Cara Cek BLT Dana Desa 2023 Dengan Mudah & Praktis

Berbagai macam bantuan memang sekarang ini sudah diberikan oleh pemerintah melalui program-program bansosnya. Salah satu program yang ada adalah BLT Dana Desa 2023 ini. Nah, untuk yang belum mengetahui informasi tentang BLT Dana Desa, simak selengkapnya disini.

Memang pemerintah sudah banyak sekali mencanangkan program-program yang akan bisa membantu masyarakat miskin. Dengan adanya program-program bantuan sosial tersebut, pemerintah mengharapkan bisa mensejahterakan masyarakat yang kurang mampu.

Nah, untuk yang memang memiliki hak untuk mendapatkan bantuan atau mendapatkan program bansos tersebut namun masih belum tahu tentang cara daftar dan juga mengeceknya, di bawah ini skda.co.id akan sampaikan pembahasan selengkapnya.

Penjelasan Mengenai BLT Dana Desa 2023

Pastinya masih banyak sekali orang yang bertanya-tanya tentang BLT Dana Desa ini kan? Maka dari itu, untuk yang masih belum paham dan belum tahu secara jelas tentang BLT ini, bisa langsung menyimak pembahasan di bagian ini.

BLT Dana Desa merupakan salah satu bantuan dari pemerintah yang akan dialokasikan kepada masyarakat miskin. Bantuan langsung tunai atau BLT ini nantinya akan pemerintah bagikan untuk setiap 1 bulan sekali dengan nominal Rp300 ribu rupiah.

Namun, bukan hanya 1 bulan sekali saja, dana bantuan ini juga akan bisa masyarakat dapatkan secara berkala, yaitu 3 bulan sekali. Jadi, kalau pembagiannya ini dalam waktu 3 bulan sekali, nantinya dana yang akan masyarakat dapatkan langsung Rp900 ribu rupiah.

Jadi, total dari Bantuan Langsung Tunai Dana Desa yang akan masyarakat dapatkan adalah Rp3,6 juta rupiah untuk per tahunnya. Maka dari itu, dengan bantuan ini pemerintah harapkan akan bisa membantu masyarakat yang tergolong ke dalam kurang mampu di kategori kemiskinan ekstrem.

Rekomendasi  Shopee Error Hari Ini? Lihat Cara Mengatasinya Disini!

Nah, untuk lebih jelasnya lagi tentang siapa saja yang berhak untuk mendapatkan bantuan BLT Dana Desa ini, maka bisa menyimak pembahasan yang selanjutnya. Ada persyaratan untuk yang bisa menerima bantuan BLT Dana Desa ini.

Persyaratan Untuk Masyarakat Yang Bisa Menerima BLT Dana Desa

Memang bantuan yang pemerintah keluarkan ini bukan bantuan yang bisa siapa saja menerimanya. Namun, akan ada beberapa persyaratan yang khusus untuk penerima bantuannya ini. Masih belum tahu kan apa saja persyaratan yang harus penerima penuhi untuk bisa mendapatkan bantuannya ini?

Bantuan BLT Dana Desa ini memang pemerintah keluarkan untuk melakukan pemulihan di bidang ekonomi akibat terjadinya pandemi covid-19 lalu. Namun, bukan berarti semua masyarakat akan bisa mendapatkannya. Pemerintah akan membagikannya ke masyarakat yang memiliki ekonomi rendah saja.

Bukan hanya itu saja yang akan bisa masuk ke dalam kriteria atau persyaratannya. Nah, untuk lebih jelasnya di bawah ini kami akan sampaikan beberapa persyaratan untuk masyarakat yang bisa menerima program bantuan Dana Desa ini. Kalau begitu, langsung simak berikut ini.

  • Penerima bantuan Dana Desa ini merupakan golongan keluarga yang memiliki gaji perbulannya kecil, kurang mampu atau masyarakat miskin yang sudah berada di kategori kemiskinan ekstrem.
  • Termasuk ke keluarga yang kurang mampu karena terdampak dari pandemi Covid-19 namun belum pernah mendapatkan bantuan apapun. Baik dari bantuan-bantuan yang pemerintah berikan atau lainnya.
  • Di dalam keluarganya memiliki anggota keluarga yang mengalami atau menderita penyakit kronis, rentan sakit atau sudah menderita penyakit yang menahun.
  • Penerima memiliki keluarga yang sudah lanjut usia atau merupakan anggota keluarga yang tunggal.
  • Keluarga yang akan mendapatkan bantuan merupakan keluarga yang sudah berhenti dari APBN dan APBD yang mengalami kesusahan atau kesulitan ekonomi.
Rekomendasi  Cara Daftar Netflix Gratis 30 Hari di HP Tanpa Kartu Kredit

Nah, itulah beberapa kriteria atau persyaratan untuk orang yang berhak menerima bantuan BLT Dana Desa ini. Kalau memang termasuk ke dalam kriteria tersebut bisa langsung mendaftar diri dengan mengikuti langkah di bagian selanjutnya.

Tata Cara Daftar BLT Dana Desa 2023 Dengan Mudah Dan Cepat

Jika memang merasa masuk ke dalam persyaratan atau kriteria orang yang berhak menerima bantuan tersebut, bisa langsung melakukan pendaftarannya. Untuk melakukan pendaftarannya ini juga sangatlah mudah. Bahkan hanya perlu datang ke tempat pemerintahan setempat saja.

Namun, walaupun mudah, kami akan sampaikan beberapa cara untuk mendaftarkan BLT Dana Desa ini agar orang yang belum tahu menjadi tahu dan tidak mengalami kebingungan lagi. Berikut ini merupakan langkah-langkah untuk mendaftar bantuan Dana Desa di tahun 2023.

  1. Pastikan calon pendaftar ini merupakan orang yang berhak mendapatkan bantuan.
  2. Jika memang benar, siapkan dokumen yang dibutuhkan nantinya seperti KTP (Kartu Tanda Penduduk), KK (Kartu Keluarga), sudah tercatat sebagai penduduk desa di dalam KSK, dan dokumen pendukung yang lain.
  3. Bisa cari tahu terlebih dahulu tentang informasi BLT Dana Desa yang akan pembaca daftarkan nanti di kecamatan daerah tempat tinggal atau posko-posko desa setempat. Selain itu, bisa langsung ke kantor desa dan melalui kanal website resmi pemerintahan.
  4. Setelah mendapatkan informasi pendaftaran, bisa langsung kunjungi kantor desa dengan membawa semua dokumen yang dibutuhkan tadi.
  5. Nanti akan ada formulir yang harus calon pendaftar isi. Pastikan isi semua data dengan benar dan sesuai dengan kenyataan dengan kata lain data tersebut valid.
  6. Kalau formulir sudah selesai dan terisi semua, langsung serahkan formulir beserta dokumen pendukung ke petuga yang ada.
  7. Bisa menunggu proses verifikasi tentang penerimaan bantuan BLT Dana Desa ini.
  8. Kalau memang lolos dalam proses verifikasinya, maka akan bisa mendapatkan dana bantuannya yang sesuai dengan peraturan desa setempat.
Rekomendasi  Kode Rahasia Higgs Domino (Auto Win) Update Terbaru Hari Ini

Cara Cek BLT Dana Desa 2023 Yang Sudah Cair

Jika sudah berhasil mendaftarkan diri untuk mendapatkan bantuannya, maka nanti bisa mengecek hasil verifikasinya apakah lolos dan bisa mendapatkan bantuannya atau masih belum mendapatkan bantuannya. Memang untuk mengeceknya ini mudah saja. Pasalnya sudah bisa pembaca lakukan secara online.

Jadi, dalam mengeceknya ini tidak perlu lagi untuk pergi kemana-mana dan bisa langsung mengeceknya dengan menggunakan situs saja. Namun, untuk mengeceknya ini pastikan kalau kuota internet tercukupi dan memiliki jaringan yang stabil supaya prosesnya berjalan lancar. Berikut ini cara-cara melakukan cek dana bantuannya.

  1. Langsung buka Browser yang ada di dalam perangkat.
  2. Setelah itu, langsung kunjungi situs sid.kemendesa.go.id untuk mengecek dana bantuannya.
  3. Jika sudah berhasil masuk ke dalam situsnya, pilih menu Dana Desa yang tersedia di dalam halaman.
  4. Kemudian, cari terlebih dahulu wilayah desa yang kamu tempati untuk mendapatkan bantuan tersebut.
  5. Akan diminta untuk mengisi semua data-data yang harus pengguna isi untuk mengecek dana bantuannya. Langsung isi semua data yang diperlukan dengan benar.
  6. Kalau sudah klik Cari Data.
  7. Nanti akan langsung tampil nama-nama yang termasuk ke dalam penerima dana bantuannya tersebut.
  8. Selesai.