Puasa Bulan Syaban Berapa Hari Tahun Ini, Cek Disini!

Puasa Bulan Syaban Berapa Hari – Di bulan syaban sebagian ummat muslim berbondong-bondong mengerjakan amalan sunnah, salah satunya adalah puasa.

Hal ini dilakukan karena bulan syaban termasuk bulan yang mulia dan menjadi waktu yang sangat tepat untuk menyongsong datangnya bulan suci ramadhan.

Banyak ummat muslim yang bertanya mengenai puasa sunnah bulan sya’ban, terkait bilangan hari dan juga kapan waktunya.

Maka dari itu penulis akan merangkum beragam jawaban dari pertanyaan ummat muslim mengenai hal tersebut diatas.

Beragam Pertanyaan Terkait Puasa Bulan Syaban Berapa Hari

Dengan banyaknya pertanyaan ummat muslim tentang berapa hari puasa bulan sya’ban. Maka penulis memiliki keinginan untuk mencoba berbagi jawaban terkait pertanyaan tersebut.

Adapun beragam pertanyaannya sudah penulis rangkum didalam sebuah artikel skda.co.id. Silahkan disimak jawaban penjelasan dari pertanyaan dibawah ini.

Berapa Hari Puasa Sya’ban 2023

Menuqil dari hadis Rosulullah SAW yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah Ra, dikatakan bahwa tidak boleh berpuasa jika sudah melewati separuh dari bulan syaban.

Jika melihat sekilas dari kerterangan hadis diatas waktu puasa sya’ban hanya 15 hari selebihnya tidak boleh melanjutkan puasa sya’ban.

Adapun jawaban dari pertanyaan berapa hari puasa sya’ban 2023 adalah ?

15 hari yakni mulai dari tanggal 21 Februari 2023 Sampai 8 Maret 2023 atau tanggal mulai tanggal 1 Syaban sampai 15 Syaban 1444 Hijriyah.

Akan tetapi jika sebelumnya diluar bulan syaban memang sudah rutin mengerjakan puasa sunnah seperti senein kamis atau ayyamul bidh. Maka lewat dari pertengahan bulan syaban masih tetap bisa melaksanakan puasa sunnah rutin tersebut.

Rekomendasi  Niat Puasa Ganti Ramadhan hari Senin-Sabtu & bulan Sya'ban

Apakah Boleh Puasa Syaban Hanya 1 Hari

Ada juga ummat muslim yang mungkin tidak mampu melaksanakan puasa sya’ban 15 hari, mampunya hanya satu hari karena sesuatu hal.

Sehingga dengan aktifitas yang sangat menguras tenaga atau juga mungkin karena pekerjaan yang memberatkan jadi mampunya hanya satu hari saja melaksanakan puasa syaban.

Adapun jawaban dari pertanyaan apakah boleh puasa syaban hanya 1 hari adalah ?

Boleh melaksanakan puasa sunnah sya’ban hanya satu hari saja, tidak ada keterangan yang mengharuskan puasa syaban full 15 hari.

Akan tetapi jika memang mampu maka sebaiknya melaksanakan puasa syaban full mulai tanggal 1 sampai 15 syaban. Tentu akan mendapatkan keutamaan yang lebih jika dibandingkan hanya dengan berpuasa satu hari.

Berapa Hari Puasa Nisfu Sya Ban 2023

Puasa nisfu sya’ban yakni bertepatan pada tanggal 15 sya’ban, karena pada malam sebelumnya adalah malam nisfu sya’ban.

Adapun pertanyaan dari berapa hari puasa nisfu syaban 2023 maka jawabannya adalah ?

Satu hari yakni tepatnya ditanggal 15 sya’ban atau tanggal 8 maret 2023, ummat muslim boleh melakasanakan puasa nisfu sya’ban.

Bolehkan Puasa 3 Hari Di Bulan Sya’ban

Adapun jawaban dari pertanyaan Bolehkan Puasa 3 Hari Di Bulan Sya’ban adalah ? boleh tidak dilarang.

Terlebih pada tanggal 13, 14 dan 15 syaban bertepatan dengan puasa sunnah ayyamul bidh dan pada tanggal 15 nya puasa nisfu sya’ban.

Tentunya ketika puasa tiga hari dalam bulan sya’ban pada tanggal 13, 14, dan 15 sya’ban atau tanggal 6, 7 dan 8 maret 2023 maka mendapatkan ganjaran 3 sekaligus puasa sunnah.

Niat Puasa Syaban

Karena dalam melaksanakan puasa salah satu rukunnya adalah niat maka perlu juga ummat muslim hafal dan paham niat nya, terhusus bagi yang akan melaksanakan puasa sya’ban.

Rekomendasi  Bacaan Doa Sahur Niat Puasa Lengkap Sesuai Sunnah

Fatalnya jika tidak mengetahui tatacara niat yang benar dalam melaksanakan puasa tentu puasanya akan sia-sia tidak membekas.

Adapun bacaan niat puasa syaban adalah seperti dibawah ini :

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ شَعْبَانَ لِلهِ تَعَالَى

“Nawaitu shauma ghadin ‘an ada’i sunnati Sya‘bana lillahi ta‘ala”

Artinya :

“Aku berniat puasa sunah Sya‘ban esok hari karena Allah SWT.”

Cara membaca niat puasa sya’ban sama halnya seperti niat puasa pada umumnya yakni pada malam hari sampai menjelang waktu 10 menit sebelum azan subuh.

Keutamaan Puasa Sya’ban

Bagi ummat muslim yang melaksanakan puasa sunnah syaban tentunya akan mendapatkan banyak keutamaan.

Sebagai mana hadis Rosulullah SAW :

وَالثَّانِي عَشَرَ صَوْمُ شَعْبَانَ، لِحُبِّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صِيَامَهُ. فَمَنْ صَامَهُ نَالَ شَفَاعَتَهُ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ

Artinya :

Puasa sunah yang keduabelas adalah puasa Sya’ban, karena kecintaan Rasulullah SAW terhadapnya. Karenanya, siapa saja yang memuasainya, maka ia akan mendapatkan syafaat belau di hari kiamat

Dari keterangan hadis diatas sudah sangat jelas dan gamblang terlihat salah satu keutamaan yang didapatkan seorang muslim yang melaksanakan puasa sya’ban.

Adapun salah satu keutamaan puasa sya’ban adalah :

Akan mendapatkan syafaat Rosulullah SAW di hari kiyamat.

Penutup

Demikianlah ringkasan jawaban dari beragam pertanyaan puasa bulan syaban berapa hari. Semoga beragam jawaban diatas dapat bermanfaat bagi ummat muslim yang membutuhkannya.

Cukup sekian dan terimakasi Wallahu A’lam


Rekomendasi

DMCA Protected