Ukuran Kertas F4 Dalam Inci, Pixel, MM, Word, A4 (Lengkap)

Materi Pendidikan Sekolah

Ukuran kertas yang paling populer dalam pembuatan dokumen adalah ukuran A4. Namun dalam beberapa kondisi, tak jarang dokumen dibuat dalam ukuran kertas F4. Biasanya ukuran kertas ini digunakan untuk salinan ijazah dan dokumen penting lainnya.

Di samping itu, kertas F4 juga digunakan untuk mencetak foto dan dokumen melalui aplikasi Microsoft Word atau Microsoft Excel. Pengaturan awal untuk aplikasi ini biasanya adalah kertas A4. Nah, sebelum mencetak dokumen dengan ukuran F4, kamu harus pastikan atau atur terlebih dahulu ukuran kertasnya.

Ukuran tersebut bisa dalam inch, cm, mm, dan masih banyak lagi. Tekstur kertas F4 kurang lebih sama dengan kertas lainnya sehingga perbedaan hanya terletak pada ukurannya saja. Selengkapnya terkait kertas F4 bisa disimak melalui penjelasan di bawah ini. 

Apa itu Ukuran Kertas F4?

Sebelum membahas lebih jauh terkait pengaturan dan penerapannya dalam aplikasi pembuatan dokumen, kamu harus tahu dulu pengertian dari kertas dengan ukuran tersebut. kertas berukuran F4 maksudnya adalah kertas dengan ukuran folio.

Kertas ini mempunyai ukuran yang lebih besar daripada kertas A4. Kertas berukuran F4 dapat dinyatakan dalam satuan inch (8,27 inch x 13,0 inch), satuan cm (21 cm x 33 cm), satuan mm (210 mm x 330 mm), dan pixel (793,7 pixel – 1247,2 pixel).

Ukuran kertas ini tidak termasuk ke dalam standar ukuran kertas di Asia Tenggara. Hal ini disebabkan karena ukurannya yang merupakan ukuran peralihan dari kertas A4. Dapat dilihat pada ukuran kertas A4 (210 mm) terpendek dan ukuran kertas foolscap (330 mm).

Biasa digunakan untuk hasil pembuatan desain grafis, kertas ini bisa diatur menggunakan perhitungan konfigurasi DPI atau dots per inch (titik per inci). Konfigurasi DPI menyatakan jumlah titik warna pada setiap inci yang ada, jika semakin padat jumlah titik di setiap inci maka pewarnaannya akan semakin detail.

Dalam beberapa software atau perangkat lunak banyak menggunakan titik warna yang disebut dengan pixel. Dokumen F4 dalam seperti buku, majalah, skripsi, surat, buku gambar, cetak foto hingga pemetaan menggunakan perhitungan DPI ini saat akan mencetak dokumen tersebut.

Ukuran Kertas F4 Secara Umum

Menurut standar ISO 2016, kertas yang berukuran F4 ini mempunyai ukuran yang lebih panjang dari A4 dan dapat dinyatakan dalam beberapa macam satuan seperti inci, cm, mm dan pixel.

  1. Menurut ukuran inci (inch), kertas F4 mempunyai panjang dan lebar kertas 8,27 inci x 12,99 inci
  2. Sedangkan dalam satuan cm (centimeter), kertas F4 memiliki panjang dan lebar pada ukuran 21 cm x 33 cm
  3. Pada ukuran mm (millimeter), kertas F4 berukuran panjang dan lebar sebesar 210 mm x 330 mm.
  4. Terakhir, untuk satuan pixel, ukuran kertas ini ditentukan berdasarkan konfigurasi DPI seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. DPI yang menyatakan banyaknya titik warna dalam setiap inci menjelaskan ukuran untuk kertas F4 sebagai berikut.
  • 72 DPI, maka kertas F4 berukuran 595 x 935 pixel
  • 96 DPI, maka kertas F4 berukuran 793 x 1247 pixel
  • 150 DPI, maka kertas F4 berukuran 1240 x 1948 pixel
  • 300 DPI, maka kertas F4 berukuran 2481 x 3897 pixel

Ukuran pixel ini dapat dipakai pada aplikasi atau software desain grafis yang menyediakan pencetakan kertas dalam ukuran F4. Biasanya untuk mencetak majalah, dokumen penting kantor, gambar, buletin dan dokumen lainnya.

Ukuran Kertas F4 dalam Aplikasi

Setiap aplikasi atau biasa disebut dengan software atau perangkat lunak yang menyediakan fitur pencetakan dokumen mempunyai pengaturan tersendiri dalam ukuran kertas ini. Untuk itu harus diketahui bagaimana kertas ukuran F4 ini dalam setiap aplikasi.

1. Ukuran Kertas F4 Aplikasi Word

Aplikasi word menyediakan pencetakan dokumen dalam ukuran F4. Ukuran kertas ini disediakan dalam satuan inci dan ditampilkan dalam bentuk 8.5” x 13”. Jika tidak ada pilihan ukuran kertas seperti ini, maka kamu harus mengatur sendiri ukuran kertas tersebut.

Caranya dengan menggunakan fitur Custom Size Paper. Langkahnya bisa ikuti cara di bawah ini.

  1. Setelah memilih fitur Custom Size Paper, klik atau pilih Page dan tekan tombol Options di bagian pojok kanan bawah dan akan diarahkan ke menu Printer Properties
  2. Lalu pilih Pengesetan Cepat dan tekan bagian Ukuran Kertas Pencetak, lalu pilih Sesuaikan.
  3. Nantinya kamu akan diminta untuk mengisi keterangan kertas dengan ukuran F4 dalam satuan inci 8.5” x 13”. Apabila langkah ini sudah dikerjakan, maka pencetakan dokumen F4 sudah bisa dilakukan.

Selain itu, jangan lupa disimpan dokumen yang sudah diatur ukuran kertasnya. Setelah kertas tersebut diatur ukurannya, kamu tidak perlu khawatir ukuran kertas akan akan berubah seperti semula, karena pengaturan tersebut sudah langsung disimpan dalam sistem dokumen tersebut. 

Pada aplikasi Microsoft Word atau Word, ukuran kertas yang disediakan sangat bervariasi. Mulai dari ukuran letter atau surat, tabloid, legal, executive, kertas A3, kertas B4 dan kertas A4. Untuk pengaturan F4 biasanya diatur secara manual seperti yang dijelaskan di atas.

2. Ukuran Kertas F4 di Excel

Selanjutnya adalah pencetakan dan pengaturan kertas berukuran F4 dalam aplikasi Microsoft Excel. Hampir sama dengan Word, mengubah ukuran kertas menjadi F4 juga dilakukan secara manual karena tidak terdapat pilihan kertas F4.

Cara mengatur ukuran kertas menjadi F4 dalam Microsoft Excel adalah:

  1. Pada menu tools, pilih fitur Page Layout, kemudian tekan tombol Page Setup dan pilih Options.
  2. Lalu klik Custom dan pilih Paper size. Dalam menu paper size pilih custom dan isikan bagian yang akan diubah pada ukuran kertas menjadi F4.
  3. Lalu pilih satuan mm. Nah, pada kolom ukuran kertas, isikan ukuran kertas yang digunakan yakni 210 pada bagian Width dan 330 pada kolom Height. 
  4. Kemudian klik OK. Jangan lupa pastikan Printer Properties pada bagian Printer Paper Size sudah tertulis Custom.

Hal ini menandakan bahwa ukuran kertas sudah berhasil diubah dan dokumen siap untuk dicetak. Lalu pilih menu OK dan pada Page Setup di bagian Paper size terlihat kosong. Ini juga sebagai isyarat bahwa pengubahan ukuran kertas dilakukan secara manual. Terakhir, klik menu OK yang muncul.

Jika semua langkah sudah dilakukan dan pada saat akan mencetak ukuran kertas F4 sudah dalam posisi Custom, maka ukuran dokumen sudah aman dan bisa dicetak langsung. Kamu tidak perlu rumit lagi dalam mencetak dokumen sesuai dengan ukuran kertas dokumen tersebut. 

3. Ukuran Kertas F4 di CorelDraw

Bagi kamu yang mempunyai pekerjaan dalam bidang desain grafis dan merupakan seorang pemula, pastinya akan sangat membutuhkan cara mengatur ukuran kertas sebelum desain dicetak. Desain tersebut tidak hanya dicetak dalam ukuran A4 tapi juga bisa pada ukuran F4.

SIlakan ikuti langkah di bawah ini untuk mengubah ukuran kertas di CorelDraw menjadi F4.

  1. Tentukan rientasi kertas apakah dalam keadaan portrait atau landscape. Jika orientasi sudah ditentukan, maka pengaturan ukuran kertas F4 bisa ditentukan dengan mudah. 
  2. Pilih menu posisi atau logo yang sudah diatur orientasinya pada Menu Bar. 
  3. Lalu pilih bagian View dalam Menu Bar dan pilih halaman atau Page dan klik menu Bleed kemudian pilih Printable Area.

Apabila orientasi kertas adalah portrait maka gambar atau desain tersebut akan dicetak secara vertikal. Nantinya juga akan muncul preview dokumen sebelum dilakukan proses pencetakan desain tersebut. orientasi yang ada dalam aplikasi merupakan orientasi printer yang bisa dilakukan oleh siapapun.

Kemudian jika terjadi Bleed maka klik tampilan orientasi pada ukuran kertas yang akan diprinter. Nantinya akan ada menu Pilihan Printable area yang akan menampilkan orientasi untuk ukuran kertas yang dibutuhkan dalam sebuah desain grafis menggunakan Corel Draw. 

Bedakah Kertas F4 dan Kertas Folio?

Baik kertas F4 ataupun folio, kedua kertas ini mempunyai ukuran yang sama. Hanya penyebutan atau istilahnya saja yang berbeda. Jadi, jika menemukan kedua istilah ini maka jangan ragu lagi. Ukuran dan fungsi kertas tersebut juga sama.

Beberapa Aturan dalam Ukuran Kertas F4

Memakai kertas F4 untuk keperluan dokumen tentunya harus mengikuti aturan penggunaannya. Kertas dengan ukuran F terdiri dari beberapa jenis, mulai dari F0, F1, F2, F3, F4, sampai seterusnya. Untuk kertas F0, F2, F4 dan seterusnya, ukuran panjang dibagi lebarnya mempunyai nilai 1,5714. 

Sedangkan kertas F1, F3, F5 dan seterusnya mempunyai ukuran panjang dibagi lebar sebesar 1,27. Kertas F0 merupakan kertas dengan ukuran paling besar, kertas F1 berukuran setengah dari F0. Nah, untuk kertas F4 memiliki setengah dari F3 dan seperempat dari kertas F2. 

Jadi perhitungan ukuran kertas F ini sesuai dengan jenisnya, karena setiap kertas mempunyai hubungan dalam mengatur ukurannya masing-masing. Apabila menemukan kertas F selain F4, maka sudah bisa memperkirakan ukuran kertas tersebut.

Cara Memilih Kertas F4 yang Berkualitas

Kertas F4 banyak dijual di toko buku ataupun ti tempat fotokopi. Kertas ini tersedia dalam berbagai macam merk tergantung kualitas kertas tersebut. Hasil cetakan yang baik salah satunya ditentukan dari jenis kertas yang dipakai. 

1. Perhatikan Gramasi Kertas F4

Gramasi merupakan skala berat kertas dalam satuan GSM. Kertas yang banyak dijual di pasaran mempunyai ukuran GSM yang berbeda-beda. Biasanya, kertas yang paling sering digunakan adalah kertas dengan ukuran 70 GSM, 80 GSM dan 60 GSM.

Kertas dengan 70 GSM dan 60 GSM mempunyai ukuran yang lebih ringan dibandingkan dengan 80 GSM, sehingga kertas tersebut banyak dipakai untuk dokumen biasa seperti keperluan fotokopi. Untuk dokumen penting paling banyak digunakan kertas 80 GSM karena ukurannya yang lebih tebal.

2. Warna Kertas F4

Kertas tidak hanya dijual dalam warna putih, tapi juga banyak pilihan warna. Kertas warna biasanya digunakan untuk mencetak dokumen spesial atau keperluan lainnya. Harga untuk kertas warna lebih mahal dibandingkan dengan kertas berwarna putih.

3. Pilih Kertas dengan Merk Terbaik

Merk kertas merupakan hal paling mendasar untuk menentukan kualitas kertas. Apalagi merk tersebut menjual kertas dengan harga yang berbeda-beda. Dalam beberapa sumber pastinya sudah ada informasi mengenai tingkatan kualitas merk kertas.

Pastikan sebelum membeli kertas sudah mengetahui tujuan penggunaan kertas, karena semakin penting sebuah dokumen, maka kualitas kertas yang digunakan harus semakin tinggi pula. 

Sekilas mengenai informasi ukuran kertas F4 di atas bisa dijadikan sebagai pedoman sebelum membuat dan mencetak dokumen. Tentunya beberapa dokumen mempunyai kebutuhan ukuran kertas yang berbeda-beda.


Rekomendasi

DMCA Protected