku berlindung kepada-Mu dari sifat pengecut dan kikir, aku berlindung kepada-Mu dari hutang yang menumpuk dan orang-orang yang menindas.

Doa tersebut diatas sebisa mungkin rutin dibaca sebelum tidur dengan ikhlas, hanya mengharapkan pertolongan Allah SWT. Akan tetapi keesokan harinya tetap menjalankan ikhtiar secara dzohir yakni bekerja.

Doa Lunas Hutang Riba

Tidak sedikit ummat muslim yang tergelincir dengan kejamnya hutang Riba, padahal sudah jelas dan tegas Allah SWT melarang Riba.

Qur’an Surat Al-Baqoroh ayat 275 :

اَلَّذِيْنَ يَأْكُلُوْنَ الرِّبٰوا لَا يَقُوْمُوْنَ اِلَّا كَمَا يَقُوْمُ الَّذِيْ يَتَخَبَّطُهُ الشَّيْطٰنُ مِنَ الْمَسِّۗ ذٰلِكَ بِاَنَّهُمْ قَالُوْٓا اِنَّمَا الْبَيْعُ مِثْلُ الرِّبٰواۘ وَاَحَلَّ اللّٰهُ الْبَيْعَ وَحَرَّمَ الرِّبٰواۗ فَمَنْ جَاۤءَهٗ مَوْعِظَةٌ مِّنْ رَّبِّهٖ فَانْتَهٰى فَلَهٗ مَا سَلَفَۗ وَاَمْرُهٗٓ اِلَى اللّٰهِ ۗ وَمَنْ عَادَ فَاُولٰۤىِٕكَ اَصْحٰبُ النَّارِ ۚ هُمْ فِيْهَا خٰلِدُوْنَ ٢٧٥

Artinya :

Orang-orang yang memakan (bertransaksi dengan) riba tidak dapat berdiri, kecuali seperti orang yang berdiri sempoyongan karena kesurupan setan. Demikian itu terjadi karena mereka berkata bahwa jual beli itu sama dengan riba. Padahal, Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba. Siapa pun yang telah sampai kepadanya peringatan dari Tuhannya (menyangkut riba), lalu dia berhenti sehingga apa yang telah diperolehnya dahulu menjadi miliknya dan urusannya (terserah) kepada Allah. Siapa yang mengulangi (transaksi riba), mereka itulah penghuni neraka. Mereka kekal di dalamnya.

Adapun bacaan doa lunas hutang Riba dapat dilihat dan diamalkan seperti dibawah ini :

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْكُسْلِ وَالْهَرَمِ وَالْمَأْثَمِ وَالْمَغْرَمِ وَسُوءِ الْقَضَاءِ وَشَمَاتَةِ الْأَعْدَاءِ

Allahumma inni a’udhu bika min alkusli walharami wal-ma’shami wal-maghrami wa su’il-qada’i wa shamata til-a’da’

Artinya :

Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari rasa malas, kemalasan, dosa, hutang, keputusan buruk, dan kesombongan musuh.

Insya Allah jika doa tersebut diatas diamalkan dengan ikhlas hanya mengharapkan pertolongan dari Allah SWT. Hutang Riba akan cepat terbayar.

Doa Lunas Hutang Segunung

Kebanyakan manusia yang masih hidup tentu memiliki rasa yang tidak tenang, tentram dan nyaman jika memiliki hutang banyak atau menumpuk. Bahkan banyak yang melangsungkan putus asa hingga bunuh diri namun didlam islam tidak diperbolahkan.

Bagi seorang muslim yang memiliki hutang banyak namun kesulitan untuk membayar hingga hutangnya menggunung maka satu-satunya jalan adalah berdoa mengharap kepada Allah SWT.

Adapun bacaan doa lunas hutang segunung dapat diamalkan seperti dibawah ini :

اللَّهُمَّ اكْفِنِي بِحَلَالِكَ عَنْ حَرَامِكَ، وَأَغْنِنِي بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

Allahumma akfini bihalalika ‘an haramika, wa aghninii bifadlika ‘amma siwak.

Artinya :

Ya Allah, cukupkan aku dengan rizki yang halal dari-Mu dan jauhkan aku dari segala yang haram. Dan kurniakanlah aku kekayaan dari limpahan karunia-Mu yang tiada bandingnya.

Doa Lunas Hutang Habib Novel

Habib Novel memberikan sebuah amalan bagi seseorang yang ksulitan dalam membayar hutang agar diberikan rejeki yang datang dari segala arah.

Adapun bacaan doa lunas hutang habib novel adalah seperti ini :

Allahummak fini bi halalika ‘an haramika wa aghnini bifadhlika ‘aman siwaka.

Artinya :

“Ya Allah! Cukupilah aku dengan rezekiMu yang halal (hingga aku terhindar) dari yang haram, jadikan aku berkucupan dengan karuniamu.”

Doa Lunas Hutang Ustadz Adi Hidayat

Dalam sebuah video youtube Adi Hidayat Official telah memberikan trik doa agar dimudahkan dalam melunasi hutang serta rejekinya mengalis luas,

Adapun bacaan doa lunas hutang Ustadz Adi Hidayat adalah seperti dibawah ini :

Allahuma ikfina bihalaalika ‘an haroomik wa bi fadhlika ‘amman siwaak

Artinya :

Ya Allah cukupkanlah aku dengan rezeki halal-Mu agar terhindar dari yang Kau haramkan. Jadikanlah aku kaya karena karunia-Mu bukan karena karunia selain-Mu.

Doa lunas hutang diatas menuqil dari sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Tirmidzi. Wallahu A’lam.


Rekomendasi

DMCA Protected