Kapan Pendaftaran Kartu Prakerjan Syarat & Cara Daftar

Kapan pendaftaran Kartu Prakerja? Simak informasi tanggal pendaftaran Kartu Prakerja 2023, beserta syarat dan cara daftarnya di artikel ini.

Pemerintah kembali membuka pendaftaran Kartu Prakerja di tahun 2023. Jadi jika kamu belum sempat untuk mendaftar, jangan sampai kelewatan untuk mendaftar program Kartu Prakerja yang akan dimulai di kuartal pertama tahun 2023.

Prakerja bertujuan mengembangkan kompetensi, meningkatkan produktivitas angkatan kerja, hingga mengembangkan kewirausahaan.

Selain itu, orang-orang yang terkena PHK juga bisa mendapatkan pelatihan di Prakerja yang sesuai dengan kebutuhan pasar.

Di tahun 2023, Kartu Prakerja dikabarkan akan menambah besaran insentif yang diterima oleh para peserta. Meski begitu, seiring menurunnya kasus Covid-19, pemerintah melakukan penyesuaian skema Kartu Prakerja dari yang awal semi bantuan sosial (bansos), menjadi skema normal di tahun 2023.

Tambah Anggaran Rp 5 Triliun Untuk Kartu Prakerja

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartanto mengungkapkan, bahwa program Kartu Prakerja 2023 akan berfokus kepada bantuan peningkatan kemampuan dan produktivitas angkatan kerja.

Hal itu berupa biaya pelatihan yang dilakukan secara langsung kepda peserta. Dan insentif pascapelatihan dengan berbagai pelatihan yakni skilling, reskilling, dan upskilling.

Di tahun 2023, pemerintah memberikan bantuan dalam program Kartu Prakerja sebesar Rp 3,55 juta per peserta. Dana tersebut terdiri dari biaya pelatihan sebesar Rp 1 juta, lalu insentif setelah pelatian sebesar Rp 2,4 juta. Dana tersebut diberikan sebanyak empat kali selama empat bulan yakni Rp 600 ribu per bulan dan Rp 150 ribu untuk insentif survei.

Airlangga Hartanto menyebut jika pemerintah akan menambah sebesar Rp 5 triliun dengan target 1,5 juta peserta.

Ia juga mengatakan jika pendaftaran Kartu Prakerja 2023 akan dilakukan secara offline, online, ataupun bauran. Dan memungkinkan penerima bantuan sosial dari Kemeterian Sosial, Bantuan Pelaku Usaha Mikro (BPUM) atau Bantuan Subsidi Upah untuk bisa menerima manfaat dari Program Kartu Prakerja.

Pendaftaran program Kartu Prakerja 2023 akan segera dibuka. Bagaimana syarat dan cara pendaftarannya? skda.co.id akan memberikan penjelasan di bawah ini.

Ini Syarat Pendaftaran Kartu Prakerja

Program Kartu Prakerja 2023 telah sampai pada Gelombang 48, yang akan diselenggarakan dengan skema normal fokus kepada pengembangan karir.

Sebelumnya program ini dilakukan dengan skema semi bantuan sosial. Sehingga pada saat itu, syarat peserta Kartu Prakerja tak boleh berstatus sebagai penerima bansos lain.

Kemungkinan besar syarat pendaftaran Kartu Prakerja 2023 Gelombang 48 akan diubah. Namun hingga kini, pihak terkait belum mengumumkan syarat terbaru untuk mendaftar program tersebut di website atau Instagram resminya.

Namun, skda.co.id akan memberikan syarat pendaftaran program Kartu Prakerja yang dilansir dari situs prakerja.go.id yang diunggah pada Januari 2023. Berikut syarat-syaratnya:

Berstatus WNI dengan usia minimal 18 tahun.

Tak sedang menjalani pendidikan formal.

Orang yang tengah mencari kerja, pekerja atau buruh yang membutuhkan kompetensi kerja atau yang terkena PHK, meliputi buruh yang dirumahkan dan pekerja bukan penerima upah. Termasuk pelaku usaha kecil dan mikro.

Bukan penerima bantuan sosial lain selama pandemi Covid-19.

Bukan pejabat negara, ASN, TNI, Polri, kepala desa dan perangkatnya, hingga pemimpin BUMN atau BUMD.

Dalam 1 KK hanya menerima maksimal 2 NIK untuk Penerima Kartu Prakerja.

Cara Daftar Kartu Prakerja: Buat Akun dan Daftar

skda.co.id akan memberikan cara mendaftar program Prakerja yang mudah dipahami. Berikut langkah-langkahnya:

Daftar Akun

Jika belum mendaftar Prakerja, kamu terlebih dahulu mendaftarkan akun ke website.

Masuk ke situs ini https://dashboard.prakerja.go.id/daftar.

Lalu masukkan email yang aktif dan password.

Kemudian pilih ‘Daftar’.

Buka email untuk memverikasi akun Prakerja yang telah dikirimkan.

Akun Prakerja mu selesai dibuat.

Langkah Pendaftaran Kartu Prakerja

Login di situs Prakerja dengan akun yang telah dibuat.

Setelah masuk ke Dashboard, verifikasi KTP dan pilih ‘Berikutnya’.

Lengkapi data diri dan unggah foto KTP dan berfoto dengan KTP.

Verifikasi telepon dan klik ‘Kirim’.

Lalu kamu akan menerima kode OTP melalui SMS.

Setelahnya lakukan isi deklarasi survey.

Wajib melakukan tes yakni Tes Kemampuan Dasar dan Tes Motivasi.

Setelah selesai baru bisa mengikuti seleksi batch. Kamu bisa memilih batch sesuai domisili dan yang diinginkan.

Setelah pendaftaran selesai, tinggal menunggu proses evaluasi pendaftaran kamu diterima atau tidak.

Cek Pengumuman Diterima Atau Tidak

Setelah mendaftar Prakerja, kamu hanya tinggal menunggu hasil pengumuman lolos atau tidak. Berikut langkah untuk mengetahui hasil pengumuman Prakerja.

Buka situs resmi Prakerja atau klik link ini prakerja.go.id.

Masukkan email dan password yang terdaftar.

Masukan angka verifikasi lalu klik ‘Masuk’.

Setelah masuk ke Dashboard Prakerja. Kamu bisa melihat gelombang yang sedang dibuka atau bisa megedit informasi akun di menu ‘Profil’.

Demikian, penjelasan mengenai kapan pendaftaran Kartu Prakerja beserta syarat dan cara mendaftarnya. Semoga membantu ya.


Rekomendasi

DMCA Protected