Resep Bolu Kukus Anti Gagal Dengan Takaran Sendok Walaupun Tanpa Mixer

Resep Bolu Kukus Anti Gagal –┬áKalo kamu belum punya oven di rumah tapi pengen bikin bolu, nih ada resep bolu kukus tanpa mixer yang bisa kamu coba. Bolu emang jadi salah satu kue favorit banyak orang, dari yang udah tua, remaja, sampe anak-anak.

Bolu ada dua jenis, bolu panggang sama bolu kukus. Sekarang ini ada banyak inovasi dalam bikin kue bolu yang pastinya bikin penasaran, entah itu mau nyobain atau bikin sendiri.

Nah, kali ini di skda.co.id kita mau bahas resep bolu kukus yang super simpel, bahkan tanpa pake mixer. Jadi kamu bisa langsung praktikin di rumah tanpa ada kesulitan. Yuk, cek beberapa resepnya di bawah ini.

Resep Bolu Kukus Tanpa Mixer Anti Gagal Dan Sederhana

Resep Bolu Kukus Tanpa Mixer Anti Gagal Dan Sederhana
Resep Bolu Kukus Tanpa Mixer Anti Gagal Dan Sederhana

Sekarang udah gampang banget dapetin bolu, bro. Banyak toko kue yang jual bolu ini. Tapi, kalo kamu pengen makan bolu yang dibikin sendiri, bisa langsung aja bikin sendiri, gampang kok.

Buat bolu, terutama bolu kukus seperti yang bakal kita bahas sekarang, gampang banget. Gak perlu mixer atau oven, udah bisa bikin bolu enak dan lezat. Lebih dari itu, bisa jadi favorit keluarga di rumah, deh.

Nih, biar lebih gampang lagi, kita kasih beberapa resep bolu kukus, mulai dari yang pake pisang sampe yang bikin coklat meleleh. Langsung aja nih, resep bolu kukus tanpa mixer yang gampang dan simpel.

Resep Bolu Pisang Kukus yang Gampang Pake Sendok

Pertama, kita punya resep bolu kukus yang pake pisang. Pastinya buat penggemar pisang bakal senang banget nyoba resep ini. Bahkan orang yang gak terlalu suka pisang aja bakal suka sama bolu pisang ini.

Makanya, banyak yang jadi pilihan bolu pisang kukus ini buat orang yang gak terlalu doyan pisang biar bisa makan pisang. Kalo gitu, langsung liat bahan dan cara bikin bolu pisang kukus pake takaran sendok ini.

Bahan-Bahan Buat Bolu Pisang Kukus

Yang mau bikin bolu pisang kukus, langsung aja siapin bahan-bahannya, gampang kok carinya di toko kue atau pasar swalayan. Ini dia bahan-bahan bikin bolu pisang kukus.

Bahan pertama :

  • Gula merah 1 sendok makan.
  • Pisang raja matang 250 gram.
  • Soda kue 1 sendok teh.

Bahan kedua :

  • Tepung protein rendah 100 gram.

Bahan ketiga :

  • Minyak sayur 2 sendok makan.
  • Santan kental 5 sendok makan.

Cara Buat Bolu Pisang Kukus

Cara Buat Bolu Pisang Kukus
Cara Buat Bolu Pisang Kukus

Cara buatnya juga gampang banget, bro. Jadi, simak langkah-langkah bikin bolu pisang kukus yang simpel dan gampang di bawah ini.

  1. Siapin wadah, campur semua bahan pertama. Halusin pisang pake garpu.
  2. Ayak bahan kedua biar halus. Kalo udah, tuang ke wadah bahan pertama yang telah dihaluskan.
  3. Kalo udah semua tercampur rata, tambahin bahan ketiga dan aduk sampe adonannya rata.
  4. Pake loyang ukuran 10×7 cm, olesi loyangnya pake margarin.
  5. Trus, tuang adonan ke dalam loyang, ratain sampe merata, dan biarin 15 menit.
  6. Setelah 15 menit, kukus bolu pisang selama 25-35 menit dengan api kecil-sedang.
  7. Angkat kalo udah mateng dan tunggu sampe dingin. Bolu pisang kukus siap disajikan.

Selain bolu pisang kukus, kita masih punya satu resep lagi, yaitu bolu coklat kukus meleleh. Pasti banyak yang suka bolu kukus coklat ini, soalnya lelehnya coklatnya bikin ngiler banget. Terutama anak-anak pasti doyan banget sama rasanya.

Buat bolu coklat kukus meleleh ini, gampang banget, bro. Kalo penasaran, langsung aja simak cara bikinnya dan bahan-bahannya yang harus kamu siapin.

Bahan-Bahan Bikin Bolu Coklat Kukus Meleleh

Buat bolu coklat kukus meleleh ini emang gampang banget dan bahan-bahannya juga simpel. Tapi, ada dua jenis bahan yang harus kamu siapin, satu buat bolunya dan satu lagi buat saus coklat melelehnya. Cek bahan-bahannya di bawah ini.

Bahan Saus Coklat Meleleh :

  • Coklat bubuk 25 gram.
  • Susu kental manis 60 gram.
  • Susu cair full cream 60 gram.
  • Minyak sayur 1 sendok teh.
  • Larutan maizena dengan air secukupnya.

Bahan Bolu :

  • Tepung terigu protein rendah 50 gram.
  • Salted butter 90 gram.
  • Telur 1 butir.
  • Soda kue 1/4 sendok teh.
  • Susu cair full cream 100 gram.
  • Essens vanilla 1/2 sendok teh.
  • Gula pasir halus 100 gram.
  • Coklat bubuk 25 gram.
  • Soda kue 1/4 sendok teh.

Cara Buat Bolu Coklat Kukus Meleleh

Cara Buat Bolu Coklat Kukus Meleleh
Cara Buat Bolu Coklat Kukus Meleleh

Setelah siapin semua bahan-bahannya, sekarang bisa langsung bikin bolu coklat kukus meleleh yang enak dan lezat. Ini dia cara membuatnya.

  1. Masak sebentar butter, susu cair, dan gula pake api kecil. Cukup sampe gula meleleh aja, jangan sampe mendidih.
  2. Trus, kocok essens vanilla sama telur sampe rata. Kalo udah, tuang ke cairan yang dimasak tadi. Aduk pake whisk.
  3. Setelah semua tercampur rata, tambahin soda kue, coklat bubuk, tepung terigu, dan baking powder yang udah diayak. Aduk lagi sampe semuanya tercampur rata.
  4. Tuang adonan ke dalam loyang dengan diameter 16 cm.
  5. Terus kukus adonan selama 30 menit.
  6. Kalo udah mateng, buat saus coklat dengan cara masak semua bahan saus coklat, kecuali maizena yang udah dilarutin sama air. Aduk terus sampe dapet tekstur kental yang diinginkan.
  7. Kalo udah mateng, langsung tuang saus coklatnya ke atas bolu coklatnya.
  8. Selesai!

Nah, udah pada tahu cara bikin bolu kukus tanpa mixer yang ada di atas. Yang mana resep yang paling kamu suka?


Rekomendasi

DMCA Protected