Doa ibu hamil Mustajab Bisa Dibaca Istri/Suami Agar Janin Sehat

Doa ibu hamil – Ibu hamil adalah sosok yang sangat mulia karena mereka sedang mengandung sebuah kehidupan di dalam rahimnya. Maka hal yang wajar jika banyak orang yang merasa penting untuk mendoakan ibu hamil agar selalu dalam keadaan sehat, kuat, dan selalu diberikan perlindungan.

Selain itu masa kehamilan dapat menimbulkan berbagai tantangan, tetapi ibu hamil juga merasakan kebahagiaan dan kebanggaan karena sedang mengandung anak yang merupakan anugerah dari Allah SWT.

Sehingga ibu hamil sangat penting untuk selalu menjaga kesehatan dan keselamatan diri dan janin yang dikandungnya, serta selalu berdoa agar proses kehamilan berjalan lancar dan selamat.

Simak beberapa do’a ibu hamil yang perlu dipahami hususnya bagi seorang ibu yang sedang hamil dan juga suami serta keluarga dari ibu tersebut.

Beragam Doa Ibu Hamil Yang Dapat Diamalkan

Meskipun ibu hamil harus memperhatikan asupan makanannya, istirahat yang cukup, dan melakukan aktivitas fisik yang sesuai dengan kondisinya. Ibu hamil juga harus mengikuti pemeriksaan rutin kehamilan untuk memantau kesehatan dan perkembangan janin di dalam rahim.

Selain dari pada itu seorang yang sedang hamil perlu juga mengetahui beberapa doa yang dapat diamalkan selama jalannya kehamilan. Karena dengan adanya doa dapat dijadikan sebagai wasilah untuk memohon keselamatan baik saat didalam kandungan maupun ketika melahirkan. Berikut simak dibawah ini do’a ibu hamil yang dpat diamalkan.

Doa ibu hamil mustajab

“Doa mustajab” adalah doa yang diyakini akan dikabulkan oleh Allah tanpa kegagalan. Istilah ini sering digunakan dalam agama Islam. Namun konsep ini juga dikenal dalam beberapa agama lainnya.

Doa mustajab juga disebut sebagai doa yang sangat kuat dan efektif karena diyakini akan segera dijawab oleh Allah dengan apa yang diminta dari seorang hamba.

Salah satu doa mustajab dan dapat diamalkan oleh seorang ibu yang sedang hamil adalah seperti dibawah ini :

Allahumma inni as’aluka khairal-waladi wa khairal-mawludi wa khairal-makhraji wa khairal-masru’i, wa a’udhu bika min sharri ma yahulu bihi.

Artinya :

Ya Allah, aku memohon kepada-Mu kebaikan bagi anak yang akan aku lahirkan, kebaikan bagi kelahirannya, kebaikan bagi masa depannya, dan kebaikan bagi nasibnya. Aku juga berlindung kepada-Mu dari kejahatan apa saja yang dapat menimpanya.

Doa Ibu Hamil Dan Artinya

Adapun doa ibu hamil dan artinya dapat dilihat dibawah ini :

Allahumma innee as’aluka khaira al-mawloodi wa khaira ma yuwaladu lahu, wa a’oodhu bika min sharrih wa sharri ma yuwaladu lahu.

Artinya :

Ya Allah, aku memohon kepada-Mu yang terbaik untuk kelahiran dan yang terbaik untuk apa yang lahir. Aku juga berlindung kepada-Mu dari keburukan yang terjadi pada kelahiran dan keburukan yang terjadi pada apa yang lahir.

Doa Ibu Hamil Saat Keluar Malam

Menurut banyaknya orang tua terdahulu seseorang yang sedang hamil dilarang untuk keluar rumah dimalam hari. Apalagi hanya sekedar ingin main dan tidak ada tujuan yang jelas.

Karena seorang ibu yang sedang hamil sangat rentan dengan gangguan jin dan makhluk halus yang berbuat jahat.

Akan tetapi jika keluar malam memiliki tujuan yang wajib, seperti menuntut ilmu atau dipanggil oleh kedua orang tua dan lain sebagainya. Maka boleh-boleh saja namun tetap tawakal dengan wasilah doa.

Adapun bacaan doa ibu hamil saat keluar malam adalah seperti dibawah ini :

Bismillahi tawakkaltu ‘ala Allah. Allahumma inni a’udhu bika mina al-khubthi wa al-khabaa’ith.

Artinya:

Dengan nama Allah, aku bertawakkal kepada Allah. Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari segala kejahatan dan kemungkaran.

Doa Ibu Hamil Muda

Seorang ibu yang sedang hamil muda tentunya harus menjaga dengan sangat hati-hati janin yang dikandungnya, karena bisa jadi janin tersebut belum kokoh. Segala aktifitas yang sekiranya memberatkan tentu dikurangi agar badan tidak terlalu lelah.

Disisi lain agar janin yang masih muda dan belum kokoh selalu sehat dan kuat, dianjurkan untuk berdoa memohon kepada Allah SWT.

Adapun bacaan doa ibu hamil mudah dapat dilihat dibawah ini :

Allahumma hab li min ladunka dhurriyatan taibatan innaka samee’ud-du’a.

Artinya :

Ya Allah, berikanlah kepadaku keturunan yang baik dari sisi-Mu, karena Engkau Maha Mendengar doa.

Doa Ibu Hamil Agar Persalinan Lancar

Semua ibu yang sedang hamil tentunya jika diberikan umur yag panjang, akan mendapati hari persalinan. Sedangkan proses persalinan tidaklah mudah bahkan taruhannya adalah nyawa.

Dalam ilmu kesehatan kali ini seorang bidan membuka senam untuk ibu hamil, agar supaya ketika proses persalinan dapat berjalan dengan lancar. namun disisi lain sebaiknya jangan lupa untuk terus memohon kepada Allah dengan cara berdoa.

Adapun bacaan doa ibu hamil agar persalinan lancar dapat dilihat dibawah ini :

Allahumma yassir walaa tu’assir wa’tamim bil-khair, ya rabbal-‘alamin.

Artinya :

Ya Allah, mudahkanlah proses persalinan dan janganlah menyulitkan. Selesaikanlah dengan kebaikan, ya Tuhan seluruh alam.

Doa Ibu Hamil 4 Bulan

Salah satu upaya untuk menjadikan anak sholih adalah sedari masih didalam kandungan, seperti halnya ada yang mengadakan adat 4 bulanan. Karena ketika janin sudah masuk di 4 bulan Allah SWT meniupkan ruh kedalam janin tersebut.

Sebagai orang tua atau ibu yang sedang hamil sebaiknya berdoa memohon kepada Allah agar janin yang dikandungnya kelak menajadi anak yang shholih.

Adapun salah satu bacaan doa ibu hamil 4 bulan agar anakanya kelak menajadi anak sholih bisa dilihat dibawah ini :

Allahumma j’al waladana shalihan muhtaqan ilaik, wa zakiyan, wa ‘alimana al-kitaba wa al-hikmata wa al-‘ilm al-nafi’a, wa rahmatan lana, wa sadaqatan jariyah. Innaka ‘ala kulli shay’in qadir.

Artinya :

Ya Allah, jadikanlah anak kami anak yang saleh, selalu beribadah kepada-Mu, bersih dari segala dosa, mempelajari kitab suci, hikmah dan ilmu yang bermanfaat, menjadi rahmat bagi kami, dan amal jariyah (amal kebaikan yang terus mengalir) bagi kami. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.

Penutup

Demikianlah ringkasan terkait beberapa doa ibu hamil yang dapat ditulis melalui artikel skda.co.id. Besar harapan penulis untuk bermanfaatnya artikel ini. Wallahu A’lam.


Rekomendasi

DMCA Protected