Jenis Kopi Robusta Lampung Terbaik Untuk Dinikmati

Rekomendasi jenis kopi robusta Lampung terbaik yang bisa kamu nikmati. Kopi merupakan minuman yang dihasilkan dari biji kopi yang telah melewati proses pengolahan yang cukup panjang.

Tanaman kopi biasa tumbuh di wilayah tropis seperti Indonesia. Provinsi Lampung menjadi salah satu daerah penghasil kopi terbaik di Indonesia.

Menurut sejarah, kopi Lampung mulai di budidayakan pada tahun 1841. Kemudian pada tahun 1910 para petani kopi Lampung mulai dikenalkan dengan jenis kopi robusta yang hingga saat ini menjadi jenis kopi yang banyak digemari oleh para pecinta kopi.

Kopi Lampung juga terkenal hingga ke mancanegara karena memiliki karakteristik serta cita rasa yang khas. Ayovaksindinkeskdi akan memberikan informasi terkait karakteristik dan cita rasa kopi Lampung. Selain itu, juga ada rekomendasi jenis kopi robusta Lampung terbaik, yang bisa dicoba dan dinikmati.

Karakteristik dan Cita Rasa Kopi Lampung

Kopi Lampung memiliki karakteristik serta cita rasa yang khas dan kuat. Dilihat dari teksturnya, kopi Lampung memiliki tekstur yang halus. Kopi Lampung memiliki kombinasi rasa pahit asam dan dibeberapa jenisnya kopi Lampung memiliki sedikit aroma hint coklat dan segar.

Selain karena jenisnya, karakteristik serta cita rasa yang khas ini tentu saja didapatkan dari cara penanaman serta pengolahan berkualitas tinggi.

Jenis Kopi Robusta Lampung Terbaik

Kopi Robusta Khas Spesial

Kopi robusta khas spesial ini berasal dari biji kopi Liwa. Sesuai dengan namanya, biji kopi ini merupakan hasil dari tanaman kopi yang di budidayakan oleh petani kopi yang berada di daerah Liwa.

Rekomendasi  Kode Bank CIMB Niaga Transfer Ke Gopay, BCA & Lainnya!

Liwa merupakan salah satu daerah yang ada di Lampung, tepatnya berada di wilayah lereng pegunungan Bukit Barisan. Biji kopi ini di olah menggunakan metode roasting dengan kualitas terbaik, sehingga menghasilkan cita rasa nikmat yang khas dan berkualitas tinggi.

Kopi Semut Robusta Lampung

Sesuai dengan namanya, kopi semut robusta memiliki ukuran yang kecil. Kopi jenis ini memiliki karateristik yang tidak kalah unik dibandingkan dengan jenis-jenis kopi robusta lainnya. Biasanya orang-orang menikmati kopi ini dengan cara di campur menggunakan kopi jenis arabika.

Kopi Super Finest Robusta Lampung

Kopi super finest robusta memiliki ciri khas pada aromanya yang memiliki aroma campuran antara coklat dan rempah. Kopi ini juga memiliki rasa yang kuat, namun tidak begitu asam dibandingkan dengan kopi-kopi lainnya. Kopi super finest robusta memiliki harga jual yang beragam, mulai dari puluhan hingga ratusan ribu rupiah.

Kopi Robusta Jantan Lampung

Kopi ini biasa disebut juga dengan kopi lanang atau kultur coffee benas robusta Lampung. Bukan tanpa alasan kopi ini diberi nama kopi jantan. Dibalik namanya, kopi varian ini dipercaya dapat meningkatkan vitalitas para pria.

Berbeda dari biji kopi kebanyakan, biji kopi robusta jantan memiliki bentuk bulat tanpa ada belahan di tengahnya. Kopi robusta jantan memiliki kadar kafein yang cukup tinggi. Sama seperti kebanyakn kopi lainnya, kopi robusta jantan lampung memiliki aroma yang nikmat dan cita rasa yang kuat.

Kopi Lampung Robusta Grade ELB-350

Kopi robusta grade ELB-350 memiliki aroma yang unik dan terbilang segar. Kopi ini digadang-gadang merupakan salah satu kopi yang memiliki kualitas terbaik. Kopi robusta grade ELB-350 biasa dijual dalam bentuk biji maupun bubuk dengan harga yang terjangkau.

Rekomendasi  Arti Kata Naur, Istilah Slang Ngetrend di TikTok & Twitter

Kopi Robusta Jempol Lampung

Kopi ini biasa disebut kopi jempol. Kopi jempol bisa dibilang sebagai kopi yang lumayan popular di kalangan masyarakat. Selain karena rasanya yang kuat, kopi ini juga memiliki harga yang cukup terjangkau dengan kualitas yang tinggi.

Kopi Bubuk Lampung Kompas Dunia

Kopi Kompas dunia adalah salah satu kopi tertua di Lampung. Kopi ini mulai di produksi sejak tahun 1950 oleh petani-petani kopi yang keahlian tidak perlu di ragukan lagi. Hingga saat ini, kualitas dari kopi Kompas dunia tetap dijaga agar rasa dan aroma khasnya tidak berubah.

Itulah beberapa rekomendasi kopi Lampung terbaik yang bisa dicoba. Semoga membantu ya.