Penjelasan Rukun Islam Ada 5 Secara Lengkap Dan Dalilnya

Penjelasan Rukun Islam Ada 5 Secara Lengkap Dan Dalilnya
Penjelasan Rukun Islam Ada 5 Secara Lengkap Dan Dalilnya

Rukun Islam adalah lima kewajiban yang harus dipenuhi oleh setiap Muslim dalam hidupnya. Lima rukun Islam ini adalah syahadat, shalat, zakat, puasa, dan haji.

Tentunya sebagai ummat muslim terkait Rukun Islam sudah tidak lagi tabu, karena sedari kecil sudah diajarkan beberapa rukun islam.

Bahkan sebagian ummat muslim sudah melaksanakan rukun islam tersebut termasuk Haji yang diperuntukkan bagi muslim yang mampu melaksanakannya. Setidaknya dalam artikel ini penulis akan mengulas kembali terkait Rukun islam agar lebih paham dalam mengamalkan printah dari Allah SWT.

Rukun Islam Ada 5

Rosulullah SAW bersabda :

عَنْ أَبِيْ عَبْدِ الَّرحْمَنِ عَبْدِ اللهِ بْنِ عُمَرَ بْنِ الْخَطَّابِ رَضِيَ اللهِ عَنْهُمَا قَالَ : سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم يَقُوْلُ : بُنِيَ الإسْلاَمُ عَلَى خَمْسٍ : شَهَادَةِ أَنْ لاَإِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ وَإِقَامِ الصَّلاَةِ وَإِيْتَاءِ الزَّكَاةِ, وَحَجِّ الْبَيْتِ, وَصَوْمِ رَمَضَانَ. (رواه البخاري و مسلم)

Artinya :

Abu Abdurrahman Abdullah bin Umar bin Khaththab Radhiyallahu anhuma berkata : Aku pernah mendengar Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam  bersabda: “Islam dibangun atas lima pekara. (1) Persaksian bahwa tiada Tuhan selain Allah, dan Muhammad Rasul Allah, (2) mendirikan shalat, (3) mengeluarkan zakat, (4) melaksanakan ibadah haji, dan (5) berpuasa Ramadhan”. [HR Bukhari dan Muslim].

Jadi, Rukun Islam ada 5 Perkara diantaranya ialah :

  • Syahadat
  • Sholat
  • Zakat
  • Puasa
  • Haji

Meskipun sudah sering diperdengarkan terkait rukun islam, namun terkadang sering lupa untuk melaksanakannya. Padahal ini merupakan rukun islam digambarkan sebagai tiang agama.

Rekomendasi  Doa Rumah Baru Ditempati Sesuai Sunnah Arab, Latin & Artinya

Jika salah satu rukun tidak dikerjakan maka tiang tersebut tidaklah seimbang, sehingga agama Islam yang dianut belum sempurna. Simak dibawah ini 5 rukun islam hanya di skda.co.id.

Rukun Islam Yang Pertama Adalah Syahadat

Syahadat adalah penyaksian bahwa tidak ada tuhan selain Allah dan Muhammad adalah utusan Allah. Syahadat merupakan rukun Islam yang paling penting, karena merupakan kunci untuk menjadi seorang Muslim.

Dengan mengucapkan syahadat, seseorang secara resmi menjadi seorang Muslim. Syahadat juga menegaskan bahwa Allah adalah satu-satunya Tuhan yang harus disembah dan diikuti.

Yang perlu digaris bawahi ketika seseorang sudah bersyahadat berarti sudah memasrahkan dirinya kepada agama Islam. Sehingga wajib melaksanakan apa yang menjadi perintah dan meninggalakn apa yang dilarang.

Ibarat masuk sekolah ada peraturan-peraturan yang harus diikuti jika melanggar maka ada sangsi yang harus dipertanggung jawabkan. Sebaliknya jika patuh maka akan mendapatkan nilai lebih dari seorang guru atau sekolah tersebut.

Shalat

Shalat adalah rukun Islam yang kedua dan merupakan salah satu cara untuk beribadah kepada Allah. Shalat wajib dilakukan lima kali sehari pada waktu yang ditentukan, yaitu shubuh, dzuhur, ashar, maghrib, dan isya.

Kewajiban sholat ini juga merupakan pertunjukan seorang hamba kepada Allah SWT, bahwa syahadatnya tidaklah main-main. Sehingga ia akan tetap melaksanakan kewajiban sholat sesuai yang Allah perintahkan.

Shalat dapat dilakukan di masjid atau di tempat lain yang bersih. Selain itu, shalat juga memiliki manfaat kesehatan dan kejiwaan bagi individu yang melakukannya secara rutin.

Allah SWT perintahkan hambanya untuk melaksanakan sholat termaktub dalam FirmanNya :

اَقِمِ الصَّلٰوةَ لِدُلُوْكِ الشَّمْسِ اِلٰى غَسَقِ الَّيْلِ وَقُرْاٰنَ الْفَجْرِۗ اِنَّ قُرْاٰنَ الْفَجْرِ كَانَ مَشْهُوْدًا

Artinya :

Laksanakanlah salat sejak matahari tergelincir sampai gelapnya malam dan (laksanakan pula salat) Subuh. Sungguh, salat subuh itu disaksikan (oleh malaikat).

Rukun Islam Ke Tiga Adalah Zakat

Zakat adalah rukun Islam yang ketiga dan merupakan kewajiban memberikan sebagian harta kepada orang-orang yang membutuhkan. Zakat dihitung berdasarkan persentase dari harta yang dimiliki, dan dibayarkan setiap tahun.

Rekomendasi  Doa Anak Sakit Agar Cepat Sembuh Bahasa Arab Dan Artinya

Perintah untuk menunaikan zakat juga wajib setelah ummat muslim mengucapkan dua kalimat syahadat, sebagai bukti bahwa syahadat yang diucapkan adalah benar. Namun bedanya zakat diperuntukkan bagi muslim yang mampu melaksanakannya.

Jika mampu namun tidak dilaksanakan, maka mengotori syahadat, dan syahadat yang diikrarkan adalah bohong, dusta yakni berbohong dengan dirinya dan tuhannya.

Zakat memiliki manfaat sosial yang besar, karena membantu mengurangi kesenjangan sosial dan memberikan dukungan kepada mereka yang kurang beruntung.

Perintah zakat termaktub didalam Al-Qur’an surat At-taubah ayat 103 Allah SWT berfirman :

خُذْ مِنْ اَمْوَالِهِمْ صَدَقَةً تُطَهِّرُهُمْ وَتُزَكِّيْهِمْ بِهَا وَصَلِّ عَلَيْهِمْۗ اِنَّ صَلٰوتَكَ سَكَنٌ لَّهُمْۗ وَاللّٰهُ سَمِيْعٌ عَلِيْمٌ

Artinya :

Ambillah zakat dari harta mereka, guna membersihkan dan menyucikan mereka, dan berdoalah untuk mereka. Sesungguhnya doamu itu (menumbuhkan) ketenteraman jiwa bagi mereka. Allah Maha Mendengar, Maha Mengetahui.

Puasa

Puasa adalah rukun Islam yang keempat dan dilakukan pada bulan Ramadan, yang dimaksudkan adalah puasa wajib, bukan sunnah. Puasa berarti menahan diri dari makan, minum, dan aktivitas lain dari fajar hingga matahari terbenam.

Puasa wajib juga termasuk upaya untuk mempertahankan syahadat yang diikrarkan, sebagai bentuk penghambaan seorang muslim kepada Allah SWT. Bahkan puasa nilai ibadahnya berbeda dengan rukun yang lain.

Karena untuk penilaian langsung Allah SWT, disebabkan yang tahu seseorang tersebut puasa atau tidak adalah Allah SWT dan dirinya sendiri.

Selain daripada itu puasa juga mempunyai manfaat untuk kesehatan dan kejiwaan seseorang. Puasa juga melatih kesabaran, kedisiplinan, dan pengendalian diri.

Printah puasa wajib tercantum dalam Al-Quran surat Al-Baqoroh ayat : 183 Allah SWT berfirman :

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَۙ

Rekomendasi  Bacaan Doa Turun Hujan Lengkap Arab, Latin Dan Artinya

Artinya :

Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,

Rukun Islam Ke Lima Haji

Haji adalah rukun Islam yang kelima dan merupakan kewajiban bagi setiap Muslim yang mampu secara finansial dan fisik untuk melakukannya. Terlebih untuk saat ini biaya melaksanakan Haji tidaklah sedikit. Maka dari itu hanya diwajibkan bagi seorang muslim yang mampu saja.

Haji dilakukan setahun sekali pada bulan Dzulhijjah atau yang sering disebut dengan bulan haji dan merupakan perjalanan ke kota suci Mekah di Arab Saudi. Haji mempunyai manfaat spiritual yang besar, karena memberikan kesempatan bagi Muslim untuk memperdalam hubungan mereka dengan Allah.

Perintah haji tertulis didalm Al-Quran surat Al-Hajj ayat 27, Allah SWT berfirman :

وَأَذِّن فِى ٱلنَّاسِ بِٱلْحَجِّ يَأْتُوكَ رِجَالًا وَعَلَىٰ كُلِّ ضَامِرٍ يَأْتِينَ مِن كُلِّ فَجٍّ عَمِيقٍ

Artinya :

Dan berserulah kepada manusia untuk mengerjakan haji, niscaya mereka akan datang kepadamu dengan berjalan kaki, dan mengendarai unta yang kurus yang datang dari segenap penjuru yang jauh.

Penutup

Demikianlah ringkasan penjelasan terkait Rukun Islam yang ditulis dalam artikel skda.co.id. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan ummat muslim. yang menjadi dasar-dasar ajaran Islam.

Sekian dan demikian, Wallahu A’lam.