Serdos: Tempat, Jadwal, dan Biaya Tes

Bagi dosen yang tahun ini akan mengikuti sertifikasi dosen atau serdos, maka wajib mengikuti TKDA serdos terlebih dahulu. Selain itu, juga wajib mengikuti TKBI dimana keduanya merupakan syarat mutlak untuk ikut serdos. 

TKDA tidak bisa diikuti dosen di sembarang universitas maupun organisasi profesi. Melainkan diikuti oleh lembaga penyelenggara yang diakui Kemendikbud Ristek sekaligus wajib memenuhi nilai ambang batas sebagai skor minimal. Berikut informasinya. 

Skor Ambang Batas (Passing Grade) Tes Kemampuan Dasar Akademik (TKDA)

Membahas mengenai serdos memang akan membahas juga mengenai TKDA serdos maupun TKBI. Pasalnya, dua jenis tes kemampuan dasar ini memang menjadi syarat untuk bisa menjadi peserta serdos. 

Terkait TKDA (Tes Kemampuan Dasar Akademik), dosen yang menjadi calon peserta serdos wajib mengikuti tes tersebut. Catatan tambahan lainnya adalah diikuti di lembaga penyelenggara yang diakui Kemendikbud Ristek sekaligus memenuhi skor ambang batas. 

Skor ambang batas adalah skor minimal yang harus diraih. Artinya, ketika dosen mengikuti TKDA dan skor yang didapatkan di bawah ambang batas yang ditetapkan. Maka mau tidak mau dosen harus mengulang sampai memenuhi skor ambang batas tersebut. 

Lalu, berapa skor ambang batas untuk TKDA serdos? TKDA (Tes Kemampuan Dasar Akademik) untuk keperluan sertifikasi dosen memiliki skor ambang batas sebesar 530 poin. Skor ini sifatnya sama untuk seluruh lembaga penyelenggara yang mencakup universitas dan organisasi profesi tertentu. 

Sehingga, berbeda dengan TKBI dimana skor ambang batas antara satu lembaga penyelenggara dengan lembaga lainnya berbeda. Selain itu, jenis tes yang berbeda juga ditetapkan memiliki skor ambang batas yang berbeda pula. 

Daftar Perguruan Tinggi Penyelenggara TKDA

Sebagaimana yang dijelaskan sekilas di awal, dosen tidak bisa mengikuti TKDA di sembarang tempat. Wajib diikuti di lembaga penyelenggara yang sudah diakui oleh Kemendikbud Ristek karena terbukti sudah memenuhi sejumlah standar. 

Penyelenggara TKDA serdos sendiri mencakup beberapa perguruan tinggi atau universitas di Indonesia sekaligus beberapa organisasi profesi. Berikut adalah daftar perguruan tinggi yang menjadi penyelenggara resmi: 

  • Universitas Airlangga
  • Universitas Gadjah Mada
  • Universitas Indonesia
  • Universitas Padjajaran
  • Universitas Negeri Jakarta

Skor ambang batas TKDA di semua penyelanggara diatas sebesar 530 poin. Selain ada daftar perguruan tinggi, TKDA juga bisa diikuti dosen di organisasi profesi yang diakui Kemendikbud Ristek. Himpsi (Himpunan Psikolog Indonesia) menjadi satu-satunya lembaga penyelenggara resmi dari kategori organisasi profesi. 

Lalu, bagaimana jika lokasi tempat tinggal dosen dengan lembaga penyelenggara jauh? Tidak perlu cemas, karena kebanyakan lembaga penyelenggara menggelar TKDA maupun TKBI secara online. Sehingga bisa dijadikan pilihan agar menghemat waktu, biaya, dan tenaga. 

Jadwal TKDA Serdos 2023

Tahun ini ingin mengikuti TKDA serdos sebagai upaya menjadi eligible dalam serdos 2023? Jika iya, maka berikut beberapa daftar penyelenggara resmi yang membuka pendaftaran untuk TKDA: 

1. TKDA UGM (online)

Perguruan tinggi penyelenggara TKDA resmi yang pertama adalah UGM (Universitas Gadjah Mada). TKDA yang diselenggarakan secara daring atau online dengan ketentuan sebagai berikut:

a. Biaya dan Jadwal Tes

Biaya TKDA di UGM adalah Rp 350.000 sebagaimana yang disebutkan sebelumnya. Sementara untuk jadwal tes, terdapat dua gelombang yakni pada tanggal 14 April 2023 dan pendaftaran dibuka 20 Maret 2023 pukul 10.00 WIB. 

Kemudian TKDA pada tanggal 12 Mei 2023 dimana pendaftaran sudah dibuka mulai 4 Mei 2023 pada pukul 15.00 WIB. Info lebih lanjut bisa mengunjungi laman TKDA UPAP Psikologi UGM. 

b. Persyaratan Peserta

  1. Dosen aktif di Perguruan Tinggi di Indonesia
  2. Hendak mengikuti TKDA untuk tujuan Sertifikasi Dosen atau pengurusan NIP/NIK
  3. Memiliki kemampuan untuk menjalankan komputer dengan terampil dan tidak memiliki hambatan penglihatan (calon peserta dengan disabilitas akan diberikan perlakuan tersendiri)
  4. Mampu menyediakan perangkat sesuai kriteria yang ditentukan.
  5. Dalam dua minggu terakhir maupun ke depan belum mengikuti TKDA UGM

c. Hal yang Wajib Disiapkan Peserta

  1. Menyediakan perangkat komputer (PC/laptop) dengan spesifikasi sebagai berikut:
    • ukuran layar monitor minimal 12″,
    • minimal processor dual core 1GHz dan RAM 4GB,
    • sistem operasi Windows (minimal OS Windows 8),
    • memiliki fasilitas audio dan video webcam yang dapat berfungsi dengan baik,
    • memiliki program browser internet (Firefox),
    • mematikan antivirus dan update otomatis sistem Windows pada saat pelaksanaan. 
  1. Peserta tidak diperkenankan menggunakan perangkat dengan sistem operasi selain Windows (termasuk Mac/iOS)
  2. Memiliki akses internet yang lancar dan stabil minimal 4G/10Mbps.
  3. Menyediakan kuota internet yang cukup (minimal 3GB) atau mengakses wifi dari penyedia layanan (provider) yang lancar dan stabil.
  4. Menyediakan telepon pintar yang sudah terinstal aplikasi Whatsapp (WA) sebagai media komunikasi dengan panitia.
  5. Menyediakan meja-kursi dengan latar belakang tembok dengan jarak tidak lebih dari 2 meter.
  6. Meja harus dibersihkan dari barang-barang selain laptop dan alat tulis (pena/pensil dan kertas)
  7. Ruangan tes harus memiliki atau mendapatkan sinar yang terang.
  8. Tersedia UPS (PC) atau pastikan baterai laptop dalam kondisi baik sebagai antisipasi apabila terjadi mati listrik.
  9. Pastikan laptop terhubung dengan daya selama pelaksanaan tes berlangsung.

d. Prosedur Pendaftaran

Pendaftaran TKDA serdos di UGM dimulai dengan melakukan pembayaran sebesar Rp 350.000 melalui rekening BNI dengan menyebutkan kode transfer host to host: 4343 diikuti tanggal lahir calon peserta dengan format ddmmyyyy,

Selanjutnya, adalah melakukan pendaftaran online di laman TKDA UPAP Psikologi UGM. Apabila baru melakukan pembayaran dan belum mendaftar online maka belum tercatat sebagai peserta TKDA. 

2. TKDA Unair (online)

Penyelenggara TKDA serdos berikutnya adalah Unair (Universitas Airlangga) yang menyelenggarakan tes secara daring atau online. Berikut informasi lengkapnya: 

a. Biaya dan Jadwal Tes

Sedangkan untuk biaya, Unair menetapkan Rp 350.000 per peserta yang pembayarannya akan diikuti kode bayar di nominal paling belakang. Sementara untuk jadwal tes, pihak Unair belum merilis jadwal. 

Hanya saja disarankan untuk segera melakukan pendaftaran, karena jadwal pelaksanaan TKDA serdos akan diumumkan melalui email para peserta tes. Info lebih bisa mengunjungi laman ACAT Psikologi Unair.

b. Persyaratan Peserta dan Kebutuhan Tes secara Daring

  1. Ruangan yang tenang dan nyaman untuk melakukan ujian, serta dengan pencahayaan yang cukup
  2. Komputer jinjing (laptop). Anda hanya diperkenankan untuk mengikuti ujian melalui laptop, bukan dari piranti lainnya
  3. Sistem operasi yang digunakan setidaknya Windows 10 (sistem operasi macintosh/linux tidak dapat digunakan dalam tes ini)
  4. Piranti keras lainnya yang harus dipastikan dapat berfungsi dengan baik
    • Web camera
    • Microphone
    • Audio speaker (bisa berupa headphones atau earphones)
  5. Jaringan internet yang stabil, dengan minimal kecepatan 2 (dua) Mbps (upload dan download)
  6. Aplikasi-aplikasi yang dibutuhkan dalam tes (lihat bagian persiapan)
  7. Anda dapat memastikan fungsionalitas Web camera, Microphone dan Audio speaker anda dengan melakukan pengecekan di WebRTC Samples.
  8. Untuk pengecekan koneksi ke server ACAT silakan klik : Speed Test Unair.

c. Prosedur Ketetapan Pelaksanaan TKDA

  1. Peserta harus masuk ke aplikasi ACAT dan zoom (online meeting conference) maksimal 15 menit sebelum jadwal ujian dimulai
  2. Peserta harus sudah melakukan instalasi perangkat dan aplikasi yang dipersyaratkan oleh panitia. Peserta yang belum menginstall akan dikeluarkan dari partisipasi pada hari/sesi itu dan dinyatakan diskualifikasi
  3. Selama mengerjakan tes. Peserta menghadap ke layar monitor dengan posisi sesuai dengan aturan (100 persen wajah dan bahu tampak terlihat di layar monitor)
  4. Selama pengerjaan tes, peserta harus tetap mengaktifkan video camera (webcam) dan microphone
  5. Jika terjadi putus koneksi internet yang terjadi pada server maka panitia akan mengulangi proses pelaksanaan ACAT setelah koneksi tersambung
  6. Jika terjadi putus koneksi dan mati webcam terjadi pada peserta maka tester akan memutuskan apakah peserta diperbolehkan melanjutkan tes yang sudah dilaksanakan atau tidak, berdasarkan informasi dan data dari Admin IT
  7. Peserta wajib terhubung dengan panitia melalui zoom (online meeting conference) mulai dari proses verifikasi data sampai dengan selesai pengerjaan tes
  8. Peserta yang tidak hadir dalam zoom (online meeting conference), dan tidak melalui proses verifikasi data dinyatakan didiskualifikasi
  9. Peserta yang mengalami kendala teknis saat pelaksanaan telah dimulai dan tidak dapat diselesaikan, maka dinyatakan didiskualifikasi
  10. Tes akan diawali bersama-sama, peserta diwajibkan mengikuti arahan dari tester, dalam setiap tahapan tes

d. Prosedur Pendaftaran

  1. Mendaftar online di laman Registrasi ACAT Psikologi Unair.
  2. Menyiapkan dokumen softcopy (file) berupa scan KTP dan pas photo berwarna ukuran 4 x 6 file format JPG dengan ukuran file maksimal 2 MB dengan ketentuan:
    • Laki-laki warna latar Biru 
    • Perempuan warna latar Merah
  3. Mengisi data pendaftaran serta mengupload file scan KTP
  4. Memilih jadwal yang tersedia
  5. Setelah mendaftar online, anda akan mendapatkan email yang berisi informasi:
    • Akun peserta ACAT
    • Link download petunjuk pelaksanaan tes
    • Prosedur pembayaran (no. rekening dan jumlah yang harus dibayarkan, pastikan anda membayar sesuai sampai pada tiga digit terakhir).
  6. Akun peserta ACAT digunakan untuk login (Peserta ACAT Psikologi Unair) ketika akan melakukan update data diri, meng-upload bukti pembayaran dan Surat Pernyataan yang telah Anda tanda tangani
  7. Download petunjuk pelaksanaan tes, pelajari dan ikuti petunjuknya
  8. Install aplikasi tes di komputer jinjing atau laptop (windows 10) anda dan pastikan aplikasi tersebut bisa beroperasi dengan baik
  9. Lakukan pembayaran (melalui Bank/ATM/Internet banking/Mobile banking/Dompet elektronik) dan upload bukti pembayaran. Anda diberikan batas waktu melakukan pembayaran selama 3 jam dari waktu mendaftar. Jika melebihi dari batas waktu tersebut Anda belum mengupload bukti pembayaran, maka pendaftaran Anda dibatalkan secara otomatis oleh sistem (akun dinonaktifkan) dan Anda diharuskan melakukan proses pendaftaran dari awal lagi
  10. Upload Surat Pernyataan yang telah Anda tanda tangani
  11. Jadwal tes yang telah Anda pilih tidak dapat diubah dengan alasan apapun
  12. Cetak kartu peserta ACAT Anda untuk memudahkan pada saat pelaksanaan tes
  13. Cek kembali jadwal pelaksanaan ACAT dan sesuaikan dengan zona waktu tempat Anda berada
  14. Mohon siap paling lambat 30 menit sebelum pelaksanaan tes dengan menyiapkan kartu peserta yang telah Anda cetak
  15. Setiap sesi tes akan diawasi melalui aplikasi online meeting. Satu orang pengawas akan mengawasi ± 20 orang peserta tes
  16. Peserta yang tidak mengikuti tes sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan tidak dapat menarik kembali pembayaran yang telah dilakukan. 

3. TKDA Unpad (online)

Penyelenggara TKDA serdos yang ketiga adalah Unpad (Universitas Padjadjaran) yang diselenggarakan secara online. Berikut informasi lengkapnya: 

a. Biaya dan Jadwal Tes

Mengenai biaya, pihak Unpad tidak mempublikasikan atau kemungkinan memang belum dirilis. Namun, jika dilihat dari buku panduan calon peserta diminta mendaftar dan akan dijelaskan besaran biaya pendaftarannya berapa saat konfirmasi. Adapun jadwal tes terdapat 3 waktu, yaitu: 

Tanggal Pendaftaran Tanggal Tes 
1 Maret 2023 (pkl 13.00 WIB) s.d 11 Maret 2023 (pkl 18.00 WIB)Selasa, 14 Maret 2023 (09.00 WIB – Selesai)
1 Maret 2023 (pkl 13.00 WIB) s.d 18 Maret 2023 (pkl 18.00 WIB)Selasa, 21 Maret 2023 (09.00 WIB – Selesai)
20 Maret 2023 (pkl 13.00 WIB) s.d 25 Maret 2023 (pkl 18.00 WIB)Selasa, 28 Maret 2023 (09.00 WIB – Selesai)

Info lebih lanjut dan mendetail mengenai penyelenggaraan TKDA serdos di Unpad bisa mengunjungi laman berikut TKA PIP Unpad. 

b. Hal yang Wajib Disiapkan Peserta

  1. Koneksi internet yang stabil selama melakukan pendaftaran maupun selama menjalani proses tes untuk menghindari adanya permasalahan teknis. Mengingat pendaftaran dan tes akan dilakukan di lokasi masing-masing peserta, maka hal-hal yang terkait dengan koneksi internet akan menjadi tanggung jawab peserta sepenuhnya.
  2. Hanya menggunakan perangkat berupa laptop atau desktop dengan sistem operasi Windows (tidak bisa menggunakan sistem operasi IOS / Macbook) dengan layar berukuran minimal 13 inch dan memiliki fasilitas camera, microphone dan speaker yang berfungsi dan aktif selama proses tes berlangsung. Tidak diperkenankan menggunakan perangkat selain yang telah disebutkan.
  3. Sebelum tes, peserta wajib untuk mengunduh, membaca, serta memahami Petunjuk Pelaksanaan Tes terbaru yang filenya dapat diunduh melalui laman TKA PIP Unpad. 

c. Prosedur Pendaftaran

  1. Login sesuai dengan alamat email dan password pada akun yang telah dibuat.
  2. Persiapkan dokumen softcopy (file) berupa scan KTP dan pas foto dalam format JPEG berukuran maksimal 2MB.
  3. Mengisi data pendaftaran dan meng-upload scan KTP dan Pas Foto berwarna dalam format JPEG.
  4. Setelah berhasil melakukan pendaftaran, silahkan melihat status pendaftaran anda pada laman STATUS PENDAFTARAN serta mengunduh Nomor Tagihan dan Informed Consent pada laman DOWNLOAD.
  5. Lakukan pembayaran sesuai dengan petunjuk, kemudian lakukan konfirmasi pembayaran dan upload Informed Consent yang telah diisi dan ditandatangani maksimal 1 (satu) hari setelah mendapatkan Nomor Tagihan. Informed Consent harus di¬upload dalam bentuk JPEG.
  6. Pembayaran akan terverifikasi 2 (dua) hari setelah anda melakukan konfirmasi pembayaran dan mengupload Informed Consent yang telah diisi dan ditandatangani.
  7. Setelah semua telah terverifikasi, silahkan menunggu email berisi Petunjuk Teknis dan Link Tesnya yang akan kami kirimkan paling lambat 2 (dua) hari sebelum pelaksanaan TKA.
  8. Peserta wajib mengunduh dan membaca Petunjuk Teknis Pelaksanaan Tes dan Tata Tertib Pelaksanaan TKA dengan seksama. Anda dapat mengunduh Petunjuk Teknis Pelaksanaan Tes. 
  9. Peserta hanya dapat mendaftarkan diri dan mengikuti tes sebanyak sebanyak 1 (satu) kali untuk periode tes saat ini (Mengikuti periode/gelombang pendaftaran SMUP).
  10. Peserta yang mendaftarkan dua kali pada periode yang sama tidak diperkenankan untuk mengikuti tes kedua dan tidak dapat menarik pembayaran yang telah dilakukan.
  11. Pendaftaran akan ditutup 3 (tiga) hari sebelum tanggal tes dilaksanakan.
  12. Pastikan anda memeriksa kembali jadwal tes anda dan sesuaikan dengan zona waktu tempat anda berada.
  13. Mohon persiapkan diri anda paling lambat 30 menit sebelum waktu tes dimulai. Pastikan anda dapat menunjukkan kartu identitas (KTP atau SIM) yang anda gunakan ketika melakukan pendaftaran.
  14. Peserta hanya dapat mengikuti tes sesuai dengan jadwal yang sudah dipilih pada waktu pendaftaran. Peserta yang tidak mengikuti tes sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan tidak dapat menarik kembali pembayaran yang telah dilakukan.
  15. Info lebih lanjut silahkan email ke alamat : [email protected] dengan subjek email : INFO TKA

Rekomendasi

DMCA Protected