Resep Ayam Kecap Bumbu Ulek Yang Mudah Dan Sederhana

Resep Ayam Kecap Bumbu Ulek Yang Mudah Dan Sederhana
Resep Ayam Kecap Bumbu Ulek Yang Mudah Dan Sederhana


Resep Ayam Kecap
 – Ayam merupakan salah satu makanan yang tidak akan pernah salah untuk diolah menjadi apapun. Ayam sering kali ditemui olahannya. Selain harganya lumanyan murah, tentu saja alasan lainnya adalah karena rasanya enak.

Salah satu olahan ayam yang cocok dibuat adalah resep ayam kecap. Apalagi ketika sudah bosan dengan olahan itu itu saja. Ayam kecap merupakan salah satu solusi jika sudah bosen dengan olahan ayam tepung.

Apalagi jika stok ayam masih banyak di rumah. Rasanya yang manis, sedikit pedas dan guruh membuat olahan makanan ini paling membuat kanget masakan rumah. Ayam kecap ini juga cocok buat masakan ketika sedang ada hajatan.

Jadi buat kamu yang ingin tahu resep ayam kecap bisa simak pembahasan skda.co.id berikut ini.

Resep Ayam Kecap Sederhana Ala Rumahan

Olahan ayam merupakan salah satu jenis makanan yang sering menjadi olahan masakan. Ayam sendiri memang merupakan salah satu bahan makanan yang mudah mengolahnya menjadi apapun.

Selain itu tasanya pun tidak akan pernah salah. Ayam balado ayam geprek ayam goreng dan ayam kecap merupakan salah satu dari jenis olahan ayam yang sering kita temui. Kali ini akan membahas tutorial mengenai resep ayam kecap yang mudah dan juga sangat gampang untuk dibuat.

Ayam kecap sendiri merupakan salah satu jenis olahan ayam di mana pada umumnya ada pada acara hajatan. Memang olahan ayam kecap ini merupakan salah satu jenis hidangan yang memberikan kesan mewah.

Makanan ayam kecap ini biasanya hadir di acara besar tertentu di mana biasanya menunjukkan rasa syukur sehingga mengadakan sebuah acara. Tapi tentu saja ayam kecap pasti paling enak buatan ibu.

Rekomendasi  Spinner ID Adalah? Cek Penjelasan & Cara Penggunaan Disini!

Saat makan makanan itu pasti jadi teringat masakan yang sering dimakan saat kecil dulu. Ayam kecap memang makanan yang membawa nostalgia lama. Karena makanan satu ini juga sangat cocok untuk anak-anak terutama yang tidak suka pedas ataupun nemang belum terbiasa dengan makanan pedas.

Buat orang yang tak suka pedas tentu saja ayam kecap ini bisa jadi pilihan tepat untuk hidangan mereka. Apalagi tengah banyaknya musim ayam pedas, membuat bukan pencinta pedas aga kesulitan mencari makanan kesukaan.

Nah kali ini bisa coba ayam kecap saja sebagai refrensi ketika bingung mau olah ayam jadi apa. Untuk membuat hidangan satu ini sebenarnya mudah. Pastikan bahwa rempah-rempah yang perlu untuk membuat resep ayam kecap ini terpenuhi.

Jangan begitu pasti dapat buat resep ayam kecap ini dengan lebih sempurna dan seperti yang kita makan saat hajatan. Resep ayam kecap ini bisa untuk acara porsi kecil ataupun untuk acara besar lainnya.

Yang penting adalah takaranya sesuaikan saja terkait dengan anjuran dari resep di bawah ini. Resep ini bisa langsung praktekan saja dan dijamin rasanya pasti enak.

Bahan Resep Ayam Kecap

Setiap rumah biasanya memiliki cara sendiri dalam membuat acam kecap. Ayam kecap memang berbagai macam bumbunya. Ada yang bahkan menambahkan tomat dan bahan-bahan pelengkap lainnya.

Tapi tentu saja hal ini tidak wajib untuk dimasukan. Jadi hal yang terpenting adalah bumbu halusnya yang bisa mempengaruhi cita-rasa dari ayamnya nanti. Resep ayam kecap yang akan dibagikan imi merupakan ayam kecap yang seing dimakan saat ada acara sukuran ataupun acara hajatan berlangsung.

Jadi resep ini pasti sesuai dilidah semua orang. Bahan-bahannya tidak begitu banyak dan juga mudah untuk mendapatkan bahan untuk resep ini. Bahan untuk membuat resep ayam kecap kali ini hanya membutuhkan beberapa bumbu yang pastinya mudah untuk mendapatkannya di dapur ataupun tempat sekitar.

Rekomendasi  Resep Masakan Sehari Hari Agar Tidak Bosan (Praktis dan Enak)

Berikut ini bahan yang penting dalam membuat ayam kecap :

  • 800g ayam potong sesuai selara. Bisa potong dengan ukuran besar ataupun kecil. Namaun lebih baik untuk melakukannya dengan potongan kecil agar bumbu lebih meresap.
  • 5 siung bawang merah
  • 5 siuang bawang putih
  • 1 ruas jahe
  • 1 ruas laos atau lengkuas
  • Lada secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Penyedap secukupnya
  • Cabe ijo dan cabe merah iris tipis sebaagai tambahan dan juga emberikan rasa pedas
  • Kecap secukupnya
  • Bawang bombai iris tipis
  • 2 lembar daun salam
  • Pala

Bahan-bahan ini bisa langsung disiapkan agar bisa langsung bisa diproses untuk ketahapan selanjutnya. Bahan yang disebutkan sebelumnya ini ada beberapa yang tidsk wajib harus ada salah satunya adalah cabai dan bawang bombai.

Namun penambahan bahan Resep Ayam Kecap ini tentu saja akan berpengaruh dengan cita rasa dari masakan ayam kecap nantinya. Sehingga bisa masukannya sesuka hati bahan tambahannya agar sesuai dengan selera dan rasa yang pembaca mau.

Jika semua bahan telah siap maka bisa pindah ke tahap selanjutnya yaitu proses masak. Menyiapkan bahan masakan adalah hal yang paling penting. Hal ini bertujuan agar masakan menjadi lebih enak karena proses memasak jadi lebih cepat.

Berikut ini tahapan untuk proses selanjutnya.

Cara Buat Ayam Kecap Sederhana

Jika segala bahan telah siap maka tahap selanjutnya adalah memasak ayam kecapnya saja. Untuk mengolah ayam kecap cukup mudah. Kurang dari 1 jam ayam kecap pun dapat terhidang di atas meja makan.

Makanan itu bisa memiliki rasa yang enak karena bumbu yang kaya akan rasa. Untuk membuat Resep Ayam Kecap enak ala rumahan, maka bisa ikuti langkah-langkah berikut ini :

  • Pertama haluskan bumbu-bumbu yang sebelumnya sudah siap. Yaitu bawang putih, bawang merah, kemiri, jahe, laos dan bumbu yang perlu dihaluskan lainnya. Bisa di pakai blander saja.
  • Jika bumbu sudahdigiling sampai halus maka bisa hidupkan kompor untuk panaskan minyak sebagai tumisan.
  • Tumis bumbu halus dan masukan berbagai jenis bumbu lainnya seperti daun salam kedalam tumisan.
  • Tumis bumbu putih sampai matang. Biasanya jika bumbu sudah matang warnanya akan berubah dan tercium wangi yang harum dari bumbu yang sedang dimasak.
  • Jika sudah seperti itu maka bisa tambahkan kurang lebih seliter air atau secukupnya saja.
  • Masukkan ayam yang sudah sebelumnya telah tercuci dan juga dipotong.
  • Masukan cabai ijo dan cabai merah yang sudah siap sebelumnya.
  • Jangan lupa untuk asukan bawang bombai juga.
  • Setelah itu baru masukan kecap sesuai selera dan juga bumbu seperti garam, lada dan penyedap.
  • Jangan lupa untuk terus mengaduk gar tidak gosong dan juga bumbu menjadi rata pada ayam
  • Masak dengan api sedang sampai air menyusut dan mengkental.
  • Matikan kompor jika air sudah menysut sesuai yang dinginkan atau apabila ayam sudah keliatan masak.
  • Setelah itu maka ayam kecap ala rumahan siapa untuk disantap.
Rekomendasi  Tips Mencuci Pakaian Agar Warna Tidak Pudar dan Wangi